Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan Herbal

Manfaat bandotan untuk pengobatan herbal – menyebut bandotan, tentunya anda akan membayangkan flora terna yang mempunyai manfaat cukup baik dalam dunia pengobatan. Bandotan memang merupakan salah satu tumbuhan gulma yang bisa dimanfaatkan terutama pecahan daunnya untuk obat luar diantaranya menghentikan pendarahan pada kulit yang terluka.

Manfaat bandotan untuk pengobatan herbal Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan Herbal

Tanaman yang mempunyai nama latin Ageratum conyzoides ini sanggup tumbuh sangat baik pada iklim menyerupai yang dimiliki Indonesia. Bandotan menyebar dibeberapa kawasan diindonesia dan mempunyai beberapa nama yang berbeda untuk setiap daerahnya, diantaranya: babadotan (sunda), wedusan (jawa) dan sebagainya.

Manfaat daun bandotan sebagai obat

Kemampuan yang dimiliki bandotan sebagai obat, tidak terlepas dari kandungan zat dan senyawa penting didalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tumbuhan yang mempunyai amis yang khas ini mengandung beberapa senyawa penting, diantaranya: asam amino, oraganacid, pectic substance, minya asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, ß-sitosterol, stigmasterol, tannin, sulfur, dan potassium chloride. Akar bandotan mengandung minyak atsiri, alkaloid, dan kumarin.

Dengan kandungan kimia didalamnya tersebut, bandotan terutama pecahan daunnya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi banyak sekali gangguan pada tubuh, baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun problem lainnya. berikut beberapa manfaat bandotan dalam dunia pengobatan dan cara meramunya.

1. Sebagai obat herbal untuk bisul dan borok
Cuci higienis tumbuhan bandotan secukupnya, kemudian tambahkan nasi kedaluwarsa satu kepal dan ½ sdt garam. Semua materi kemudian dihaluskan. Ramuan ini anda turapkan pada pecahan kulit badan yang bisul atau borok. Kemudian balut dengan perban atau kain.

2. Mengatasi rhematik, dan infeksi akhir keseleo.
Ramuan bandotan untuk bisul, bisa juga anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi rhematik dan juga infeksi lantaran keseleo, hanya saja, ada pemanis materi lainnya, adalah dengan menyertakan pecahan batang bandotan yang masih segar.

3. Mengatasi peradangan pada telinga.
Siapkan daun bandotan secukupnya, kemudian basuh bersih, kemudian tumbuk hingga halus.
Peras untuk diambil ekstraknya. Gunakan ekstrak daun bandotan tersebut sebagai obat tetes pada indera pendengaran anda yang terkena radang. Lakukan 4 kali sehari @ 2 tetes.

4. Menghentikan pendarahan pada pecahan kulit yang luka.
Siapkan daun dan batang bandotan yang masih segar. Cuci higienis kemudian tumbuk halus. Turapkan pada pecahan kulit yang terluka, kemudian balut dengan perban.

5. Mengobati sariawan, dan pendarahan pada rahim.
Siapkan terlebih dahulu 15 gram daun bandotan beserta pecahan batangnya yang masih muda dan segar. Cuci bersih, kemudian rebus dengan air dua  gelas hingga tersisa satu gelas. Dinginkan sebentar, kemudian saring . minum air rebusan tersebut sebagai 2-3 kali sehari.

6. Sebagai obat herbal tumor pada rahim.
Bahan yang perlu disiapkan adalah daun bandotan kering kurang lebih 50 gram. Rebus dengan air tiga gelas hingga tersisa satu gelas. Saring kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin satu gelas sehari.

7. Mengatasi sakit pada tenggorokan akhir radang.
Cuci higienis daun bandotan segar sebanyak 30-60 gram. Tumbuk hingga halus, kemudian peras untuk diambil ekstraknya. Tambahkan gula kerikil yang telah dilarutkan terlebih dahulu secukupnya. Minum ramuan tersebut sehari sebanyak tiga kali.

8. Mengobati penyakit malaria dan flu.
Siapkan kurang lebih 20 gram daun bandotan kering. Rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas.dinginkan, kemudian saring. Minum dua kali sehari.

9. Mengatasi perut kembung, mulas, dan muntah.
Satu pohon bandotan ukuran sedang dicuci hingga bersih, kemudian potong-potong. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas, tunggu hingga tersisa satu gelas, kemudian angkat dan dinginkan. Saring kemudian minum air rebusan tersebut  2-3 kali sehari.

Selain untuk pengobatan, bandotan bisa juga anda gunakan sebagai materi perawatan alami untuk rambut. Ramuan dari bandotan ini bisa mengakibatkan rambut anda menjadi lebih sehat, hitam, tidak rontok dan indah. Berikut cara pembuatan ramuannya dan juga cara penggunaannya. Siapkan pecahan daun dan juga batang bandotan yang masih segar secukupnya. Cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada pecahan kulit kepala dan rambut secara merata. Tutup kepala dengan kain selama 2-3 jam. Kemudian bilas hingga bersih.

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat bandotan lainnya yang bisa anda dapatkan. Silahkan cari referensinya dari sumber lainnya.

sumber:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan Herbal"

Post a Comment