(Docx) Rpp&Lkpd Makromolekul Kd 3.11 K-13 Revisi
Tuesday, April 17, 2018
Laporan praktikum,
Materi Kimia SMA,
media pembelajaran kimia SMA/MA,
Perangkat Pembelajaran SMA
Edit
RPP dan LKPD Makromolekul KD 3.11 K-13 revisi
Berikut pola rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) KD 3.11 Struktur, Tata Nama, sifat, penggunaan dan penggolongan makromolekul atau lebih tepatnya dikenal dengan materi makromolekul termasuk uji analisis kualitatif protein, karbohidrat dan lemak. Di dalam RPP k-13 ini ada beberapa pembagian indikator di antaranya ialah :
· Mengamati objek (atau gambarnya) yang mengandung polimer, misalnya: tali-tali plastik, paralon, teflon, daerah minum dan makanan dari stirofom, karpet dari polimer orlon, lensa kacamata dari fleksiglas dan fiting lampu dari bakelit.
· Menjelaskan proses bagaimana beberapa jenis molekul sanggup bergabung menghasilkan suatu makromolekul.
· Menjelaskan hukum IUPAC untuk memberi nama polimer
· Menganalisis pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.
· Menganalisis nama monomer, jenis polimerisasinya, nama polimer yang terbentuk, sifat dan kegunaannya dalam kehidupan.
· Menganalisis dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara pembuatan dan penanggulangannya
· Menjelaskan struktur dan tata nama karbohidrat dan protein
· Menjelaskan sifat dan kegunaan karbohidrat dan protein.
· Menjelaskan struktur lemak dan reaksi yang sanggup dialami lemak.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN 2 PIDIE
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII/ Dua
Materi Pokok : Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan makromolekul
Alokasi Waktu : 16 JP (16 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
· KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul | · Mengamati objek (atau gambarnya) yang mengandung polimer, misalnya: tali-tali plastik, paralon, teflon, daerah minum dan makanan dari stirofom, karpet dari polimer orlon, lensa kacamata dari fleksiglas dan fiting lampu dari bakelit. · Menjelaskan proses bagaimana beberapa jenis molekul sanggup bergabung menghasilkan suatu makromolekul. · Menjelaskan hukum IUPAC untuk memberi nama polimer · Menganalisis pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. · Menganalisis nama monomer, jenis polimerisasinya, nama polimer yang terbentuk, sifat dan kegunaannya dalam kehidupan. · Menganalisis dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara pembuatan dan penanggulangannya · Menjelaskan struktur dan tata nama karbohidrat dan protein · Menjelaskan sifat dan kegunaan karbohidrat dan protein. · Menjelaskan struktur lemak dan reaksi yang sanggup dialami lemak |
2. | 4.11 Menganalisis hasil penelusuran informasi mengenai pembuatan dan dampak suatu produk dari makromolekul | · Melakukan percobaan uji glukosa, selulosa, amilum dan uji protein dan melaporkan hasil percobaan · Menyajikan percobaan uji glukosa, selulosa, amilum dan uji protein dengan melaporkan hasil percobaan. · Menyajikan kegunaan lemak dan minyak serta imbas lemak bagi kesehatan manusia. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik memakai metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab, penerima didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian dari makromolekul (asam amino, protein, karbohidrat, dan lemak)
2. Menjelaskan jenis polimer, reaksi pembentukan polimerisasi, sifat dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menjelaskan dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara pembuatan dan penanggulangannya
4. Menjelaskan struktur dan tata nama karbohidrat dan protein
5. Menjelaskan reaksi identifikasi protein dan karbohidrat (uji kualitatif protein metode biuret dan kelarutannya serta uji kualitatif polisakarida metode iodine)
6. Menjelaskan struktur lemak dan reaksi yang sanggup dialami lemak.
D. Materi Pembelajaran (Terlampir)
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik diperlukan dapat:
1. Mengamati objek (atau gambarnya) yang mengandung polimer, misalnya: tali-tali plastik, paralon, teflon, daerah minum dan makanan dari stirofom, karpet dari polimer orlon, lensa kacamata dari fleksiglas dan fiting lampu dari bakelit.
