.Docx Rpp Kd 3.10 Benzena Dn Turunannya Lengkap K13
RPP Kelas XI Kimia Benzena dan Turunannya KD 3.10
download rpp di siniAnda juga sanggup mendownload semua RPP kelas XI lengkap dengan lembar observasi dan kegiatan siswa di link ini.
(revisi berdasarkan permendikbud no.22 tahun2016)
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : XII/ 2
D. Materi Pokok : Struktur Senyawa Benzena dan Turunannya
E. Alokasi Waktu : 10 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
1. Siwa bisa menggambarkan struktur senyawa benzena, cara penulisan tata nama senyawa benzena dan turunannya berdasarkan gugus fungsinya masing-masing.
2. Siswa bisa menjelaskan dan mengenali sifat fisis dan kimia senyawa benzena, serta memahami kegunaannya.
3. Siswa bisa mengidentifikasi senyawa benzena melalui percobaan.
1. Caranya: rumuskan indikator dahulu, sehabis itu rangkumkan indikator menjadi satu tujuan atau beberapa tujuaan
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.10 Menganalisis struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. | 1. Mendeskripsikan struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. 2. Menggambarkan struktur, tata nama senyawa benzena dan turunannya. 3. Menjelaskan sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya. 4. Menjelaskan proses sintesis senyawa benzena dan turunannya. 5. Menjelaskan kegunaan senyawa benzena dan turunannya. |
4.9 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk sintesis senyawa benzena dan turunannya. | Mengidentifikasi struktur senyawa benzena dan turunannya. |
B. Materi Pembelajaran :
a. Fakta :Senyawa benzena ada/terdapat dialam
b. Konsep : Sifat dan kegunaan senyawa benzena.
c. Prinsip : -
d. Prosedural : Proses sintesis senyawa benzena
C. Metode Pembelajaran:
1. Model : kooperatif
2. Pendekatan : Saintifik, konstekstual
3. Metode : Diskusi, tanya jawab, Ceramah, Resitasi dan ekperimen.
D. Media Pembelajaran:
1. Media : Gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2. Alat/bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa, Papan Tulis, Infocus, Laptop
E. Sumber Belajar:
1. Sudarmo, U. 2013. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
F. Langkah-langkah Pembelajaran:
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1.
Mendeskripsikan struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Guru memberi salam. b. Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian kelas. c. Mempersiapkan penerima didik. d. Mempersilakan penerima didik berdoa bersama dipimpin oleh seorang penerima didik. e. Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu tentang struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. Dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi) f. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari. g. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh penerima didik. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Membaca buku dan literatur lainnya mengenai struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. b. Peserta didik menyimak guru pada ketika memberikan materi perihal struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. c. Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. d. Menampilkan gambar mengenai struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. e. Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok Menanya a. Siswa melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS b. Apa saja pola senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari? c. Bagaimanakah pengelompokan senyawa benzena dan turunanya berdasarkan gugus fungsi yang dimilikinya? d. Hal apa saja yang sanggup dipengaruhi oleh gugus fungsi ? e. Bagaimanakah efek gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya ? Pengumpulan Data. a. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya. b. Setelah mendiskusikannya, tiap siswa secara bergantian memaparkan hasil diskusinya kepada teman yang lainnya. Mengasosiasikan a. Menyimpulkan hasil diskusi b. Peserta didik menghubungkan pola senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari dengan gugus fungsi yang dimilikinya. c. Peserta didik menyimpulkan pengelompokan senyawa benzena dan turunannya. d. Menghubungkan efek gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya.. Mengkomunikasikan e. Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa . f. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok g. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 65 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks c. Bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas e. Guru memberikan warta perihal materi selanjutnya. f. Melaksanakan evaluasi. g. Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa. h. Guru menutup dengan salam. | 10 menit |
2. Pertemuan 2 (2 x 45 menit) indikator 2.
Menggambarkan struktur, tata nama senyawa benzena dan turunannya.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Guru memberi salam. b. Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian kelas. c. Mempersiapkan penerima didik. d. Mempersilakan penerima didik berdoa bersama dipimpin oleh seorang penerima didik. e. Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu perihal menggambarkan struktur senyawa benzena dan turunannya. f. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari. g. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh penerima didik. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan arahan guru untuk membentuk kelompok asal sebanyak 8 orang berdasarkan nomor urut absensi. b. Peserta didik menyimak guru pada ketika membagikan materi yang berbeda dalam satu kelompok perihal menggambarkan struktur senyawa benzena dan turunannya. c. Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi masing-masing dengan menbaca buku dan literatur lainnya perihal struktur senyawa Guru memperlihatkan intruksi kepada penerima didik untuk membentuk kelompok ahli, setiap siswa dari kelompok asal akan bergabung pada kelompok jago yang berbeda. d. Menampilkan gambar mengenai struktur senyawa benzena dan turunannya.. e. Peserta didik memperhatikan arahan guru untuk mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa perihal struktur senyawa benzena dan turunannya. Menanya a. Peserta didik melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca. b. Bagaimanakah struktur senyawa benzena dan turunannya? c. Bagaimanakah pengelompokan senyawa benzena dan turunannya ? Pengumpulan Data. c. Peserta didik yang telah berkumpul dalam kelompok gres (kelompok ahli) mendiskusikan materi mereka. d. Setiap anggota kelompok jago mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber berguru perihal struktur senyawa benzena. e. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal struktur senyawa karbon. f. Setelah mendiskusikannya, tiap siswa tim jago kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan teman satu kelompok Mengasosiasikan a. Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa benzena dan turunannya. b. Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifatnya. c. Peserta didik menghubungkan senyawa benzena dalam kehidupan sehari-hari dengan struktur yang dimilikinya. d. Peserta didik mencoba menggambarkan struktur senyawa benzena dan turunannya. Mengkomunikasikan a. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok b. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok. c. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 105 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan penguatan dari guru. b. Guru menanyakan kesulitan dalam berguru struktur senyawa karbon. c. Guru memberikan warta perihal materi selanjutnya. d. Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa. e. Guru menutup dengan salam. | 15 menit |
3.Pertemuan 3 (2 x 45 menit) indikator 2.
