Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual - Coba blogger mana yang tidak ingin blognya terlihat rapi dan keren, blog yang terlihat rapi biasanya memperlihatkan huruf si empunya blog tersebut coba kalau blog terlihat acak-acakan dan nggak karuan tentunya pengunjung akan menerka yang tidak-tidak bukaannya pengunjung sanggup info yang menarik justru malah pusing. dalam hal membuat blog tentu teman harus tahu bagaimana mengelolanya semakin ahli akan semakin terlihat professional blog tersebut.  Nah.. dalam mengedit blog tentu masih ada  hubungannya dengan mengelola blog karena mengedit blog itu sendiri yaitu penggalan dari mengelola blog. jadi memang sangat penting untuk di perhatikan.

Kembali membahas cara mengedit blog itu sangat berbeda jauh dengan mengedit video ..ya iya lah.. he..he.. mengedit blog di blogger itu sanggup jauh lebih  mudah dengan adanya fitur nya blogger sebab blogger mempermudah penggunanya dalam menggelola template blog mereka. disini saya akan mengshare khsusus untuk pemula bagaimana cara mengedit blog dengan tujuan semoga blognya terlihat lebih bagus dan lebih  keren.

Cara Mengedit Blog Dengan Instant

Mengedit Blog dengan mengganti Template  Mengganti template yaitu cara tercepat merubah tampilan blog menjadi baru. meskipun begitu biasanya blogger tidak puas dengan template yang habis di ganti, mereka biasanya akan merubah beberapa tampilan lainnya ibarat widget, ukuran header, mengganti backgound, ukuran sidebar, bentuk font, dan lain sebagainya. jikalau teman ingin melihat beberapa koleksi template keren berdasarkan versi saya silahkan lihat ke delapan template gratis dan keren disini.

Cara mengedit Blog dengan Semi Manual


"Cara Edit Blog Manual" mungkin istilah ini terdengar aneh. nggak apa-apa deh yang penting paham.. he..he.. Cara manual ini biasanya dilakukan oleh para professional mereka sanggup membuat template tanpa memalsukan atau mengcopy template orang lain. mereka sanggup membuat template sendiri sehabis selesai membuat blog kemudian mengedit satu demi hingga selesai. mulai dari membuat dan mengupload script, membuat gambar sendiri, membuat isyarat HTML sendiri dan meletakkan isyarat tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku.  maka dari itu cara ini saya sendiri jarang melakukannya sebab selain membutuhkan waktu yang usang cara menual ini menguras pikiran. jadi kalau pikiran sedang gundah besar kemungkinan template nya juga jadi ikutan galau... he.he.. Cara manual disini berarti teman harus mencar ilmu perihal coding HTML untuk mengetahui code yang njlimet ini tentu di butuhkan waktu dan kesabaran sebab salah sedikit dalam mengedit maka besar kemungkinan blog akan terlihat acak acakan bahkan malah tidak sanggup di simpan sama sekali. namun jikalau sanggup menguasai HTML tentu saja teman sanggup membuat model dan bentuk template apapun sesuai dengan imajenasi.

Makara kalau berdasarkan saya langsung untuk menghemat waktu dan pikiran mendingan pakai cara "semi manual" saja  istilah aneh apalagi ini... maksudnya yaitu teman cari template dulu yang bagus kemudian (bisa di btemplate.com, mybloggertheme, soratemplate.com, dan lain-lain) tinggal di utak utik sedikit saja yang penting tampilannya sudah beda dari yang lain pola nya ibarat mengganti ukuran sidebar, meletakkan dan menambah kolom di blog, mengganti model font, menambah / mengganti menu, jadi tidak perlu menguasai HTML dan membuat script sendiri. dalam mengedit template teman sanggup mencari tips triknya di google ya.. dan bawah ini saya akan sedikit memperlihatkan pola dasar dalam mengedit template dan cara ini tentu sanggup teman ekplorasi sendiri

Contoh Mengedit Blog Dengan mengganti ukuran gambar Homepage


Misalkan saja teman sudah mengganti template namun ada sesuatu yang masih mengganjal dan ingin merubah sesuai keinginan. ambil saja misalnya disini yaitu saya ingin merubah ukuran thumbnail / gambar yang ada di homepage.
  1. Disini saya menggunakan browser mozilla. 
  2. Arahkan pointer mouse pada area template yang teman ingin rubah, misal disini yaitu thumbnail yang ada di homepage. klik area gambar tersebut dan klik kanan pada mouse dan pilih "inspect element", nanti akan muncul isyarat di bawahnya (mozilla).
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual
     
  3. Setelah muncul isyarat yang ada di bawah, saya mencoba mencari isyarat gambar mana yang benar, jadinya ketemu, caranya yaitu saat saya cari-cari dan klik (bagian area nomer 2) letak garis warna biru nya tepat berada di gambar yang saya inginkan (bagian area nomer 1) sedangkan isyarat rules memperlihatkan ukuran gambar tersebut. (bagian area nomer 3).  nah teman sanggup lihat di penggalan area gambar nomer 3 ini yaitu isyarat yang akan teman rubah. silahkan isyarat warna biru pada penggalan area nomer 3 teman copy
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual
     
  4. Di rules ada isyarat warna biru . ibarat yang teman lihat isyarat yang berwarna biru di penggalan rules yaitu .post-thumbnail . 
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual
     
  5. langkah selanjutnya masuk ke akun blogger blog yang teman ingin edit tadi - Pilih TEMPLATE kemudian EDIT HTML
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual
     
  6. Kemudian langkah berikutnya mencari kode .post-thumbnail  caranya silahkan tekan tombol CTRL + F pada keyboard teman maka akan muncul kolom pencarian pastekan kodenya di kolom search nya kemudian tekan ENTER. maka isyarat akan muncul di ibarat gambar yang teman lihat di bawah ini.
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual
     
  7. Lakukan perubahan isyarat misalkan mengganti ukuran lebar dan tinggi menjadi lebih besar dan lebih kecil misalkan saja disana ada kode  { width:80px; height:80px; float:left; margin:0px 10px 0px 0px; padding: 5px; border: 1px solid #ccc; } jadi tinggal merubah ukurannya misalkan saja menjadi 90px atau 50px terserah sobat.
  8. Preview template untuk melihat perubahannnya jikalau dirasa sudah pas silahkan save template.
sehabis teman tahu perihal bagaimana mengedit blog ada baiknya teman baca juga perihal cara
Mempercantik Tampilan Blog saya rasa ini hal yang paling fundamental seorang blogger mempunyai tampilan blog yang unik, menarik, rapi, dan profesional. untuk lebih jauh perihal tampilan blog yang bagus ini teman sanggup membaca artikel tentang cara mempercantik tampilan blog. sebab mungkin disana ada tumpuan langkah apa saja yang teman lakukan untuk menyebabkan blog milik teman terlihat cantik

Sebenarnya tutorial mengedit template ini masih jauh dari tepat masih banyak perihal template yang harus dipelajari tutorial di atas yaitu pola kecil yang harus teman kembangkan lagi namun sebab terbatasnya waktu dan halaman ini baiknya saya lanjutkan pada hari selanjutnya. terima kasih dan semoga berkhasiat bagi semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual"

Post a Comment