Manfaat Yang Tersembunyi Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Lengkuas dipakai secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar banyak sekali macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu suplemen untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas yaitu tumbuhan rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman yang berasal dari thailand ini di kawasan timur tengah dijadikan sebagai ramuan obat herbal.
Kandungan Zat Yang Terkandung dalam Lengkuas
Satu porsi (-/+ 64 g) lengkuas mengandung 45 kalori dan 2 g serat. Tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan :
 Lengkuas dipakai secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar banyak sekali mac Manfaat Yang Tersembunyi Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan
  • sodium
  • zat besi
  • vitamin A
  • vitamin C
  • flavonoid
  • fitonutrien
  • emodin
  • beta-sitosterol
  • quercetin
  • galangin
Selain itu, Lengkuas mempunyai juga mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan yang sanggup mengurangi resiko peradangan tertentu. Baru-baru ini, para ilmuwan Korea menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas bisa menghambat oksida nitrat (NO), dan produksi lipopolisakarida (LPS). Sejumlah manfaat lengkuas ini, berasal kandungan zat yang berguna ibarat berikut :

Untuk Kesehatan

1. Memberikan rasa nyaman di perut
Makan lengkuas sanggup membantu mengurangi ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain. Sehingga sanggup dipergunakan untuk membantu mengurangi, muntah, mabuk perjalanan serta sanggup mengurangi tanda-tanda diare. Selain itu, di Cina lengkuas dipakai sebagai obat cegukan, dimana penggunaannya di kombinasikan dengan manfaat ginseng.
2. Menurunkan deman
Lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang sanggup membantu mengurangi rasa sakit ibarat demam, serta sanggup mengurangi nanah akhir basil dan jamur. Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak basil patogen ibarat anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan banyak sekali strain staphylococcus.
3. Mengurangi gangguan pernafasan
Lengkuas sanggup dipakai sebagai pengobatan nanah akses pernapasan pecahan atas ibarat bronkitis kronis dan batuk. 
4. Menjaga kesehatan mulut
Ekstrak akar lengkuas sanggup dipakai sebagai obat kumur sehingga sanggup mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di verbal dan tenggorokan dan sanggup dipakai untuk menghilangkan anyir verbal (halitosis).
5. Mengurangi resiko kanker
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Inggris menunjukkan bahwa lengkuas mengandung manfaat flavonoid galangin. Galangin terbukti mempunyai anti-oksidatif untuk menangkal radikal bebas. Zat ini sanggup memodulasi enzim aktivitas dan menekan genotoxicity materi kimia. Selain itu, lengkuas juga mempunyai kandungan minyak atsiri. Para peneliti telah menunjukkan minyak atsiri ini bisa meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.
6. Menurunkan lipid
Kandungan flavonoid utama yang ada di lengkuas ibarat galangin, quercetin dan kaempferol bisa menghambat lemak asam.
7. Dapat menurunkan resiko rematik
Di negara-negara Timur Tengah, lengkuas dipakai sebagai materi ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis.


Untuk Kulit

1. Mencegah penuaan dini
Jus lengkuas sanggup diterapkan untuk banyak sekali pengobatan penyakit kulit. Kandungan lengkuas terdiri dari 40 manfaat antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap penuaan.
2. Mempertahankan keremajaan kulit
Kandungan antioksidan dalam lengkuas bisa menghilangkan racun-racun dari badan dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menjadikan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga bisa mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit.
3. Mengobati bekas luka bakar
Ramuan lengkuas sanggup berguna sebagai alternatif penyembuhan kulit terbakar. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, ia sanggup meringankan rasa sakit dan sanggup juga untuk menyembuhkannya seperti manfaat minyak kelapa. Anda juga sanggup menggosok irisan segar lengkuas pada kulit 2 hingga 3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.
4. Membersihkan bekas jerawat
Lengkuas sanggup bertindak sebagai pembersih antiseptik yang sanggup membantu menjaga kulit semoga tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Ramuan ini berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, lengkuas juga sanggup menjadi obat alami untuk penyembuhan jerawat. Kandungannya sanggup mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan basil dari kulit.


