Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank Bca

BOS TUTORIAL - Selamat Datang di Situs wacana dunia blogger dan teknologi. Selamat berjumpa kembali. Kali ini, kita akan diskusi wacana Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA. Berawal dari membuka situs KLIKBCAdotcom, saya membaca sebuah artikel wacana himbauan semoga berhati-hati dalam melaksanakan transaksi. Kenapa saya tertarik dengan artikel tsb, lantaran sebagian blogger sudah tidak absurd lagi situs KLIK BCA yang popuer tsb. Sebagai komplemen bahwa artikel ini saya paparkan kembali kehadapan saudara-saudara semoga sanggup lebih berhati-hati dalam memakai Sistem Perbangkan. Mari simak di bawah ini.

 saya membaca sebuah artikel wacana himbauan semoga berhati Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA
Foto: Capture dari www.bca.co.id

Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA

Kami memahami bahwa histori perbankan Anda ialah penting dan begitu personal. Dengan BCA, transaksi perbankan ditangani eksklusif oleh para ahli. Selalu menjadi akad bagi BCA, untuk menjaga segala bentuk transaksi perbankan para nasabahnya. Bersama BCA, transaksi perbankan Anda berada di tangan yang tepat.

Waspadai Bahaya Phising!!
Phising ialah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia seorang nasabah ibarat User ID dan PIN. Ada beberapa cara antara lain :
  • Membuat situs palsu yang mempunyai alamat dan tampilan ibarat dengan situs resmi milik bank
  • Mengirim URL link ke situs yang dibentuk semirip mungkin dengan situs resmi milik bank namun ternyata palsu
  • Mengirim email atau BBM yang berisi URL link atau login screen dan meminta nasabah melaksanakan login dengan memasukkan User ID dan PIN
  • Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu

Kiat-kiat pengamanan:
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking BCA melalui alamat resmi situs KlikBCA di http://www.klikbca.com dan klik tombol LOGIN atau eksklusif ke halaman login Internet Banking BCA di https://ibank.klikbca.com atau bila susukan via smartphone ke https://m.klikbca.com
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs KlikBCA, simpan alamat situs pada sajian favorites atau bookmarks. Sehingga untuk selanjutnya bila Anda ingin mengakses Internet Banking BCA, cukup menentukan dari sajian favorites atau bookmarks
  • Perlu diketahui bahwa BCA tidak pernah mengirim email ibarat yang dijelaskan diatas kepada nasabah. Apabila Anda mendapatkan email semacam itu yang kelihatannya berasal dari BCA, yang sebaiknya Anda lakukan adalah:
    1. Meneruskan (forward) email tersebut ke halobca@bca.co.id atau menginformasikan ke Halo BCA pada nomor 1500888.
    2. Menghapus email tersebut.
  • Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan PIN Anda sudah tidak rahasia lagi, segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam bertransaksi di Internet Banking BCA, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
  • KeyBCA hanya dipakai untuk acara berikut:
    1. melakukan transaksi finansial: transfer, pembayaran, pembayaran e-commerce, dan pembelian.
    2. mendaftarkan rekening tujuan transfer, mengubah alamat email, pendaftaran inquiry kartu kredit BCA, tambah/hapus koneksi KeyBCA, aktivasi KeyBCA, dan aktivasi BCA KlikPay.
  • BCA tidak pernah meminta memasukkan angka/respon dari KeyBCA diluar dari transaksi yang disebutkan di atas. Jika Anda mendapatkan layar untuk memasukkan angka dari KeyBCA di luar dari transaksi yang disebutkan di atas, segera Hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.
  • Jangan meminjamkan, memindahtangankan KeyBCA serta memberitahukan PIN KeyBCA Anda kepada orang lain.
  • Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda sanggup menghapus rekening tujuan yang sudah tidak dibutuhkan pada sajian Administrasi - Hapus Daftar Transfer.
  • Pada dikala melaksanakan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan akseptor transfer ialah benar.
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking BCA melalui alamat resmi situs KlikBCA di http://www.klikbca.com dan klik tombol LOGIN atau eksklusif ke halaman login Internet Banking BCA di https://ibank.klikbca.com atau susukan ke https://m.klikbca.com dari browser smartphone, serta sanggup juga diakses KlikBCA via sajian pada BCA mobile.
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs KlikBCA, simpan alamat situs pada sajian favorites atau bookmarks, sehingga untuk selanjutnya bila Anda ingin mengakses Internet Banking BCA, cukup menentukan dari sajian favorites atau bookmarks
  • Periksa akta SSL untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan akta SSL yang sah yang telah terdaftar untuk ibank.klikbca.com atau m.klikbca.com
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda susukan dikala ini dienkripsi dengan memakai SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout dikala meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
  • Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking BCA di warnet atau jaringan yang tidak sanggup dipastikan keamanannya.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang menyampaikan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan PIN KeyBCA. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN.
  • Mengganti PIN secara bersiklus dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain
  • Apabila Anda mendapatkan pesan yang menjelaskan bahwa akta tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan susukan internet banking BCA dan segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Hati-Hati Virus/Worm, Trojan, Spyware, dan Bot

