.Docx Rpp Kd 3.10 Benzena Dn Turunannya Lengkap K13
RPP Kelas XI Kimia Benzena dan Turunannya KD 3.10
download rpp di siniAnda juga sanggup mendownload semua RPP kelas XI lengkap dengan lembar observasi dan kegiatan siswa di link ini.
(revisi berdasarkan permendikbud no.22 tahun2016)
 A.           Satuan Pendidikan                      :           SMA Negeri 9 Banda Aceh
  B.            Mata Pelajaran                            :           Kimia
  C.           Kelas/Semester                             :           XII/ 2
  D.           Materi Pokok                               :           Struktur Senyawa Benzena dan  Turunannya
  E.            Alokasi Waktu                             :           10 x 45 Menit
  F.            Tujuan Pembelajaran                 :            
  1.       Siwa bisa menggambarkan struktur senyawa benzena, cara penulisan tata nama senyawa benzena dan turunannya berdasarkan gugus fungsinya masing-masing.
  2.       Siswa bisa menjelaskan dan mengenali sifat fisis dan kimia senyawa benzena, serta memahami kegunaannya.
  3.       Siswa bisa mengidentifikasi senyawa benzena melalui percobaan. 
  1.      Caranya: rumuskan indikator dahulu, sehabis itu rangkumkan indikator menjadi satu tujuan atau beberapa  tujuaan
  A.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
 |  Kompetensi   Dasar |  Indikator   Pencapaian Kompetensi | 
|  3.10 Menganalisis   struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan   turunanya. |  1. Mendeskripsikan struktur, tata nama, sifat,   sintesis    dan kegunaan senyawa   benzena dan turunanya.   2. Menggambarkan struktur, tata nama senyawa benzena   dan turunannya.  3. Menjelaskan sifat-sifat senyawa benzena dan   turunannya.  4. Menjelaskan proses sintesis senyawa benzena dan   turunannya.  5. Menjelaskan kegunaan senyawa benzena dan   turunannya. | 
|  4.9 Merancang dan   melaksanakan percobaan untuk sintesis senyawa benzena dan turunannya. |  Mengidentifikasi struktur senyawa benzena dan   turunannya. | 
B. Materi Pembelajaran :
 a.       Fakta           :Senyawa benzena ada/terdapat dialam          
  b.      Konsep        : Sifat dan kegunaan senyawa benzena.
  c.       Prinsip         : -
  d.      Prosedural   : Proses sintesis senyawa benzena
 C. Metode Pembelajaran:
 1.      Model          :  kooperatif
  2.      Pendekatan  : Saintifik, konstekstual
  3.      Metode        : Diskusi, tanya jawab, Ceramah, Resitasi dan ekperimen.
  D.           Media Pembelajaran:
  1.      Media          : Gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
  2.      Alat/bahan   : LCD, Lembar Kerja Siswa, Papan Tulis, Infocus, Laptop
 E. Sumber Belajar:
 1.      Sudarmo, U. 2013. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
 F. Langkah-langkah Pembelajaran:
 1.      Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1.
  Mendeskripsikan struktur, tata nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. 
