Jenis Blog Yang Ada Di Internet Dan Perbedaannya

Jenis (macam-macam) blog yang sanggup ditemukan dengan gampang di internet - Blog merupakan sebuah media informasi yang tersedia di internet. Yang sanggup di jadikan sebagai daerah untuk menuangkan pikiran, ide, pendapat, informasi, catatan, atau segala hal yang di inginkan oleh pengelolanya (blogger). Bukan hanya itu blog juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk banyak sekali hal, salah satunya untuk menghasilkan uang. Semakin usang jumlah blog yang ada di internet semakin bertambah. Banyak orang membuat blog dengan banyak sekali topik (pembahasan) yang berbeda-beda dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Dengan semakin bertambahnya jumlah blog dari tahun ketahun, menjadikan blog mempunyai banyak perbedaan dan karakteristik sebagai ciri khasnya masing-masing. Karena itulah dalam kesempatan ini Admin “” ingin membuatkan sedikit informasi wacana jenis-jenis blog yang beredar di internet. Dari begitu banyaknya macam-macam blog yang ada kini ini, blog sanggup di kategorikan (dibagi/dikelompokkan) dalam beberapa jenis. Apa saja jenis-jenis blog yang sudah anda ketahui ? berikut sedikit ulasan wacana macam-macam blog yang sanggup ditemukan dengan gampang di internet. Selamat membaca !!!!

 blog yang sanggup ditemukan dengan gampang di internet Jenis Blog Yang Ada di Internet dan Perbedaannya

BERBAGAI MACAM  JENIS BLOG YANG ADA DI INTERNET


Blog sanggup di bedakan menjadi beberapa kelompok menurut kategori atau karakterisitik tertentu, yang di lihat menurut beberapa poin penilaian. Dalam hal ini blog sanggup di bagi menjadi beberapa macam menurut tujuan pembuatan, isi blog, daerah menciptakan blog, dan formatnya. Ulasan lengkapnya ialah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Tujuan Pembuatan


1. Personal Blog (Blog Pribadi)
Personal blog merupakan sebuah blog yang di bangkit dan di kelola dengan  tujuan untuk mengekspresikan diri atau hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau membuatkan hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini mempunyai isi konten yang sangat bervariasi (#bermacam-macam), dan kebanyakan model pembahasannya di tulis menurut pedoman si pengelola (penulis post) sehingga bahasa yang dipakai lebih bersifat subjektif. 

2. Personal Branding Blog
Sesuai dengan namanya personal branding blog merupakan blog yang dibuat, di kelola dan di kembangkan dengan tujuan khusus yaitu menjual dan mempromosikan kemampuan atau keahlian yang dimiliki penulis blog, biar sanggup dikenal oleh banyak orang. Dalam pembahasannya lebih fokus pada satu topik tertentu sesuai dengan skill penulis, yang menandakan aksara penulis itu sendiri. Dan bahasa yang dipakai lebih bersifat formal atau semi informal. Contoh blog jenis ini di antarnya ialah JohnChow.com, sugeng.id, JokoSusilo.com, dan lain sebagainya.

3. Monetisasi Blog
Fokus utama Monetasi blog ialah menghasilkan uang, sehingga blog jenis ini biasanya lebih sering muncul dihalaman utama pecarian. Blog jenis ini sangat tergantung pada topik yang menarik dan SEO. Semakin menarik topik yang di bahas otomatis bisa mendatangkan banyak pengunjung yang sanggup menunjang tujan utama pembuatan blog.  Di banding jenis blog yang lainnya monetasi blog biasanya lebih kreatif dan dekat dengan mesin pencari, dan artikel yang disajikan melalui tahapan penulisan yang lebih rumit. Untuk jenis ini anda sanggup dengan gampang menemukannya.

4. Catalog Blog
Tujuan pembuatan blog katalog ialah menawarkan banyak sekali macam informasi yang di butuhkan, penyajiannya menyerupai katalog buku, yang sanggup di jadikan rujukan atau rujukan. Bebas di gunakan dan sanggup di susukan oleh siapapun.

5. Portofolio
Blog yang di bangkit untuk memamerkan dan  menampilkan suatu hasil karya pemilik atau pengelola blog. Yang lebih banyak berisi gambar di banding teks.

Jenis- Jenis blog Berdasarkan Konten (Isi, Artikel)


1. Niche Blog
Niche Blog merupakan sebuah blog yang di bangkit menurut kata kunci tertentu. Sehingga ruang lingkup pembahasannya lebih sempit, artikel yang di tulis terfokus pada niche atau tema yang telah ditentukan secara spesifik (khusus membahas satu topik).