Menjelaskan sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Guru memberi salam. b. Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian kelas. c. Mempersiapkan penerima didik. d. Mempersilakan penerima didik berdoa bersama dipimpin oleh seorang penerima didik.e. e. Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu tentang sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya. f. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari. g. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh penerima didik. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Membaca buku dan literatur lainnya mengenai sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya. b. Peserta didik memperhatikan guru menjelaskan perihal sifat-sifat senyawa karbon dan turunannya. c. Peserta didik memperhatikan arahan guru untuk membentuk kelompok dengan menghitung nomor. d. Peserta didik menyimak guru pada ketika memperlihatkan materi dalam satu kelompok perihal sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya. e. Peserta didik memperhatikan arahan guru untuk membahas soal di Lomba Kompetensi Siswa perihal sifat-sifat senyawa karbon dan turunannya. Menanya f. Siswa melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS g. Apa saja pola sifat-sifat senyawa benzena dalam kehidupan sehari-hari? h. Bagaimanakah pengelompokan senyawa karbon berdasarkan gugus fungsi yang dimilikinya? i. Hal apa saja yang sanggup dipengaruhi oleh gugus fungsi? j. Bagaimanakah efek gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya.? Pengumpulan Data. g. Peserta didik yang telah berkumpul dalam kelompok gres (kelompok ahli) mendiskusikan materi mereka h. Setiap anggota kelompok jago mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber berguru perihal gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya. i. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya. j. Setelah mendiskusikannya, tiap siswa tim jago kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan teman satu kelompok Mengasosiasikan a. Menyimpulkan hasil diskusi b. Peserta didik menghubungkan pola sifat senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari dengan gugus fungsi yang dimilikinya. c. Peserta didik menyimpulkan pengelompokan senyawa benzena dan turunannya. d. Menghubungkan efek gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya. Mengkomunikasikan e. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok f. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok g. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks c. Bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas e. Guru memberikan warta perihal materi selanjutnya. f. Melaksanakan evaluasi. g. Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa. h. Guru menutup dengan salam. | 15 menit |
4. Pertemuan 4 (2 x 45menit) indikator 4.
Menjelaskan proses sintesis senyawa benzena dan turunannya.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN |
Pendahuluan | a. Guru memberi salam. b. Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian kelas. c. Mempersiapkan penerima didik. d. Mempersilakan penerima didik berdoa bersama dipimpin oleh seorang penerima didik. e. Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu tentang proses sintesis senyawa benzena dan turunanya. Dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi) f. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari. g. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh penerima didik. |
Inti | Mengamati a. Membaca buku dan literatur lainnya mengenai proses sintesis senyawa benzena dan turunanya. b. Peserta didik menyimak guru pada ketika memberikan materi perihal proses sintesis senyawa benzena dan turunanya. c. Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal proses sintesis senyawa benzena dan turunanya. d. Menampilkan gambar mengenai proses sintesis senyawa benzena dan turunanya. f. Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok Menanya a. Siswa melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS b. Apa saja pola proses sintesis senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari? c. Bagaimanakah pengelompokan senyawa benzena dan turunanya berdasarkan gugus fungsi yang dimilikinya? d. Hal apa saja yang sanggup dipengaruhi oleh gugus fungsi ? e. Bagaimanakah efek gugus fungsi terhadap proses sintesis senyawa benzena dan turunannya ? Pengumpulan Data. k. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal proses sintesis senyawa benzena dan turunannya. l. Setelah mendiskusikannya, tiap siswa secara bergantian memaparkan hasil diskusinya kepada teman yang lainnya. Mengasosiasikan a. Menyimpulkan hasil diskusi b. Peserta didik menghubungkan pola proses sintesis senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari dengan gugus fungsi yang dimilikinya. c. Peserta didik menyimpulkan pengelompokan senyawa benzena dan turunannya. d. Menghubungkan efek gugus fungsi terhadap proses sintesis senyawa benzena dan turunannya.. Mengkomunikasikan e. Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa . f. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok g. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. |
Penutup | i. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru. j. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks k. Bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. l. Pemberian tugas m. Guru memberikan warta perihal materi selanjutnya. n. Melaksanakan evaluasi. o. Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa. p. Guru menutup dengan salam. |
5. Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1.