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Guru memberi salam.  b.        Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian   kelas.  c.         Mempersiapkan penerima didik.  d.        Mempersilakan penerima didik berdoa bersama   dipimpin oleh seorang penerima didik.  e.         Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung,   yaitu           tentang  struktur, tata   nama, sifat, sintesis dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya. Dengan   memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)  f.         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan   kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari.  g.        Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai oleh penerima didik. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Membaca buku dan literatur lainnya mengenai  struktur, tata nama, sifat, sintesis   dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.    b.        Peserta didik menyimak guru pada ketika memberikan    materi perihal  struktur, tata nama, sifat, sintesis   dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.   c.         Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi   masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal  struktur, tata nama, sifat, sintesis   dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.   d.        Menampilkan gambar mengenai  struktur, tata nama, sifat, sintesis   dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.   e.         Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam   kelompok  Menanya  a.         Siswa melaksanakan tanya jawab   berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di   baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah   yang ada di dalam LKS  b.        Apa saja pola senyawa benzena   dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari?  c.         Bagaimanakah pengelompokan   senyawa benzena dan turunanya berdasarkan gugus fungsi yang dimilikinya?  d.        Hal apa saja yang sanggup   dipengaruhi oleh gugus fungsi ?  e.         Bagaimanakah efek gugus   fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya ?   Pengumpulan Data.  a.        Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa   perihal gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya.  b.      Setelah   mendiskusikannya, tiap siswa secara bergantian  memaparkan hasil diskusinya kepada teman   yang lainnya.   Mengasosiasikan  a.       Menyimpulkan hasil diskusi   b.        Peserta didik menghubungkan   pola senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari dengan   gugus fungsi yang dimilikinya.   c.         Peserta didik menyimpulkan   pengelompokan senyawa benzena dan turunannya.   d.        Menghubungkan efek   gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya..  Mengkomunikasikan  e.       Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa .  f.       Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan   saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok  g.      Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. |  65   menit | 
|  Penutup |  a.         Siswa menyimpulkan materi yang   telah dipelajari dengan dukungan guru.  b.        Memberikan penghargaan kepada   kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks  c.         Bersama siswa melaksanakan refleksi   terhadap pembelajaran hari ini.  d.        Pemberian tugas  e.         Guru memberikan warta   perihal materi  selanjutnya.  f.         Melaksanakan evaluasi.  g.        Guru meminta kepada penerima didik   untuk meminpin doa.  h.        Guru menutup dengan salam.  |  10      menit | 
 2.      Pertemuan 2 (2 x 45 menit) indikator 2.
  Menggambarkan struktur, tata nama senyawa benzena dan turunannya.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Guru memberi salam.  b.        Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian   kelas.  c.         Mempersiapkan penerima didik.  d.        Mempersilakan penerima didik berdoa bersama   dipimpin oleh seorang penerima didik.  e.         Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung,   yaitu perihal menggambarkan struktur senyawa benzena dan turunannya.   f.         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan   kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari.  g.        Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai oleh penerima didik. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik    memperhatikan arahan guru untuk membentuk kelompok asal sebanyak 8   orang berdasarkan nomor urut absensi.  b.        Peserta didik menyimak guru pada ketika membagikan   materi yang berbeda dalam satu kelompok perihal menggambarkan struktur senyawa   benzena dan turunannya.  c.         Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi   masing-masing dengan menbaca buku dan literatur lainnya perihal struktur senyawa   Guru memperlihatkan intruksi kepada penerima didik untuk membentuk kelompok ahli,   setiap siswa dari kelompok asal akan bergabung pada kelompok jago yang   berbeda.  d.        Menampilkan gambar mengenai struktur senyawa   benzena dan turunannya..  e.         Peserta didik memperhatikan arahan guru untuk  mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa perihal struktur   senyawa benzena dan turunannya.  Menanya  a.         Peserta didik melaksanakan tanya jawab berdasarkan   gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di baca.  b.        Bagaimanakah struktur senyawa benzena dan   turunannya?   c.         Bagaimanakah pengelompokan senyawa benzena dan   turunannya ?  Pengumpulan   Data.  c.         Peserta didik yang telah berkumpul dalam kelompok   gres (kelompok ahli) mendiskusikan materi mereka.  d.        Setiap anggota kelompok jago mengumpulkan   warta dari banyak sekali sumber berguru perihal struktur senyawa benzena.  e.         Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa perihal struktur senyawa   karbon.  f.         Setelah mendiskusikannya, tiap siswa tim jago   kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan teman satu kelompok  Mengasosiasikan  a.         Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa benzena   dan turunannya.  b.        Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan   sifatnya.  c.         Peserta didik menghubungkan  senyawa benzena dalam kehidupan sehari-hari   dengan struktur yang dimilikinya.   d.        Peserta didik mencoba menggambarkan struktur   senyawa benzena dan turunannya.  Mengkomunikasikan  a.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok  b.      Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan   saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok.  c.       Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. |  105   menit | 
|  Penutup |  a.       Peserta   didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan penguatan dari guru.  b.      Guru   menanyakan kesulitan dalam berguru struktur senyawa karbon.  c.       Guru   memberikan warta perihal materi    selanjutnya.  d.      Guru   meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa.  e.       Guru   menutup dengan salam. |  15   menit | 
          3.Pertemuan 3 (2 x 45 menit) indikator 2.
