(Docx) Rpp 2013 Kd 3.1 Sifat Koligatif Larutan Kelas Xii Lengkap



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KD 3.1 Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 revisi ihwal Sifat Koligatif Larutan

download rpp
Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas XII lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas XII k-2013 klik saja link ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.           Satuan Pendidikan                      : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B.            Mata Pelajaran                           : Kimia
C.           Kelas/Semester                           : XII/ 1
D.           Materi Pokok                              : Sifat Koligatif Larutan
E.            Alokasi Waktu                            : 8 x 45 Menit = 8 JP
F.            Tujuan Pembelajaran                 :          
1.      Siswa bisa menganalisis sifat koligarif larutan, penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis.

G.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Menganalisis fenomena sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis).
1.      Menjelaskan sifat koligatif larutan.
2.      Menjelaskan penurunan tekanan uap beserta contoh.
3.      Menghitung penurunan tekanan uap.
4.      Menjelaskan kenaikan titik didih beserta contoh.
5.      Menghitung kenaikan titik didih.
6.      Menjelaskan penurunan titik beku beserta contoh.
7.      Menghitung penurunan titik beku.
8.      Menjelaskan tekanan osmosis larutan beserta contoh.
4.1    Menyajikan kegunaan prinsip sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Mengkomunikasikan hasil data percobaan imbas temperatur terhadap air.

H.           Materi Pembelajaran  :          

a.       Fakta: Sifat Koligatif larutan (air mendidih, es membeku)
b.      Konsep: Definisi sifat koligatif larutan, penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis.
c.       Prinsip: Rumus menghitung penurunan tekanan uap (ΔP),  menghitung kenaikan titik didih (ΔTb), menghitung penurunan  titik beku (ΔTf).
d.      Prosedural: Langkah-langkah dalam percobaan untuk mengetahui macam-macam sifat koligatif yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

      I.     Metode Pembelajaran :            

                                                                  1. Model            : Inkuiri
                                                            2. Pendekatan    : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
3. Metode           : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah dan pemecahan masalah.

      J.      Media Pembelajaran

1.Media : gambar (cetak), video, elektronik, papan tulis.
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Peserta Didik 

K.           Sumber Belajar :                        

1. Sudarmo, H. (2013). Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

L.            Langkah-langkah Pembelajaran :

      1.      Pertemuan pertama (2 x 45 menit), Indikator 1 dan 2.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)
“pernah dengar volume? Apa yang kalian tahu ihwal volume ?
c.    Pemusatan perhatian penerima didik (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal sifat koligatif larutan.
“kondisi orang berenang di maritim yang kadar garamnya tinggi akan berbeda dengan orang yang berenang dikolam biasa, apa perbedaannya?”
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Peserta didik memperhatikan klarifikasi dan dilema yang diberikan oleh guru ihwal sifat koligatif larutan dan penurunan tekanan uap.
b.      Peserta didik membaca dari membuatkan sumber ihwal sifat koligatif larutan dan penurunan tekanan uap.
Menanya
c.       Ada yang bisa menjelaskan apa itu sifat koligatif larutan?
d.      Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain.
Pengumpulan Data
e.       Setiap penerima didik mengumpulkan info dari banyak sekali sumber ihwal sifat koligatif larutan.
f.       Peserta didik mencari info ihwal penurunan tekanan uap dan kekerabatan dengan kehidupan
g.      Peserta didik berdikusi dengan mitra yang lain untuk mencari informasi.
Mengasosiasikan
h.      Peserta didik menyimpulkan info yang didapat dari banyak sekali sumber ihwal sifat koligatif larutan.
i.        Peserta didik menyimpulkan ihwal penurunan tekanan uap dan menghubungkan penurunan tekanan uap dengan kehidupan sehari-hari.
Mengkomunikasikan
j.      Peserta didik mengkomunikasi kepada guru ataupun kawan-kawan yang lain ihwal sifat koligatif larutan yang diketahuinya.
k.  Peserta didik menjelaskan ihwal penurunan tekanan uap dan  contoh-contohnya.

