Download Rpp Kd 3.1 Senyawa Hidrokarbon K13 [.Docx]
download rpp KD 3.1 Senyawa Hidrokarbon [.docx]
Mendownload perangkat pembelajaran kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi, lengkap dengan RPP, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, KKM, jam dan ahad efektif visit link biru ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(revisi menurut permendikbud no.22 tahun 2016)
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : XI / 1
D. Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon
E. Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik bisa menjelaskan perihal senyawa organik, senyawa anorganik, sumber senyawa karbon, senyawa hidrokarbon, sifat alkena dan alkuna serta kegunaan alkena dan alkuna
2. Peserta didik bisa menentukan kekhasan atom karbon dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
3. Peserta didik bisa mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan
4. Peserta didik bisa mengidentifikasi senyawa karbon
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon menurut pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya | 1. Mendeskripsikan senyawa organik dan anorganik 2. Mengidentifikasi senyawa karbon 3. Menjelaskan sumber senyawa karbon 4. Menentukan kekhasan atom karbon 5. Mendefinisikan senyawa hidrokarbon 6. Mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan 7. Menentukan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna 8. Menjelaskan sifat alkena dan alkuna 9. Menjelaskan kegunaan alkena dan alkuna |
4.1 Menemukan banyak sekali struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan memvisualisasikannya | 1. Menyajikan model visual untuk memilih banyak sekali struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama |
H. Materi Pembelajaran :
a. Fakta: kelimpahan senyawa organik dan senyawa anorganik dalam kehidupan sehari-hari
b. Konsep: pengertian senyawa hidrokarbon
c. Prinsip: tata nama senyawa, reaksi-reaksi alkena dan alkuna
d. Prosedural: langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna
I. Metode Pembelajaran : 1. Model : NHT dan Discovery
2. Pendekatan : Saintifik dan kontekstual
3.Metode : Diskusi, tanya jawab, ceramah dan penugasan
J. Media Pembelajaran
1. Media : video, powerpoint.
2. Alat/Bahan : LCD, papan tulis dan spidol.
K. Sumber Belajar :
1. Sudarmo, Unggul. 2013. Kimia untuk Sekolah Menengan Atas atau MAN Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
L. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 1, 2, 3 dan 4.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat konfigurasi elektron atom karbon? (apersepsi) c. Pemusatan perhatian akseptor didik (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan tahukah kalian kira-kira plastik itu mengandung senyawa apa ? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan isyarat dari guru dalam pembagian kelompok b. Peserta didik mengamati pemberian nomor yang diberikan oleh guru. c. Peserta didik membaca buku dan literatur lainnya perihal pengertian senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. Pengumpulan Menanya d. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. Mengumpulkan Data e. Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari banyak sekali literatur perihal senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. f. Melakukan diskusi yang berafiliasi dengan senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. g. Guru menyebutkan salah satu nomor pada masing-masing kelompok. h. Peserta didik yang nomornya sudah dipanggil menawarkan pertanyaan kepada kelompok lain yang bernomor sama. i. Guru memanggil akseptor didik yang bernomor sama dari kelompok lain untuk menawarkan aksesori terhadap pendapat kelompok yang menjawab pertanyaan. Mengasosiasikan j. Masing-masing akseptor didik dalam kelompok sanggup menyimpulkan bahan perihal senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. Mengkomunikasikan k. Kelompok yang dipanggil oleh guru mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya perihal senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon. l. Guru menawarkan penguatan terhadap hasil diskusi kelompoknya. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik c. Guru bersama akseptor didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas e. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya f. Melaksanakan evaluasi | 15 menit |
2. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 5, 6 dan 7.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik. b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat mengenai kekhasan atom karbon? (Apersepsi) c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak jenisnya? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan isyarat dari guru dalam pembagian kelompok menurut nomor urut absensi. b. Guru menawarkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. c. Peseta didik membaca buku dan banyak sekali literatur lainnya mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Menanya d. Peserta didik bertanya mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. e. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan bahan yang diberikan. Pengumpulan Data f. Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda duduk kasus yang relevan dengan bahan yang diberikan. g. Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali literatur lainnya mengenai bahan pembelajaran yang diberikan. h. Peserta didik dalam setiap kelompok melaksanakan diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai bahan senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Mengasosiasikan i. Setiap kelompok menyimpulkan informasi yang didapat dari banyak sekali sumber mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Mengkomunikasikan j. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. k. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok. l. Guru menawarkan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan proteksi guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. c. Guru bersama peseta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas. e. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya. f. Melaksanakan evaluasi. | 15 menit |
3. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 7.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat pengelompokan senyawa hidrokarbon? (apersepsi) c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan perihal tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. “Bagaimana langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna?”. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan power point yang ditampilkan oleh guru perihal tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. b. Peserta didik memperhatikan guru menawarkan duduk kasus mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. c. Peseta didik membaca buku dan banyak sekali literatur lainnya mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Menanya d. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan bahan yang diberikan. Pengumpulan Data e. Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kegiatan - kegiatan duduk kasus yang relevan dengan bahan yang diberikan. f. Peserta didk dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali literatur lainnya mengenai bahan pembelajaran yang diberikan. g. Peserta didik dalam setiap kelompok melaksanakan diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai bahan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Mengasosiasikan h. Peserta didik menyimpulkan informasi yang didapat dari banyak sekali sumber mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. Mengkomunikasikan i. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna dari banyak sekali sumber yang di dapat. j. Guru menawarkan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. c. Guru bersama akseptor melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas. e. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya. | 15 enit |
4. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 8 dan 9.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat bagaimana langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna? (apersepsi) c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan mengapa karet bersifat sangat elastis? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan oleh guru mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. b. Peserta didik memperhatikan guru menawarkan duduk kasus mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. c. Peseta didik membaca buku dan banyak sekali literatur lainnya mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. Menanya d. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan duduk kasus yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. Pengumpulan Data e. Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kegiatan - kegiatan duduk kasus yang relevan dengan bahan yang diberikan. f. Peserta didik mengkaji banyak sekali literatur lainnya mengenai bahan pembelajaran yang diberikan. g. Peserta didik melaksanakan diskusi dengan sobat lainnya mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru. Mengasosiasikan h. Peserta didik menyimpulkan informasi yang didapat dari banyak sekali sumber mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. Mengkomunikasikan i. Peserta didik mempresentasikan informasi yang didapat dari banyak sekali literatur mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna. j. Guru menawarkan penguatan terhadap informasi yang didapat oleh akseptor didik. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Guru bersama akseptor didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian tugas d. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya e. Melaksanakan evaluasi. | 15 menit |
M. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1. Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi) dan observasi.
2. Bentuk instrument: sikap, uraian dan keterampilan.
Tugas
1. Jelaskan perbedaan yang fundamental antara senyawa alkana, alkena dan alkuna !
2. Jelaskan langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna !
Soal Pilihan ganda
1. Salah satu faktor yang menjadikan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah...
A. Karbon melimpah di kulit bumi
B. Karbon mempunyai 4 elektron valensi
C. Dapat membentuk rantai atom karbon
D. Titik didih karbon sangat tinggi
E. Karbon sangat reaktif
2. Atom karbon mempunyai kekhasan. Pernyataan yang sempurna mengenai kekhasan atom karbon adalah...
A. Karbon mempunyai 4 elektron valensi yang bisa membentuk ikatan kovalen yang kuat
B. Karbon mempunyai ukuran relatif besar sehingga bisa mengikat semua unsur
C. Karbon mempunyai 6 elektron valensi yang sanggup berikatan semua
D. Karbon sanggup disintesis oleh manusia
E. Karbon sanggup membentuk ikatan ion dari keempat elektron terluarnya
3. Yang merupakan struktur dari 2-pentena adalah....
A. CH3 – CH2 – CH2 – CH2 – CH3
B. CH3 – CH2 – CH = CH – CH3
C. CH3 – CH2 – CH2 – CH= CH2
D. CH2 = CH – CH2 – CH3
E. CH2 = CH – CH = CH2
4. Perhatikan struktur berikut ini:
Nama senyawa tersebut adalah...
A. 3-etil-6,6-dimetilheptana
B. 3-metil-6,6-etilheksana
C. 2-dimetil-5-etilpropana
D. 4-dimetil-3,3-etilheksana
E. 5-dimetil-5-metilbutana
5. Perhatikan kelompok senyawa berikut ini:
1. C2H6 , C5H12 , C7H16
2. C2H4 , C5H10 , C7H14
3. C4H8 , C5H12 , C7H16
4. C3H6 , C4H10 , C7H16
5. C2H2 , C5H8 , C7H12
Yang termasuk senyawa alkena dan alkuna berturut-turut ialah adalah..