               Menjelaskan sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI   KEGIATAN |  ALOKASI WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Guru memberi salam.  b.        Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian   kelas.  c.         Mempersiapkan penerima didik.  d.        Mempersilakan penerima didik berdoa bersama   dipimpin oleh seorang penerima didik.e.  e.         Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung,   yaitu tentang  sifat-sifat senyawa   benzena dan turunannya.  f.         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan   kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari.  g.        Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai oleh penerima didik. |  15 menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Membaca buku dan literatur lainnya mengenai   sifat-sifat senyawa benzena dan turunannya.   b.        Peserta didik    memperhatikan guru menjelaskan perihal sifat-sifat senyawa karbon dan   turunannya.   c.         Peserta didik    memperhatikan arahan guru untuk membentuk kelompok dengan   menghitung nomor.   d.        Peserta didik menyimak guru pada ketika memperlihatkan   materi dalam satu kelompok perihal sifat-sifat senyawa benzena dan   turunannya.  e.       Peserta   didik  memperhatikan arahan guru   untuk membahas soal di Lomba Kompetensi Siswa perihal sifat-sifat senyawa karbon dan turunannya.  Menanya  f.         Siswa melaksanakan tanya jawab   berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di   baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah   yang ada di dalam LKS  g.        Apa saja pola sifat-sifat   senyawa benzena dalam kehidupan sehari-hari?  h.        Bagaimanakah pengelompokan   senyawa karbon berdasarkan gugus fungsi yang dimilikinya?  i.          Hal apa saja yang sanggup   dipengaruhi oleh gugus fungsi?  j.          Bagaimanakah efek gugus fungsi   terhadap sifat senyawa benzena dan turunannya.?   Pengumpulan   Data.  g.      Peserta   didik yang telah berkumpul dalam kelompok gres (kelompok ahli) mendiskusikan   materi mereka  h.      Setiap   anggota kelompok jago mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber berguru perihal   gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya.  i.          Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa   perihal gugus fungsi senyawa benzena dan turunannya.  j.          Setelah mendiskusikannya, tiap   siswa tim jago kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan teman satu   kelompok  Mengasosiasikan  a.         Menyimpulkan   hasil diskusi   b.        Peserta didik menghubungkan   pola sifat senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari   dengan gugus fungsi yang dimilikinya.   c.         Peserta didik menyimpulkan   pengelompokan senyawa benzena dan turunannya.   d.      Menghubungkan efek gugus fungsi terhadap sifat senyawa benzena dan   turunannya.  Mengkomunikasikan  e.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok  f.       Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan   saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok  g.      Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | |
|  Penutup |  a.         Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari   dengan dukungan guru.  b.        Memberikan penghargaan kepada kelompok yang   mempunyai kinerja terbaiks  c.       Bersama   siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.  d.        Pemberian tugas  e.         Guru memberikan warta perihal materi  selanjutnya.  f.         Melaksanakan evaluasi.  g.        Guru meminta kepada penerima didik untuk meminpin   doa.  h.        Guru menutup dengan salam. |  15 menit | 
