Manfaat Daun Sirih Dan Khasiatnya



Daun Sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di Indonesia. Pohonnya merambat dan mempunyai daun berbentuk ibarat hati. Cara mengembangbiakkan tanaman ini yaitu dengan memotong pecahan batang yang terdapat akarnya kemudian ditanam di tanah secara langsung. Tanaman ini sering dipakai sebagai hiasan di depan rumah alasannya yaitu bentuknya yang indah. Dan di samping keindahan tanaman ini, ternyata sirih merupakan tanaman yang mempunyai banyak khasiat yaitu pada daunnya. 
Daun Sirih sendiri ada beberapa jenis, namun yang dikenal masyarakat ada dua, yaitu sirih merah dan sirih hijau. Daun sirih banyak dipakai sebagai materi obat tradisional zaman dahulu alasannya yaitu kemanjurannya. Sayangnya, banyak masyarakat yang kurang memahami hal ini sehingga memanfaatkan sirih hanya sebagai hiasan.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Karena itulah, disini saya akan mengembangkan kepada anda mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan biar anda sanggup lebih memanfaatkan tanaman ini.
Obat Sakit Gigi
Caranya yaitu dengan mengunyah daun sirih mentah-mentah. Rasanya yang pedas dan aromanya yang tak bisa hilang dari muut kemudian menciptakan banyak orang enggan melaksanakan cara ini. Kemudian untuk tetap mendapat manfaat ini, mereka mengubah cara dari mengunyah daun sirih secara pribadi menjadi merebusnya terlebih dahulu kemudian menggunakan air rebusannya sebagai air kumur. Dengan cara ini, mereka dapat mengobati sakit gigi tanpa harus menciptakan nafas mereka selalu berbau sirih. Dan selain sebagai obat sakit gigi, cara tersebut juga mampu menyembuhkan sariawandan busuk ekspresi yang seringkali menciptakan anda kurang percaya diri.
Mengobati Keputihan
Daun sirih mengandung antibiotik alami yang bisa membunuh basil yang menebabkan penyakit ini. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daunnya. Setelah mendidih, anda harus mendinginkannya terlebih dahulu kemudian menggunakan air rebusan tadi sebagai pengganti air ketika cebok. Jangan lupa untuk menerapkan teknik yang benar ketika cebok yaitu dari arah depan kebelakang.
Mengobati Mimisan
Daun sirih bisa mencegah pendarahan kecil ibarat mimisan. Caranya yaitu dengan menciptakan daun sirih sedikit memar dengan cara memukul-mukulnya kemudian menggulungnya dan memasukkannya kelubang hidung. Biarkan sampai mimisan sudah terasa berhenti dan tidak mengalir lagi. Selain sebagai penghambat pendarahan kecil, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat luka bakar. Untuk proteksi pertama terhadap luka bakar, anda hanya perlu memanaskan daun sirih biar menjadi layu kemudian meeletakkannya diatas luka.
Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat daun sirih yang berikutnya yaitu sebagai obat pencegah penyakit jantung. Karena kandungan vitamin dan zat besinya sangat tinggi, daun sirsak sanggup dipakai sebagai materi obat pencegah serangan jantung. Cara mendapat manfaat tersebut yaitu dengan cara merebus kemudian meminum air rebusannya dalam keadaan dingin. Selai itu, daun sirih juga bermanfaat sebagai pereda pana dan demam. Caranya sama yaitu dengan meminum air godokan daun sirih selama sakit itu berlangsung dan hentikan ketika penyakit tersebut sudah benar-benar hilang.
Obat Gatal Kulit
Manfaat daun sirih yang berikutnya yaitu sebagai obat gatal. Untuk menciptakan obat gatal, yang perlu anda lakukan yaitu menghaluskan daun sirih kemudian meletakkannya diatas kulit seseorang yang mengalami gatal-gatal. Selain mengobati gatal-gatal, ramuan tersebut juga sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit lainnya.
Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan. Dengan mengetahui wacana hal diatas, kami harap anda sanggup menemukan tanggapan atas obat dari penyakit yang anda derita. Dengan begitu, anda akan menjadi seseorang yang sangat sehat dan kuat. Semoga artikel ini bemanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Dan Khasiatnya"

Post a Comment