(Docx) Rpp Kd 3.2 Kelas X Struktur Atom K-13 Lengkap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KD 3.2 Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 revisi ihwal Struktur Atom

Download rpp ini



Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas X lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas X k-2013 klik saja link ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA N
(revisi berdasarkan permendikbud no.22 tahun2016)
A.           Satuan Pendidikan                      :           SMA Negeri 7 Banda Aceh
B.            Mata Pelajaran                            :           Kimia
C.           Kelas/Semester                             :           X/ 1
D.           Materi Pokok                               :           Struktur Atom
E.            Alokasi Waktu                             :           6 x 45 Menit
F.            Tujuan Pembelajaran                 :          
1.      Siswa bisa menganalisis perkembangan model atom, kelemahan, kelebihan, partikel dasar
2.      Siswa bisa menjelaskan teori mekanika kuantum
3.      Caranya: rumuskan indikator dahulu, setelah   itu rangkumkan indikator menjadi satu tujuan atau beberapa  tujuaan

G.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  Memahami  model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, Bohr, dan  mekanika gelombang
1. Mendefinisikan atom dan model atom Dalton,   Thomson,  Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang
2. menggambarkan  model atom Dalton, Thomson,     Rutherfor  , Bohr, dan mekanika gelombang
3. membedakan antara setiap model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang

4.2    Menggunakan model atom untuk menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan
1. Menafsirkan data hasil percobaan thomson,
rutherford, dan mekanika gelombang
2. Membuat gambar model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang

H.           Materi Pembelajaran  :          
       a.       Fakta: melihat dan menyebutkan benda-benda di sekitar kita, bahwa benda-benda tersusun dari atom- atom .
                pengetahuan ihwal atom terus berkembang sejalan dengan perkembangan
                IPTEK.
     b.        Konsep : ( adonan antara  fakta yang saling berhubungan)
                  Perkembangan model atom:
-          Model atom Dalton
-          Model atom Thomson
-          Model atom Rutherfod
-          Model atom Niels Bohr
-          Model atom mekanika gelombang

      c.       Prinsip:  membedakan beberapa model atom

     d.       Prosedur ( sederetan langkah-langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
                 Eksperimen yang mendasari timbulnya teori atom

     I.       Metode Pembelajaran           :     1.Model          : jigsau
2. Pendekatan  : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
 3.Metode        : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah dan
                          Resitasi

      J.      Media Pembelajaran
1.Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan.
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa, Buku KIMIA 1   


K.           Sumber Belajar                           :          
1. Ari, H, dan Ruminten. 2009. Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Jakarta : Erlangga.

L.            Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (3 x 45 menit), indikator 1 dan 2
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Masing masing membaca doa
b.    Mempersiapkan akseptor didik
c.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
d.   Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang  akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal atom
15 menit
Inti
Mengamati
a.   Siswa dibagi dala  m beberapa kelompok
b.      Guru menampilkan gambar dan menjelaskan ihwal atom
c.       Setiap siswa dalam kelompok diberikan bahan dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab yang berbeda ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom.
d.   Setiap siswa anggota kelompok mempelajari sub bahan yang ditugaskan dengan membaca literatur ihwal perkembangan model atom dan teori-teori atom.
e.    Siswa mengamati gambar perkembangan teori atom yang ditayangkan atau digambar oleh guru  
f.     Siswa membaca buku ihwal perkembangan teori atom, segala hal yang berafiliasi dengan teori atom
Menanya
l.   peserta didik timbul beberapa pertanyaan:
-Apakah ada perbedaan antara setiap atom?
-Apakah ada kelemahan dari masing-masing model  atom?
Pengumpulan Data
m.      Peserta didik mengumpulkan data/informasi untuk menemukan tanggapan dari masalah/pertanyaan yang sudah diidentifikasi melalui yang telah diamatinya

n.        Guru membagikan lembar kerja yang harus diisi sebagai panduan memahami materi.

o.      Peserta didik mengisi lembar kerja yang menguraikan perkembangan model atom.

Mengasosiasikan
p.      Berdasarkan gosip yang didapat akseptor didik mengolahnya atau mendiskusikan bersama teman sekelompok untuk   menjawab permasalahan-permasalahan  yang sudah disepakati  ibarat bagaimanakah perkembanagan model atom serta apa saja kelemahan setiap model atom?

Mengkomunikasikan
q.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
r.     Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan atau saran terhadap paparan  hasil diskusi kelompok
s.     Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok

105 menit
Penutup
a.  Siswa menyimpulk an bahan yang telah dipelajari dengan santunan guru.
b.      Hasil diskusi dipresentasikan oleh beberapa kelompok, sehingga didapat kesimpulan,Urutan dari perkembangan model atom dan kelemahannya
c.  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik
d.      Pemberian tugasb
e.       Guru memberikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.       Melaksanakan evaluasi
15 menit

1. Pertemuan kedua (3 x 45 menit), indikator 3
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
g.    Mempersiapkan akseptor didik
h.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu ihwal perkembangan teori atom dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)
i.      Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal atom
j.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
k.     Guru menjelaskan perbedaan dan persaan model atom
l.          Siswa dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan hasil ulangan sebelumnya
m.    Setiap siswa dalam kelompok diberikan bahan dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab yang berbeda ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom.
n.    Setiap siswa anggota kelompok mempelajari sub bahan yang ditugaskan dengan mengkaji literatur ihwal perkembangan, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom.
o.    Siswa mengamati gambar perkembangan teori atom yang ditayangkan oleh guru
p.    Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok
q.    Siswa membaca buku ihwal perkembangan teori atom, kelemahan dan kelebihan teori-teori atom.
Menanya
l.   peserta didik timbul beberapa pertanyaan:
-Bagaimana caranya membedakan setiap model atom?   
Pengumpulan Data
t.          Peserta didik mengumpulkan data/informasi untuk menemukan tanggapan dari masalah/pertanyaan yang sudah diidentifikasi melalui yang telah diamatinya

u.        Guru membagikan lembar kerja yang harus diisi sebagai panduan memahami materi.

v.      Peserta didik mengisi lembar kerja yang menguraikan perkembangan model atom.