2. General Blog
Berbeda dengan blog niche, blog general (umum) topiknya lebih luas, dan pokok pembahasannya majemuk menyangkut banyak sekali topik. Blog jenis ini biasanya di kelola oleh banyak orang yang mempunyai tingkat pemahaman yang cukup wacana topik tersebut. Sehingga blog general sering menyajikan topik yang tidak mempunyai keterkaitan dengan topik yang lainnya.

Macam- Macam Blog Berdasarkan Formatnya


1. Vlog
Vlog (video blog) ialah blog yang semua isi atau konten yang disajikan berupa video. 

2. LinkLog
Linklog merupakan sebuah blog yang isinya hanya kumpulan link.

3. Photoblog / Phlog
Photoblog /Phlog ialah blog yang kontennya secara keselurahan berupa foto. 

4. Audioblog
Audioblog merupakan blog yang secara khusus menyajikan konten berupa file music  yang menawarkan kebebasan bagi siapapun untuk mendownloadnnya. 

5. Tumbleblogs
Tumbleblogs merupakan jenis blog yang menyajikan beberapa konten dari media berupa teks singkat (pendek).

6. Typecasting Blog
Typecasting blog merupakan jenis blog yang berisi konten berupa hasil scan dari kumpulan goresan pena yang di ketik memakai mesin tik, goresan pena tangan dan notes.

7. Blog iklan baris
Blog iklan baris merupakan jenis blog yang secara khusus menyajikan konten berupa kumpulan iklan baris.Yang sanggup dengan gampang kita temukan di internet. Konten blog jenis ini terkesan sembarangan sebab sering di manfaatkan oleh spammer untuk berpromosi.

8. Splog
Splog atau sering di sebut spam blog merupakan jenis blog yang secara keseluruhan isinya berupa iklan.

9. Blog Copy Paste
Blog Copy Paste merupakan jenis blog yang secara keseluruhan konten yang disajikan merupakann hasil copy paste (salin tempel) artikel dari blog lain. Bog jenis ini bukan hanya di miliki oleh perseorangan tapi juga di miliki oleh perusahaan. 

10. Blog AGC
Blog Auto Generate content (AGC) merupakan jenis blog duplikat dari blog yang sudah ada. Blog jenis ini merupakan blog yang sangat menganggu dan memprihatinkan terutama bagi publisher adsense. Dari semua jenis blog blog jenis ini merupakan blog yang paling gampang di bangun, sebab hanya dalam hitungan detik blog ini bisa mempublikasikan ribuan artikel tanpa capek atau pusing-pusing berpikir.

Macam-Macam Blog Berdasarkan Platformnya


1. Blog Gratis (Free Blog)
Blog gratis merupakan jenis blog yang di buat secara gratis, domain dan hosting disediakan oleh penyedia layanan yang bisa di sebut pihak ketiga. Karena di buat secara gratisan blog jenis ini mempunyai alamat domain lebih panjang sebab mencantumkan nama pihak penyedia layanan. Contoh penyedia layanan blog gratis paling terkenal  diantaranya ialah blogger.com dan wordpress.com.

2. Self-Hosting Blog
Self-Hosting Blog merupakan jenis blog yang di bangkit dengan memakai hosting dan domain sendiri dengan cara menyewanya. Kebanyakan blog jenis ini di olah oleh seseorang yang profesional atau orang yang benar-benar serius dalam ngeblog (membangun blog). Kelebihan jenis ini lebih leluasa dalam mengelolanya. Tidak menyerupai blog gratis yang sering di hapus oleh penyedia layanan sebab di anggap melaksanakan kesalahan tanpa pemberitahuan sebelumnnya, domain/url lebih gampang di ingat serta terlihat lebih profesional.

Untuk teman-teman yang butuh solusi wacana web hosting terbaik, sebaiknya sebelum memutuskan membeli atau menyewa, terlebih dahulu kalian cari dan baca dulu banyak sekali review web hosting yang sudah banyak beredar di internet. Supaya kalian tidak kecewa nantinya.

3. Micro Blog
Micro blog merupakan jenis blog yang isinya hanya berupa teks singkat dalam jumlah terbatas, tidak menyerupai blog jenis ainnya. Blog menyerupai ini biasanya berupa situs jaringan sosial.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)
Corporate blog merupakan jenis blog yang di bangkit oleh suatu perusahaan yang isinya hanya hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan yang bersangkutan.

5. Citizen Journalism Blog
Citizen journalism blog merupakan jenis blog yang disediakan oleh suatu media tertentu, berisi goresan pena atau informasi yang di tulis oleh warga masyarakat.

Demikianlah sedikit ulasan wacana “Jenis atau macam-macam blog menurut tujuan, platform, konten, dan format yang sanggup ditemukan di internet“ yang bisa admin sajikan semoga dengan ini teman-teman bisa mengetahui jenis blog apa yang sedang di bangkit sekarang. 

Sampai jumpa lagi.....Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Blog Yang Ada Di Internet Dan Perbedaannya"

Post a Comment