Virus / Worm
Virus/worm ialah program-program komputer yang sanggup membuatkan dirinya dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Virus/worm sanggup merusak sistem operasi, aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi.

Perbedaan virus dengan worm terdapat di cara penyebarannya. Virus menempati ruangan dalam media penyimpanan (misalnya, menempel pada file atau tersimpan dalam boot sector hard disk) dan umumnya menyebar melalui USB flash disk, lampiran (attachment) email, berkas (file) yang diunduh dari internet, maupun melalui kunjungan ke halaman website yang sengaja dibentuk untuk membuatkan virus. Sedangkan worm menyebar melalui jaringan. Ada juga jadwal adonan antara virus dan worm, yaitu tersimpan di media penyimpanan namun menyebar melalui jaringan.

Beberapa teladan efek dari abses virus/worm:
  • Komputer menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet)
  • Komputer menjadi lambat
  • Data di harddisk dirusak atau dikirim ke pihak lain melalui jaringan
  • Program aplikasi tidak sanggup digunakan
  • Password yang diketik di keyboard sanggup disadap dan dikirim ke pihak lain untuk tujuan penipuan

Trojan
Trojan ialah homogen virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman, contohnya dokumen Excel yang terlampir pada email. Pengguna komputer ditipu untuk melaksanakan tindakan yang sanggup membuatkan trojan, contohnya membuka lampiran itu lantaran mengira itu ialah file Excel biasa padahal sebetulnya berisi jadwal trojan.

Setelah berhasil menginfeksi komputer, trojan sanggup bertindak merusak ibarat virus lain atau mengirim informasi penting, termasuk User ID dan password, ke pihak lain tanpa sepengetahuan pemakai komputer yang terinfeksi.

Spyware
Spyware ialah homogen komputer jadwal yang dibentuk untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/Pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi sasaran utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat email, dan lain-lain.

Spyware sanggup ter-install melalui email attachment, jadwal yang di-install dari sumber-sumber yang tidak jelas, ataupun oleh website yang 'jahat'.

Namun, berbeda dengan virus yang sifatnya lebih merusak, spyware bekerja secara rahasia semoga tidak terlacak sehingga lebih gampang mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar spyware.

Bot (roBot)
Bot ialah homogen komputer jadwal yang sanggup menimbulkan komputer dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan sanggup melaksanakan apa saja dengan komputer Anda.

Umumnya komputer yang telah terkontrol dipakai untuk mengirim Spam, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain.

Kiat-kiat pengamanan:
  • Gunakan anti-virus ter-update di komputer anda, dan pastikan bahwa komputer anda di-scan secara real-time.
  • Hapus email yang mencurigakan atau yang tiba dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan email attachment sebelum dibuka.
  • Gunakan firewall pada komputer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut sanggup mengamankan komputer anda.
  • Pastikan bahwa versi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya ialah yang terkini.
  • Pastikan bahwa anda hanya men-download file dari website yang kondusif dan scan file-file yang berasal dari Internet sebelum digunakan.
  • Scan USB flash disk yang anda pakai sebelum digunakan
  • Kenali proses bertransaksi di Internet yang biasa anda lakukan. KeyBCA hanya dipakai untuk acara tertentu. Jika anda diminta response KeyBCA di luar proses yang biasa, segera laporakan ke Halo BCA di telepon 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di BCA mobile
Untuk menjaga keamanan Anda dalam bertransaksi BCA mobile :

