Manfaat Buah Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh, Kesehatan Rambut


Kemiri mempunyai nama latin Aleurites moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Tidak banyak orang tahu bahwa kemiri masih satu kerabat dengan singkong. Mungkin alasannya yakni jarang orang yang pernah melihat pohon kemiri. Di Indonesia, buah kemiri diambil dan dijadikan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan. Namun, nenek moyang kita juga memakai kemiri untuk keperluan lain, menyerupai menciptakan minyak kemiri yang mempunyai kegunaan menyuburkan rambut.

Lebih lanjut mengenai manfaat kemiri akan kita bahas sehabis ini. Sekarang, mari kita telusuri terlebih dahulu kandungan zat apa saja yang ada dalam buah ini sehingga bisa bermanfaat bagi manusia.

Kemiri mengandung saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro menyerupai protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga mempunyai kandungan mineral menyerupai kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat yakni vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan



Seperti yang sudah disinggung di awal, kemiri bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur untuk melezatkan kuliner tapi juga mempunyai kegunaan sebagai obat tradisional untuk mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa manfaat kemiri untuk pengobatan.

1. Mengobati Sariawan

Bukan cuma biji kemiri yang bermanfaat, namun bab batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan yakni getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jikalau ada. Oleskan pada bab lisan yang luka (terserang sariawan).

2. Mengobati Sakit Gigi

Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan memakai getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan memakai kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

3. Mengobati Diare

Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc hingga airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur sanggup berkembang dimana saja, termasuk pada kulit badan anda. Infeksi jamur menyerupai panu memang tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bab badan yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin supaya akhirnya lebih maksimal.

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)

Minyak kemiri juga sanggup membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan menciptakan Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang mempunyai contoh tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Susah buang air besar (sembelit) 

Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua materi kemudian rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

7. Digigit Serangga

Anda pernah digigit serangga yang menimbulkan rasa panas dan gatal? Sebenarnya itu bisa diatasi dengan memakai kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan keseluruhan bab badan yang gatal akhir tergigit serangga.

8. Mengatasi BAB Berdarah

Kulit batang pohon kemiri juga sanggup mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus materi dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, kemudian minum selagi hangat.

9. Obat Gosok

Minyak kemiri, menyerupai juga minyak kayu putih bisa dipakai sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya menyerupai memakai minyak gosok biasa.

10. Obat Demam pada Anak

Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

Manfaat Kemiri Perwatan Rambut


Selain bermanfaat bagi kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan terutama yang bekerjasama dengan rambut. Sudah semenjak zaman dahulu kala nenek moyang kita memakai buah kemiri yang diambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Ada banyak cara dalam mengambil minyak dari biji buah kemiri. Bisa dengan cara merebus atau disangrai (goreng tanpa minyak). Kalau tidak mau repot ya tinggal beli saja minyak kemiri yang sudah dijual dalam botol kemasan. Namun, Anda harus pandai-pandai menentukan supaya mendapat minyak kemiri yang orisinil yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

1. Minyak kemiri menyuburkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk menyuburkan rambut memang tidak sanggup dibantah lagi. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan secara lembut dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya bilas dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapat rambut yang subur, lebat dan tebal.

2. Mengatasi Rambut rontok

Anda punya dilema dengan kerontokan rambut? Gunakan minyak biji kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri bisa menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya. 

3. Menumbuhkan Rambut

Anda punya dilema dengan kebotakan? Tenang, minyak kemiri bisa membantu Anda mengatasi kebotakan alasannya yakni bisa merangsang tumbuhnya rambut. Pemakaian minyak kemiri secara teratur sanggup mencegha kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan lebih besar lengan berkuasa dan sehat dari sebelumnya.

4. Menghitamkan Rambut

Rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan hampir setiap orang. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Apakah anda termasuk yang beruntung atau tidak? Jika tidak, jangan terlalu pesimis, alasannya yakni minyak kemiri sanggup membantu anda mewujudkannya, syaratnya yakni sabar dan rajin. Minyak kemiri sanggup menciptakan rambut mendapat kembali kemilaunya apapun warna rambut tersebut.

5. Menghilangkan Ketombe

Satu lagi dilema rambut yang sangat mengganggu yakni ketombe. Namun, anda bisa memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut. Minyak kemiri sanggup membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menjadi bian gkeladi munculnya ketombe.

Manfaat Minyak Kemiri Perawatan Kecantikan



Selain bermanfaat untuk rambut, minyak kemiri juga mempunyai kegunaan untuk dunia kecantikan. Diantaranya untuk merawat kecantikan kulit, alis dan bulu mata.

1. Merawat Kecantikan Kulit

Bukan hanya minyak zaitun yang mempunyai kegunaan menjaga kecantikan kulit tapi juga minyak kemiri. Kandungan antioksidan dalam minyak kemiri dipercaya bisa menjaga keremajaan kulit, menghilangkan keriput dan garis halus serta menangkal radikal bebas yang merugikan.

2. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll

Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri mempunyai kegunaan menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Itu berlaku untuk semua jenis rambut yang tumbuh pada badan manusia, termasuk alis, bulu mata, cambang, janggut dan kumis. Ambil minya kemiri dan campurkan dengan sedikit getah lidah buaya (berupa lendir dari daging daun pengecap buaya) kemudian oleskan pada bab badan yang ingin rambutnya subur, misalkan alis dan bulu mata. Pada laki-laki bisa dipakai untuk melebatkan jenggot dan jambang biar terlihat macho.

Cara Membuat Minyak Dari Kemiri


Sekarang ini, minyak kemiri sudah banyak dijual bebas di pasaran. Namun, jikalau Anda ragu akan kualitas minyak kemiri dalam kemasan lebih baik anda membuatnya sendiri alasannya yakni caranya juga tidak begitu sulit.

Secara lengkap pengolahan kemiri untuk diambil minyaknya yakni sebagai berikut:
  • Tumbuk kemiri hingga hancur.
  • Rebus kemiri dengan air hingga mengeluarkan minyak.
  • Ambillah minyak kemiri yang mengapung di atas air.
  • Saringlah minyak hingga jernih.
  • Simpanlah minyak ke dalam botol dan simpan botol di daerah yang sejuk.
  • Gunakan secara rutin seminggu tiga kali.

Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras, Minangkabau; Nias); keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda); dèrèkan, pidekan, miri (Jawa); kamèrè, komèrè, mèrè (Madura); dan lain-lain.

Nah, itu ia isu mengenai manfaat kemiri dan khasiat minyak kemiri untuk kesehatan, kecantikan serta rambut anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh, Kesehatan Rambut"

Post a Comment