2. Menjelaskan proses bagaimana beberapa jenis molekul sanggup bergabung menghasilkan suatu makromolekul.
3. Menjelaskan hukum IUPAC untuk memberi nama polimer
4. Menganalisis reaksi pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.
5. Menganalisis nama monomer, jenis polimerisasinya, nama polimer yang terbentuk, sifat dan kegunaannya dalam kehidupan.
6. Menganalisis dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya
7. Menjelaskan struktur dan tata nama karbohidrat dan protein
8. Menjelaskan sifat dan kegunaan karbohidrat dan protein.
9. Menjelaskan struktur lemak dan reaksi yang sanggup dialami lemak
10. Melakukan percobaan uji glukosa, selulosa, amilum dan uji protein dan melaporkan hasil percobaan.
11. Menyajikan percobaan uji glukosa, selulosa, amilum dan uji protein dengan melaporkan hasil percobaan.
12. Menyajikan kegunaan lemak dan minyak serta imbas lemak bagi kesehatan manusia.
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (4x45 menit / 4 JP)
Indikator 1-5 (4 JP)
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | |
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | ||
Pendahuluan: | |||
Persiapan | Orientasi : 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. | Menjawab salam guru Siswa berdoa | ±10 menit |
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Apersepsi : Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman penerima didik wacana materi prasyarat yang berkaitan dengan materi polimer (definisi, reaksi pembentukan, penggolongan dan kegunaan). Guru menanyakan beberapa pertanyaan wacana materi yang sudah dipelajari sebelumnya, sebagai berikut: 1. Masih ingatkah kalian materi senyawa hidrokarbon? Motivasi : Siswa diberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Guru memberikan bahwa banyak sekali manfaat mempelajari materi. a. Guru memberikan tujuan pembelajaran. b. Guru memberikan rencana acara yang akan dilakukan penerima didik hari ini, ialah memberikan informasi terkait materi yang akan dipelajari. c. Dapatkah kalian memperlihatkan contoh alat rumah tangga apa yang termasuk dalam bentuk polimer? d. Dapatkah kalian menjelaskan alat rumah tangga apa yang termasuk dalam bentuk polimer? | Menjawab pertanyaan guru | |
Kegiatan Inti: | |||
Mengorganisasi siswa dalam kelompok (penomoran) | a. Membagi siswa di kelas menjadi 5 kelompok. | Membentuk kelompok | 160 menit |
b. Peserta didik mengamati materi di LKPD. | |||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | c. Peserta didik diberikan kiprah di rumah dan di sekolah untuk membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Polimer. d. Peserta didik diberikan kiprah untuk menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Polimer e. Peserta didik diberikan motivasi wacana polimer (definisi, reaksi pembentukan, penggolongan dan kegunaan). f. Guru menayangkan gambar/foto/video yang relevan di depan kelas g. Menyampaikan ringkasan materi pelajaran. | Membaca materi seputar polimer dari buku paket atau literatur lainnya termasuk internet. Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait polimer. Menyimak klarifikasi guru (mengamati) Setelah guru memberikan materi, siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti tentang ringkasan materi yang ditampilkan di infokus (menanya) | |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | h. Memantau jalannya diskusi dan memperlihatkan pengarahan (bantuan) pada siswa yang mengalami kesulitan. i. Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : | Melakukan berdiskusi kelompok. Siswa berpikir bersama untuk meyakinkan bahwa tiap anggota telah mengerti dan mengetahui tanggapan dari pertanyaan yang telah ada dalam LKPD atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. (mencoba). Siswa mengumpulkan informasi dari banyak sekali sumber untuk menuntaskan LKPD. (mengasosiasi) | |
Data collection (pengumpulan data) | l. Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: · Mengamati dengan seksama materi Polimer yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. · Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Polimer yang sedang dipelajari. · Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Polimer yang sedang dipelajari. · Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Polimer yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | Siswa mengumpulkan data melalui acara mengamati, mencari dan membaca, banyak sekali referensi, menyusun daftar pertanyaan, mengajukan pertanyaan kepada guru (mengkomunikasi) | |
