Manfaat Buah Puspita/Pepino Bagi Kesehtan


Pepino sering disebut sebagai buah ajaib. Meskipun rasanya kurang sedap, pepino kaya antioksidan dan zat-zat gizi yang bisa menangkal kanker, stroke, hipertensi, diabetes, serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Buah ini merupakan belahan dari family terung-terungan (solanum) yang dikenal dengan nama Solanum Muricatum Aiton. Bentuk pepino menyerupai terung, yang membedakan ialah warnanya.
Secara umum pepino mempunyai warna dasar hijau dengan lekukan corak garis cokelat yang akan bermetamorfosis kekuningan kalau buah telah matang. Ada juga pepino berwarna dasar ungu muda muda berbintik putih dengan corak garis ungu tua, sehingga sering disebut sebagai terung garis. Sebutan lain untuk buah pepino ialah buah melodi,puspita, husada dewa, merong, dan cabe manis.

Di Luar Negeri, buah pepino dikenal dengan sebutan mellowfruitpepino melon, atau treemelon
Buah pepino mempunyai huruf hampir sama dengan melon ( cucumis melo , baik dalam hal warna maupun rasanya.Walaupun kesamaannya menonjol daripada perbedaannya, mereka tidak berasal dari famili yang sama. Karena itulah pepino disebut treemelon.


BAHAN JUS ATAU SALAD

Tanaman pepino pertama kali ditanam oleh suku lokal di Amerika Selatan. Di Indonesia, buah pepino diberi julukan " buah turis" sebab pertama kali diperkenalkan di masa penjajahan Belanda.
Buah pepino terdiri dari belahan kulit, daging buah, dan biji, yang semuanya sanggup dimakan. Daging buahnya mempunyai aroma yang khas dan mengandung banyak air.
Untuk mengonsumsi sebaiknya pilih yang berwarna gelap keemasan, beraroma manis, dan cukup keras. Rasa buah ini sedikit manis, asam dan hambar, saling melebur satu sama lain menghasilkan kombinasi rasa yang khas, yaitu menyerupai rasa buah blewah dan melon.

Selain dikonsumsi sebagai buah segar, buah pepino juga bisa diolah sebagai materi baku salad atau sebagai komplemen sajian masakan daging maupun sayuran. Untuk menciptakan salad sebaiknya pilih yang tidak terlalu matang.Buah dipotong-potong berbentuk dadu, kemudian dicampur buah lainnya atau sayuran.Buah ini bisa juga diolah menjadi jus. Agar terasa segar dan lebih manis, ketika dijus biasanya ditambahkan madu, susu, atau gula.Pepino juga bisa dijus gotong royong dengan buah-buahan lainnya. Semakin banyak gabungan buah yang digunakan, semakin ramai rasa jus yang dihasilkan dan semakin besar khasiatnya bagi kesehatan.

PERTUMBUHAN PEPINO

Budidaya tumbuhan pepino umumnya dilakukan secara vegetatif. Hal tersebut dilakukan sebab kemampuan germinasi biji pepino sangat buruk, sehingga seringkali tidak sanggup tumbuh dengan baik, bahkan gagal tumbuh sama sekali.
Dengan cara vegetatif, tunas-tunas dengan calon akar diperlakukan khusus. Setelah disemai, tunas tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan lengkap dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Proses pertumbuhan vegetatif ini memudahkan petani yang mau menanam.

Pepino merupakan tumbuhan yang peka terhadap suhu rendah, hama dan juga penyakit. Hal inilah yang memicu para petani untuk melaksanakan pertumbuhan vegetatif secara berkala.Daerah yang cocok untuk pertumbuhan pepino ialah dataran tinggi. Di Indonesia, budidaya pepino banyak dilakukan di kawasan Dieng, Jawa Tengah.
Walaupun budidaya nya belum meluas di Tanah Air, harga buah ini relatif murah, yaitu Rp.10-15 ribu per kilogram.



