Ebook Kimia Dan Keguruan Update 2018.Pdf

EBOOK KIMIA&PENDIDIKAN.PDF


Berikut ada beberapa referensi-referensi buku elektronik (ebook) berbahasa Indonesia mengenai kimia, pendidikan termasuk juga untuk mahasiswa(i) PPL, guru / tenaga pendidik, juga adik-adik SMA/MA dan SMK.

  • Buku Perkembangan Kurikulum Sekolah Menengah Atas di Indonesia Edisi oleh Dr. Hermana Somantrie, Ma. 

 Sedikit pengantar wacana buku ini

       Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Penulis telah menuntaskan naskah buku PERKEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA [Suatu Perspektif Historis Dari Masa Ke Masa]. Penulisan buku ini bertujuan untuk memperlihatkan gambaran perkembangan kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) dari masa ke masa semenjak masa kolonial hingga dengan masa kemerdekaan. Penulisan buku ini bertujuan untuk mengungkap kembali “the lost generation of curriculum”, yaitu generasi-generasi Kurikulum Sekolah Menengan Atas yang hampir hilang dari ingatan masyarakat Indonesia masa kini. Padahal kurikulum tersebut pernah memperlihatkan kontribusi dalam penyiapan sumber daya insan Indonesia sesuai dengan kebutuhannya pada setiap masa yang berbeda.
         Pentingnya penelusuran terhadap kurikulum yang pernah berlaku yaitu, pada dasarnya, setiap generasi kurikulum pasti memuat banyak sekali gagasan atau pemikiran yang brilian pada zamannya dalam rangka membentuk penerima didik sesuai dengan tujuan pendidikan di zaman tersebut. Pemikiran tersebut perlu dipahami oleh masyarakat secara mendalam untuk menjawab pertanyaan, mengapa kurikulum selalu berubah-ubah?
     Menelusuri kembali dokumen kurikulum terutama pada masa kolonial dan masa awal kemerdekaan merupakan suatu upaya yang harus disertai dengan kesabaran, lantaran pada kenyataannya dokumen tersebut sudah sangat sulit ditemukan. Meskipun ada yang tersisa, namun dokumen tersebut sudah tidak lengkap lagi isinya, sehingga sulit untuk dianalisis dan ditafsirkan. Kepada semua pihak yang memberi terusan dan dukungan dalam rangka pencarian banyak sekali dokumen, Penulis mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga, lantaran atas bantuanya tersebut buku ini sanggup diwujudkan. Ucapan terima kasih secara khusus disampaikan kepada Bapak Drs. Mohammad Sholeh yang telah memperlihatkan banyak masukkan konstruktif bagi penyempurnaan draf buku ini sebelum diterbitkan secara luas.