Mengamati obyek/kejadian | |||
m. Mengamati dengan seksama materi Polimer yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | Beberapa siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah di pelajari. (mengkumunikasi) | ||
Data processing (pengolahan Data) | n. Mengolah informasi dari materi Polimer yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. o. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Polimer | Siswa mengerjakan tes (latihan) secara individual. (mencoba) | |
Generalization (menarik kesimpulan) | p. Menyampaikan hasil diskusi wacana materi Polimer berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. q. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi polimer. r. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Polimer dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. s. Bertanya atas presentasi wacana materi Polimer yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. t. Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi polimer. u. Menjawab pertanyaan wacana materi Polimer yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Polimer yang akan selesai dipelajari. w. Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Polimer yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | 10 menit | |
Penutup : | |||
a. Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Polimer yang gres dilakukan. b. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Polimer yang gres diselesaikan. c. Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
Pertemuan II (4x45 menit)
Indikator 6
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | |
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | ||
Pendahuluan: | |||
Persiapan | Orientasi : 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. | Menjawab salam guru Siswa berdoa | ±15 menit |
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Apersepsi : Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman penerima didik wacana materi prasyarat yang berkaitan dengan materi polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya). Guru menanyakan beberapa pertanyaan wacana materi yang sudah dipelajari sebelumnya, sebagai berikut: 1. Masih ingatkah kalian reaksi pembentukan polimer? Motivasi : Siswa diberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Guru memberikan bahwa banyak sekali manfaat mempelajari kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari. a. Guru memberikan tujuan pembelajaran. b. Guru memberikan rencana acara yang akan dilakukan penerima didik hari ini, ialah memberikan informasi terkait materi yang akan dipelajari. c. Dapatkan kalian memperlihatkan contoh alat rumah tangga apa yang termasuk dalam bentuk polimer yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari? d. Dapatkah kalian menjelaskan alat rumah tangga apa yang termasuk dalam bentuk polimer? | Menjawab pertanyaan guru | |
Kegiatan Inti: | |||
Mengorganisasi siswa dalam kelompok (penomoran) | a. Membagi siswa di kelas menjadi 5 kelompok. | Membentuk kelompok | 150 menit |
b. Peserta didik mengamati materi di LKPD. | |||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | c. Peserta didik diberikan kiprah di rumah dan di sekolah untuk membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Polimer. d. Peserta didik diberika kiprah untuk menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Polimer e. Peserta didik diberikan motivasi wacana polimer (definisi, reaksi pembentukan, penggolongan dan kegunaan). f. Guru menayangkan gambar/foto/video yang relevan di depan kelas g. Menyampaikan ringkasan materi pelajaran. | Membaca materi seputar polimer dari buku paket atau literatur lainnya termasuk internet. Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait polimer. Menyimak klarifikasi guru (mengamati) Setelah guru memberikan materi, siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti tentang ringkasan materi yang ditampilkan di infokus (menanya) | |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | h. Memantau jalannya diskusi dan memperlihatkan pengarahan (bantuan) pada siswa yang mengalami kesulitan. i. Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya : | Melakukan berdiskusi kelompok. Siswa berpikir bersama untuk meyakinkan bahwa tiap anggota telah mengerti dan mengetahui tanggapan dari pertanyaan yang telah ada dalam LKPD atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. (mencoba). Siswa mengumpulkan informasi dari banyak sekali sumber untuk menuntaskan LKPD. (mengasosiasi) | |
