(Docx) Uraian Bahan Perkembangan Teori Atom

Uraian bahan Perkembangan Teori Atom K-13

Download dokumen



Lembar Kegiatan Siswa


Judul                          : Perkembangan Teori Atom

Tujuan/Indikator      :

1.      Menjelaskan perkembangan teori atom,
2.      Menggambarkan model atom dalton, thomson, rutherford

Dasar Teori                :

            Berdasarkan aneka macam penemuan, John Daltol merumuskan teori atom yang pertama sekitar tahun 1803-1807 yang menyampaikan atom yakni setiap unsur terdiri atas partikel yang tak bisa terbagi. Pada tahun 1900, J.J Thomson mengajukan model atom yang ibarat roti kismis. Atom terdiri dari materi  bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis. Pada tahun 1911, Rutherford sanggup menjelaskan penghamburan sinar alfa dengan mengajukan gagasan wacana inti atom. Menurut Rutherford sebagian dari massa dan muatan positif atom terkonsentrasi pada bab pusat atom yang selanjutnya disebut inti atom (purba, 2006).

Petunjuk kerja/Kegiatan :

1.      Duduklah dalam kelompok yang telah dibagikan sebelumnya.
2.      Bacalah buku paket wacana perkembangan teori atom.
3.      Diskusikanlah dengan teman-teman kelompokmu, dan selesaikanlah soal-soal berikut ini.
4.      Cocokkanlah isi tabel berikut dengan tanggapan yang tepat, dengan mengisi titik-titik di samping kanan tabel berikut.

Pernyataan
Jawaban
1.      Bagian terkecil dari suatu unsur  yang masih memiliki sifat-sifat unsur itu.
a.      

1.       ........................
2.       ........................
3.       ........................
4.       ........................
5.       ........................
6.       ........................
Jonh Dalton
2.      Elektron ditemukan oleh J.J Thomson melalui percobaan
b.      Atom
3.      Gambar disamping merupakan model atom?
c.       Tabung sinar katoda
4.      Tabung sinar katoda dengan medan listrik yang tegak lurus dengan arah sinar katoda dan medan magnetik luar.
d.     
5.      Gambar di samping yakni
e.       Atom tersusun atas inti atom yang bermuatan positif sebagai pusat massa dan dikelilingi elektron-elektron yang bermuatan negatif.
6.      Atom terdiri dari materi  bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis
f.      


Uraian materi

Perkembangan Teori Atom

A.    Teori Atom Dalton

Berdasarkan aliran bahwa konsep atomDemocritus sesuai dengan Hukum Kekekalan Massa(berbunyi: massa zat sebelum dan setelah reaksi sama)dan Hukum Perbandingan Tetap (berbunyi: perbandinganmassa unsur-unsur dalam suatu senyawa yakni tetap dantertentu), maka John Dalton tahun 1803 merumuskan teori atom sebagai berikut.
a.       Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yangdisebut atom.
b.      Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dansejenis).
c.       Atom suatu unsur tidak sanggup diubah menjadi atom unsurlain.
d.      Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih denganperbandingan tetap dan tertentu.
e.       Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atomyang bereaksi. Reaksi kimia terjadi alasannya yakni pemisahanatom-atom dalam senyawa untuk kemudian bergabung kembali membentuk senyawa gres (Harnato, 2009:3)

B.       Teori Atom Thomson

Setelah tahun 1897 Joseph John Thomson berhasilmembuktikan dengan tabung sinar katode bahwa sinarkatode yakni berkas partikel yang bermuatan negatif(berkas elektron) yang ada pada setiap bahan maka tahun1898 J.J.Thomson menciptakan suatu teori atom. MenurutThomson, atom berbentuk bundar di mana muatan listrikpositif yang tersebar merata dalam atom dinetralkan olehelektron-elektron yang berada di antara muatan positif.Elektron-elektron dalam atom diumpamakan mirip butirankismis dalam roti, maka Teori Atom Thomson juga seringdikenal Teori Atom Roti Kismis (harnanto, 2009:4)

C.      Teori Atom Rutherford

Pada tahun 1903 Philipp Lenard melalui percobaannyamembuktikan bahwa teori atom Thomson yang menyatakanbahwa elektron tersebar merata dalam muatan positif  atomadalah tidak benar. Hal ini mendorong Ernest Rutherford(1911) tertarik melanjutkan eksperimen Lenard. Denganbantuan kedua muridnya Hans Geiger dan Ernest Marsden,Rutherford melaksanakan percobaan dengan hamburan sinar α. Partikel  bermuatan positif α.Berdasarkan percobaan tersebut disimpulkan bahwa:
a.       Sebagian besar ruang dalam atom yakni ruang hampa, partikel  diteruskan.
b.     Di dalam atom terdapat suatu bab yang sangat kecil dan padat yang disebut inti atom, partikel  dipantulkan kembali oleh inti atom (panah b).
c.      Muatan inti atom dan partikel homogen yaitu positif; sebagian kecil partikel dibelokkan.
Kelemahan teori atom Rutherford:
a.   Tidak sanggup menjelaskan bahwa atom bersifatstabil.Teori atom Rutherford bertentangandengan Hukum Fisika Maxwell. Jika partikel bermuatan negatif (elektron) bergerak mengelilingi partikel bermuatan berlawanan (inti atom bermuatan positif), maka akan mengalami percepatan dan memancarkan energi berupa gelombang elektromagnetik. Akibatnya energi elektron semakin berkurang. Jika demikian halnya maka lintasan elektron akan berupa spiral. Pada suatu dikala elektron tidak bisa mengimbangi gaya tarik inti dan jadinya elektron jatuh ke inti. Sehingga atom tidak stabil padahal kenyataannya atom stabil.
b. Tidak sanggup menjelaskan bahwa spektrum atom hidrogen berupa spektrum garis (diskrit/diskontinu). Jika elektron berputar mengelilingi inti atom sambil memancarkan energi, maka lintasannya berbentuk spiral. Ini berarti spektrum gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berupa spektrum pita (kontinu) padahal kenyataannya dengan spektrometer atom hidrogen menunjukkan spektrum garis (Harnanto, 2009:5-6).



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Docx) Uraian Bahan Perkembangan Teori Atom"

Post a Comment