  • Buku Kimia Analitik I oleh Dr Ibnu Khaldun M.Si


           Kimia analitik intinya menyangkut penentuan komposisi kimiawi suatu materi. Dahulu hal tersebut ialah tujuan utama spesialis kimia analitik. Tetapi dalam kimia analitik modern aspek‐aspeknya juga mencakup identifikasi suatu zat, elusidasi struktur dan analisis kuantitatif komposisinya. Tugas yang sulit bagi spesialis kimia analitik ialah membuktikan apakah sesungguhnya kimia analitik itu? Ini ialah suatu cabang ilmu pengetahuan di mana banyak pekerja‐pekerja di bidang penelitian telah turut berperanan dalam pengembangannya. Misalkan, metode kromatografi telah ditemukan oleh seorang biokimiawan, atau seorang ilmuwan di bidang biologi, sedangkan metode ibarat resonansi magnetik inti atau nuclear magnetic resonance (NMR) dan spektroskopi massa, fisikawanlah yang pertama kali mengembangkannya. Suatu pengamatan pada sejumlah publikasi hasil penelitian di majalah‐majalah ilmiah memperlihatkan bahwa 60% dari naskah‐naskah yang berafiliasi dengan kimia analitik dihasilkan oleh mereka yang sebetulnya bukan seorang ilmuwan di bidang tersebut. Ternyata banyak ilmuwan peneliti yang menggunakan teknik-teknik analisis baik di bidang kimia anorganik, kimia organik ataupun biokimia berkeberatan menyebut dirinya sebagai seorang kimiawan di bidang analitik dengan banyak sekali alasan. Satu dari alasan utama penolakan ini ialah gambaran usang seorang kimiawan yang nampak selalu mengikuti resep‐resep masakannya dengan kaku dalam penelaahan metode analisisnya; ibarat yang masih dipraktekkan dalam analisis bahan‐bahan farmasi dengan menggunakan spesifikasi ISI atau BP. Masalah selanjutnya ialah penerapan secara luas analisis berair yang terutama menyangkut metode gravimetri dan volumetri. Metode analisis yang dilaksanakan puluhan tahun yang kemudian didominasi oleh metode analisis klasik. Untunglah dengan inovasi metode analisis modern yang terutama mencakup instrumen, metode klasik tersebut mulai ditinggalkan. Meskipun demikian tidaklah berarti bahwa metode klasik ini terhapuskan begitu saja dengan pengembangan metode‐metode analisis yang lebih baru, lantaran metode‐metode gres ini mempunyai jangkauan terbatas, misalkan saja metode gres tidak sanggup dipakai bila zat yang dianalisis terdapat dalam konsentrasi yang sangat besar dan dipihak lain metode analisis klasik masih diharapkan untuk menstandarisasi metode‐metode baru. Suatu kecenderungan yang salah ialah anggapan bahwa metode‐metode analisis instrumental hanya memperlihatkan arti pada dilema peralatannya, lantaran metode analisis klasikpun mempergunakan instrumentasi ibarat buret, pipet atau neraca. Yang dimaksud dengan metode analisis modern ialah mereka yang sanggup mengkatagorikan analisis cepat, sederhana dan dengan sensitivitas tinggi.

  • Buku Psikologi Islami oleh Saktiyono B. Purwoko, S.Psi

           Buku edisi kedua ini merupakan revisi dan pengembangan dari skripsi yang berjudul “Suatu Tinjauan Pemikiran An-Nabhani Tentang Kepribadian”, yang telah di sahkan pada bulan Mei 2007 di Fakultas Psikologi UNISBA. Tujuan penulisan tersebut untuk mendeskripsikan pemikiran Taqiyuddin An-Nabhani wacana kepribadian, dalam upaya menempatkannya sebagai kajian ilmiah di psikologi Islami. Yaitu, tetapkan proposisi-proposisi berkaitan dengan sikap manusia. Rancangan penelitian yang dipakai bersifat deskriptif dengan menggunakan taktik penelitian studi perpustakaan. Meskipun demikian, dalam buku ini sudah ditambahkan penelitian psikologi Islami yang menggunakan konsepsi-konsepsi dari Taqiyuddin An-Nabhani.
            Penelitian tersebut bahkan sudah ada / dilakukan oleh Amalia Roza Brillianty, M.Si sebelum skripsi penulis final disusun. Dalam hal ini, penulis sangat berterima kasih pada Amalia Roza Brillianty, M.Si yang telah mengizinkan penulis untuk memaparkan hasil penelitiannya di buku ini. Taqiyuddin An-Nabhani merupakan seorang ulama dan pemikir muslim yang hidup dalam rentang waktu 1914 M - 1977 M.
            Pemikirannya bersifat asli yang merujuk pada al-Quran dan al-Hadits, mempunyai uraian wacana hakekat / konsep insan yang unik, menjelaskan sikap insan secara umum, menjelaskan sikap spesifik insan pada basis kultur dimana insan itu hidup, menjelaskan sikap insan yang berdimensi vertikal (ketuhanan), hampir seluruh konsepsi-konsepsi yang dipakai dalam menjelaskan sikap insan mempunyai definisi / penjelasan, serta sudah diterapkan di lebih dari 40 negara dan berhasil mencetak kepribadian Islam pada individu-individu, yaitu terbentuknya ‘aqliyyah Islam dan nafsiyyah Islam.