Data collection (pengumpulan data) | j. Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: · Mengamati dengan seksama materi Polimer yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar, video dan slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. · Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Polimer yang sedang dipelajari. · Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengamati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Polimer yang sedang dipelajari. · Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi Polimer menyerupai bagaimana cara menciptakan karung plastik? | Siswa mengumpulkan data melalui acara mengamati, mencari dan membaca, banyak sekali referensi, menyusun daftar pertanyaan, mengajukan pertanyaan kepada guru (mengkomunikasi) | |
Mengamati obyek/kejadian | |||
k. Mengamati dengan seksama materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar, video dan slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | Beberapa siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah di pelajari.(mengkomunikasi) | ||
Data processing (pengolahan Data) | l. Mengolah informasi dari materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. m. Peserta didik mengerjakan beberapa soal yang telah dibagikan oleh guru mengenai materi penggunaan polimer sintetis, cara pembuatan dan penanggulangannya. | Siswa mengerjakan tes (latihan) secara individual. (mencoba) | |
Generalization (menarik kesimpulan) | n. Menyampaikan hasil diskusi wacana materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. o. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi polimer. p. Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Polimer dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. q. Bertanya atas presentasi wacana materi Polimer yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. r. Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi polimer. s. Menjawab pertanyaan wacana materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. t. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Polimer yang akan selesai dipelajari. u. Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | 15 menit | |
Penutup : | |||
v. Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Polimer (dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya) yang gres dilakukan. w. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Polimer yang gres diselesaikan. x. Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
Pertemuan III (4x45 menit)
Indikator 7&8
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | ||
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | |||
Model Discovery | Pendahuluan: | |||
Persiapan | Orientasi : 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. | Menjawab salam guru Siswa berdoa | ±15 menit | |
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Apersepsi : Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman penerima didik wacana materi prasyarat yang berkaitan dengan materi polimer (uji polisakarida) Masih ingatkah kalian wacana dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan, cara pembuatan dan penanggulangannya? Motivasi : Siswa diberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Guru memberikan bahwa banyak sekali manfaat mempelajari struktur dan tata nama karbohidrat dan protein. 1. Guru memberikan tujuan pembelajaran. 2. Guru memberikan rencana acara yang akan dilakukan penerima didik hari ini, ialah memberikan informasi terkait materi yang akan dipelajari. 3. Dapatkan kalian memperlihatkan contoh karbohidrat jenis apa yang sanggup diidentifikasi dengan metode iodin? | Menjawab pertanyaan guru | ||
Kegiatan Inti: | ||||
Mengorganisasi siswa dalam kelompok (penomoran) | a. Membagi siswa di kelas menjadi 5 kelompok. | Membentuk kelompok | 150 menit | |
