Trik Content Aware Scale Pada Photoshop


Apa itu content aware scale? Pernahkah kau menggunakannya? 

Content aware scale yaitu fitur pada Photoshop (versi CS4 ke atas) yang memungkinkan photoshop untuk "mengisi kekosongan pixel dan menjaga proporsi" saat kau menarik foto untuk di-resize.

Sebagai contoh, dibawah ini terdapat sebuah canvas yang melebar dan foto seorang guru.


Kita menginginkan foto guru ini mengisi seluruh area canvas. Namun jikalau kita gunakan perintah free transform dan menarik foto ini melebar, terlihat bahwa proporsi gambar menjadi tidak seimbang.


Nah, kau sanggup coba perintah content-aware-scale untuk proses transformasi semacam ini. Perhatikan bahwa saat resize dengan perintah content-aware-scale ini, akibatnya lebih baik meski ada "cacat pixel" pada beberapa bab gambar, terutama di area bahu.


Makara disini kita perlu "melindungi" bab gambar guru semoga tidak ikut tertarik melebar. Langkah pertama yaitu aktifkan Quick mask mode. Seleksi gambar guru dengan warna hitam (tampil merah dalam quick mask mode), dalam pola ini saya gunakan brush tool untuk menandai area seleksi.


Beralih ke panel Channel, duplikat channel Quick Mask. Setelah itu silahkan kembali ke mode normal (keluar dari mode quick mask) dan deselect.


masih pada panel Channels, pilih Quick mask copy lalu warnai area foto guru yang masih menyisakan warna putih (bila ada). Hal ini untuk memastikan semoga seluruh tubuh guru terseleksi penuh.


Setelah selesai, balik warna channel dengan menekan CTRL+I. Setelah itu balik ke channel RGB lagi jangan lupa.


Nah, kini kau sanggup coba pakai perintah content-aware-scale lagi, tapi jangan lupa pilih Protect: Quick mask copy yang tadi sudah kita edit. Bila dilakukan dengan benar, mestinya kau sanggup menarik gambar melebar tanpa "merusak" bab foto guru.


Lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial dibawah ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Content Aware Scale Pada Photoshop"

Post a Comment