  • Buku Kimia Analisa Instrumen oleh Ni Ketut Sari

        Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis sanggup menuntaskan buku dengan judul “Analisa Instrumentasi ” . Bahan yang disajikan di dalam buku ini penulis susun sebagai upaya memperkenalkan Analisa Instrumentasi yang sanggup dipergunakan sebagai contoh bagi para mahasiswa dan peneliti yang mempelajari bidang Analisa Instrumentasi.
         Dalam buku ini dibahas wacana Spektrofotometer Serapan Atom, Spektrofotometer Inframerah, Kromatografi Gas, Bomb Kalorimeter, Monosorb, Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Selama penyusunan buku ini penulis menyadari masih jauh dari sempurna, oleh balasannya penulis mengharap adanya kritik dan saran demi penyempurnaan buku ini. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang dengan prakarsanya memacu minat penulis untuk menyusun buku ini.
         Ucapan terima kasih penulis tujukan pula kepada semua pihak yang telah membantu mulai dari awal persiapan hingga terlaksananya penerbitan buku ini. Semoga apa yang tertuang dalam buku ini sanggup menjadi pegangan bagi mahasiswa atau peneliti yang mempelajari bidang Analisa Instrumentasi.

  • Buku Micro Teaching oleh Dr. Hj. Helmiati, M.Ag

          Pembelajaran ialah inti dari acara pendidikan. Proses mencar ilmu mengajar, yang ketika ini lebih dikenal dengan istilah pembelajaran, menjadi salah satu aspek utama penentu kualitas pendidikan. Oleh lantaran itu pemecahan dilema rendahnya kualitas pendidikan harus difokuskan pada kualitas pembelajaran. Dalam konteks ini, guru mempunyai tugas yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai informator (sumber informasi), organisator (pengelola kegiatan mengajar), motivator (pemberi dorongan kepada penerima didik), director (pengarah kegiatan mencar ilmu penerima didik), inisiator (pencetus ide-ide dalam proses pembelajaran), transmitter (penyebar budi pendidikan), fasilitator (memberi fasilitas dalam belajar), perantara (penengah dalam kegiatan pembelajaran), dan evaluator (penilai hasil mencar ilmu penerima didik). Untuk itu dibutuhkan profesionalitas seorang guru.
       Pada umumnya guru tidak dilahirkan tetapi dibuat terlebih dahulu melalui proses pembelajaran dan latihan. Pembelajaran mikro atau yang lebih dikenal dengan micro teaching merupakan suatu
teknik atau metode latihan yang dirancang untuk pengembangan keterampilan mengajar calon guru/ guru. Pengajaran mikro sangat mempunyai kegunaan dalam praktek keguruan, tidak saja dalam acara preservice tapi juga dalam acara in service, dimana diselenggarakan dalam rangka memacu profesionalitas guru/calon guru.
    Micro teaching merupakan salah satu mata kuliah wajib di setiap fakultas pendidikan dan keguruan, baik yang berada di perguruan tinggi tinggi umum maupun perguruan tinggi tinggi agama yang mempunyai fakultas pendidikan. Hal ini meniscayakan adanya buku panduan yang menjelaskan secara rinci wacana micro teaching. Untuk itu, buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa fakultas pendidikan (tarbiyah) dan keguruan dan dosen pengampu mata kuliah Micro teaching. Selain itu, sanggup juga dipedomani untuk acara micro teaching yang bertujuan untuk peningkatan profesionalitas guru dalam jabatan.
        Kehadiran buku ini tidak terlepas dari pinjaman dan dukungan dari banyak sekali pihak. Untuk itu penulis ucapkan terima kasih, terutama kepada guru-guru penerima Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), para mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau,) yang telah menjadi sumber ide bagi penulis untuk menyusun buku ini. Teman-teman para dosen di lingkungan FTK yang tak sanggup penulis sebutkan namanya satu-persatu di sini, yang telah merangsang ketajaman berpikr dan analisis penulis untuk kajian pendidikan dan keguruan.
        Penghargaan yang tak terhingga, penulis persembahkan buat ayahanda H. Syaichoni, ibunda Hj. Yusnidar, suami tercinta Ir. H. Kaharuddin, M.Si, ananda Intan Septia Latifah dan Berlian Adellia, adinda semua Lutfi, Een, Meli, Ilas, Ipit, dan Ade. Kasih, kesabaran, perhatian dan dukungan mereka menciptakan hari-hari pengembaraan intelektual dan dedikasi penulis di dunia pendidikan menjadi lebih nyaman dilalui. Akhirnya hanya kepada Allah semata daerah bermohon biar amal baik mereka diterima dan dilipatgandakan pahalanya, dan biar buku ini bermanfaat bagi
pembaca.

  • Buku Kimia Dasar untuk Fisika oleh Sudarlin M.Si

        Fisika, biologi, kimia, astronomi, dan geologi dikenal sebagai ilmu sains, yaitu ilmu yang mencar ilmu wacana materi alam. Entah, itu materi hidup atau materi mati. Bedanya hanya sedikit. Fisika ialah ilmu yang mempelajari materi fisik dan perilakunya. Biologi ialah ilmu yang mempelajari materi hidup dan prosesnya. Kimia ialah ilmu yang mempelajari sifat dan perubahan materi fisik dan materi hidup. Astronomi ialah ilmu yang mempelajari materi di ruang angkasa dan fenomenanya. Geologi ialah ilmu yang mempelajari materi di bumi dan strukturnya.
     Andai ilmuwan zaman klasik ada pada zaman ini, mungkin mereka akan resah harus diposisikan pada bidang ilmu yang mana lantaran mereka merasa telah mempelajari semuanya. Ilmuwan filsafat sains Yunani ibarat Pythagoras, Demokritos, Plato, Aristoteles, dll dikenal sebagai orang yang jago dalam banyak sekali bidang. Demikian halnya dengan ilmuwan sains dari Arab juga dikenal sebagai orang yang jago dalam banyak sekali bidang. Al-Khindi ilmuwan yang hidup pada kurun ke-9 dikenal sebagai jago fisika, kimia, matematika, geografi, farmasi, dan kedokteran. Ibnu Sina spesialis kedokteran juga dikenal sebagai jago farmasi, dan psikologi.
   Oleh lantaran itu, seseorang yang menggeluti bidang sains tertentu dituntut pula mempunyai pemahaman pada bidang sains lainya, khusus konsep yang terkait eksklusif dengan bidangnya. Saintis biologi yang mempelajari proses respirasi perlu juga memahami bagaimana darah sanggup mengikat oksigen. Demikian halnnya, saintis fisika yang mencar ilmu wacana listrik perlu juga memahami bagaimanamateri sanggup menghasilkan listrik, misal melalui reaksi redoks.
     Harapannya, pemahaman secara komprehensif tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam memahami konsep sains. Buku ini diharapkan menjadi salah satu alat yang membantu mahasiswa memahami keterkaitan antara fisika dan kimia. Mudah-mudahan buku ini sanggup membantu mahasiswa fisika dalam memahami konsep kimia yang terkait dengan bidang ilmunya.

