21 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Cara Meminumnya Yang Baik Serta Efek Berlebihan


Teh hijau telah usang dikenal sebagai pengganti minuman menyerupai kopi dll, yang lebih sehat alasannya rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat berpengaruh yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.
Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat alasannya cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibentuk dari daun yang difermentasi, sehingga menimbulkan hilangnya senyawa anti oksidan.
Teh hijau kini telah sangat terkenal di seluruh dunia, banyak sekali makanan, minuman, pelengkap kuliner kesehatan serta kosmetik kini banyak dibentuk dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah mempunyai resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau mempunyai lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik.
Tip : Untuk mendapat hasil yang maksimal, disarankan untuk menyeduh teh, daripada memakai kantong teh. Hal ini tidak hanya menambahkan rasa, tapi juga memungkinkan pelepasan antioksidan lebih banyak.

Manfaat teh hijau bagi kesehatan

Berikut ini daftar lengkap wacana manfaat minum serta penggunaan teh hijau bagi kesehatan. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak, untuk mengetahui alasan berpengaruh untuk pindah ke minuman sehat satu ini:

1 . Mengontrol Berat Badan :

Obesitas ialah salah satu problem terbesar diseluruh dunia dikala ini. Gaya hidup yang dikombinasikan dengan kebiasaan makan junk food dan beberapa minuman sanggup menimbulkan beberapa komplikasi yang bekerjasama dengan obesitas,  menyerupai penyakit jantung, sleep apnea, diabetes, hipertensi dll . Untuk mencegah hal ini terjadi pada kita, memasukkan teh hijau dalam diet sehari-hari kita akan sangat membantu.
Seperti disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Bahkan, teh hijau mengandung sepuluh kali jumlah antioksidan yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.
Para ilmuwan telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya ialah epigallocatechin gallate (EGCG) . EGCG dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada jadinya membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah impian makan berlebih.

2 . Menyegarkan nafas :

Hal ini alasannya teh hijau akan menghambat pertumbuhan basil dan virus yang menimbulkan penyakit gigi. Bakteri juga merupakan penyebab utama bacin mulut. Yang perlu Anda lakukan ialah mencuci verbal Anda dengan konsentrasi tinggi teh hijau, dan itu akan menyegarkan verbal Anda secara langsung.
Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Anda juga sanggup menciptakan pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan satu sendok teh baking soda. Hal ini tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan gusi, tetapi juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda .

3 . Mengurangi Kolesterol :

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menjadikan risiko kesehatan Anda, terutama penyakit jantung dan stroke. Teh hijau mengandung tanin yang telah dikenal menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin membantu mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. LDL juga dikenal dengan ” kolesterol jahat ” , alasannya sanggup menimbulkan plak di arteri, sehingga menimbulkan penyumbatan.
Studi ilmiah juga telah memperlihatkan bahwa katekin akan mengurangi absorpsi kolesterol dalam usus, sehingga membantu mengurangi problem kolesterol tinggi. Selain itu Anda juga harus menghindari kuliner yang berkolesterol tinggi selain minum teh hijau secara teratur.

4 . Kulit yang sehat :

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengambil kesimpulan positif yang berkaitan dengan manfaat teh hijau untuk kulit.
Anti oksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau  penggunaan topikal. Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau ialah pilihan yang baik,  alasannya hal ini akan mengurangi kerusakan akhir sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan .
Campur 100 gram teh hijau dan setengah liter air, dan diamkan selama 30-40 menit pada suhu kamar. Setelah itu saring cairan dan simpan di dalam lemari es. Anda sanggup memakai adonan ini untuk menyegarkan wajah sehabis melewati hari yang panjang, mengobati ruam ringan, dan mengobati luka bekas panas matahari. Ini juga akan membantu Anda untuk  membersihkan jerawat dan mencegah tiba kembali .
Daun teh hijau juga sanggup dipakai sebagai exfoliator. Campur 3 sendok teh yogurt dengan 1 sendok air daun teh hijau dan perlahan untuk memijat wajah , sehabis itu biarkan selama 5 menit. Selesai kemudian Cuci dengan air hangat . Proanthocyanidins oligomer ialah salah satu antioksidan yang banyak ditemukan dalam teh hijau, yang membantu memperlambat proses penuaan dini.

