Solusi Error Instalasi Driver Wacom Intuos Draw Missing Api Dll File

Ceritanya dari dulu kepengen beli drawing tablet, alasannya ialah pengen berguru bikin concept art dan bikin digital art. Kebetulan beberapa bulan yang kemudian ada promo diskon dari salah satu toko online, jadilah aku beli 1 dengan harapan jadi digital artist. hehehe

hasil unboxing
Setelah menunggu sekitar 2 hari, barang yang dibeli jadinya hingga juga kerumah. Gak pake lama, eksklusif dibuka dan colok ke komputer untuk eksklusif ujicoba. Tapi kok gak ada reaksi ya? padahal lampu indikator di tabletnya hidup, dan lampu itu juga kedap-kedip waktu pena bergerak diatas area gambar.

"Oh mungkin perlu install driver dulu nih" pikir saya, berusaha tetap hening dan positif thinking. Lanjut ke proses instalasi driver dari CD bawaan, tapi malah muncul pesan error "api-ms-win-crt-runtime-dll is missing from your computer". Proses instalasi driver pun gagal.


kami mendeteksi Anda membeli tablet ini dengan harga diskon
Sebagai informasi, komputer aku memakai OS windows 7 versi 64bit (yup, aku orang jaman old yang belum dapat move on ke windows 10, wakakak :) dan sesudah googling sekitar 10 menit, aku mendapat beberapa saran yang tampaknya layak dicoba.

Saran dari google:
1. Download dan Update windows
2. Download dan Install visual c++
3. Download dan update driver wacom terbaru

Saya coba satu persatu saran dari google ini, bahkan sampe beberapa kali restart komputer. Tapi tetap saja pesan error tersebut tampil. Update driver wacom juga tidak membuahkan hasil. Usut punya usut, ternyata di lembaga desain grafis banyak juga yg mengalami hal serupa, ternyata bukan aku sendiri yang dibikin repot sama wacom.

Mungkin komputer aku yang bermasalah? baiklah, sayapun minta tolong sobat untuk mencoba menginstall driver wacom intuos ini pada laptopnya yang memakai windows 10 64 bit. Tapi ternyata problem yang sama tetap muncul.

"fix ini, drawing tablet nya rusak" ialah kesimpulan yang terngiang-ngiang dikepala aku sesudah setengah hari dibikin pusing sama drawing tablet ini.

Berharap masih dapat refund, aku coba hubungi toko online daerah aku membeli wacom intuos ini. Dengan santai mas adminnya bilang udah biasa error itu, dan sayapun dikasih link untuk download driver wacom intuos versi jadul disini :

http://cdn.wacom.com/u/productsupport/drivers/win/professional/WacomTablet_6.3.15-2.exe

Saya coba ikuti sarannya untuk menginstall driver versi usang tersebut, dan voila! alhamdulillah drawing tablet nya eksklusif konek dengan komputer. Saya jadi dapat gambar-gambar eksklusif dengan wacom intuos ini.

Oh iya, driver ini udah aku coba dan dapat dipakai untuk windows 7, windows 8 dan windows 10. Bagi kau yang mengalami duduk kasus serupa, selamat mencoba! Siapa tahu solusi ini juga works untuk tablet wacom intuos draw milik kamu!

gambar hanya pemanis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Error Instalasi Driver Wacom Intuos Draw Missing Api Dll File"

Post a Comment