Tips & Trik Menciptakan Tumblr Blog Menjadi Seo Friendly

Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly - Dapat dipastikan siapapun yang membuat blog ingin tulisannya di baca banyak orang dan bisa muncul di halaman utama pencarian. Karena itulah platform yang menyediakan jasa bikin blog gratis juga menjadi salah satu pertimbangan. Salah satunya yaitu Tumblr, namun buat blog di tumblr tidak begitu memuaskan penggunanya alasannya yaitu jarang sekali ada yang muncul di halaman utama pencarian, baik google, bing, maupun yahoo, dan mesin pencari top lainnya.

Mengapa ? Kok bisa, padahal Tumblr mempunyai PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) Tinggi, selain itu page rank yang dimiliki juga besar. Ternyata masalahnya yaitu Tumblr kurang SEO (Search Engine Optimization) Friendly terutama dalam hal SEO onpagenya, ibarat meta tag dan title tag. Hal inilah yang dipercaya menyebabkan blog tumblr sulit bersaing dengan peyedia blog gratis lainnya.

 Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly

Kaprikornus kalau anda mempunyai blog tumblr dan ingin situs yang dikelola bisa bersaing dengan web lainnya dan muncul di halaman utama pencarian, maka anda harus menjadikan/membuat blog tumblr anda SEO friendly. Untuk itu anda perlu melaksanakan beberapa tips dan trik berikut.

Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly


Agar blog tumblr menjadi lebih SEO friendly, praktis dikenali dan pastinya mempunyai kesempatan yang besar untuk muncul di halaman utama pencarian alasannya yaitu mempunyai posisi SERP (Search Engine Result Page) yang bagus, anda harus melaksanakan beberapa hal. Pertama melaksanakan persiapan sebelum menciptakan blog, dan kedua usahakan selalu menulis artikel original (fresh dan bermanfaat). Jika kedua syarat ini sudah dilakukan maka faktor penting lainnya yaitu menciptakan blog tumblr menjadi super SEO, berikut panduan lengkap yang berisikan beberapa Tips dan Trik yang bisa di coba untuk merubah situs tumblr anda jadi super dalam urusan Search Engine Optimization (SEO).

1. Menganti Judul Blog Dengan Judul Post
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan tumblr seo yaitu dengan menganti judul blog dengan judul posting/artikel. Hal ini perlu dilakukan alasannya yaitu tidak semua post pada tumblr menyediakan kolom untuk mengisi title (judul), ibarat posting dalam bentuk gambar (photo). sehingga ketika kita membuka posting tersebut yang jadi url-nya yaitu judul blog. Dengan begitu hanya sedikit kata kunci yang dirayapi oleh robot mesin pencari.

Bagaimana caranya biar semua posting bisa mempunyai judul walaupun tidak ada kolom pengisian title yang di sediakan. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Akses sajian Dasboard >>> Klik sajian Setting >>> Pilih Edit Theme >>> Edit HTML
Kemudian cari kode 

<title>{Title}{block:SearchPage} ({lang:Search results for SearchQuery}){/block:SearchPage}{block:PermalinkPage}{block:PostSummary} — {PostSummary}{/block:PostSummary}{/block:PermalinkPage}</title>

Ganti atau hapus dengan aba-aba berikut 

<title>{block:SearchPage} ({lang:Search results for SearchQuery}){/block:SearchPage}{block:PermalinkPage}{block:PostSummary} — {PostSummary}{/block:PostSummary}{/block:PermalinkPage}{Title}</title>

2. Tambahkan Meta Tag Title dan Meta Description
Untuk menambahkan aba-aba script meta tag title dan description pada tema (theme atau template) tumbr caranya gampang, tinggal teman-teman tambahakan aba-aba berikut ini di bawah aba-aba diatas.

<meta name=”title” content=”{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” />

<meta name=”description” content=”{MetaDescription}” />

3. Membuat Tag Menjadi Kata Kunci
Sama halnya dengan blog gratis lainnya pada tumblr kita juga bisa menambahkan meta tag pada setiap posting. Kaprikornus sebaiknya kita manfaatkan tag tersebut menjadi keyword atau kata kunci yang bisa memperbesar peluang mendapat posisis yang manis pada SERP. Caranya yaitu Copy aba-aba berikut pada theme tumblr dibawah aba-aba meta tag di atas.

<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” />

4. Merubah Tag  Judul Menjadi Tag <h1>
Memakai  tag <h1> untuk judul posting (blog) bisa menciptakan posisi blog tumblr lebih baik pada hasil pencarian search engine.

Caranya yaitu dengan menganti aba-aba {block:Title} dengan aba-aba berikut:

{block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title}

5. Submit dan Verifikasi Tumblr Blog ke Google Webmaster Tools
Dengan melaksanakan hal ini kita telah memperkenalkan situs web milik kita pada mesin pencari google sehingga blog sanggup lebih praktis ditemukan dan dijelajahi oleh robot google search engine. Jadi, biar tumblr kita semakin SEO sebaiknya anda Daftar & Verifikasi Blog Tumblr di Google Webmaster dan jangan lupa submit juga sitemapnya.

6. Gunakan Theme (Tema) Yang Mobile Friendly
Tidak sanggup dipungkiri ketika ini lebih banyak pengakses internet memakai perangkat mobile, jadi biar blog tumblr kita jauh lebih SEO sebaiknya jangan sepelekan hal ini. Tema defauld tumblr tidak mobile friendly untuk itulah sebaiknya teman-teman mengganti tema yang digunakan dengan theme yang mobile friendly (tema yang bisa menyesuaikan ukuran layar pengaksesnya). Cara ini bukan hanya bisa meningkatkan jumlah visitor (pengunjung), tapi juga menimbulkan blog lebih keren, unik, menarik dan tampil beda. Sehingga bisa meningalkan kesan yang manis buat pengunjung.

7. Pasang Tombol Berbagi 
Bukan diam-diam lagi ketika ini sosial media dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat kepopuleran sebuah web/situs/blog oleh hampir setiap mesin pencari. Selain itu media umum juga bermanfaat untuk mendongkrak traffik. Jadi, sebaiknya anda manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya dengan cara menambahkan atau memasang tombol menyebarkan (share) biar seo blog semakin baik lagi.

Demikianlah Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly, yang admin ketahui. Semoga bisa diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Apabila dalam penyampaian ada suatu kekeliruan mohon bagi yang mempunyai pengetahuan lebih memperlihatkan saran dan masukan biar artikel ini bisa menjadi lebih berguna. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan masukkan pada kolom komentar di bawah, admin akan usahakan untuk menjawabnya sesuai dengan kadar pengetahuan yang dimiliki...Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Menciptakan Tumblr Blog Menjadi Seo Friendly"

Post a Comment