5 . Mengurangi reaksi alergi :

EGCG yang ditemukan dalam teh hijaumenghasilkan histamin dan imunoglobulin, yang merupakan senyawa yang termasuk menghasilkan respon terhadap alergi. Dengan demikian hal ini akan membantu menghentikan reaksi dari alergen tertentu.

6 . Menyehatkan Rambut  :

Teh hijau diketahui menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), yang dikenal menghambat pertumbuhan rambut dan menimbulkan rambut rontok. Senyawa teh hijau bereaksi terhadap testosteron, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang sehingga tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan berubah ke DHT. Juga membantu mencegah dan mengatasi problem rambut yang umum menyerupai ketombe dan psoriasis dengan mengurangi peradangan alasannya sifat antiseptik.
Teh hijau juga dikenal sanggup merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut. Ini alasannya mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kilau rambut. Anda bisa menciptakan bilasan rambut dengan memakai 3-4 kantong teh hijau yang diseduh kedalam setengah liter air, dan gunakan ini untuk bilasan terakhir sehabis Anda keramas memakai sampoo dan kondisioner.

7 . Mengelola Diabetes :

Teh hijau juga membantu memanajemen diabetes tipe II,  alasannya mengandung anti oksidan alami yang menghambat sekresi enzim yang dikenal dengan  alpha – glucosidase, yang pada jadinya akan memperlambat absorpsi glukosa dalam darah. Demikian hanya sedikit insulin yang diharapkan untuk mengelola glukosa dalam darah. Teh hijau juga sanggup membantu meningkatkan toleransi glukosa pada orang sehat.

8 . Mengelola Tekanan Darah :

Teh hijau mengandung kafein, dimana diketahui tidak baik bagi penderita hipertensi. Tetapi alasannya persentase kafein teh hijau yang sangat rendah, maka imbas positif secara keseluruhan pada  jantung . Hal ini membantu mengelola diabetes dan kolesterol, sehingga tekanan darah tinggi ikut terkendalikan.

9 . Pencegahan agregasi platelet :

Antioksidan Flavonoid dalam teh hijau telah dikenal bisa mencegah agregasi platelet ( yang merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskuler). Dengan demikian, asupan teh hijau mungkin bermanfaat bagi pasien yang terkena penyakit jantung koroner. Bahkan, penelitian menjelaskan bahwa teh hijau bisa mengurangi angka janjkematian akhir penyakit kardiovaskular pada laki-laki dan wanita.

10 . kehamilan :

Seperti yang sudah kita bahas di atas, teh hijau mempunyai banyak manfaat yang terkenal di kalangan perempuan hamil. Tingkat antioksidan yang tinggi akan membantu tubuh untuk memulihkan kerusakan sel, mengatur gula darah dan  kadar insulin, dan membantu mengendalikan hipertensi .
Hipertensi dan diabetes gestasional merupakan problem umum terjadi pada simpulan kehamilan. Tingkat oksidan yang tinggi teh hijau membantu mengurangi kemungkinan terkena problem ini,  alasannya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari perempuan hamil.
Perhatian :
Meskipun minum teh hijau kondusif bagi kehamilan mempunyai manfaat, ialah penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor risikonya. Teh hijau mengandung kafein, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Kafein ialah diuretik, yang artinya memaksa tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak air dari biasanya, yang kadang kala bisa menimbulkan kekurangan cairan tubuh .
Mempertahankan tingkat hidrasi sangat penting selama kehamilan,  alasannya kekurangan cairan tubuh sanggup mencegah tubuh menyerap nutrisi yang diperlukan. Kehamilan membutuhkan peningkatan asupan vitamin dan mineral, dan diuretik bisa memfasilitasi hilangnya nutrisi tersebut melalui urin, sehingga dalam kasus ini penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda .

11 . Mencegah Arthritis :

Teh hijau bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko rematik atau rheumatoid arthritis. Ini alasannya akan melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin. Kemokin ialah protein yang mempromosikan peradangan dalam tubuh, yang dikatakan menghancurkan fleksibilitas tulang rawan – dimana ini merupakan tanda-tanda umum arthritis .

12 . Mencegah Kanker Kulit :

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan menghambat pertumbuhan dua proteinvascular endothelial growth factor (VEGF) and the Hepatocyte growth factor (HGF), yang dikenal mempromosikan pertumbuhan sel tumor. Teh hijau akan membantu menghambat kanker akhir karsinogen dan sinar ultraviolet.

13 . Mengurangi Stres dan Depresi :

Stres dan depresi ialah dua problem lain yang mengancam kedamaian pikiran kita. Teh hijau benar-benar sanggup membantu Anda untuk melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang renta yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Teh hijau bahwasanya juga manis untuk otak Anda, alasannya Polifenol dalam teh hijau membantu otak  dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yaitu glukosa .
Selain anti oksidan, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, ialah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan.

14 . Meningkatkan Imunitas :

Anti  oksidan polifenol dan flavonoid akan membantu  meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga akan menciptakan kita lebih sehat dengan membantu mencegah dan melawan infeksi. Sejumlah besar vitamin C dalam teh hijau juga membantu Anda secara efektif dengan cara yang sama.

15 . Meringankan tanda-tanda Asma :

Bagi orang yang mempunyai problem asma yang berat, teh hijau ini sangat mempunyai kegunaan alasannya mengandung teofilin, yang diklaim sanggup mengendurkan otot-otot kanal bronkial, sehingga mengurangi keparahan asma. Sebagaimana disebutkan di atas, teh hijau juga mengurangi kepekaan terhadap alergi, sehingga menjaga reaksi asma terhadap setiap alergi.

16 . Liver yang sehat :

Teh hijau juga baik untuk kesehatan liver karena anti oksidan yang ada di dalamnya, dimanayang akan menghilangkan radikal bebas sehingga akan membantu menjaga hati tetap sehat. Hal ini juga mengurangi risiko hati berlemak.
Seperti dikatakan jikalau teh hijau juga membantu menjaga berat tubuh dan obesitas dengan meningkatkan tingkat metabolisme, dan mencegah gerakan glukosa dalam sel-sel lemak. Dengan demikian membantu mengurangi tekanan pada liver .

17 . Mencegah Osteoporosis :

Kepadatan tulang yang rendah ialah problem umum wanita, terutama sehabis menopause. Osteoporosis menimbulkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, dan menimbulkan peningkatan risiko fraktur. Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau akan membantu menjaga tulang yang berpengaruh dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena problem menyerupai osteoporosis.

18 . Menyembuhkan Penyakit Perut :

Kemampuan teh hijau menghancurkan basil tidak hanya membuatnya menjadi antiseptik, tetapi juga membantu mencegah penyakit perut yang umum menyerupai nanah keracunan kuliner dll. Namun tidak dianjurkan mengkonsumsinya secara berlebihan, alasannya tanin dalam teh hijau dikenal bisa meningkatkan sekresi asam di lambung.

19 . Tabir surya alami:

Membantu mencegah radikal bebas yang menetap di sel-sel kulit, dimana yang akan melemahkan sistem sumbangan kulit, sehingga menimbulkan pembentukan kerutan pada kulit .
Untuk menciptakan tabir surya, rebus setengah cangkir daun teh hijau dengan air dua cangkir selama 5-10 menit dengan api sedang. Saring dan biarkan larutan cuek hingga suhu kamar. Untuk menggunakannya, ambil sejumlah kecil bola kapas higienis untuk membantu mengoleskan pada wajah yang bersih. Anda sanggup menyimpan sisanya dalam wadah kedap udara .

20 . Kuku menjadi Lebih berpengaruh dan mengkilat  :

Teh hijau juga merupakan zat yang bisa menciptakan kuku berpengaruh dan sehat. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku Anda hanya sekali seminggu. Dengan demikian Anda akan mendapat kuku menjadi berpengaruh dan mengkilap sehabis penggunaan beberapa minggu. Anda juga sanggup memakai minyak esensial teh hijau sebagai minyak kutikula, caranya cukup berikan setetes untuk setiap kuku sekali atau dua kali dalam seminggu. Hal ini akan mengatasi problem kuku ringkih .

