.Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap
Download RPP KD 3.4 Kelas XI Termokimia
Mendownload perangkat pembelajaran kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi, lengkap dengan RPP, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, KKM, jam dan ahad efektif visit link biru ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : XI/ 1 (Satu)
D. Materi Pokok : Termokimia
E. Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4Memahami konsep sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap dan penggunaannya dalam persamaan termokimia. | 1. Menjelaskan konsep sebagai kalor reaksi 2. Menerapkan penggunaan konsep dalam persamaan termokimi 3. Menghitung pada persamaan termokimia. |
4.4 menggunakan persamaan termokimia untuk mengaitkan perubahan jumlah pereaksi atau hasil reaksi dengan perubahan energi. | Menjelaskan penentuan sebagai kalor reaksi dengan perubahan energi serta penggunaannya dalam termokimia. |
H. Materi Pembelajaran :
a. Fakta: Perpindahan energi dalam suatu reaksi
b. Konsep:Perubahan entalpi dalam reaksi
c. Prinsip: Rumus kimia yang terjadi terhadap perubahan entalpi dalam reaksi
d. Prosedural:langkah-langkah dalam memilih perubahan entalpi dari suatu reaksi
I. Metode Pembelajaran : 1. Model :Discovery Learning dan jigsaw 2. Pendekatan : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
3.Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, eksperimen dan Rasitasi.s
J. Media Pembelajaran
1.Media : Worksheet, gambar (cetak), elektronik.
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa.
K. Sumber Belajar
Shidiq Premono. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Jakarta : PusatPerbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Budi Utami. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : PusatPerbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
L. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan penerima didik b. Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan berlangsung perihal konsep sebagai kalor reaksi, yaitu dengan menawarkan pertanyaan: (apersepsi) : “ Apakah kalian masih ingat perihal materi proses fotosintesis. Fotosintesis hanya sanggup berlangsung dengan derma energy cahaya matahari (ultraviolet)?” c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan perihal konsep sebagai kalor reaksi “ Mengapa uang yang tersimpan di bank sanggup diambil dan sanggup disimpan kembali ?” | 15 menit |
Inti | Mengamati d. Peserta didik memperhatikan guru yang menjelaskan materi yang sudah lalu. e. Guru menawarkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai konsep sebagai kalor reak. f. Peserta didik mengamati kejadian dari permasalahan yang diteliti perihal konsep sebagai kalor reaksi. g. Peserta didik membaca buku perihal konsep Menanya h. Peserta didik bertanya mengenai konsep sebagai kalor reaksi. i. Peserta didik bertanya bagaimana penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Pengumpulan Data j. Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkinmasalah yang relevan dengan materi yang diberikan. k. Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan. Mengasosiasikan l. Setiap perserta didik kelompokberkumpul untuk mendiskusikan hasil data yang diperoleh mengenai konsep sebagai kalor reaksi. Mengkomunikasikan m. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. n. Peserta didik memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok | 105 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru. b. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. c. Guru melakukan refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran hari ini. d. Guru memberikan info untuk pertemuan berikutnya. e. Melaksanakan evaluasi | 15 menit |
2. Pertemuan kedua (2 x 45 menit) indikator 2
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan penerima didik b. Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan berlangsung perihal penggunaan konsep dalam persamaan termokimia., yaitu dengan menawarkan pertanyaan(apersepsi): “ Apakah kalian masih ingat perihal energi listrik sanggup diubah menjadi bentuk energi kalor?” c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan menawarkan pertanyaan tentang penggunaan konsep dalam persamaan termokimia “ Mengapa nasabah hanya mengetahui jumlah uang yang ia terima atau keluar dari bank contohnya berupa pinjaman. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan intruksi dari guru dalam pembagian kelompok menurut nomor urut ketidakhadiran kelas. b. Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan guru berkenaan dengan penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. c. Guru menawarkan materi kepada setiap peserta didik dalam kelompok dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab yang berbeda perihal penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. d. Setiap peserta didik dalam kelompok, harus mempelajari sub materi yang ditugaskan dengan membaca buku dan literatur lainnya tentang penggunaan konsep dalam persamaan termokimia.. Menanya e. Peserta didik bertanya mengenai penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. f. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan hasil materi yang diberikan. Pengumpulan Data g. Setiap kelompok mengumpulkan info dari banyak sekali sumber berguru perihal penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. h. Setiap kelompok berdiskusi membahas soal yang tertera pada buku. Mengasosiasikan i. Setiap penerima didik dari semua kelompok berkumpul dalam kelompok gres (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka masing-masing. j. Setelah mendiskusikannya, tiap peserta didik dari tim mahir kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan kepada teman satu kelompok. k. kelompok menafsirkan hasil rangkuman dari semua kumpulan sumber mengenai penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. Mengkomunikasikan l. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai penggunaan konsep dalam persamaan termokimia. | 105 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru. b. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. c. Guru melakukan refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran hari ini. d. Guru memberikan info untuk pertemuan berikutnya. e. Melaksanakan evaluasi | 15 menit |
3. Pertemuan ketiga (2 x 45 menit) indikator 3
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan penerima didik b. Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan berlangsung perihal perhitungan pada persamaan termokimia., yaitu dengan menawarkan pertanyaan(apersepsi): “ Apakah kalian masih ingat materi yang telah dipelajari, yaitu perubahan tekanan, volume, dan kalor?” c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan menawarkan pertanyaan tentang perhitungan pada persamaan termokimia ibarat seseorang yang ingin pergi menuju jakarta. “Mengapa si A berangkat dari medan menuju jakarta dengan angkutan darat selama 3 hari 2 malam. Sedangkan si B berangkat dengan memakai angkutan maritim selama 3 hari 2 malam.? | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan guru yang menjelaskan materi yang sudah lalu. b. Guru menawarkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai perhitungan pada persamaan termokimia. c. peserta didik mengamati sub materi yang ditugaskan dalam perkelompok dengan mengkaji buku dan literatur perihal perhitungan pada persamaan termokimia. Menanya d. Peserta didik bertanya mengenai perhitungan pada persamaan termokimia. Pengumpulan Data e. Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkinmasalah yang relevan dengan materi yang diberikan. f. Siswa dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan. Mengasosiasikan g. Setiap perserta didik kelompok berkumpul untuk mendiskusikan hasil data yang diperoleh mengenai perhitungan pada persamaan termokimia. Mengkomunikasikan h. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. i. Peserta didik memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok | 105 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru. b. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. c. Guru melakukan refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran hari ini. d. Guru memberikan info untuk pertemuan berikutnya. e. Melaksanakan evaluasi | 15 enit |
M. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1. Jenis dan bentukpenilaian: penugasan (diskusi),tes tertulis
2. Bentuk instrument: sikap, uraian,
Tugas PR 1
1. Sebutkan perubahan kalor (perpindahan energi) yang terjadi dalam reaksi kimia
2. Sebutkan macam sistem kimia menurut interaksi dengan lingkungan !
Tugas PR2
1. Mengapa entalpi suatu sistem tidak sanggup diukur, melainkan yang sanggup diukur yaitu perubahan energi yang menyertai perubahan zat ?
2. Reaksi apakah biasanya yang terjadi, kalau suatu wadah air dibiarkan dalam keadaan terbuka ?
3. Coba berikan 1 referensi yang menyatakan dari perubahan energi internal !
Tugas PR3
1. Perpindahan energi dari satu keadaan ke keadaan lain pada tekanan tetap disebut …
a. Kalor d. Energi Potensial
b. Kerja e. Energi Kinetik
c. Entalpi
2. Energi yang terkandung dalam suatu materi disebut …
a. Kalor d. Energi potensial
b. Entalpi e. Energi kinetik
c. energi internal
3. Ciri-ciri reaksi eksoterm yaitu …
a. lingkungan menyerap kalor dari sistem
b. sistem menyerap kalor dari lingkungan
c. sistem dan lingkungan mempunyai kalor sama
d. kalor sistem dan lingkungan kalau dijumlahkan sama dengan nol
e. pada simpulan reaksi, kalor lingkungan selalu lebih kecil dari kalor sistem
4. Sifat-sifat entalpi sebagai berikut, kecuali ….
a. kalor pada tekanan tetap
b. tidak sanggup diukur selain perubahannya
c. energi yang menyertai reaksi kimia pada tekanan tetap
d. panas yang terkandung dalam suatu materi
e. perubahan energi pada tekanan tetap
5. Reaksi dalam kehidupan sehari-hari berikut ini yang merupakan reaksi endoterm yaitu …
a. Respirasi
b. Fotosintesis
c. perkaratan besi
d. pembakaran
e. kapur tohor dimasukkan dalam air
6. Penulisan persamaan termokimia sesuai hukum yang berlaku yaitu ….
a. H2(g) + O2(g)→ H2O(g) ΔH = –x kJ
b. H2(g) + O2(g)→ H2O(g) ΔH = –x kJ
c. 2H2(g) + O2(g)→ 2H2O(g) ΔH = –x kJ
d. H2(g) + O2(g)→ H2O(g)
e. H2(g) + O2(g) + energi → H2O(g)
7. Diketahui persamaan termokimia:
C(s) + O2(g) CO2(g) ΔH = –393,5 kJ
Pernyataan yang benar dari reaksi di atas yaitu … .
