Prosiding Seminar Pendidikan Kimia Wacana Lingkungan Sehat, Masakan Tepat, Bebas Dari Zat Berbahaya

Prosiding Seminar Pendidikan Kimia wacana Lingkungan Sehat, Makanan Tepat, Bebas dari zat Berbahaya

prosiding seminar
         Seminar Kesehatan dan Lingkungan dengan tema Lingkungan Sehat, Makanan Tepat, Bebas dari Zat Berbahaya merupakan sebuah seminar pertama dari lima seminar yang diselenggaran oleh tim UKM (unit acara mahasiswa) prodi studi pendidikan kimia fakultas tarbiyah dan keguruan universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh pada tanggal 18 Oktober 2017. Seminar Kesehatan dan Lingkungan ini merupakan suatu karya oleh mahasiswa-mahasiswi prodi pendidikan dengan tujuan supaya mendapat banyak sekali informasi dan pengetahuan juga menunjukkan donasi dalam bidang kesehatan dan lingkungan untuk peningkatan kesejahtaraan masyarakat dalam hal kesehatan serta lingkungan yang bebas dari sampah serta zat-zat kimia pencemar lainnya.
          Prosiding ini disusun sebagai kiprah simpulan pada mata kuliah seminar kimia yang dibimbing oleh bapak Dr. Azhar Amsal, M.Pd selaku dosen pengempu. Seminar diikuti oleh penerima baik seluruh mahasiswa pendidikan kimia UIN Ar-Raniry maupun mahasiswa universitas lain dan para dosen. Seminar kesehatan dan lingkungan ini menghadirkan dua pemateri andal dan pakar di bidangnya yaitu Bapak Syahril, SKM, M.Kes sebagai mantan BPOM yang kini menjabat sebagai seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga di dinas kesehatan kota Banda Aceh, ia juga sebagai dosen di fakultas kesehatan masyarakat di universitas serambi mekkah Banda Aceh, ia menunjukkan data-data dan statistik bagaimana kesehatan lingkungan di sekitar Banda Aceh dan sekitarnya, termasuk di banyak sekali warung-warung nasi dan toko camilan elok yang berjualan di area Banda Aceh, sedangkan pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Ir. Rama Herawati, MP sebagai duta sampah (juga sebagai penggerak lingkungan), ia juga seorang dosen di fakultas pertanian universitas syiah kuala (unsyiah), ia juga menjalin kerjasama dengan banyak sekali organisasi dan perdesaan sehingga dengan kerjasama yang baik bisa menciptakan bank sampah gampong (BUMG = bank perjuangan milik gampong) di Blangkueng bersama dengan pimpinan gampong Bpk. Teuku Badlisyah, M.Pd yang juga menjabat sebagai dosen pendidikan kimia universitas islam negeri Ar-raniry. Beliau juga memberikan banyak sekali data dan fakta-fakta berupa dokumentasi wacana problema-problema sampah di Banda Aceh. Beliau juga sebagai inisiator pendiri dari organisasi zero waste aceh dengan motto "menuju kota banda aceh bebas sampah".

REKOMENDASI SEMINAR KESEHATAN DAN LINGKUNGAN

Rekomendasi hasil seminar kesehatan dan lingkungan pada tanggal 18 Oktober 2017 ialah sebagai berikut:

1. Adanya tindakan pribadi dari setiap individu dalam mengatasi sampah di lingkungan dan pengontrolan terhadap kuliner kita sendiri.
2. Melakukan pengelolaan terhadap sampah organik dan sampah anorganik.
3. Pemantauan terhadap air, alasannya ialah air yang bermasalah akan berdampak pada pangan yang tidak sehat.
4. Kegiatan sosialisasi kesehatan, kebersihan lingkungan terus dilakukan sehingga masyarakat sanggup mengetahui kuliner yang baik dan layak dikonsumsidan lingkungan sehat serta layak ditinggali.
5. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi kuliner bergizi, bersih yang tidak bertentangan dengan agama dan budaya masyarakat.
6. Mengurangi konsumsi kuliner instan/siap saji hal ini alasannya ialah kita tidakmengetahui pengolahan kuliner instan tersebut terhadap keberssihan dan keamanannya.
7. Pembinaan terhadap TPM (tempat pengolahan makanan) sehingga makana yang diproduksi tidak menyebabkan banyak sekali penyakit yang sanggup merugikan masyarakat.
8. Memasak sendiri kuliner yang akan kita konsumsi, dengan demikian materi baku, peralatan sanggup kita jaga sendiri kebersihan dan keamanannya.
9. Melakukan gerakan penanaman pohon.
10. Melakukan acara penanaman sayur sendiri di sekitar rumah, memakai pupuk alami hasil pengolahan sampah kita sendiri, mengingat banyak sayur yang jual tapi tidak layak di konsumsi.
11. Pemeriksaan terhadap kuliner baik dari ciri fisiknya maupun kimianya.
12. Mencari informasi terhadap zat berbahaya ibarat kuliner yang mengandung formalin, pewarna kuliner tidak alamin ibarat rhodamin b mengingat zat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.

Prosiding Seminar Kesehatan dan Lingkungan
Dalam Rangka Tugas Akhir Mata Kuliah Seminar Kimia
Pemateri :
1. Ibu Ir. Rama Herawati, MP.
2. Bapak Syahril, SKM, M.Kes
3. Rafi Mariska
4. Khairan Navira
Dosen Pembimbing : Dr. Azhar Amsal, M.Pd
Struktur Kepanitiaan :
Katua : Muliono Saragih
Sekretaris : Dedi Mastur
Bendahara : M. Aziz Al Ghifary
MC : Sajida Maulina
Moderator : Rumaisa
Perumus : Nora Lisma dan Rizvita
Anggota : Seluruh Mahasiswa/i unit 01 Leting 2014 Pendidikan Kimia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Editor : Gusti Rahman
Diterbitkan Oleh : Prodi Pendidikan Kimia, FTK UIN Ar-Raniry
Jln. Syekh Abdul Rauf, Darussalam Banda Aceh.
Telp. 0852-6075-9874

Buku ini diterbitkan sebagai Prosiding Seminar Kesehatan dan Lingkungan yang diselenggarakan di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry pada tanggal 18 Oktober 2017
Berikut pola dan prosiding resmi dari panitia pelaksana dalam format pdf, semoga dengan prosiding bisa menciptakan pembaca lebih peduli terhadap kesehatan lingkungan, kesehatan pribadi dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk berlangganan blog ini untuk mendapakan update ilmu / pengetahuan di hidangan subbit via email.
Prosiding Seminar Kesehatan dan Lingkungan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prosiding Seminar Pendidikan Kimia Wacana Lingkungan Sehat, Masakan Tepat, Bebas Dari Zat Berbahaya"

Post a Comment