Manfaat Bawang Merah Serta Efek Bagi Kesehatan Kalau Mengkonsumsi Berlebihan


Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis ialah kemampuannya dalam memerangi kanker dan banyak sekali penyakit berbahaya. Ia juga sanggup dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.
Bawang merah pada umumnya dipakai sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, sebab bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Selain itu, bawang merah ialah kuliner padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat menyerupai vitamin, mineral dan antioksidan.
Kandungan Gizi Bawang Merah
Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Tingginya kandungan gizi ini menciptakan bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat bawang merah sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  • Bagi kesehatan tubuh
  • dan media pengobatan

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh

Mengkonsumsi bawang merah dalam kuliner tentunya sangat sedap. Namun bagaimana kalau bawang merah yang masih mentah? tampaknya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu menyerupai itu sebab manfaat bawang merah yang akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan sebab memakannya. Berikut diantaranya ialah :
1. Pencegahan Kanker
Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung sebab sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun prosedur yang sempurna dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.
Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.
2. Kanker Prostat
Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti memakai studi masalah terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki korelasi antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa laki-laki dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.
3. Esofagus dan kanker perut
Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terjangkit kanker perut. Beberapa penelitian pada insan berbasis survei telah memperlihatkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor sesudah derma senyawa allium pada binatang percobaan.
4. Mengatur Tidur dan Suasana hati
Folat ditemukan dalam bawang, sanggup membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang sanggup mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.
5. Baik Untuk Jantung
Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino belerang pada bawang merah, memperlihatkan imbas penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan

Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe. Namun bawang merah juga bisa meringankan beberapa gangguan kesehatan. Diantaranya ialah :
  1. Mengatasi perut kembung pada anak-anak – Anak-anak sanggup dengan gampang terkena masuk angin, yang menjadikan perut kembung. Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang higienis lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu balurkan pada cuilan pusar si kecil.
  2. Meredakan batuk – Batuk sering terjadi pada cuaca hambar dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan memakai parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

Resiko Kesehatan Bawang Merah

Meskipun tidak sangat serius, makan bawang sanggup menjadikan dilema bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang sanggup menjadikan gas dan kembung, berdasarkan National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama kalau dikonsumsi mentah, sanggup memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, berdasarkan salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.
Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang sanggup mengganggu dengan obat pengencer darah, berdasarkan University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang sanggup menurunkan fungsi darah.
Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi kuliner atau alergi terhadap bawang, tetapi kasus-kasus yang jarang terjadi, berdasarkan sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.
Cara Memilih dan Menyimpan Bawang merah
Bawang merah yang baik dikonsumsi, harus bersih, keras dan mempunyai kulit kering. Hindari bawang yang memperlihatkan gejala pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya jelas dan di daerah yang berventilasi baik. Semua jenis bawang harus disimpan jauh dari kentang, sebab mereka akan menyerap kelembaban gas kentang dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih gampang rusak.
Bawang yang mempunyai rasa lebih tajam, akan bertahan lebih usang dibandingkan dengan bawang yang lebih bagus menyerupai bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut ialah pengawet alami juga.
Jangan menyimpan bawang yang ingin dimasak, dalam mangkuk atau wadah berbahan logam sebab hal ini akan menjadikan bawang berubah warna. Pembekuan bawang cincang akan menjadikan bawang kehilangan banyak rasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Serta Efek Bagi Kesehatan Kalau Mengkonsumsi Berlebihan"

Post a Comment