60 Menit
Penutup
a.       Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan pemberian guru.
b.      Bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.
c.       Pemberian tugas
d.      Pemberian info untuk pertemuan berikutnya
15 menit


      2.     
Pertemuan kedua (2 x 45 menit), Indikator 3 dan 4.

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu larutan dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)
“ada yang tau apa itu temperatur atau suhu ?”
c.    Pemusatan perhatian penerima didik (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan.
“pasti ada yang pernah memasak air. Apa beda memasak air yang sedikit dengan yang banyak ? ”
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai

15 menit
Inti
Mengamati
a.    Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal cara menghitung penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih.
b.    Peserta didik membaca dari membuatkan sumber ihwal perhitungan penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih.
Menanya
c.    Ada yang belum mengerti ihwal soal yang bapak berikan ?
d.   Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain ihwal perhitungan penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih.
e.    Siapa yang bisa menjawab soal yang ini?
Pengumpulan Data
f.     Setiap penerima didik mengumpulkan info dari banyak sekali sumber ihwal perhitungan penurunan tekanan uap dan kenaikan titik didih.
g.    Peserta didik mencari info ihwal cara menghitungnya sehingga sanggup mengisi contoh-contoh soal yang diberikan oleh guru.
Mengasosiasikan
h.    Peserta didik menghitung ataupun menjawab contoh-contoh soal yang di berikan oleh guru dengan memakai rumus yang telah didapakan.
i.      Peserta didik menyimpulkan info yang didapat dari banyak sekali sumber ihwal kenaikan titik didih.
j.      Peserta didik memecahkan dilema yang diberikan oleh guru.
k.    Peserta didik menghubungkan kenaikan titik didih dengan kehidupan sehari-hari.
Mengkomunikasikan
l.      Peserta didik mengkomunikasi kepada guru ataupun kawan-kawan yang lain ihwal kenaikan titik didih yang diketahuinya.
m.  Peserta didik menuliskan balasan dari pola soal yang diberikan di papan tulis.
60 Menit
Penutup
a.    Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan pemberian guru.
b.    Bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.
c.    Pemberian tugas
d.   Pemberian info untuk pertemuan berikutnya
15 menit

3.      Pertemuan ketiga (2 x 45 menit), Indikator 5 dan 6.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu larutan dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)
“pasti kalian pernah dengar yang namanya eksoterm, ada yang tau apa itu eksoterm ?”
c.    Pemusatan perhatian penerima didik (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan.
“air kalau dimasukan dalam kulkas niscaya akan membeku jadi es,  kenapa bisa? ”
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.    Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal perhitungan kenaikan titik didih
b. Memperhatikan dilema yg diberikan guru terkait penurunan titik beku.
c. Peserta didik membaca dari membuatkan sumber ihwal perhitungan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku.
Menanya
d.   Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain ihwal perhitungan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku.
e.  Siapa yang tau cara mengerjakan soal yang di layar? Tolong bantu bapak untuk menyelesaikannya.

Pengumpulan Data
f.     Peserta didik mencari info ihwal cara menghitungnya sehingga sanggup mengisi contoh-contoh soal yang diberikan oleh guru.
g.   Setiap penerima didik diskusi mengumpulkan info dari banyak sekali sumber ihwal perhitungan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku.
Mengasosiasikan
h. Peserta didik menghitung dan menjawab soal yang di berikan oleh guru dengan memakai rumus yang telah didapakan.
i.   Peserta didik menyimpulkan info yang didapat dari banyak sekali sumber ihwal penurunan titik beku.
j.     Peserta didik menghubungkan penurunan titik beku dengan kehidupan sehari-hari.
Mengkomunikasikan
k. Peserta didik mengkomunikasi kepada guru ataupun kawan-kawan yang lain ihwal penurunan titik beku yang diketahuinya.
l.    Peserta didik menuliskan balasan dari pola soal yang diberikan di papan tulis.