 4.       Pertemuan 4 (2 x 45menit) indikator 4.
  Menjelaskan proses sintesis senyawa benzena dan turunannya.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN | 
|  Pendahuluan |  a.         Guru memberi salam.  b.        Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian   kelas.  c.         Mempersiapkan penerima didik.  d.        Mempersilakan penerima didik berdoa bersama   dipimpin oleh seorang penerima didik.  e.         Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung,   yaitu           tentang  proses sintesis senyawa benzena dan   turunanya. Dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)  f.         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan   kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari.  g.        Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai oleh penerima didik. | 
|  Inti |  Mengamati  a. Membaca buku dan literatur lainnya mengenai  proses sintesis senyawa benzena dan   turunanya.    b. Peserta didik menyimak guru pada ketika   memberikan  materi perihal proses sintesis  senyawa benzena dan turunanya.   c. Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi   masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal  proses sintesis senyawa benzena dan   turunanya.   d. Menampilkan gambar mengenai  proses sintesis senyawa benzena dan   turunanya.   f. Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas   didalam kelompok  Menanya  a.       Siswa   melaksanakan tanya jawab berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari   literatur yang telah di baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati,   semoga sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS  b.      Apa   saja pola proses sintesis senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan   sehari-hari?  c.       Bagaimanakah   pengelompokan senyawa benzena dan turunanya berdasarkan gugus fungsi yang   dimilikinya?  d.      Hal   apa saja yang sanggup dipengaruhi oleh gugus fungsi ?  e.       Bagaimanakah   efek gugus fungsi terhadap proses sintesis senyawa benzena dan turunannya   ?   Pengumpulan Data.  k.        Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa   perihal proses sintesis senyawa benzena dan turunannya.  l.          Setelah mendiskusikannya, tiap   siswa secara bergantian  memaparkan   hasil diskusinya kepada teman yang lainnya.   Mengasosiasikan  a.       Menyimpulkan hasil diskusi   b.        Peserta didik menghubungkan   pola proses sintesis senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan   sehari-hari dengan gugus fungsi yang dimilikinya.   c.         Peserta didik menyimpulkan   pengelompokan senyawa benzena dan turunannya.   d.        Menghubungkan   efek gugus fungsi terhadap proses sintesis senyawa benzena dan turunannya..  Mengkomunikasikan  e.       Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa .  f.       Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan   saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok  g.      Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 
|  Penutup |  i.          Siswa menyimpulkan materi yang   telah dipelajari dengan dukungan guru.  j.          Memberikan penghargaan kepada   kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks  k.        Bersama siswa melaksanakan refleksi   terhadap pembelajaran hari ini.  l.          Pemberian tugas  m.      Guru memberikan warta   perihal materi  selanjutnya.  n.        Melaksanakan evaluasi.  o.        Guru meminta kepada penerima didik   untuk meminpin doa.  p.        Guru menutup dengan salam.  | 
 5.       Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1.
  Menjelaskan kegunaan senyawa benzena dan turunannya.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Guru memberi salam.  b.        Guru menilik kehadiran, kebersihan, dan kerapian   kelas.  c.         Mempersiapkan penerima didik.  d.        Mempersilakan penerima didik berdoa bersama   dipimpin oleh seorang penerima didik.  e.         Guru Membuka pembelajaran yang akan berlangsung,   yaitu  tentang  kegunaan senyawa benzena dan   turunanya. Dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi).  f.         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan   kreatif mengenai materi pelajaran yang yang akan dipelajari.  g.        Guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai oleh penerima didik. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  f.         Membaca buku dan literatur lainnya mengenai  struktur, tata nama, sifat, sintesis   dan kegunaan senyawa benzena dan turunanya.      g.        Peserta didik menyimak guru pada ketika   menyampaikan  materi perihal kegunaan   senyawa benzena dan turunanya.   f.         Setiap penerima didik mempelajari sub cuilan materi   masing-masing dengan membaca kembali buku dan literatur lainnya perihal  kegunaan senyawa benzena dan   turunanya.   g.        