(Docx) Rpp Kd 3.2 Kelas X Struktur Atom K-13 Lengkap
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KD 3.2 Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 revisi ihwal Struktur Atom
Download rpp ini
Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas X lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas X k-2013 klik saja link ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA N
(revisi berdasarkan permendikbud no.22 tahun2016)
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 7 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : X/ 1
D. Materi Pokok : Struktur Atom
E. Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa bisa menganalisis perkembangan model atom, kelemahan, kelebihan, partikel dasar
2. Siswa bisa menjelaskan teori mekanika kuantum
3. Caranya: rumuskan indikator dahulu, setelah itu rangkumkan indikator menjadi satu tujuan atau beberapa tujuaan
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Memahami model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang | 1. Mendefinisikan atom dan model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang 2. menggambarkan model atom Dalton, Thomson, Rutherfor , Bohr, dan mekanika gelombang 3. membedakan antara setiap model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang |
4.2 Menggunakan model atom untuk menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan | 1. Menafsirkan data hasil percobaan thomson, rutherford, dan mekanika gelombang 2. Membuat gambar model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang |
H. Materi Pembelajaran :
a. Fakta: melihat dan menyebutkan benda-benda di sekitar kita, bahwa benda-benda tersusun dari atom- atom .
pengetahuan ihwal atom terus berkembang sejalan dengan perkembangan
IPTEK.
b. Konsep : ( adonan antara fakta yang saling berhubungan)
Perkembangan model atom:
- Model atom Dalton
- Model atom Thomson
- Model atom Rutherfod
- Model atom mekanika gelombang
c. Prinsip: membedakan beberapa model atom
d. Prosedur ( sederetan langkah-langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Eksperimen yang mendasari timbulnya teori atom
I. Metode Pembelajaran : 1.Model : jigsau
2. Pendekatan : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
3.Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah dan
Resitasi
J. Media Pembelajaran
1.Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan.
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa, Buku KIMIA 1
K. Sumber Belajar :
1. Ari, H, dan Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Jakarta : Erlangga.
L. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (3 x 45 menit), indikator 1 dan 2
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Masing masing membaca doa b. Mempersiapkan akseptor didik c. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai d. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal atom | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Siswa dibagi dala m beberapa kelompok b. Guru menampilkan gambar dan menjelaskan ihwal atom c. Setiap siswa dalam kelompok diberikan bahan dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab yang berbeda ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom. d. Setiap siswa anggota kelompok mempelajari sub bahan yang ditugaskan dengan membaca literatur ihwal perkembangan model atom dan teori-teori atom. e. Siswa mengamati gambar perkembangan teori atom yang ditayangkan atau digambar oleh guru f. Siswa membaca buku ihwal perkembangan teori atom, segala hal yang berafiliasi dengan teori atom Menanya l. peserta didik timbul beberapa pertanyaan: -Apakah ada perbedaan antara setiap atom? -Apakah ada kelemahan dari masing-masing model atom? Pengumpulan Data m. Peserta didik mengumpulkan data/informasi untuk menemukan tanggapan dari masalah/pertanyaan yang sudah diidentifikasi melalui yang telah diamatinya n. Guru membagikan lembar kerja yang harus diisi sebagai panduan memahami materi. o. Peserta didik mengisi lembar kerja yang menguraikan perkembangan model atom. Mengasosiasikan p. Berdasarkan gosip yang didapat akseptor didik mengolahnya atau mendiskusikan bersama teman sekelompok untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang sudah disepakati ibarat bagaimanakah perkembanagan model atom serta apa saja kelemahan setiap model atom? Mengkomunikasikan q. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok r. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan atau saran terhadap paparan hasil diskusi kelompok s. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 105 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulk an bahan yang telah dipelajari dengan santunan guru. b. Hasil diskusi dipresentasikan oleh beberapa kelompok, sehingga didapat kesimpulan,Urutan dari perkembangan model atom dan kelemahannya c. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik d. Pemberian tugasb e. Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. f. Melaksanakan evaluasi | 15 menit |
1. Pertemuan kedua (3 x 45 menit), indikator 3
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | g. Mempersiapkan akseptor didik h. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu ihwal perkembangan teori atom dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi) i. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal atom j. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 15 menit |
Inti | Mengamati k. Guru menjelaskan perbedaan dan persaan model atom l. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan hasil ulangan sebelumnya m. Setiap siswa dalam kelompok diberikan bahan dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab yang berbeda ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom. n. Setiap siswa anggota kelompok mempelajari sub bahan yang ditugaskan dengan mengkaji literatur ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom. o. Siswa mengamati gambar perkembangan teori atom yang ditayangkan oleh guru p. Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok q. Siswa membaca buku ihwal perkembangan teori atom, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom. Menanya l. peserta didik timbul beberapa pertanyaan: -Bagaimana caranya membedakan setiap model atom? Pengumpulan Data t. Peserta didik mengumpulkan data/informasi untuk menemukan tanggapan dari masalah/pertanyaan yang sudah diidentifikasi melalui yang telah diamatinya u. Guru membagikan lembar kerja yang harus diisi sebagai panduan memahami materi. v. Peserta didik mengisi lembar kerja yang menguraikan perkembangan model atom. Mengasosiasikan w. Berdasarkan gosip yang didapat akseptor didik mengolahnya dengan menjawab permasalahan-permasalahan yang sudah disepakati ibarat bagaimana cara membedakan model atom Mengkomunikasikan x. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok y. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok z. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 105 menit |
Penutup | g. Siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan santunan guru. h. Hasil diskusi dipresentasikan oleh beberapa kelompok, sehingga didapat kesimpulan,Urutan dari perkembangan model atom dan kelemahannya i. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik j. Pemberian tugas k. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya l. Melaksanakan evaluasi | 15 menit |
M. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: tes goresan pena (essay dan cois)