b. Peserta didik mengamati materi di LKPD. | ||||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | c. Peserta didik diberikan kiprah di rumah dan di sekolah untuk membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang bekerjasama dengan percobaan sederhana wacana percobaan sederhana wacana uji polisakarida memakai metode iodin. d. Peserta didik diberikan motivasi wacana polimer (percobaan sederhana wacana uji polisakarida memakai metode iodin) e. Guru menanyakan pertanyaan mengapa pada uji kualitatif memakai betadine terjadi perubahan warna biru keunguan pada nasi sedangkan pada susu tidak terjadi perubahan warna menjadi biru keunguan? f. Menyampaikan ringkasan materi pelajaran. | Membaca materi seputar polimer (uji polisakarida memakai metode iodin) dari buku paket atau literatur lainnya termasuk internet. Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait polimer (percobaan sederhana wacana uji polisakarida memakai metode iodin) Menyimak klarifikasi guru (mengamati) Setelah guru memberikan materi, siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti tentang ringkasan materi yang telah dijelaskan (menanya) | ||
Problem statement (identifikasi masalah) | g. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin permasalahan yang relevan dengan uji kualitatif (uji polisakarida memakai metode iodin) Peserta didik merumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah) | Siswa mengidentifikasi permasalahan sebanyak mungkin. | ||
Data collection (pengumpulan data) | h. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis | Siswa mencari banyak sekali literatur lainnya sebagai alat bantu untuk membuktika benar atau tidaknya hipotesis. | ||
i. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca banyak sekali literatur pendukung lainnya untuk mengumpulkan data wacana uji polisakarida memakai metode iodin | Siswa mengumpulkan data wacana uji polisakarida memakai metode iodin | |||
j. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengamati objek wacana uji polisakarida memakai metode iodin | Siswa mengamati objek wacana uji kualitatif polisakarida metode iodine. | |||
k. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan uji coba di dalam kelompok sendiri dengan mengikuti mekanisme kerja dan dengan bimbingan guru. | Siswa mengumpulkan data melalui percobaan sederhana dengan mengikuti mekanisme kerja dan dengan bimbingan guru. | |||
l. Guru menginstuksikan siswa untuk berdiskusi di dalam kelompok sendiri yang telah dibentuk. | Siswa berdiskusi di dalam kelompok sendiri | |||
Data Processing (pengolahan data) | m. Guru menginstruksikan siswa untuk menulis hasil pengamatan pada tabel pengamatan. | Siswa menyajikan data yang terkumpul di tabel pengamatan dalam susunan yang baik dan rapi. | ||
n. Guru menginstruksikan siswa untuk menganalisis data yang tersusun dengan baik dan rapi dengan mempertimbangkan banyak sekali acuan yang baik lainnya. | Siswa menganalisis data yang tersusun dengan mempertimbangkan banyak sekali acuan yang baik lainnya. | |||
o. Mengolah informasi dari materi polimer uji polisakarida memakai metode iodin yang sudah dikumpulkan dari hasil percobaan sederhana menjadi sebuah laporan praktikum. | Siswa mengolah data yang diperoleh dari hasil praktikum sederhana dan dari banyak sekali literatur pendukung lainnya sehingga menjadi sebuah laporan praktikum. | |||
p. Guru menginstruksikan kepada Peserta didik untuk mengerjakan beberapa soal yang telah dibagikan pada lembar kerja penerima didik oleh guru mengenai materi polimer (percobaan sederhana wacana uji polisakarida memakai metode iodin) | Siswa mengerjakan beberapa soal yang telah dibagikan di lembar kerja penerima didik. | |||
Verification (pembuktian) | q. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan investigasi secara cermat untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan. | Siswa melaksanakan investigasi secara cermat untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan | ||
r. Guru mengarahkan siswa untuk menyidik lebih cermat tanggapan di lembar kerja penerima didik. | Siswa menyidik lebih cermat tanggapan di lembar kerja penerima didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | s. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menarik kesimpulan per masing-masing kelompok menurut fakta yang telah ditemukan. | Siswa menarik kesimpulan menurut fakta yang telah ditemukan. | ||
t. Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran berupa Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi polimer (uji polisakarida memakai metode iodine) | Siswa menyimpulkan poin-poin yang muncul dalam acara diskusi baik dalam laporan hasil pengamatan. | |||
Penutup : | ||||
a. Membuat laporan praktikum sederhana wacana materi Polimer yang gres dilakukan. b. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Polimer yang gres diselesaikan. c. Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | 15 menit | |||
Pertemuan 4 (4x45 menit)
Indikator 8&9
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | |
Kegiatan Guru | Kegiatan Siswa | ||
Model Discovery | Pendahuluan: | ||
Persiapan | Orientasi : 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin 3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. | Menjawab salam guru Siswa berdoa | ±15 menit |
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Apersepsi : Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman penerima didik wacana materi prasyarat yang berkaitan dengan materi polimer (uji kualitatif protein dan kelarutan protein) Masih ingatkah kalian wacana uji kualitatif polisakarida metode iodine dan bagaimana halnya dengan struktur lemak? Motivasi : Siswa diberikan motivasi dengan cara mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Guru memberikan bahwa banyak sekali manfaat mempelajari uji kualitatif protein dan kelarutannya dan struktur lemak. a. Guru memberikan tujuan pembelajaran. b. Guru memberikan rencana acara yang akan dilakukan penerima didik hari ini, ialah memberikan informasi terkait materi yang akan dipelajari. c. Dapatkan kalian memperlihatkan contoh protein dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana halnya dengan struktur lemak? | Menjawab pertanyaan guru | |
Kegiatan Inti: | |||
Mengorganisasi siswa dalam kelompok (penomoran) | a. Membagi siswa di kelas menjadi 5 kelompok. | Membentuk kelompok | 150 menit |
b. Peserta didik mengamati materi di LKPD. | |||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | c. Peserta didik diberikan kiprah di rumah dan di sekolah untuk membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/ materi yang bekerjasama dengan percobaan sederhana wacana uji kualitatif protein dan kelarutan protein dan struktur lemak. d. Peserta didik diberikan motivasi wacana polimer (uji kualitatif protein dan kelarutan protein serta struktur lemak) e. Guru menanyakan pertanyaan mengapa pada telur yang telah dicampurkan reagent biuret terjadi perubahan warna menjadi biru keunguan dan menggumpalkan ketika direaksikan dengan NaOH 0,1 M? f. Menyampaikan ringkasan materi pelajaran. | Membaca materi seputar polimer (uji kualitatif protein dan kelarutan protein dan struktur lemak ) dari buku paket atau literatur lainnya termasuk internet. Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait polimer (uji kualitatif protein dan kelarutan protein) Menyimak klarifikasi guru (mengamati) Setelah guru memberikan materi, siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti tentang ringkasan materi yang telah dijelaskan (menanya) | |
Problem statement (identifikasi masalah) | g. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin permasalahan yang relevan dengan uji kualitatif protein dan kelarutan protein h. Peserta didik merumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah) | Siswa mengidentifikasi permasalahan sebanyak mungkin. | |
Data collection (pengumpulan data) | i. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis | Siswa mencari banyak sekali literatur lainnya sebagai alat bantu untuk membuktika benar atau tidaknya hipotesis. | |
j. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca banyak sekali literatur pendukung lainnya untuk mengumpulkan data wacana uji kualitatif protein dan kelarutannya | Siswa mengumpulkan data wacana uji kualitatif protein dan kelarutannya dari banyak sekali literatur pendukung lainnya | ||
k. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengamati objek wacana uji kualitatif protein dan kelarutannya memakai metode biuret | Siswa mengamati objek wacana uji kualitatif protein dan kelarutannya | ||
l. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan uji coba di dalam kelompok sendiri dengan mengikuti mekanisme kerja dan dengan bimbingan guru. | Siswa mengumpulkan data melalui percobaan sederhana dengan mengikuti mekanisme kerja dan dengan bimbingan guru. | ||
m. Guru menginstuksikan siswa untuk berdiskusi di dalam kelompok sendiri yang telah dibentuk. | Siswa berdiskusi di dalam kelompok sendiri | ||
Data Processing (pengolahan data) | n. Guru menginstruksikan siswa untuk menulis hasil pengamatan pada tabel pengamatan. | Siswa menyajikan data yang terkumpul di tabel pengamatan dalam susunan yang baik dan rapi. | |
o. Guru menginstruksikan siswa untuk menganalisis data yang tersusun dengan baik dan rapi dengan mempertimbangkan banyak sekali acuan yang baik lainnya. | Siswa menganalisis data yang tersusun dengan mempertimbangkan banyak sekali acuan yang baik lainnya. | ||
