Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat :: Bagi para ibu rumah tangga, mungkin kalau ditanyakan apa manfaat buah tomat. Pasti sebagian besar akan menjawab sebagai bumbu dapur. Tapi kalau mengetahui kandungan gizi didalamnya, tentu mereka akan mempunyai jawaban lainnya.

 mungkin kalau ditanyakan apa manfaat buah tomat Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat

Buah tomat memang sangat terkenal dikalangan masyarakat dunia, selain sebagai bumbu rempah, buah berwarna merah saat masak ini juga bisa dimakan eksklusif ataupun dibentuk minuman segar ibarat jus. Mengkonsumsi buah tomat secara eksklusif ataupun dibentuk jus, sangat dianjurkan oleh para jago kesehatan, lantaran dengan cara tersebut, kandungan gizi didalam buahnya belum rusak sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh. Menambahkan sedikit minyak zaitun saat mengkonsumsi tomat juga disarankan, lantaran cara ini sanggup meningkatkan perembesan likopen oleh tubuh.

Kandungan Gizi Buah Tomat.

Buah Tomat dikenal kaya akan gizi.Didalam buah yang berjulukan latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini terkandung sejumlah gizi dan unsur lainnya yang cukup penting bagi tubuh, diantaranya:  vitamin (A, C, B1, B2, E, dan K), Garam mineral (kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dll), asam organic ( sitrat, asam maleat ), dan serat ( terletak pada kepingan kulit dan biji tomat ) . terdapat juga Lycopen sebagai zat antioksidan yang sanggup menunjukkan perlidungan kepada badan terhadap radikal bebas penyebab penyakit.

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh.

Dengan semua kandungan gizi yang penting dan bermanfaat didalamnya, tidak salah kalau para jago kesehatan menganjurkan kepada kita untuk rajin mengkonsumsi buah tomat. Berikut manfaat buah tomat untuk kesehatan badan anda.

1. Mencegah dan mengobati penyakit anemia.
Bagi para penderita penyakit anemia, Tomat yakni salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan buah tomat mengandung zat besi dan vitamin C cukup tinggi. Perpaduan zat besi dan vitamin C didalamnya bisa meningkatkan sintesis hemoglobin dan pembentukan sel darah merah pada tubuh. Jumlah hemoglobin yang cukup dalam badan sanggup mencegah dan juga mengobati aneka macam jenis anemia.

2. Melindungi badan dari serangan kanker.
Buah tomat mengandung zat likopen dengan kadar tinggi. Zat ini berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, salah satunya sanggup melindungi badan dari serangan beberapa jenis kanker ibarat kanker paru-paru, prostat, dan usus besar. Likopen mempunyai acara antioksidan lebih tinggi kalau dibandingkan dengan betakaroten.

3. Sebagai anti oksidan.
Selain likopen, buah tomat juga mengandung zat anti oksidan lainnya ibarat betakaroten, vitamin C dan selenium. Semua zat antioksidan tersebut sanggup membatu melindungi jaringan badan dari kerusakan sebagai jawaban radikal bebas yang masuk kedalam badan anda. Radikal bebas ini bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini dan memicu timbulnya aneka macam penyakit degenerative kronis.

4. Sebagai detoksifikasi tubuh.
Selain berperan sebagai antioksidan. Buah berasa anggun asam ini juga mempunyai sifat diuretik yang berkhasiat dalam meningkatkan fungsi pencernaan, dan merangsang fungsi detoksifikasi hati dan ginjal. Proses ini sanggup membantu mengeluarkan racun dari dalam badan dan meningkatkan kualitas kesehatan badan anda.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
Kandungan vitamin C, kalsium, dan fosfor dalam buah tomat cukuip tinggi. Ketiga komponen tersebut sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi dan melindunginya dari pengeroposan.

6. Meningkatkan fungsi alat pencernaan tubuh.
Asam organik dalam buah tomat bermafaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan badan dengan merangsang saliva dan sekresi lambung, sehingga meningkatkan kemampuan dalam mencernaan beberapa jenis makanan yang kaya akan protein ( ibarat ikan, telur, daging, dan produk susu olahan) ,serta makanan kaya pati (seperti nasi, roti, kentang, dan pasta).

7. Menurunkan kadar kolesterol darah.
Kandungan likopen dalam buah tomat, juga berperan dalam melawan akumulasi kolesterol pada dinding arteri, sehingga kadarnya dalam badan tidak akan berlebihan.

8. Meningkatkaan kinerja jantung.
Mengkonsumsi buah tomat sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Kandungan kalium dalam daging buahnya berperan dalam menurunkan tekanan darah. Kondisi ini sanggup mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang merupakan proses pertama pembentukan plak pada kanal pembuluh darah. Hal ini tentu saja menunjukkan efek faktual bagi jantung, dimana kerja jantung dalam memompa darah tidak terlalu berat lantaran lancarnya kanal darah dari dan kejantung.

9. Konsumsi tomat baik untuk kesehatan kulit.
Likopen, vitamin C, dan betakaroten dalam buah tomat sangat baik dalam melindungi kulit dari efek negatif yang ditimbulkan oleh paparan sinar UV yang berbahaya.


10. Melancarkan Pencernaan Tubuh.
Kandungan serat yang banyak terdapat pada biji dan kulit tomat, sangat baik untuk melancarkan pencernan tubuh, dan juga buang air besar.

Selain yang telah disebutkan diatas, manfaat dari buah tomat lainnya yaitu sanggup mengatasi tanda-tanda stress, kelelahan, kejang otot, kram, dan kelemahan otot.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi buah tomat. Hindari buah yang belum matang, lantaran tomat mentah mengandung solanin, yaitu salah satu zat beracun yang sanggup menyebabkan gangguan pada pencernaan ibarat mual dan muntah, diare, kram perut, sakit kepala dan pusing. Hindari juga mengkonsumsi tomat kalengan atau memasaknya dengan memakai panci/ wajan alumunium, lantaran kandungan asam dalam buah tomat sanggup bereaksi dengan logam sehingga badan bisa keracunan alumunium.

Sumber artikel:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Tomat"

Post a Comment