3. Instrumen
Tugas PR
1. Tulislah sejarah tentang perkembangan model atom untuk mengetahui perbedaan setiap model atom!
Soal Pilihan ganda dan essay
1. Elektron ditemukan oleh....
A. William Cookers
B. Goldstein
C. James Chadwich
D. Sir Humphyry
E. J.J. Thomson
2. Perhatikan gambar teori atom berikut!
Yang memperlihatkan teori atom Rutherford ialah ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
3. Elektron terletak pada lintasannya dengan tingkat energi tertentu dengan tidak menyerap dan melepaskan energi. Hal ini dikemukakan oleh .....
A. Dalton
B. Rutherford
C. Thomson
D. Democritus
E. Niels Bohr
4. Apakah atom berdasarkan Dalton?
5. Kemukakan satu kelemahan teori atom Rutherford.
Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Elektron ditemukan oleh E. J.J. Thomson | 5 |
2 | Yang memperlihatkan teori atom Rutherford ialah B. II | 5 |
3 | Elektron terletak pada lintasannya dengan tingkat energi tertentu dengan tidak menyerap dan melepaskan energi. Hal ini dikemukakan oleh B. Rutherford | 5 |
4. | John Dalton tahun 1803 merumuskan teori atom sebagai berikut. a. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yangdisebut atom. b. Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dansejenis). c. Atom suatu unsur tidak sanggup diubah menjadi atom unsurlain. d. Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih denganperbandingan tetap dan tertentu. e. Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atomyang bereaksi. Reaksi kimia terjadi alasannya ialah pemisahanatom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung kembali membentuk senyawa gres | 25 |
5. | Tidak sanggup menjelaskan bahwa spektrum atom hidrogen berupa spektrum garis (diskrit/diskontinu). Jika elektron berputar mengelilingi inti atom sambil memancarkan energi, maka lintasannya berbentuk spiral. Ini berarti spektrum gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berupa spektrum pita (kontinu) padahal kenyataannya dengan spektrometer atom hidrogen memperlihatkan spektrum garis | 15 |
Format Penilaian Sikap Siswa
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | |||||||||
Mengajukan pertanyaan | Menjawab pertanyaan | Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas | Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun | Memberikan solusi | |||||||
YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | ||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
4. | |||||||||||
5. | |||||||||||
... |
Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar : …………………………………………………..
Nama Tugas : …………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik : …………………………………………………..
Kelas / SMT : …………………………………………………..
NO | KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | SKOR (1-5)* |
1 | Cara mempresentasi a. Kejelasan bahasa b. Mudah dipahami c. Menarik | ||
2 | Bahan presentasi: a. Sesuai konsep b. Menarik c. inovatif | ||
3 | Menanggapi masukan/pertanyaan | ||
TOTAL SKOR |
Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : ...............................................................................................................
Sub Materi : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke : ...............................................................................................................
No | Kegiatan | Skor | Rubrik/kriteria | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Pendahuluan | Memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 10-15 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 16-20 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 21-30 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | ||||
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi | 1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | ||||||
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||||||
2. | Kegiatan Inti | Memperhatikan klarifikasi guru ihwal model jigsaw | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||||
Memperhatikan guru menjelaskan bahan pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||||||
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru | 1-9 siswa yang mengerjakan tugas | 10-15 siswa yang mengerjakan tugas | 16-20 siswa mengerjakan tugas | 21-30 siswa mengerjakan tugas | ||||||
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas | 1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya | 4-6 siswa mempresentasikan tugasnya | 6-8 siswa mempresentasikan tugasnya | 9-10 siswa mempresentasikan tugasnya | ||||||
Mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw | 1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw | 6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw | 9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw | 11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw | ||||||
Mendengarkan guru memperlihatkan penguatan | 1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 16-20 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru | ||||||
3. | Kegiatan Penutup | Menyimpulkan hasil pembelajaran | 1 siswa yang meyimpulkan | 2-4 siswa yang meyimpulkan | 5 siswa yang meyimpulkan | 5-7 siswa yang meyimpulkan | ||||
Megerjakan soal dan menjawab sendiri | 1-10 siswa yang menjawab soal sendiri | 11-15 siswa yang menjawab soal sendiri | 16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri | 21-30 siswa yang menjawab soal sendiri |
0 Response to "(Docx) Rpp Kd 3.2 Kelas X Struktur Atom K-13 Lengkap"
Post a Comment