MENINGKATKAN STAMINA

Pepino mempunyai khasiat yang luar biasa. Walaupun "buah turis" ini belum dikenal dan belum dimanfaatkan secara luas di Indonesia, kegunaannya sebetulnya amat banyak. Buah pepino dipercaya sanggup menyembuhkan panas dalam, sariawan dan sembelit

Buah ini juga dinilai mempunyai kegunaan untuk penderita kencing manis, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker dan watu ginjal. Konsumsi pepino yang rutin akan menunjukkan hasil optimal bagi pencegahan penyakit-penyakit tersebut.
Buah pepino juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Produk herbal dari Cina yang berbahan baku pepino, ketika ini banyak dijual di Indonesia.



KAYA VITAMIN DAN MINERAL

Buah-buahan merupakan pabrik senyawa fitokimia, vitamin,mineral, antioksidan, dan serat pangan alami. Senyawa fitokimia ( fito=tumbuhan ) ialah zat kimia alami yang terdapat di dalam tumbuhan yang menunjukkan cita rasa, aroma, ataupun warna khas tumbuhan tersebut.

Beberapa khasiat senyawa fitokimia adalah: antikanker, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, meningkatkan sistem kekebalan, antiradang, mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta mengatur kadar gula darah.

Buah pepino berbentuk bundar telur dengan bobot bervariasi, tergantung ukuran buahnya. Buah ini mengandung banyak sekali zat gizi yang mempunyai kegunaan untuk kesehatan, terutama dalam bentuk mineral dan banyak sekali vitamin.
Mineral yang terkandung dalam buah pepino ialah zat besi, seng, tembaga, mangan,kalsium dan fosfor. Beberapa mineral tersebut, menyerupai tembaga, seng, dan mangan juga merupakan mineral antioksidan.

Pepino kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin C pada buah pepino 25 mg per 100 gram daging buah. Vitamin C mempunyai kegunaan untuk mencegah sariawan dan memelihara kesehatan gusi.
Selain vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan alami yang mempunyai kegunaan untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan banyak sekali jenis kanker. Vitamin C diharapkan badan untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga badan tidak gampang terjangkit penyakit.

Vitamin C sangat baik untuk merawat kecantikan kulit dan mencegah penuaan dini, menyerupai keriput di wajah. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang sanggup menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam badan melalui kuliner yang digoreng atau dipanggang.
Radikal bebas sangat berbahaya sebab berpotensi menjadikan penyumbatan pembuluh darah.

TINGGI SERAT DAN BETAKAROTEN

Serat pangan ( dietary fiber ) buah pepino sangat baik, 1-1,5 gram per 100 gram. Serat diharapkan untuk menurunkan kolesterol.
Di terusan pencernaan, serat mengikat asam empedu ( produk final kolesterol ) dan dikeluarkan bersama tinja.Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan.

Selain mencegah kolesterol, serat mempunyai kegunaan dalam sistem pencernaan. Serat bisa memperpendek transit time, yaitu waktu yang diharapkan kuliner semenjak dari rongga ekspresi sampai dikeluarkan sebagai feses. 
Serat mengikat zat karsinogenik ( penyebab kanker ). Berkat transit time yang pendek, waktu zat karsinogenik bermukim dalam badan juga semakin pendek, sehingga kesempatan membahayakan badan semakin kecil.

Serat sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes, jantung, stroke, kanker, dan penyakit kardiovascular lainnya. Sayangnya, konsumsi serat di Indonesia masih sangat rendah, sekitar 10 gram per orang per hari. Seharusnya 20-30 gram per orang per hari.

Pepino dikenal sebagai sumber betakaroten, 27 mg per 100 gram daging buah. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam badan akan diubah menjadi vitamin A, yang mempunyai kegunaan dalam proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme.

Betakaroten merupakan jenis antioksidan yang berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya menstabilkan radikal berinti karbon. Karena betakaroten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, bisa melengkapi sifat antioksidan vitamin E yang efektif pada konsentrasi tinggi oksigen.

Jenis antioksidan ini juga dikenal sebagai unsur pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Betakaroten sanggup menjangkau lebih banyak belahan badan dalam waktu relatif lebih usang daripada vitamin A, sehingga menunjukkan tunjangan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Puspita/Pepino Bagi Kesehtan"

Post a Comment