Mengasosiasikan
w.    Berdasarkan gosip yang didapat akseptor didik mengolahnya dengan menjawab permasalahan-permasalahan   yang sudah disepakati  ibarat bagaimana cara membedakan model atom

Mengkomunikasikan
x.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
y.    Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memperlihatkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok
z.    Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok

105 menit
Penutup
g.  Siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan santunan guru.
h.      Hasil diskusi dipresentasikan oleh beberapa kelompok, sehingga didapat kesimpulan,Urutan dari perkembangan model atom dan kelemahannya
i.    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik
j.        Pemberian tugas
k.      Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya
l.        Melaksanakan evaluasi
15 menit


M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: tes goresan pena (essay dan cois)   
3. Instrumen


Tugas  PR
1.      Tulislah sejarah tentang perkembangan model atom untuk mengetahui perbedaan setiap model atom!       

Soal Pilihan ganda dan essay
1.      Elektron ditemukan oleh....
A.    William Cookers
B.     Goldstein
C.     James Chadwich
D.    Sir Humphyry
E.     J.J. Thomson

2.      Perhatikan gambar teori atom berikut!
Yang memperlihatkan teori atom Rutherford ialah ....
A.    I
B.     II
C.     III
D.    IV
E.     V

3.      Elektron terletak pada lintasannya dengan tingkat energi tertentu dengan tidak menyerap dan melepaskan energi. Hal ini dikemukakan oleh .....
A.    Dalton
B.     Rutherford
C.     Thomson
D.    Democritus
E.     Niels Bohr

4.      Apakah atom berdasarkan Dalton?
5.      Kemukakan satu kelemahan teori atom Rutherford.



Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Elektron ditemukan oleh
E. J.J. Thomson
5
2
Yang memperlihatkan teori atom Rutherford ialah
B. II
5
3
Elektron terletak pada lintasannya dengan tingkat energi tertentu dengan tidak menyerap dan melepaskan energi. Hal ini dikemukakan oleh
B. Rutherford
5
4.
John Dalton tahun 1803 merumuskan teori atom sebagai berikut.
a.       Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yangdisebut atom.
b.      Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dansejenis).
c.       Atom suatu unsur tidak sanggup diubah menjadi atom unsurlain.
d.      Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih denganperbandingan tetap dan tertentu.
e.       Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atomyang bereaksi. Reaksi kimia terjadi alasannya ialah pemisahanatom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung kembali membentuk senyawa gres
25
5.
Tidak sanggup menjelaskan bahwa spektrum atom hidrogen berupa spektrum garis (diskrit/diskontinu). Jika elektron berputar mengelilingi inti atom sambil memancarkan energi, maka lintasannya berbentuk spiral. Ini berarti spektrum gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berupa spektrum pita (kontinu) padahal kenyataannya dengan spektrometer atom hidrogen memperlihatkan spektrum garis
15


Format Penilaian Sikap Siswa
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun
Memberikan solusi
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
1.











2.











3.











4.











5.











...












Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar                    : …………………………………………………..
Nama Tugas                : …………………………………………………..
Alokasi Waktu            : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik    : …………………………………………………..
Kelas / SMT                : …………………………………………………..
NO
KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
SKOR (1-5)*
1

Cara mempresentasi
a.       Kejelasan bahasa
b.      Mudah dipahami
c.       Menarik

2

Bahan presentasi:
a.       Sesuai konsep
b.      Menarik
c.       inovatif

3

Menanggapi masukan/pertanyaan

TOTAL SKOR

Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran            : ...............................................................................................................
Kelas/Semester            : ...............................................................................................................
Sub Materi                  : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal              : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke             : ...............................................................................................................


No
Kegiatan
Skor
Rubrik/kriteria
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Pendahuluan
Memperhatikan guru saat membuka pelajaran




1-9 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
10-15 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
16-20 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
 21-30 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi




1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran




1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru
2.
Kegiatan Inti
Memperhatikan  klarifikasi guru ihwal model jigsaw




1-9 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
Memperhatikan guru menjelaskan bahan pelajaran




1-9 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru




1-9 siswa yang mengerjakan tugas
10-15 siswa yang mengerjakan tugas
16-20 siswa mengerjakan tugas
21-30 siswa mengerjakan tugas
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas




1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya
4-6  siswa
mempresentasikan tugasnya
6-8 siswa
mempresentasikan tugasnya
 9-10 siswa
mempresentasikan tugasnya



Mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw




1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
Mendengarkan guru memperlihatkan penguatan




1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru
11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru
16-20  siswa yang mendengarkan penguatan guru
21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan hasil pembelajaran




1 siswa yang meyimpulkan
2-4 siswa yang meyimpulkan
5 siswa yang meyimpulkan
5-7 siswa yang meyimpulkan
Megerjakan soal dan menjawab sendiri




1-10 siswa yang menjawab soal sendiri
11-15 siswa yang menjawab soal sendiri
16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri
21-30 siswa yang menjawab soal sendiri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Docx) Rpp Kd 3.2 Kelas X Struktur Atom K-13 Lengkap"

Post a Comment