Cara Menciptakan Website Dotcom Sendiri Menggunakan Wordpress.Org

Cara Membuat Website Sendiri - Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi. kisah ini bermula dari keisengan seorang cowok yang tinggal disebuah desa. ia yaitu teman saya yang dulunya tidak pernah mengenal dunia internet dengan berbekal semangat dan tekat yang keras ia kesannya bisa menguasai ilmu menciptakan website. singkat kisah alasannya yaitu kini bisnis online sedang marak banyak orang-orang disekitar meminta jasa pembuatan website kepadanya. usang kelamaan jasanya mulai tersebar dan kini ia malah lebih enjoy menjadi jasa pembuat website daripada bekerja lainnya. kisah mirip itu tentu tidak hanya di alami satu atau dua orang saja melainkan sudah ribuan orang yang sukses sesudah berguru sungguh-sungguh khususnya berguru dunia "perwebsitetan". jikalau sobat ingin mirip mereka kini yaitu saatnya...

Sekilas kita akan mencoba sedikit mengupas ihwal apa itu website atau situs atau blog  website adalah suatu halaman web yang saling bekerjasama yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan isu yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. sebagai pola website yang paling sering di jalan masuk mirip www.facebook.com atau mungkin juga www.wikipedia,org atau mungkin juga situs pencari terbesar sepanjang sejarah www.google.com semua situs tersebut menggunakan akhiran .com dengan nama Website atau juga sering disebut dengan situs atau mungkin bagi yang mengenal dunia intenet sering juga disebut dengan blog dengan akhiran dot com. alamat URL blog nya sudah tidak menggunakan custome domain melainkan sudah berstatus TLD (top level domain). alasannya yaitu menciptakan website TLD ini berbayar makanya peminatnya lebih sedikit daripada menciptakan website yang gratis mirip di blogger. jikalau ingin menciptakan website gratis tanpa biaya 1 rupiah pun  lihat cara menciptakan nya di artikle di bawah ini.

Baca juga  : Cara Membuat Blog Di Blogspot Gratis Terbaru

Berapa Biaya yang di butuhkan untuk menciptakan website Profesional itu? 

Biaya disini hanya meliputi biaya hosting+ domain saja jadi belum termasuk biaya meningkatkan secara optimal website + kontent yang tentu lebih mahal daripada biaya hosting+domain itu sendiri.  Biaya menciptakan website dengan hosting dan domain sendiri itu Tergantung dari fitur yang sobat butuhkan jikalau hanya ingin berguru menciptakan website sobat bisa mempersiapkan dana sekitar 200 ribuan dibayarkan per 3 bulan . disini saya memang tidak menawarkan pola menciptakan website secara gratis alasannya yaitu mirip yang sobat ketahui website yang gratis itu tentu masih sulit di temukan dan jikapun ada tentu masih banyak kekurangannya sehingga fitur-fiturnya pun masih belum lengkap dan ini akan mempersulit proses belajar. Bagi yang sungguh ingin berguru menciptakan wesbite ia harus mempersiapkan dana kurang lebih 1 jutaan dalam setiap tahun. hitungan ini bukan hitungan pasti, saya mengambil sample dari salah satu hosting di indonesia dengan menjumlahkan paket hosting premium + Domain, misalkan setiap 3 bulan dikenakan biaya sekitar 215ribu X 4 (setahun) = Rp.860.000 di tambah membeli domain dengan harga antara 70 - 120 ribu. jadinya ya..  Rp. 980.000 diglobalkan menjadi 1 juta aja lah. hehe.  Bagi yang keberatan membayar pribadi setahun bisa membayar per 3 bulan sekitar 200 ribuan, Jadi perbulan sekitar 80 ribu.. masih enteng khan.. hehe..  jumlah itu tidak sebanding dengan biaya iuran di sekolah yang harus membayar iuran ini itu jikalau di total mencapai belasan juta rupiah per tahun nya bahkan lebih. disini saya mencoba mencari hosting termurah sehingga biaya bisa lebih hemat, dan caranya pun terbilang lebih gampang dan saya yakin sobat bisa memahaminya. gimana sudah yakin.. kalau sudah mari kita mulai menciptakan website sendiri dari awal hingga selesai..

Persiapan menciptakan website Sendiri

Khusus bagi seorang pemula saya akan menawarkan sedikit citra ihwal apa itu website. Website itu mirip membangun sebuah Toko, dimana jikalau kita menciptakan Toko kita harus menyediakan 2 hal yang pertama yaitu daerah / ruangan dan yang kedua yaitu alamat. Ruangan ini yaitu menyerupai hosting dalam sebuah website sedangkan alamat kita menyerupai kan sebuah URL / domain, jadi ketika sobat ingin menciptakan sebuah website sobat memerlukan ruang / hosting untuk meyimpan semua file mirip gambar, script, video, text, dan lain sebagainya dan yang kedua yaitu alamat URL website dimana URL website ini befungsi untuk mengakses / mengambil data yang ada di dalam website. Berikut yaitu persiapan awal ketika seseorang ingin membangun sebuah website dengan  cms wordpress.org

  1. Akun Paypal : (tidak wajib) namun paypal ini sangat penting alasannya yaitu paypal ini yaitu alat pembayaran online. Jika sobat mempunyai paypal pelayanan akan menjadi lebih cepat akun paypal  berguna untuk membeli hosting luar negeri mirip hosgator, hawkhost yang sudah populer tangguh meski bergotong-royong sobat juga bisa membeli hosting dalam negeri. untuk membeli hosting dan domain memang bisa di lakukan meski tidak mempuyai paypal namun hanya sebatas untuk hosting lokal saja. untuk hosting luar sobat diharuskan mempunyai akun paypal sebagai alat pembayarannya.  