60 Menit
Penutup
a.   Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan pemberian guru.
b. Bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.
c.    Pemberian tugas
d.   Pemberian info untuk pertemuan berikutnya
15 menit

4.      Pertemuan keempat (2 x 45 menit), Indikator 7 dan 8.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu larutan dengan memperlihatkan pertanyaan: (apersepsi)
“masih ingat ihwal sifat koligatif larutan?  coba jelaskan!
c.    Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan.
“ketika tangan kalian terendam dalam cucian dalam waktu lama, niscaya tangan kalian membengkak, ada yang tau kenapa ? ”
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.   Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal perhitungan penurunan titik beku.
b. Peserta didik memperhatikan video ihwal tekanan osmosis.
c.    Mengamati amsalahnyg diberkan oleh guru
d. Peserta didik membaca dari membuatkan sumber ihwal perhitungan penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
Menanya
e.    Apa yang kalian ketahui dari video tesebut ?
f.   Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain ihwal perhitungan penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
Pengumpulan Data
g. Setiap penerima didik berdiskusi satu samalain untuk mendapat informasi
h.  Peserta didik mengumpulkan info dari banyak sekali sumber ihwal perhitungan penurunan titik beku maupun tekanan osmosis.
i.     Peserta didik mencari info ihwal cara menghitungnya sehingga sanggup mengisi contoh-contoh soal yang diberikan oleh guru.
Mengasosiasikan
j.    Peserta didik menghitung ataupun menjawab contoh-contoh soal yang di berikan oleh guru dengan memakai rumus yang telah didapakan.
k.  Peserta didik menyimpulkan info yang didapat dari banyak sekali sumber ihwal tekanan osmosis.
l.  Peserta didik menghubungkan tekanan osmosis dengan kehidupan sehari-hari.
Mengkomunikasikan
m. Peserta didik mengkomunikasi kepada guru ataupun kawan-kawan yang lain ihwal penurunan titik beku dan tekanan osmosis
n.  Peserta didik menuliskan balasan dari pola soal yang diberikan di papan tulis.

60 Menit
Penutup
a.  Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan pemberian guru.
b. Bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.
c.    Pemberian tugas
d.   Pemberian info untuk pertemuan berikutnya
15 menit


M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan, observasi.
2. bentuk instrument: sikap, uraian, ketrampilan.

Tugas  PR
1.    Buatlah diagaram P-T sebagus mungkin!
2.    Jawablah soal-soal berikut ini dengan terang dan benar!     

a)         Sifat-sifat di bawah ini yang bukan termasuk sifat koligatif larutan adalah...
A.  Penurunan titik beku
B.  Kenaikan tekanan uap
C.  Tekanan osmosis
D.  Kenaikan titik didih
E.   Penurunan tekanan uap


b)      Pernyataan yang sempurna mengenai sifat koligatif larutan adalah....
A.  Sifat koligatif larutan bergantung pada jenis zat terlarut.
B.  Sifat koligatif larutan bergantung pada jumlah partikel zat terlarut.
C.  Tekanan uap suatu zat merupakan sifat koligatif larutan yang tergantung pada jenis zat.
D.  Salah satu sifat koligatif larutan yakni penurunan titik didih larutan.
E.   Sifat koligatif larutan merupakan sifat kimia.


c)      Harga kenaikan titik didih molal (Kb) tergantung pada ….
A.  jumlah gram zat terlarut dalam 1 liter larutan
B.  jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan
C.  jumlah mol zat terlarut dalam 1000 gram pelarut
D.  jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter pelarut
E.   jumlah mol zat terlarut dalam 1000 gram larutan


d)       Tentukan titik didih dan titik beku larutan urea (CO(NH2)2) 30 gram dalam 500 gram air! (Kb air = 0,52 dan Kf air = 1,86 °C/m)


e)        Tentukan penurunan tekanan uap jenuh larutan 10% massa glukosa (C6H12O6) dalam air, kalau diketahui tekanan uap air pada suhu 25 °C yakni 24 mmHg (Mr C6H12O6 = 180 g/mol, Mr Air = 18 g/mol) !