Menampilkan gambar mengenai kegunaan senyawa   benzena dan turunanya.   h.        Setiap siswa dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam   kelompok  Menanya  k.        Siswa melaksanakan tanya jawab   berdasarkan gambar yang telah ditayangkan dan dari literatur yang telah di   baca. gambar dan hasil kajian yang telah diamati, semoga sanggup membahas kiprah   yang ada di dalam LKS  l.          Apa saja pola kegunaan senyawa   benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari?  m.      Bagaimanakah pengelompokan   senyawa benzena dan turunanya berdasarkan kegunaanya.   n.        Hal apa saja yang sanggup   dipengaruhi oleh gugus fungsi ?  o.        Bagaimanakah efek gugus   fungsi terhadap kegunaan senyawa benzena dan turunannya ?   Pengumpulan Data.  m.      Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa   perihal kegunaan senyawa benzena dan turunannya.  n.      Setelah   mendiskusikannya, tiap siswa secara bergantian  memaparkan hasil diskusinya kepada teman   yang lainnya.   Mengasosiasikan  a.       Menyimpulkan hasil diskusi   b.        Peserta didik menghubungkan   pola kegunaan senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari   dengan gugus fungsi yang dimilikinya.   c.         Peserta didik menyimpulkan   pengelompokan senyawa benzena dan turunannya.   d.        Menghubungkan   efek gugus fungsi terhadap kegunaan senyawa benzena dan turunannya..  Mengkomunikasikan  e.   Setiap siswa mempresentasikan hasil jawabannya yang terdapat di Lomba Kompetensi Siswa .  f.  Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan dan   saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok  g. Guru Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. |  65   menit | 
|  Penutup |  a.  Siswa   menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru.  b.Memberikan   penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaiks  c.       Bersama   siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.  d.      Pemberian   tugas  e.       Guru   memberikan warta perihal materi    selanjutnya.  f.       Melaksanakan   evaluasi.  g.      Guru   meminta kepada penerima didik untuk meminpin doa.  h.      Guru   menutup dengan salam.  |  11      menit | 
 Penilaian Hasil Pembelajaran :
  1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
  2. bentuk instrument: sikap, uraian, 
  3. Instrumen
  Tugas  PR
        1.      Buatlah artikel perihal struktur senyawa benzena dan turunannya.
        2.      Soal Pilihan ganda dan essay
  1.      Senyawa turunan benzena yang sanggup dipakai sebagai materi peledak adalah......
  A.    Benzaldehida
  B.     DDT
  C.     Anilina
  D.    TNT
  E.     Stirena
  2.      Senyawa berikut yang merupakan hasil reaksi adisi benzena adalah.....
  A.    fenilklorida
  B.     toluena
  C.     sikloheksana
  D.    nitrobenzena
  E.     anilina
  3.      Berdasarkan komposisinya, benzena sanggup dikelompokkan dalam.....
  A.    alkana 
  B.     alkuna 
  C.     aldehida
  D.    hidrokarbon
  E.     alkohol
  4.      Jelaskan cara memperoleh benzena dan sebutkan kegunaannya ?
  5.   jelaskan pembuatan anilina ?
 Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
|  No Soal |  Kunci Jawaban |  Skor | 
|  1 |  Senyawa turunan benzena yang   sanggup dipakai sebagai materi peledak adalah......  D. TNT |  5 | 
|  2 |  Senyawa berikut yang merupakan hasil reaksi adisi   benzena adalah.....                                                                                                                 D. Nitrobenzena                                                                                                  |  5 | 
|  3 |  Berdasarkan komposisinya, benzena   sanggup dikelompokkan dalam.....  D. Hidrokarbon  |  5 | 
|  4. |  a. Alkil   Benzena Diperoleh berdasarkan sintesis Friedel Crafts Toluena dipakai untuk materi peledak. b. Halogen Benzena Digunakan dalam industri cat, pembuatan zat-zat lain dan pembuatan insektisida (DDT). c. Nitro Benzena Diperoleh dengan nitrasi benzena.  Nitro benzena dipakai untuk pembuatan anilin dan materi peledak (TNT = 2,4,   6– trinitro toluena). |  25 | 
|  5. |  Nitrobenzene dari tangki penyimpan   dialirkan ke vaporizer 01. Uap nitrobenzene kemudian diumpankan ke dalam   reactor fixedbed multitubular bersama dengan gas hidrogen yang berasal dari   umpan segar dan recycle dari separator sehingga suhu umpan sekitar 155°C. Di   dalam reaktor terjadi reaksi reduksi yang bersifat eksotermis (keluar panas)   sehingga suhu keluar reaktor lebih tinggi dari suhu umpan sekitar 240°C.   Hasil reaksi kemudian didinginkan di dalam condenser parsial sehingga   senyawa² yang mempunyai titik didih tinggi akan mengembun sedangkan gas   hydrogen tidak mengembun. Gas H2 yang keluar dari separator   condenser parsial direcycle ke reactor sedangkan embunan (cairan) diumpankan   ke dalam decanter |  15 | 




0 Response to ".Docx Rpp Kd 3.10 Benzena Dn Turunannya Lengkap K13"
Post a Comment