Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Badan Dan Perawatan Kecantikan


Daun pepaya dikenal dengan khasiat alamiyang berguna untuk kesehatan tubuh. Meskipun rasanya pahit, ternyata kandungan manfaat daun pepaya bisa dipakai sebagai obat tradisional ibarat menghilangkan jerawat, mengurangi nyeri haid, dan lain sebagainya. Tahukah anda, rasa pahit pada daun pepaya sanggup dihilangkan dengan tips sederhana?

Selain daun nya berkhasiat, buah pepaya juga mempunyai banyak manfaat untuk menyehatkan badan serta menghaluskan kulit wajah dan bijinya berguna sebagai bahan alami menghitamkan rambut.
Daun dengan rasa pahit yang khas ini sudah terbukti memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun pepaya namun tidak menyukai rasanya, berikut tips mudah menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Pilih salah satu cara yang paling gampang untuk anda.
  • Sebelum direbus, remas-remas daun pepaya dengan garam dapur hingga daun layu dan mengeluarkan air
  • Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10 dimana 3 lembar daun pepaya direbus bersama 10 lembar daun jambu biji
  • Tambahkan 1 genggam tanah liat atau watu bata ketika merebus daun pepaya. Jangan lupa basuh sesudah matang semoga tetap higienis ketika dimakan

10 Khasiat Yang Terkandung Dalam Daun Pepaya

  1. Obat Penambah Nafsu Makan
    Untuk mengatasi problem kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segardengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk hingga halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga sanggup dipakai pada anak yang susah makan.

  2. Melancarkan Pencernaan
    Cukup mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau diolah menjadi tumis maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari problem gangguan pencernaan makanan.

  3. Mengobati Nyeri Saat Haid
    Bagi anda perempuan yang sedang haid dan ingin menghilangkan nyeri haid, cobalah ramuan tradisional daun pepaya. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus hingga matang. Minum air ramuan tersebut.

  4. Menghilangkan Jerawat Di Wajah
    Cara alami mengobati abses memakai daun pepaya yakni tumbuk 2 lembar daun pepaya bau tanah yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat kemudian oleskan ramuan tersebut pada tempat wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit gres kemudian basuh muka anda dengan air bersih.


  5. Mencegah Penyakit Kanker
    Mengkonsumsi kuliner daun pepaya secara teratur terbukti mempunyai kegunaan melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.

  6. Mengempukkan Daging
    Manfaat lain daun pepaya yakni menciptakan daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya kemudian diamkan beberapa ketika kemudian gres dimasak.

  7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Khasiat daun pepaya berikutnya yakni mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut kemudian tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

  8. Mengobati Demam Berdarah
    Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun pepaya tersebut.

  9. Melancarkan ASI Ibu Menyusui
    Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASIsecara alami. Siapkan 5 lembar daun pepaya muda kemudian letakkan di atas api hingga daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bab puting.

  10. Memperkuat Tulang Dan Gigi
    Memakan sayur daun pepaya sanggup memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya sanggup membuat gigi lebih kuat dan lebih sehat.
  11.  Obat Batu Ginjal
    Sediakan beberapa lembar daun pepaya segar dari pohon, bilas dengan air kemudian rebus selama 10 menit. Air rebusan daun pepaya diminum hingga habis, selang 30 menit minumlah air kelapa muda. (Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak diperkenankan mencoba pengobatan ini).

  12. Obat Diare Persiapkan materi berupa minyak kelapa dan daun pepaya secukupnya. Daun pepaya dilayukan dan rebus bersama minyak kelapa, tempelkan racikan materi tersebut pada perut hingga diare sembuh
  13. Obat Cacing Perut Siapkan materi berupa 1 lembar daun pepaya, basuh bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tanaman adas pulowaras hingga mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum sesudah hambar setiap malam menjelang tidur.
  14. Obat KeputihanGunakan 1 lembar daun pepaya yang bersih, kemudian rebus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Air rebusan daun pepaya dan akar alang-alang tersebut Anda saring dan minum airnya hingga habis setiap satu hari sekali.
  15. Obat Sakit Perut Saat HaidPersiapkan materi berupa selembar daun pepaya, tumbuk bersama dengan buah asam dan garam. Tambahkan air matang, gabungan tersebut diperas dan disaring, diakhiri dengan meminum airnya pada ketika haid.
  16. Disentri
Rebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci higienis dalam panci berisikan 1 liter air dan 1 sendok teh bubuk kopi hitam, kalau sudah mendidih saring dan minum airnya satu gelas perharinya.

Daun Pepaya Untuk Kecantikan

Khasiat buah pepaya memang diketahui sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk menawarkan kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu pepaya sering dipakai dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk shamp atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Agen pembersih kulit – Hal ini sanggup dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan menawarkan pinjaman terhadap problem kulit ibarat jerawat, bintik-bintik dan noda.
  2. Kondisioner Alami – ekstrak daun pepaya sering dipakai sebagai  kondisioner bersama dengan materi lain ibarat santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan mmebuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut berangasan yang sulit diatur.
  3. Menghilangkan ketombe – Ekstrak daun pepaya terutama dipakai sebagai materi pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi bagian ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta materi kimia untuk rambut tanpa imbas samping.

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Masih banyak orang yang memang tidak menyukai dengan rasa pahit daun pepaya, namun dengan tips berikut ini manfaat daun pepaya sanggup diperoleh dengan menghilangkan rasa pahit yang terkandung pada daun pepaya. Daun pepaya yang sudah dibersihkan direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian sesudah direbus sanggup dibilas denga air dan diolah sesuai resep. Dengan cari lain yang lebih simpel, sanggup direbus saja dengan garam hingga layu dan kemudian di bilas lagi dengan air dan rebus lagi hingga matang untuk sanggup diolah untuk banyak sekali masakan.
Praktis bukan tipsnya? Makara jangan takut untuk mengkonsumsi daun pepaya. Selamat mencoba..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Badan Dan Perawatan Kecantikan"

Post a Comment