21 . Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Neurologis :

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu menjaga penggalan otak yang bertugas mengatur berguru dan memori. Hal ini akan memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak,  dan juga mencegah kerusakan sel di otak. Konsumsi rutin teh hijau juga membantu pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis menyerupai Alzheimer dan Parkinson.
Teh hijau hanya sehat dan bermanfaat jikalau dikonsumsi dalam jumlah sedang. mengkonsumsi secara hiperbola akan memperoleh imbas samping . Hanya 2 atau 3 cangkir teh hijau dalam sehari sudah cukup untuk menjalani hidup sehat.

Jadwal Minum Teh Hijau Yang Baik Sehari-hari

Untuk mendapat manfaat teh secara maksimal, setidaknya minum enam hingga tujuh gelas per hari. Berikut ini jadwal konsumsi teh hijau.

1. Pagi Hari
Anda sanggup minum teh hijau pagi hari sehabis bangkit tidur untuk membantu memecah lemak. Sebaiknya minum teh hijau dalam keadaan hangat, tidak dengan es. Selain itu, konsumsi teh hijau pagi hari juga sanggup mencegah radikal bebas, dan mengurangi nafsu makan.

2. Sebelum Sarapan
Minum teh hijau sebelum sarapan sanggup membantu memperabukan kuliner sarapan dan mengurangi rasa ingin ngemil sebelum makan siang.

3. Sebelum Makan Siang
Jika sebelum makan siang Anda minum teh hijau terlebih dulu, maka Anda tidak akan makan terlalu banyak alasannya perut sudah terisi cairan. Selain itu juga membantu tubuh memperabukan lebih banyak. 

4. Sebelum Makan Malam
Terakhir, minum teh hijau sebelum makan malam. Minum teh hijau sebelum makan malam membantu mencerna kuliner dan memperabukan lemak dikala kita tidur.

Anda sanggup mengkombinasikan minum air putih sebanyak 10 gelas air putih dan 4 gelas teh hijau setiap hari dalam aktivitas diet. Imbangi juga dengan referensi makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.
Tip: Sebaiknya penggunaan gula pada teh dikurangi semoga terhindar dari penyakit diabetes atau gula, maka disarankan memakai gula khusus untuk diabetes untuk menghindari penyakit.


Efek Samping Teh Hijau

Selain banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari teh hijau, ternyata juga terdapat imbas samping yang perlu kita perhatikan. Diantaranya adalah:

1. Efek Kafein
Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dari kopi, tetap saja memperlihatkan imbas kafein pada tubuh seperti  sulit tidur, detak jantung lebih cepat, gelisah dan tekanan darah yang meninggi.

2. Perut Kembung
Bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak. Karena Teh hijau banyak mengandung zat tannin yang sanggup memicu perut menghasilkan zat asam lebih banyak. Jika diminum dikala perut masih kosong, maka sanggup memperparah penyakit maag Anda.

3. Kekurangan Zat Besi
Zat tannin yang berlebih dalam darah sanggup menghambat absorpsi tubuh terhadap zat besi.

4. Osteoporosis
Ini merupakan salah satu imbas teh hijau yang cukup mengerikan, khususnya bagi wanita. Teh hijau diyakini akan membawa lebih banyak kalsium dalam tubuh keluar melalui urin, daripada zat diuretik lainnya.

5. Dapat Mempengaruhi Kehamilan
Babi ibu-ibu yang sedang hamil, sebaiknya mengurangi asupan teh hijau dalam jumlah tinggi. Kandungan kafein sanggup menyeberang plasenta dan masuk ke dalam sirkulasi janin, dampaknya yaitu keguguran. Meskipun tidak dilarang, sebaiknya batasi minum teh hijau bagi ibu hamil.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Cara Meminumnya Yang Baik Serta Efek Berlebihan"

Post a Comment