Pastikan Anda men-download BCA mobile melalui situs resmi yang telah disediakan BCA, antara lain:
  • Masuk ke www.klikbca.com dan pilih sajian “BCA mobile” atau masuk ke www.bca.co.id, pilih e-banking pada Produk & Layanan dan klik sajian “BCA mobile” kemudian pilih sajian download. Anda akan eksklusif diarahkan untuk men-download BCA mobile.
  • Akses ke BlackBerry App World/Google Play Store (Android Market)/iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone nasabah), kemudian cari aplikasi BCA mobile dan download.
  • Langsung susukan ke https://downloadmbank.klikbca.com/mbca

Pilih jaringan nirkabel yang memakai kata kunci keamanan jaringan atau mempunyai beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan memakai susukan Wi-Fi publik untuk melaksanakan transaksi melalui BCA mobile Anda, alasannya ialah kepastian keamanan susukan Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.

Untuk transaksi memakai m-BCA:
  • Jaga kerahasiaan Kode Akses Anda sebagai pengaman susukan sajian m-BCA
  • Jaga kerahasiaan PIN m-BCA Anda sebagai pengaman validasi transaksi
  • Pastikan bahwa Anda telah logout dikala final memakai m-BCA pada BCA mobile Anda meskipun hanya sesaat

Untuk transaksi memakai KlikBCA versi smartphone:
  • Periksa akta SSL untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan akta SSL yang sah yang telah terdaftar untuk m.klikbca.com
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda susukan dikala ini dienkripsi dengan memakai SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout
  • Jaga kerahasiaan PIN Internet Banking Anda sebagai pengaman susukan KlikBCA
  • Jangan meminjamkan atau memindahtangankan KeyBCA Anda kepada orang lain
  • Pastikan bahwa Anda telah logout dikala final memakai KlikBCA Anda meskipun hanya sesaat

Mengganti Kode Akses, PIN m-BCA, PIN Internet Banking, dan PIN KeyBCA secara bersiklus dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain

Waspadai upaya penipuan dari oknum yang menyampaikan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk Kode Akses, PIN m-BCA, PIN Internet Banking dan PIN KeyBCA. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut

Apabila Anda mendapatkan pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi/sertifikat/layanan tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan susukan BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA pada nomor 1500888.

Tips Bertransaksi Aman di ATM
  • Mengganti PIN ATM secara berkala
  • Jangan melayani pihak yang memperlihatkan pinjaman di ruang ATM
  • Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN kepada orang lain (petugas bank tidak pernah meminta PIN dari nasabah)
  • Menutup tombol pinpad dengan tangan pada dikala memasukkan PIN ke ATM
  • Jika Anda mengalami kesulitan di ATM, hubungi segera Halo BCA pada nomor 1500888

Tips Bertransaksi Aman di EDC
  • Periksa nilai transaksi
  • Selalu ikuti keberadaan kartu
  • Tutup dengan tangan dikala input PIN
  • Mintalah kartu Paspor BCA Anda kembali
  • Jangan beritahukan PIN kepada orang lain termasuk petugas bank atau keluarga
  • Jika Anda mengalami kesulitan di EDC, hubungi segera Halo BCA pada nomor 1500888

Tips Mengamankan PIN
  • Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, sekalipun kepada keluarga atau teman dekat.
  • Hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet.
  • Mengusahakan orang lain tidak sanggup melihat PIN Anda yaitu dengan menutup gerakan jari pada dikala Anda menekan tombol pinpad atau dikala memasukkan PIN Anda.
  • Mengganti PIN secara bersiklus dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang menyampaikan sebagai petugas bank/petugas BCA melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

Demikian goresan pena mengenai "Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank BCA", semoga bermanfaat. Selalu Wspada. Salam Sukses, Salam Blogger. Tuhan Memberkati.***

Sumber Original Artikel: http://www.bca.co.id/id/tips-keamanan/tips-keamanan.jsp

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Tips Keamanan Perbankan Versi Bank Bca"

Post a Comment