5 Manfaat Soda Api Serta Ancaman Bagi Kosmetik


Soda api, meskipun berjulukan soda namun demikian jenis materi kimia yang satu ini tidak boleh keras untuk diminum, alasannya memang bukan materi minuman. Soda api mempunyai nama unsur kimia Natrium Hidroksida atau NaOH. Soda api terbentuk dari proses oksidasi dari basa berupa natrium oksida yang dilarutkan dalam air. Soda api ketika ini banyak dikenal penggunaannya sebagai salah sati materi kima yang biasa dipakai dalam industri dan konstruksi, dan sama sekali bukan merupakan materi makanan. Soda api akan terasa panas dan perih ketika terkena kulit, alasannya bersifat korosif. Makara ketika secara tidak sengaja terkena tetesan soda api, segeralah cuci tangan dengan air mnggalir. Jangan lupa untuk memakai peralatan keselamatan, menyerupai sarung tangan karet dan juga kacamata proyek.
Apa saja manfaat dari soda api?
Soda api sendiri, menyerupai sudah dijelaskan sebelumnya sering dipakai dalam proses industri. Apa saja manfaat dari soda api? berikut ini yakni beberapa kegunaannnya :
1. Untuk menghilangkan noda karat
Manfaat soda api yakni bisa untuk menghilangkan dan juga merontokkan karat pada permukaan besi yang sudah usang mengalami korosi atau karat tingkat berat. Untuk melakukannya anda perlu berhati-hati alasannya untuk merontokkan karat pada besi diperlukan soda api cair yang cukup banyak, jadi anda wajib untuk memakai peralatan menyerupai :
  • Sarung tangan karet
  • Kacamata
  • Kuas
  • Lap kain katun kering
Nah, bagaimana cara memakai soda api untuk keperluan merontokkan karat? Berikut ini yakni beberapa langkah gampang yang anda perlukan :
  1. Pertama, siapkan peralatan keselamatan yang sudah disebutkan di atas
  2. Tuangkan soda api cair ke dalam suatu wadah yang terbuat dari materi besi atau kaleng
  3. Celupkan kuas ke dalam soda api, sedikit demi sedikit
  4. Oleskan soda api pada bab karat yang ingin dirontokkan
  5. Oleskan perlahan, tunggu 5 – 10 menit sampai bab karat terlihat meleleh, kemudian ulangi sampai bersih
  6. Gunakan alat bantu berupa amplas halus
  7. Bilas dengan memakai air mengalir dan sabun, kemudian lap sampai mengering betul
  8. Simpan kembali soda api pada daerah yang memilki suhu ruangan, jauhkan dari jangakauan anak kecil dan benda-benda yang memilki lapisan cat.
2. Untuk membersihkan jalan masuk pipa (jenis soda api untuk pembersih noda)
Selain sanggup membantu menghilangkan dan juga merontokkan noda karat, soda api juga sanggup dimanfaatkan untuk membersihkan bab dalam jalan masuk pipa. Biasanya jalan masuk pipa akan tersumbat alasannya adanya penumpukan dari noda kerak dan kotoran lainnya yang menghalangi anutan air pada pipa. Caranya sangat gampang anda hanya memerlukan peralatan keselamatan di atascdan juga sebuah sikat pipa, yang memilki panjang sesuai dengan panjang pipa yang ingin dibersihkan. Setelah itu lakukan langkah berikut :
  • Celupkan sikat pada soda api
  • Perlahan-lahan masukkan sikat ke dalam lubang anutan pipa, kemudian gosokkan sikat dengan kuat
  • Ulangi secara bertahap, sampai seluruh noda dan juga kerak pada bab dalam pipa keluar dan rontok sepenuhnya.
  • Sebelum dipakai kembali, ada baiknya anda membersihkan pipa dengan sabun, kemudian dijemur seharian, semoga sisa-sisa soda api sanggup higienis dan menguap sehingga tidak membahayakan.
3. Untuk membersihkan produk besi dan stainless dari noda
Selain sanggup merontokkan karat yang berat soda api juga sanggup dimanfaatkan untuk menghilangkan dan juga membershikan produk besi dan stainless dari noda-noda dan kerak. Caranya sama dengan metode membersihkan karat yang sudah pernah dibahas di awal.
4. Untuk merontokkan cat (paint remover jenis soda api khusus cat)
Bagi yang bahagia dengan otomotif dan juga acara mengecat, maka manfaat soda api pastinya sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran anda. Ya, hampir semua bengkel khusus cat memakai soda api untuk merontokkan cat orisinil pada kendaraan yang ingin dilakukan repaint alias cat ulang. Soda api ini juga dikenal dengan istilah paint remover dalam istilah pengecatan kendaaraan dan juga materi yang terbuat dari besi. Biasanya, soda api akan dioleskan secara mnyeluruh pada bab permukaan yang akan dilakuka prosese repaint, kemudian kemudian akan dikerok, sehingga cat awal yang melekat akan rontok sempurna.
Proses berikutnya yakni tinggal menghaluskan permukaan bidang yang akan dicat , kemudian kemudian sanksi repaint pun dimulai. Maka dari itu, perlu diperhatikan dalam menyimpan soda api, wajib jauh dari kendaraan, alasannya dikhawatirkan apabila tumpah akan merusak lapisan cat dan juga vernis dari kendaraan.
5. Untuk produksi aneka macam macam industri selain industri besi dan baja
Apabila sebelumnya disebutkan bahwa soda api sering dimanfaatkan sebagai materi baku dalam industri besi dan baja menyerupai melaksanakan perontokan cat dan juga menghilangkan karat, ternyata ada beberapa jenis industri non baja yang memanfaatkan soda api dalam pembuatan produknya. Apa saja? Berikut ini yakni beberapa industri non baja yang memanfaatkan soda api untuk materi baku dan materi pendukung produksinya :
  • produksi bubur kayu
  • kertas
  • tekstil
  • sabun
  • detergen

Waspada Soda Api pada Kosmetik

Soda api memilki kandungan yang sangat berbahaya, apalagi terkena kulit. Kulit akan terasa sangat perih dan juga panas apabila tertetes sedikit saja soda api. Maka dari tu, penggunaan soda api SANGATLAH DILARANG untuk dimasukkan ke dalam materi baku pembuatan kosmetik dan juga barang konsumsi insan lainnya. Namun begitu, masih saja ada beberapa perusahaan kosmetik yang membandel dan memasukkan soda api ke dalam produk kosmetik mereka. Berhati-hatilah dalam menentukan produk kosmetik dan juga produk konsumsi semoga tidak membahayakan diri sendiri.
Demikian artikel mengenai manfaat dari soda api. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Soda Api Serta Ancaman Bagi Kosmetik"

Post a Comment