Untuk Rambut

1. Obat penyakit rambut
Lengkuas sanggup dipakai sebagai obat Ayurvedic untuk mengobati penyakit yang bekerjasama dengan rambut dan kulit kepala.
2. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
Minyak hasil olahan lengkuas sanggup membantu proses pertumbuhan rambut. Penggunaan lengkuas pada kulit kepala sanggup meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian sanggup membantu pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak lengkuas juga sangat membantu rambut tipis, yaitu dengan cara mencampurkan ramuan lengkuas dengan minyak jojoba kemudian diterapkan pada rambut yang mulai menipis.
3. Perawatan rambut kering dan rapuh
Kandungan senyawa penting ibarat manfaat vitamin, zinc dan fosfor memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak gampang kering dan juga rapuh.
4. Mengurangi rambut bau
Selain sanggup memperkuat rambut, ekstrak lengkuas juga akan membantu mengurangi anyir rambut yang tidak enak.
5. Mengatasi kerusakan pada rambut
Ekstrak lengkuas juga sanggup dipakai untuk pengobatan banyak sekali kondisi jelek pada rambut ibarat saat rambut terkena polusi, terlalu sering terkena panas, maupun jenis kerusakan yang lain.
6. Menghilangkan ketombe
Ketombe merupakan problem yang umum terjadi di kulit kepala. Ekstrak lengkuas yang bertindak sebagai antiseptik akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas sanggup diterapkan pada kulit kepala. Atau, campurkan dengan manfaat minyak zaitun maupun minyak wijen.
Selain itu, ekstrak lengkuas juga sanggup dicampur dengan jus lemon untuk diterapkan pada kulit kepala untuk mengobati ketombe.
Cara Penggunaannya
  • Lengkuas dipakai untuk pembuatan tingtur (larutan / ramuan yang berasal dari kayu manis, jahe, kapulaga, buah cengkeh, atau lengkuas). Untuk takaran harian direkomendasikan untuk mengkonsumsi ramuan ini sebanyak 6 gram.
  • Sebagai gabungan teh, gunakan setengah hingga satu sendok teh berangasan akar lengkuas yang digiling dalam secangkir air mendidih. Minum tiga cangkir sehari setengah jam sebelum makan.
  • Untuk meningkatkan pencernaan, gunakan 20 tetes tingtur dalam 1 ml air hangat tiga kali sehari. Untuk mual dan mabuk memakai teh atau 250 mg akar lengkuas selama dua kali sehari.
Penggunaan Lengkuas Sebagai Obat Alami
Lengkuas merupakan homogen tumbuhan akar rimpang yang telah dipakai selama ribuan tahun dalam obat-obatan tradisional Cina, India, dan beberapa negara besar lainnya. Lengkuas sanggup membantu mengurangi gangguan pencernaan, sakit perut, mabuk dan mual. Selain itu, lengkuas juga relatif murah dan tidak mempunyai efek samping bagi sebagian besar penggunanya.
Seiring dengan kemajuan teknologi farmasi, banyak peneliti yang menemukan manfaat lengkuas melalui banyak sekali jenis uji coba pada lengkuas sebagai obat alami. Tak sanggup dipungkiri bahwa di masa depan, pembuatan obat niscaya akan menggabungkan unsur-unsur dari jaman dahulu dengan teknik modern untuk menyediakan senjata gres untuk melawan penyakit.
Selain dipakai sebagai bumbu masakan, lengkuas telah dipakai di Asia dan Timur Tengah sebagai materi dasar pembuatan parfum, snuffs, aphrodisiacs, cuka, bir, teh dan anggur. Seperti jahe, lengkuas juga sanggup dipakai untuk mengobati mual, perut kembung, dan dispepsia. Ciri-ciri tumbuhan ini antara lain ia mempunyai aromatik dan tajam dan pedas ibarat jahe. Selain itu lengkuas mempunyai kulit merah atau coklat dan interior putih ataupun kuning.


Namun, lengkuas ternyata juga bisa menjadikan aleri. Nah, Jika seseorang rentan terhadap alergi atau kulit sensitif, sebaiknya menghindari penggunaan tumbuhan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Yang Tersembunyi Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment