Cara Menciptakan Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis Di Word 2013

Mempelajari Microsoft Office memang kadang menciptakan pusing kepala, dan memerlukan sedikit perjuangan. salah satunya ialah membuat daftar isi secara otomatis di word office ini. Jika di lihat memang membingungkan namun dengan sedikit usaha saya yakin siapa saja dapat menguasainya.

Dalam upaya membantu teman yang ingin berguru menciptakan daftar isi, saya sudah tuliskan artikel ini lengkap dengan gambar dan video sehingga akan lebih gampang dipahami. Bagi teman dapat menentukan metode berguru yang mana yang paling mudah, memakai text + gambar atau video.

Lihat juga :
12 Software / Aplikasi Edit Video 100% Gratis Terbaik Terpopuler
Cara Agar Ms Word / Windows Bisa Mengetik Huruf Bahasa Arab

Office yang kini sudah pada versi 2016 yang akan lebih perfect jikalau di sandingkan dengan windows 10. tentunya di antara teman semua masih banyak yang memakai office word 2007, 2010, atau 2013, kebetulan disini saya memakai office 2013 sebagai materi tutorial, jadi office wordnya tidak terlalu kadaluarsa kayaknya hehe..

Ada point penting dalam menciptakan daftar isi di office, yaitu mengakibatkan semua kalimat (judul dari paragraf) yang akan di buat daftar isi tersebut menjadi "heading" dan heading ini nantinya akan di atur menjadi daftar isi sesuai dengan jumlah paragraf yang ada.

Maksud heading disini ialah text atau kalimat yang terletak di atas paragraf. Jadi, dikala teman mengaktifkan fitur table of content maka secara otomatis semua heading 1, heading 2, heading 3 akan di ambil dan di susun secara terstruktur. 

Sedangkan fungsi  dari table of countent ini salah satunya ialah semoga pembaca dapat tahu citra besar dari sebuah artikel itu sendiri tanpa harus membaca / membuka semua halaman dari artikel tersebut.

Mungkin teman Juga suka :
Cara Cepat Membuat File PDF Dengan WordOffice dan PDF Editor
Cara Membuat Presentasi Menarik Menggunakan Power Point

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Ms. Word  dan 2013 (Word 2007 2010)

  1. Buka atau ketiklah sebuah artikel dahulu yang akan ditambahkan daftar isi. bagaimana cara menciptakan daftar isi dengan titik-titik setelahnya ini semua office itu menyerupai entah itu office 2007, office 2010, ataupu 2013 semua memakai metode yang sama yaitu memakai heading dan  table of contents disini saya memakai office 2013 sebagai contohnya.

  2. Berikutnya.Disini saya sudah menciptakan sebuah artikel dengan judul cara menciptakan blog sebagai judul utamanya kemudian saya ingin menambahkan daftar isi artikel tersebut. 

  3. Cara Pertama ialah menentukan setiap kalimat yang akan dijadikan daftar isi. sebagai pola disini saya ingin menawarkan kalimat cara menciptakan blog terbaru sebagai caranya pastikan teman berada di sajian home kemudian pilih pada bab settingan heading dengan pilihan  heading 1 
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013
     

  4. Kemudian selanjutnya saya menentukan kalimat lain di bawah heading 1 yaitu sebagai Heading 2. pada kalimat dimana saja kawasan menciptakan blog eksklusif gres dan gratis itu?

  5. Berikutnya jikalau memang ada bab artikel yang masih dapat di jadikan heading 3 teman dapat menawarkan lagi heading 3 yang letakknya biasanya sehabis heading 2.
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013
    Lakukan cara menyerupai nomer 3 hingga pada nomer 5 ke semua bab artikel, disinilah point terpenting dari pembuatan daftar isi yaitu mengakibatkan kalimat yang teman inginkan menjadi  Heading 1, Heading2, Heading 3,  heading 4 dan seterusnya. 

  6. Sampai disini settingan semua heading sudah selesai, berikutnya ialah menciptakan daftar ini pada halaman yang teman inginkan dapat di awal makalah atau di final makalah. kalau saya menawarkan pola disini ialah daftar isi yang berada di final makalah maka saya klik pada bab final artikel menu INSERT kemudian PAGE BREAK , akan muncul halaman kosong di bab akhir.selain pagebreak teman juga dapat memakai ENTER di bab final artikel.
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013

  7. Setelah itu pastikan teman menentukan bab REFERENCES kemudian klik pada bab TABLE OF CONTENT.  table of content ini berfungsi mengumpulkan semua heading yang telah di setting sebelumnya. 
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013

  8. Sobat dapat menentukan tampilan daftar isinya, setelah muncul kotak pilihan table of contents, disini saya memilih OUTOMATIC TABLE 1
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013
  9. Secara otomatis semua heading yang telah saya buat tadi akan tersusun menjadi sebuah daftar isi menurut urutan yang sudah saya buat, disini ialah pola hasil daftar urutan daftar isi dengan heading yang telah saya buat. 

  10. Berdasarkan urutan pengelompokan heading yang telah saya buat secara detail akan terlihat menyerupai gambar daftar isi di bawah ini. teman dapat melihat bahwa heading 1 lebih menjorok ke kiri daripada heading 2 atau 3 
    membuat daftar isi secara otomatis di word office Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word 2013

  11. Daftar isi tersebut masih dapat teman edit lagi sesuai impian misalkan saja merubah font, merubah kalimat heading, dan merubah settingan heading. Selamat mencoba. 

Tutorial Video Cara menciptakan Daftar Isi Otomatis di word

Bagi teman yang ingin melihat tutorial dengan melihat video silahkan lihat video saya bagaimana membuatnya, semoga dapat membantu.


Terima kasih saya harap dapat sedikit menawarkan solusi bagi siapa saja yang masih galau bagaimana caranya membikin daftar isi dengan cepat.  Okey... Semoga berhasil 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis Di Word 2013"

Post a Comment