A. 1 dan 2 B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 4
Kunci balasan Soal Pilihan ganda
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Faktor yang menjadikan senyawa karbon banyak jumlahnya ialah sanggup membentuk rantai atom karbon ialah senyawa karbon sanggup membentuk rantai atom karbon C. Dapat membentuk rantai atom karbon | 20 |
2 | Karbon mempunyai nomor atom 6 dengan 4 elektron valensi, sehingga bisa membentuk ikatan kovalen yang kuat. A. Karbon mempunyai 4 elektron valensi yang bisa membentuk ikatan kovalen yang kuat. | 20 |
3 | Struktur dari 2-pentena ialah CH3 – CH2 – CH = CH – CH3. Hal ini dikarenakan ikatan rangkap dua pada senyawa tersebut terletak pada atom C kedua. B. CH3 – CH2 – CH = CH – CH3 | 20 |
4. | Nama senyawa dari struktur tersebut ialah 3-etil-6,6-dimetilheptana. Karena rantai induk terdiri dari 7 atom C. Di atom C ketiga terdapat cabang etil dan di atom C keenam terdapat 2 cabang metil. Senyawa tersebut merupakan senyawa golongan alkana. A. 3-etil-6,6-dimetilheptana | 20 |
5. | Alkena : CnH2n : pada No. 2 : C2H4 , C5H10 , C7H14 Alkuna : CnH2n-2 : pada No. 5 : C2H2 , C5H8 , C7H12 D. 2 dan 5 | 20 |
Format Penilaian Sikap Siswa
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | |||||||||
Mengajukan pertanyaan | Menjawab pertanyaan | Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas | Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun | Memberikan solusi | |||||||
YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | ||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
4. | |||||||||||
5. | |||||||||||
... |
Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar : …………………………………………………..
Nama Tugas : …………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik : …………………………………………………..
Kelas / SMT : …………………………………………………..
NO | KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | SKOR (1-5)* |
1 | Cara mempresentasi a. Kejelasan bahasa b. Mudah dipahami c. Menarik | ||
2 | Bahan presentasi: a. Sesuai konsep b. Menarik c. inovatif | ||
3 | Menanggapi masukan/pertanyaan | ||
TOTAL SKOR |
Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap balasan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : ...............................................................................................................
Sub Materi : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke : ...............................................................................................................
No | Kegiatan | Skor | Rubrik/kriteria | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Pendahuluan | Memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 10-15 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 16-20 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | 21-30 siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran | ||||
Menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi dan motivasi | 1-2 siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi | 3-5 siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi | 6 siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi | 6-8 siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi | ||||||
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||||||
2. | Kegiatan Inti | Memperhatikan penjelasan guru perihal model NHT dan DISCOVERY | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | ||||
Memperhatikan guru menjelaskan bahan pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | ||||||
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru | 1-9 siswa yang mengerjakan tugas | 10-15 siswa yang mengerjakan tugas | 16-20 siswa mengerjakan tugas | 21-30 siswa mengerjakan tugas | ||||||
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas | 1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya | 4-6 siswa mempresentasikan tugasnya | 6-8 siswa mempresentasikan tugasnya | 9-10 siswa mempresentasikan tugasnya | ||||||
Mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | 1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | 6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | 9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | 11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | ||||||
Mendengarkan guru menawarkan penguatan | 1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 16-20 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru | ||||||
3. | Kegiatan Penutup | Menyimpulkan hasil pembelajaran | 1 siswa yang meyimpulkan | 2-4 siswa yang meyimpulkan | 5 siswa yang meyimpulkan | 5-7 siswa yang meyimpulkan | ||||
Megerjakan soal dan menjawab sendiri | 1-10 siswa yang menjawab soal sendiri | 11-15 siswa yang menjawab soal sendiri | 16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri | 21-30 siswa yang menjawab soal sendiri |
0 Response to "Download Rpp Kd 3.1 Senyawa Hidrokarbon K13 [.Docx]"
Post a Comment