Kunci balasan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal
Kunci Jawaban
Skor
a
Sifat-sifat di bawah ini yang bukan termasuk sifat koligatif larutan yakni kenaikan tekanan uap (B)

5
b
Pernyataan yang sempurna mengenai sifat koligatif larutan yakni Sifat koligatif larutan bergantung pada jumlah partikel zat terlarut. (B)
10
c
Harga kenaikan titik didih molal (Kb) tergantung pada jumlah mol zat terlarut dalam 1000 gram pelarut. (C)
15
d
ΔTb = m x Kb
= x gram x 0,52 °C/m

= 0,5 gram x 2 gram x 0,52 °C/m
= 0,52 °C
Titik didih larutan = 100 °C + 0,52 °C = 100,52 °C.

ΔTb = m x Kb
= x gram x 1,86 °C/m

= 0,5 gram x 2 gram x 1,86 °C/m
= 1,86 °C
Titik beku larutan = 0 °C – 1,86 °C = –1,86 °C.
35
e
massa glukosa      =  x 100 g = 10 g

kuantitas glukosa =  = 0,0555 mol

massa air              = 100 – 10 = 90 gram
kuantitas air         =  = 5 mol

XB  =  = 0,01

                      ΔP = P°. XB
                            = 24 . 0,01
                            = 0,24 mmHg
35


Format Penilaian Sikap Siswa
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun
Memberikan solusi
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
1.











2.











3.











4.











5.











...














Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar                    : …………………………………………………..
Nama Tugas                : …………………………………………………..
Alokasi Waktu            : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik    : …………………………………………………..
Kelas / SMT                : …………………………………………………..
NO
KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
SKOR (1-5)*
1

Cara mempresentasi
a.       Kejelasan bahasa
b.      Mudah dipahami
c.       Menarik

2

Bahan presentasi:
a.       Sesuai konsep
b.      Menarik
c.       Inovatif

3

Menanggapi masukan/pertanyaan

TOTAL SKOR


Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap balasan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran            : ...............................................................................................................
Kelas/Semester            : ...............................................................................................................
Sub Materi                  : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal              : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke             : ...............................................................................................................
No
Kegiatan
Skor
Rubrik/kriteria

1
2
3
4
1
2
3
4

1.
Pendahuluan
Memperhatikan guru saat membuka pelajaran




1-9 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
10-15 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
16-20 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran
 21-30 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran

Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi




1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi

Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran




1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru

2.
Kegiatan Inti


Memperhatikan guru menjelaskan bahan pelajaran




1-9 siswa memperhatikan  penjelasan guru
10-15 siswa memperhatikan  penjelasan guru
16-20 siswa memperhatikan  penjelasan guru
21-30 siswa memperhatikan  penjelasan guru

Mengerjakan kiprah yang diberikan guru




1-9 siswa yang mengerjakan tugas
10-15 siswa yang mengerjakan tugas
16-20 siswa mengerjakan tugas
21-30 siswa mengerjakan tugas

Mempresentasikan tugasnya didepan kelas




1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya
4-6  siswa
mempresentasikan tugasnya
6-8 siswa
mempresentasikan tugasnya
 9-10 siswa
mempresentasikan tugasnya




Mendengarkan guru memperlihatkan penguatan




1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru
11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru
16-20  siswa yang mendengarkan penguatan guru
21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru

3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan hasil pembelajaran




1 siswa yang meyimpulkan
2-4 siswa yang meyimpulkan
5 siswa yang meyimpulkan
5-7 siswa yang meyimpulkan

Megerjakan soal dan menjawab sendiri




1-10 siswa yang menjawab soal sendiri
11-15 siswa yang menjawab soal sendiri
16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri
21-30 siswa yang menjawab soal sendiri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Docx) Rpp 2013 Kd 3.1 Sifat Koligatif Larutan Kelas Xii Lengkap"

Post a Comment