  2. Baca Juga : Cara Saya Daftar Dan Membuat Paypal Sampai Verified

  3. Memilih Nama Domain / Alamat URL : Nama domain bisa apa  saja yang terpenting domain harus masih available : dalam menentukan domain biasa blogger lebih suka dengan domain dengan nama mereka atau nama domain yang paling gampang di ingat oleh masyarakat banyak.
  4. Mental : Mental pantang mengalah saya rasa dibutuhkan ketika nanti sobat mengalami kesulitan sobat masih tetap bisa bertahan untuk mengatasinya. 
  5. Pengetahuan ihwal ilmu website : Baiknya sobat sebelum menciptakan sebuah situs sobat bisa mencari terlebih dahulu isu informasi yang penting yang di butuhkan. misalkan saja isu tersebut ihwal platform sebuah website mirip wordpress, jomla, drupal, kemudian pilih platform yang paling sesuai dengan kesanggupan sobat. selain itu sobat juga bisa berguru terlebih dahulu dengan melihat website website lain dengan mengamati apa saja yang sobat perlukan disana. misal konten, desain, URL website, dan lain lain.
  6. Pilih hosting dan domain yang tangguh : hosting dan domain harus selalu online alasannya yaitu jikalau hosting down akan berakibat jelek bagi perkembangan website sobat wesbte sobat tidak bisa di jalan masuk sama sekali. namun jikalau hanya untuk latihan saja sobat bisa menggunakan hosting apa saja. bahkan hosting yang murahpun tidak menjadi masalah... hehe.
  7. Biaya : Semua website profesional TLD .com .net .org .id .co.id tidak mungkin di ciptakan tanpa ada biaya. 

Panduan Lengkap Cara Membuat website di Wordpress.org 

Kenapa menciptakan situs di wordpress.org? alasannya yaitu wordpress.org yaitu sebuah Open Source Software yang telah mentenagai jutaan situs web di jejaringan internet, WordPress mempunyai sistem content management dengan fitur lengkap untuk berbagi sebuah situs, forum, bahkan untuk kebutuhan e-commerce alias jual beli di internet. jadi jikalau sobat sudah serius menggunakan wordpress pergunakankanlah semaksimal mungkin mirip contohnya menciptakan toko online, atau sales letter yang bisa diconversi menjadi penghasilan.

Dengan situs hosting atau domain dari indonesia sobat bisa membeli tanpa harus mempunyai akun paypal / alat pembayaran online. di situs ini sobat bisa membeli nya dengan mentransfer sejumlah uang dengan rek Bank lokal mirip BCA, BRI, MANDIRI, BNI dan sebagainya
  1. Pertama kalinya jikalau sudah terlintas nama domain / Alamat URL website di dalam pikiran sobat, sobat bisa membeli alamat website tersebut di jasa domain di indonesia. di sana sobat bisa membeli domain melalui bank lokal.
    cara lebih detail membeli domain indonesia silahkan lihat artikel lengkap nya di link di bawah ini
    Cara Membeli Hosting + Domain TerMurah Seindonesia


  2. Sampai di sini saya anggap sobat sudah mempunyai domain + Hosting, jadi langkah berikutnya yaitu bagaimana masuk ke cpnel daerah sobat menginstall wordpress.org
  3. Nah. biasanya sobat akan menerima email dari pihak jasa hosting yang sobat beli. email ini yaitu email sebagai konfirmasi sekaligus email login untuk masuk ke cpanel silahkan login ke cpanel milik sobat dengan username dan password yang telah dikirim ke sobat disana. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  4. Login ke cpanel, biasanya link cpanel mirip http://namawebsitesobat/cpanel atau ada juga yang mirip ini http://334.098.098/cpnel . copy atau klik link cpanel milik sobat ke browser. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  5. Sebenarnya ada beberapa  media (software dan service) untuk menginstall script mirip softaculous, Fastastico delux. sobat bisa menggunakan salah satunya untuk menginstall wordpress. sebagai pola sobat bisa menggunakan softaculous untuk menginstall wordpress. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  6. Pilih Wordpress, dan klik "install
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  7. Setelah sobat menekan tombol logo softaculous tampilannya kurang lebih akan tampak mirip di bawah ini. disini yaitu halaman dimana sobat menginstall website (wordpress) / menginstall domain yang telah sobat beli tadi. disana sobat bisa mengisi beberapa hal misalkan mirip menentukan protokol, nama domain,  table prefix, nama website, deskripsi website, username, password, tapun admin email.  selengkapnya ihwal kegunaan masing-masing pengisian kolom di bawah silahkan lihat di bawah gambar. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