Menjelaskan kegunaan senyawa benzena dan turunannya.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Guru memberi salam. b. Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian kelas. c. Mempersiapkan penerima didik. d. Mempersilakan penerima didik berdoa bersama dipimpin oleh seorang penerima didik. e. Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu tentang kegunaan senyawa benzena dan turunanya. Dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi). f. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari. g. Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh penerima didik. | 15 menit |
Inti | Mengamati f. Membaca buku dan literatur lainnya mengenai struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. g. Peserta didik menyimak guru pada ketika menyampaikan materi perihal kegunaan senyawa benzena dan turunanya. f. Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal kegunaan senyawa benzena dan turunanya. g. Menampilkan gambar mengenai kegunaan senyawa benzena dan turunanya. h. Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok Menanya k. Siswa melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS l. Apa saja pola kegunaan senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari? m. Bagaimanakah pengelompokan senyawa benzena dan turunanya berdasarkan kegunaanya. n. Hal apa saja yang sanggup dipengaruhi oleh gugus fungsi ? o. Bagaimanakah efek gugus fungsi terhadap kegunaan senyawa benzena dan turunannya ? Pengumpulan Data. m. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal kegunaan senyawa benzena dan turunannya. n. Setelah mendiskusikannya, tiap siswa secara bergantian memaparkan hasil diskusinya kepada teman yang lainnya. Mengasosiasikan a. Menyimpulkan hasil diskusi b. Peserta didik menghubungkan pola kegunaan senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari dengan gugus fungsi yang dimilikinya. c. Peserta didik menyimpulkan pengelompokan senyawa benzena dan turunannya. d. Menghubungkan efek gugus fungsi terhadap kegunaan senyawa benzena dan turunannya.. Mengkomunikasikan e. Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa . f. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok g. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 65 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru. b.Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks c. Bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas e. Guru memberikan warta perihal materi selanjutnya. f. Melaksanakan evaluasi. g. Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa. h. Guru menutup dengan salam. | 11 menit |
Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: sikap, uraian,
3. Instrumen
Tugas PR
1. Buatlah artikel perihal struktur senyawa benzena dan turunannya.
2. Soal Pilihan ganda dan essay
1. Senyawa turunan benzena yang sanggup dipakai sebagai materi peledak adalah......
A. Benzaldehida
B. DDT
C. Anilina
D. TNT
E. Stirena
2. Senyawa berikut yang merupakan hasil reaksi adisi benzena adalah.....
A. fenilklorida
B. toluena
C. sikloheksana
D. nitrobenzena
E. anilina
3. Berdasarkan komposisinya, benzena sanggup dikelompokkan dalam.....
A. alkana
B. alkuna
C. aldehida
D. hidrokarbon
E. alkohol
4. Jelaskan cara memperoleh benzena dan sebutkan kegunaannya ?
5. jelaskan pembuatan anilina ?
Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Senyawa turunan benzena yang sanggup dipakai sebagai materi peledak adalah...... D. TNT | 5 |
2 | Senyawa berikut yang merupakan hasil reaksi adisi benzena adalah..... D. Nitrobenzena | 5 |
3 | Berdasarkan komposisinya, benzena sanggup dikelompokkan dalam..... D. Hidrokarbon | 5 |
4. | a. Alkil Benzena Diperoleh berdasarkan sintesis Friedel Crafts Toluena dipakai untuk materi peledak. b. Halogen Benzena Digunakan dalam industri cat, pembuatan zat-zat lain dan pembuatan insektisida (DDT). c. Nitro Benzena Diperoleh dengan nitrasi benzena. Nitro benzena dipakai untuk pembuatan anilin dan materi peledak (TNT = 2,4, 6– trinitro toluena). | 25 |
5. | Nitrobenzene dari tangki penyimpan dialirkan ke vaporizer 01. Uap nitrobenzene kemudian diumpankan ke dalam reactor fixedbed multitubular bersama dengan gas hidrogen yang berasal dari umpan segar dan recycle dari separator sehingga suhu umpan sekitar 155°C. Di dalam reaktor terjadi reaksi reduksi yang bersifat eksotermis (keluar panas) sehingga suhu keluar reaktor lebih tinggi dari suhu umpan sekitar 240°C. Hasil reaksi kemudian didinginkan di dalam condenser parsial sehingga senyawa² yang mempunyai titik didih tinggi akan mengembun sedangkan gas hydrogen tidak mengembun. Gas H2 yang keluar dari separator condenser parsial direcycle ke reactor sedangkan embunan (cairan) diumpankan ke dalam decanter | 15 |
0 Response to ".Docx Rpp Kd 3.10 Benzena Dn Turunannya Lengkap K13"
Post a Comment