  • Buku Biokimia oleh Retno Sri Iswati dan Ari Yuniastuti

  • Buku Metodologi Penelitian oleh W. Gulo

  • Buku Kimia Anorganik Logam oleh Kristian H.Sugiyanto dan Retno D. Suyanti

  • Buku Kimia Anorganik Zat Padat
Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memperlihatkan karunia terbesar al Alquran kepada penulis dan kita semua, segala bimbingan, kekuatan, dan berharap juga senantiasa memperlihatkan ampunan atas segala kekurangan penulis dalam memuji dan menghamba kepada-Nya serta mensyukuri semua nikmat-Nya. Shalawat dan salam biar senantiasa tercurah kepada Muhammad, nabi dan utusan-Nya, dengan ijin-Nya yang telah memperlihatkan pengarahan kepada kita semua melalui perjalanan hidup, perkataan, dan perbuatannya, wacana bagaimana mencar ilmu dan menjalani ayat-ayat-Nya.
Secara kajian substansi (zat), Kimia Anorganik merupakan Ilmu Kimia yang paling luas ruang lingkupnya. Dapat dikatakan bahwa semua bidang keilmuan eksakta dan rekayasa yang mempunyai kepentingan zat secara eksklusif maupun tidak eksklusif tidak terlepas dari cabang ilmu kimia ini. Lebih dari 99% kandungan planet yang kita huni ialah zat anorganik, hanya kurang dari 1% ialah zat organik.
Kulit bumi yang hanya sekitar 0,5%-nya dari keseluruhan massa bumi, sementara yang kita katakan sebagai tanah hanya mempunyai kedalaman sekitar 2 meter pada lapisan kulit bumi yang mempunyai kedalaman 200 meter. Kandungan tanah dimana kita katakan sebagai daerah hidup, 95%-nya ialah zat anorganik. Dari kandungan kulit bumilah insan sanggup menemukan dan menyusun nama-nama unsur dan sifat periodiknya yang kemudian disajikan dalam bentuk Sistem/Tabel Periodik Unsur. Dari semua unsur yang ada dalam tabel periodik, 90%-nya ialah unsur-unsurnya berwujud padatan. Unsur-unsur berwujud padat ini sanggup ditemukan sebagai bentuk senyawanya dengan unsur-unsur non padatan dan lagi-lagi senyawanya itu berbentuk padatan pula.
Penulis berusaha menyajikan materi kuliah Kimia Zat Padat dalam di bawah mata kuliah Kimia Anorganik III ini dalam bentuk Buku Daras yang diharapkan sanggup memperlihatkan pemahaman fundamental dan komprehensif wacana semua aspek yang terkait Kimia Zat Padat Anorganik. Penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam isi dan cara penyajiannya, dengan demikian penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan penyajian dan kelengkapan isi Buku Daras ini dari para mahasiswa yang memakainya, juga dari kalangan dosen, dan semua pihak yang berkepentingan bagi kemajuan pendidikan dan pengajaran Kimia Anorganik Zat Padat, khususnya di kalangan internal Jurusan Kimia UIN SGD, umumnya dunia pendidikan.
Akhirnya penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada pihak universitas atas pendanaan penyusunan buku daras ini, dan kepada semua pihak yang mempunyai kontribusi secarafinansial, inspirasi, dan isi dari buku ini. Atas segala kontribusinya mudah-mudahan dibalas oleh Allah swt sebagai amal baik dan menjadi amal jariyah, amin.

  • Buku Kimia Organik Farmasi Oleh Wardiyah

  • Buku Dasar-Dasar Kimia Anorganik Transisi oleh Kristian H.Sugiyanto dan Retno D. Suyanti

  • Buku Pengantar Kimia oleh Yashito Takeuchi diterjemahkan oleh Ismunandar

  • Buku Kimia Lingkungan

  • Buku Kimia Tanah

  • Buku Kimia Organik Fisik

  • Buku Kimia Keselamatan dan Keamanan

  • Laboratorium Kimia

  • Buku Spektroskopi untuk Kuliah

  • Buku Strategi Pembelajaran Kimia oleh Retno Dwi Suyanti

  • Buku Kimia Organik untuk Farmasi oleh STEFANUS LAYLI PRASOJO, S.,Farm., Apt.

  • Buku Kimia Analitik untuk SMK

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ebook Kimia Dan Keguruan Update 2018.Pdf"

Post a Comment