Jenis Sensor Suhu


Sensor Suhu adalah komponen yang biasanya dipakai untuk merubah panas menjadi listrik untuk mempermudah dalam menganalisa besarannya. Untuk membuatnya ada dua cara yaitu dengan memakai bahan logam dan bahan semikonduktor. Cara ini dipakai alasannya yaitu logam dan materi semikonduktor sanggup berubah hambatannya terhadap arus listrik tergantung pada suhunya. Pada logam semakin besar suhu maka nilai kendala akan semakin naik, berbeda pada materi semikonduktor, semakin besar suhu maka nilai kendala akan semakin turun. Ada empat macam sensor suhu antara lain; Thermokopel, Thermistor, RTD (Resistance Temperature Detectors), dan IC LM 35. Tentunya tiap jenis alat tersebut mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda.
Jenis yang pertama yaitu Thermokopel, alat ini berfungsi sebagai sensor suhu rendah dan tinggi antara 3000F hingga 30000F. Alat ini dibuat dari dua buah penghantar yang jenisnya berbeda ibarat besi dan konstantan yang dililit bersamaan. Sensor suhu ini dipakai oleh Johan Seebeck pada tahun 1820 dengan namanya Efek Seebeck. Berikutnya ada Thermistor, atau sanggup disebut juga dengan Thermal Resistor atau Thermal Sensitive Resistor. Alat ini berfungsi untuk mengubah suhu menjadi kendala listrik yang berbanding terbalik dengan berubahnya suhu. Semakin tinggi suhu maka semakin kecil kendala listriknya. Thermistor biasanya terbuat dari materi oksida logam campuran, kromium, kobalt, tembaga, besi, atau nikel. Thermistor mempunyai tiga bentuk antara lain; butiran, keping, dan batang.
Yang ketiga yaitu RTD atau Resistance Temperature Detectors. Alat ini fungsinya yaitu untuk mengubah suhu menjadi kendala listrik yang sebanding dengan perubahan suhu. Semakin tinggi suhu, maka kendala listriknya semakin besar. RTD yaitu sensor suhu yang terbuat dari kumparan kawat platinum pada papan pembentuk isolator. Alat yang terakhir yaitu IC LM 35, fungsinya untuk mengubah suhu menjadi tegangan tertentu yang sesuai dengan perubahan suhu. Alat ini paling populer alasannya yaitu gampang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ini biasanya dipakai pada sistem monitor rumah beling atau sensor suhu ruang pada laboratorium kimia.
Demikian klarifikasi singkat mengenai sensor suhu, agar artikel kali ini sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sensor Suhu"

Post a Comment