C(s) + O2(g) CO2(g) ΔH = –393,5 kJ
Pernyataan yang benar dari reaksi di atas yaitu … .
a. Pembakaran 1 mol karbon menghasilkan kalor sebesar 393,5 kJ
b. Pembakaran 1 mol karbon dioksida menghasilkan kalor sebesar 393,5
c. Pembentukan 1 mol karbon dioksida membutuhkan kalor sebesar 393,5 kJ
d. Pembakaran 1 mol karbon membutuhkan kalor sebesar 393,5 kJ
e. Pembentukan 1 mol karbon dioksida menghasilkan kalor sebesar 196,75 kJ
8. Di antara proses berikut yang merupakan proses endoterm yaitu ….
a. Awan mengembun
b. Air menjadi es
c. Agar-agar memadat
d. Lelehan besi membeku
e. Awan menjadi hujan
9. alor pembentukan yaitu kalor yang dilepas atau diharapkan apabila 1 mol senyawa terbentuk dari … .
a. ion positif dan negatif
b. unsur-unsurnya
c. senyawa yang lebih sederhana
d. molekul-molekul diatomik
e. atom-atomnya
10. Persamaan termokimia berikut ini merupakan perubahan entalpi pembentukan standar (ΔHfo), kecuali … .
a. C(s) + 2 Cl2(g) CCl4(l) ΔHf° = –134 kJ
b. Ca(s) + Cl2(g) CaCl2(s) ΔHf° = –795,8 kJ
c. Fe2(s) + 3/2 O2(g) Fe2O3(s) ΔHf° = –822,2 kJ
d. Na(s) + ½ H2(g) + C(s) + 3/2 O2(g) NaHCO3(s) ΔHf° = –947,7 kJ
e. Zn(s) + ½ O2(g) ZnO(s) ΔHf° = –348 kJ
Kunci balasan Soal essay latihan 1
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Reaksi yang terjadi yaitu reaksi antara sistem dan lingkungan · Sistem yaitu bab alam semesta yang menjadi sentra perhatian · Lingkungan yaitu bab alam semesta yang berinteraksi dengan sistem. | 50 |
2 | Macam-macam sistem kimia yang berinteraksi dengan lingkungan yaitu : · Sistem terbuka, terjadi perpindahan energi dan materi · Sistem tertutup, terjadi perpindahan energi tetapi tidak terjadi perpindahan materi. · Sistem terisolasi, tidak terjadi perpindahan energidan materi. | 50 |
Kunci balasan Soal essay latihan 2
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Entalpi sistem tidak sanggup diukur, melainkan perubahan entalpi yang menyertai perubahan zat, lantaran dengan perubahan entalpi kita sanggup memilih entalpi yang dilepaskan atau diserap pada dikala terjadi reaksi. | 35 |
2 | Reaksi yang terjadi pada dikala suatu wadah terbuka yaitu, pada umumnya akan mengalami pertambahan energi atau kehilangan energi dalam bentuk panas. Jika suatu reaksi yang terjadi dalam sistem menghasilkan panas, maka terasa panas bila sistem tersentuh. Ketika reaksi kimia terjadi, dimana sistem melepaskan energi atau panas ke lingkungan, hal ini ditunjukkan dengan keadaan menjadi panas yang disebut dengan reaksi eksoterm. Sedangkan reaksi kimia terjadi, dimana sistem menyerap kalor atau panas, maka proses tersebut disebut reaksi endoterm. | 35 |
3 | Contoh dari energi internal. Anda tidak sanggup menyampaikan bahwa air panas dalam termos mengandung banyak kalor alasannya yang terkandung dalam air termos bukan kalor, melainkan yaitu energi internal. | 30 |
Kunci balasan Soal Pilihan ganda latihan 3
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | C. Entalpi | 5 |
2 | C. Energi internal | 5 |
3 | A. lingkungan menyerap kalor dari sistem | 5 |
4. | D. Panas yang terkandung dalam suatu materi | 5 |
5. | B. Fotosintesis | 5 |
6 | C. 2H2(g) + O2(g)→ 2H2O(g) ΔH = –x kJ | 5 |
7 | A. pembakaran 1 mol karbon menghasilkan kalor sebesar 393,5 kJ. | 5 |
8 | C. Agar-agar memadat | 5 |
9 | B. unsur-unsurnya | 5 |
10 | C. Fe2(s) + 3/2 O2(g) Fe2O3(s) ΔHf° = –822,2 kJ | 5 |
.Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap - Otak Pintar >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
.Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap - Otak Pintar >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
.Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap - Otak Pintar >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK