[Pdf] Jurnal Lantanida Laboratorium Sebagai Sarana Pembelelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Kerja Ilmiah

Lantanida Journal, Vol. 5 No. 1, 2017

LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KERJA ILMIAH

lantanida jurnal

Amna Emda

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract


      Laboratory is one of the tool that is used to learn chemistry. In learning we expected that students not only know, but also understand the subject very well. Knowledge about theory that is scientific can be proved by doing some experiments in the laboratory. With the existence of the laboratory, students will understand more about the subject by doing scientific works. Therefore students will have a good grip on the scientific work’s step and their knowledge will last longer.

Keywords: Laboratorium, Knowledge and Scientific process.

PENDAHULUAN

       Dewasa ini mencar ilmu berpusat pada akseptor didik (student centered) yang dijadikan pendekatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yakni suatu kombinasi yang tersusun mencakup unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan mekanisme yang saling mensugesti dalam mencapai tujuan pembelajaran.

      Pembelajaran pada hakekatnya yakni proses interaksi antara akseptor didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan ingkah laris keaarah yang lebih baik. Banyak faktor yang mensugesti proses pembelajaran, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Tugas pendidik yang paling utama yakni mengkondisikan lingkungan supaya menunjang terjadinya perubahan sikap bagi akseptor didik.

      Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi yang dimiliki oleh akseptor didik. Harapannya supaya akseptor didik mempunyai kompetensi melalui upaya menumbuhkan serta membuatkan sikap/attitude, pengetahuan/knowledge, keterampilan/skill. Kualitas yang harus terealisasikan antara lain kreativitas, kemandirian, kerjasama, solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hidup akseptor didik guna membentuk tabiat serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa.
        Salah satu cara untuk memberdayakan potensi akseptor didik yakni menyediakan laboratorium. Laboratorium diperlukan sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan kertrampilan akseptor didik dalam acara pembelajaran IPA atau sains. Laboratorium merupakan salah satu prasarana pembelajaran yang sanggup dipakai sebagai daerah untuk melatih akseptor dalam memahami konsep-konsep dan meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan percobaan ilmiah.
         Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran di bidang IPA atau sains khususnya kimia yakni suatu yang sangat penting. Laboratorium merupakan wadah untuk menerangkan sesuatu yang harus dilakukan melalui suatu percobaan. Peserta didik sanggup melaksanakan percobaan untuk menerangkan teori-teori ilmiah yang diperolehnya dalam pembelajaran.
       Dalam pendidikan sains acara laboratorium merupakan bab integral dari acara mencar ilmu mengajar, khususnya kimia. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya peranan acara laboratorium untuk mencapai tujuan pendidikan. Kegiatan di laboratorium memperlihatkan kemudahan bagi akseptor dalam memahami apa yang mereka pelajari materi melalui pendekatan kerja ilmiah.
Kimia merupakan salah satu bidang studi sains yang dikembangkan menurut eksperimen yang mencari tanggapan atas pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana gejala-gejala alam, khususnya yang berkaitan dengan komposisi, struktur, transformasi, dinamika dan energinetika zat yang melibatkan kebijaksanaan sehat dan ketrampilan.
        Ilmu kimia merupakan rumpun IPA yang pada hakikatnya sanggup dipandang sebagai proses dan produk. Kimia sebagai proses mencakup ketrampilan dan sikap yang dimiliki oleh ilmuwan untuk memperoleh dan membuatkan pengetahuan. Kimia sebagai produk mencakup sekumpulan pengetahuan yang terdiri dari fakta, konsep, dan prinsip kimia.

(Untuk mendownload versi lengkap jurnal lantanida prodi pendidikan kimia uin ar-raniry klik link ini)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Pdf] Jurnal Lantanida Laboratorium Sebagai Sarana Pembelelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Kerja Ilmiah"

Post a Comment