    Keterangan gambar

    1. Adalah menentukan protokol http:// atau http://www. atau https:// ataupun https://www. dari kesemua protokol tersebut perbedaan nya yaitu jikalau menggunakan http:// saja itu kurang kondusif tapi situs bisa di jalan masuk lebih cepat, kalau https:// itu lebih kondusif namun tranfer data lebih lambat. Sedangkan kalau menambah www atau tidak untuk sebuah website hampir tidak ada bedanya dalam SEO hanya saja sobat jangan pernah merubah protokol tersebut. misal pertama kali sobat sudah menggunakan http://www.caramembuatwebsite.....com kemudian menghapus dengan menghilangkan www menjadi http://caramembuatwebsite....com. alasannya yaitu google akan mencoba merayapi kembali, dan itu akan menciptakan situs sobat deindex (tidak terindex). keculai situs yang gres saja di buat tentu itu tidak akan jadi problem : ) saya sendiri lebih menentukan http://www.namawebsite...com alasannya cukup simple biasanya orang mengenal kalau website itu ya menggunakan www... hehe..
    2. Domain gres yang akan di install dengan wordpress
    3. in directory sebaiknya di kosongkan saja ini akan mempersingkat URL blog sobat
    4. Table prefix tidak ada yang dirubah biarkan saja mirip itu
    5. Tulis Nama website name (Title) dan di bawahnya ringkasan singkat website (deskripsi) sobat, nama dan deskripsi ini bisa di rubah kapan saja ketika sobat sudah menginstall wordpress jadi untuk mempercepat boleh sobat biarkan default.
    6. admin login, admin akan dipakai untuk login ke website sobat, mirip halnya sobat ketika masuk ke blogger tentu harus menggunakan username dan password
    7. password di atas hanya sebagai pola saja direkomendasikan menggunakan password menggunakan  hurus capital dan angka
    8. email admin ini berfungsi mirip email pada umumnya mirip email gmail, yahoo, hotmail dan lain sebagainya. selain itu email ini juga berfungsi untuk mereset password ketika sobat lupa password website sobat, jadi usahakan jangan hingga lupa
    9. pilih bahasa yang paling nyaman, saya sendiri lebih nyaman menggunakan english alasannya yaitu banyak istilah dalam dunia wordpress yang jikalau di indonesiakan malah jadi bingung..hehe..
    10. Theme atau tampilan website.
    11. memulai proses penginstalan
    12.  informasi penting ihwal segala hal penginstalan wordpress akan di kirim ke email yang sobat isikan di kolom ini.

  8. Di bawah ini yaitu pesan kalau penginstalan website menggunakan wordpress sudah selesai dan sukses, silahkan mengaksesnya 1. yaitu alamat situs, dan 2. yaitu alamat URL untuk login ke website.
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  9. Tampilan situs pertama kali kurang lebih mirip ini  ini munjukkan situs sudah di publish. dan siap untuk di akses , memang terlihat sederhana alasannya yaitu website belum di isi kontent, template, plugin, dan lain sebagainya 

  10. Untuk login sobat bisa mengklik / copy Alamat URL website sobat biasanya alamatnya terlihat mirip gambar di bawah ini. http://www.namadomainsobat....com/wp-login.php kemudian masukkan username dan password yang sudah sobat buat tadi (gambar langkah nomer 7 kolom nomer 6 dan 7) 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  11. Sobat bisa mencoba menulis artikel gres dengan cara mengklik "post" kemudian "Add new
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  12. PENTING :Jangan lupa untuk memverifikasi website sobat sesudah website sudah selesai di buat. caranya yaitu dengan membuka email yang sobat buat untuk mendaftarkan situs. caranya copy URL verifikasi seperti url yang ada di gambar di bawah ini. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org
  13. Jika website sudah di ferifikasi website sobat sudah kondusif dari yang namaya di suspend. 
     Ada sebuah kisah yang mungkin ini akan menginspirasi Cara Membuat Website DotCom Sendiri Memakai Wordpress.org

  14. Selanjutnya tentu saja hingga disini website sobat masih kosong, menyerupai toko masih belum ada barangnya. Masih banyak lagi yang harus sobat lakukan, mirip mengganti template website, menambah plugin untuk SEO, mengoptimasi website, dan juga memikirkan untuk mengakibatkan website sebagai ladang bisnis online. 
Untuk meringkas tutorial ini saya akhiri dulu artikel ihwal cara menciptakan website ini. semoga bisa menawarkan pencerahan khususnya untuk seorang yang gres berguru menciptakan situs baru. 

Catatan : 
untuk pola situs jasa domain+hoting di atas hanyalah sebagai latihan saja sobat tentu masih bisa menentukan jasa hosting lain yang mungkin lebih tangguh dan lebih powerful lagi. selamat berguru dan semoga sukses. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Website Dotcom Sendiri Menggunakan Wordpress.Org"

Post a Comment