p. Mengolah informasi dari materi polimer (percobaan sederhana wacana uji kualitatif protein dan kelarutannya) yang sudah dikumpulkan dari hasil percobaan sederhana menjadi sebuah laporan praktikum. | Siswa mengolah data yang diperoleh dari hasil praktikum sederhana dan dari banyak sekali literatur pendukung lainnya sehingga menjadi sebuah laporan praktikum. | ||
q. Guru menginstruksikan kepada Peserta didik untuk mengerjakan beberapa soal yang telah dibagikan pada lembar kerja penerima didik oleh guru mengenai materi polimer (uji kualitatif protein dan kelarutannya dan struktur lemak) | Siswa mengerjakan beberapa soal yang telah dibagikan di lembar kerja penerima didik. | ||
Verification (pembuktian) | r. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan investigasi secara cermat untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan. | Siswa melaksanakan investigasi secara cermat untuk menandakan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan | |
s. Guru mengarahkan siswa untuk menyidik lebih cermat tanggapan di lembar kerja penerima didik. | Siswa menyidik lebih cermat tanggapan di lembar kerja penerima didik. | ||
Generalization (menarik kesimpulan) | t. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menarik kesimpulan per masing-masing kelompok menurut fakta yang telah ditemukan. | Siswa menarik kesimpulan menurut fakta yang telah ditemukan. | |
u. Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran berupa Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi polimer (uji polisakarida memakai metode iodine). | Siswa menyimpulkan poin-poin yang muncul dalam acara diskusi baik dalam laporan hasil pengamatan. | ||
Penutup : | |||
a. Membuat laporan praktikum sederhana wacana materi Polimer yang gres dilakukan. b. Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Polimer yang gres diselesaikan. c. Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | 15 menit |
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | ||||||||
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun semoga evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah ketika diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan tanggapan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio (laporan)
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, menyerupai catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memperlihatkan soal pelengkap contohnya sebagai berikut :
1) Jelaskan yang dimaksud dengan polimer!
2) Uraikan pembagian terstruktur mengenai polimer menurut jenis monomer, sifat termal dan reaksi pembentukannya!
3) Jelaskan perbedaan polimer alam dan polimer sintetis! Berikan masing-masing lima contoh!
4) Jelaskan proses pembuatan karung plastik (polipropilena) ! Informasi sanggup kau peroleh dari literatur lain atau melalui pengamatan terhadap video!
5) Tuliskan reaksi polimerisasi berikut:
a. polivinil klorida (PVC)
b. polivinil asetat (PVA)
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru memperlihatkan pesan yang tersirat semoga tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memperlihatkan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Jelaskan yang dimaksud dengan polimer!
2) Uraikan pembagian terstruktur mengenai polimer menurut jenis monomer, sifat termal dan reaksi pembentukannya!
3) Jelaskan perbedaan polimer alam dan polimer sintetis! Berikan masing-masing lima contoh!
4) Jelaskan proses pembuatan karung plastik (polipropilena) ! Informasi sanggup kau peroleh dari literatur lain atau melalui pengamatan terhadap video!
5) Tuliskan reaksi polimerisasi berikut:
a. polivinil klorida (PVC)
b. polivinil asetat (PVA)
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
b. Infokus
c. Lembar Penilaian
2. Alat dan bahan
a. Spidol
b. papan tulis
c. infokus (projector)
3. Sumber Belajar
a. Buku Siswa
· Sukmanawati, Wening. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas XII. (Jakarta: Departemen Pendidikan Republik Indonesia).
· Utami, Budi, dkk. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas XII. (Jakarta: Departemen Pendidikan Republik Indonesia).
b. Modul penuntun praktikum
G. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab.
Beureunuen, 23 April 2018
Mengetahui,
Guru Pamong Guru PPL
AMALIANI, S.Pd RAFI MARISKA
NIP. 19720421 199905 2002 NIM. 140208024
Kepala MAN 2 Pidie
Drs. ZAINAL ABIDIN
NIP. 19620516 199905 1001
0 Response to "(Docx) Rpp&Lkpd Makromolekul Kd 3.11 K-13 Revisi"
Post a Comment