Cara Terbaik Memasang Instruksi Google Analytics Pada Blog

Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog - Sebagai seorang blogger pastinya teman-teman sudah pernah mendengar dan berkenalan dengan google analytics, tool gratis ini merupakan layanan google yang sangat terkenal  dan banyak digunakan oleh hampir semua orang yang aktif di dunia blog. Dengan menggunakan tool gratis google ini kita sanggup mengawasi performa blog dan merencanakan langkah apa saja yang harus di lakukan kedepannya. Dan perlu sobat ketahui google analytics merupakan salah satu alat tracking web terbaik yang direkomendasikan oleh para webmaster dan menimbulkan blog jauh lebih SEO.

Karena itulah rugi sekali jikalau kita tidak mengintegrasikan (menghubungkan) blog/web/situs yang di kelola dengan google analytics. Lalu bagaimana cara melakukannya ? dalam tutorial kali ini admin akan membagikan bagaimana cara memasang dengan cara terbaik atau lebih baik.

Bagi teman-teman yang bikin blog di blogger.com (blogspot) sanggup memasang isyarat google analytics pada blog menggunakan dua cara, yaitu menggunakan Tracking ID atau menggunakan tracking isyarat (Script). Agar sahabat tidak resah dengan dua jenis isyarat analytics yang dimaksud dan tidak bertanya-tanya  apa perbedaan Tracking ID dengan Tracking Kode pada google analytics ? berikut ulasannya.

Apa Perbedaan Tracking ID dengan Tracking Kode Google Analytics?

Tracking ID (ID pelacakan)
tracking ID merupakan isyarat unik yang berupa kombinasi angka dan huruf, jenis isyarat ini merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengintegrasikan blog dengan google analytics khususnya blog yang di buat di google (Blogger).

Tracking Kode (Kode Pelacakan)
Tracking isyarat merupakan isyarat google analytics yang bersifat universal berbentuk script javascript. Kode ini sering disebut google analytics universal sebab sanggup di pakai, dipasang atau di integrasikan dengan banyak sekali platform. Seperti blogspot, wordpress, Tumblr , Webs, joomlah, dan lain sebagainya.

Dengan sedikit klarifikasi ihwal perbedaan dua jenis isyarat google analyitcs di atas, admin berharap teman-teman sanggup lebih mengerti sehingga proses pemasangan pada blog sanggup berjalan lancar. Untuk cara memasang pada blog berikut penjelasannya.

Cara Terbaik Pemasangan Kode  Google Analytics  Pada Blog


Trik pemasangan ini mempunyai kelebihan di banding dengan teknik pemasangan pada umumnya sebab tidak menggangu loading situs sehingga cara ini sanggup dikatakan sebagai solusi pemasangan terbaik. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Tracking ID

Jika anda yaitu pengguna blogspot tidak begitu paham dengan pengkodean sebaiknya melaksanakan pemasangan isyarat jenis ini, sebab prosesnya jauh lebih mudah. Adapun langkah pemasangannya yaitu sebagai berikut:

Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog

  • Copy Tracking ID google analytics ibarat terlihat pada gambar diatas
  • Login ke Akun blogger/blogspot Anda.
  • Pada sajian sebelah kiri dashboard pilih setting (pengaturan)>>>klik lainnya>>> cari ID Property Web Analytics  yang biasanya ada pada cuilan paling bawah.


Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog


  • Isikan/paste tracking isyarat tadi pada kotak yang disediakan kemudian klik simpan setelan.

Sebenarnya hingga pada langkah ini proses pemasangan isyarat tracking google analytics sudah simpulan dilakukan, namun untuk hasil pelacakan yang lebih maksimal atau lebih baik, anda mesti melaksanakan satu hal lagi.

Apa yang mesti dilakukan ? sesudah melalui tahap diatas untuk pemasangan isyarat analytics terbaik. Silakan sobat pilih sajian Template >>> Edit HTML >>> cari isyarat </body> kemudian pastekan isyarat di bawah ini tepat diatasnya. 

<b:include data='blog' name='google-analytics'/> 

Setelah simpulan mempastekan atau menambahkan script diatas, langkah selanjuntnya klik Simpan Template.

2. Menggunakan Tracking Kode Google Analytics

Jika anda menggunakan tracking isyarat javascript untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog
  • Copy tracking isyarat javascript google analytics ibarat terlihat pada gambar diatas.
  • Login ke akun blog yang ingin di lacak.
  • Pada sajian cuilan kiri pilih Template, kemudian klik tombol Edit HTML untuk membuka editor template.
  • Cari Kode </body>, semoga lebih cepat silakan teman-teman tekan tombol CTRL+F pada keyboard untuk mengaktifkan fitur pencarian.
  • Setelah ketemu, pastekan (letakan) script javascript tracking isyarat google analytics tepat diatas isyarat </body>, lihat gambar pemasangannya di bawah.
  • Lalu klik Simpan template.
Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog

Sampai disini proses pengintegrasian blog dengan google analytics simpulan dilakukan, kini anda sudah sanggup mulai memonitor traffik blog, konten, persentase bounce rate, dan fungsi google analytics lainnya untuk memaksimalkan kinerja situs milik anda.

Sebenarnya pemasangan tracking analytics di atas sanggup anda letakan di atas isyarat </head> ibarat pada tutorial daftar dan pasang isyarat analytics yang sudah admin bahas sebelumnya.  Namun sebab menggangu proses loading halaman cara itu kurang efektif dan efisien. Karena itulah meletakkannya tepat diatas </body> merupakan alternatif pemasangan terbaik. Karena isyarat analytics gres akan di proses sesudah halaman  tampil secara tepat (keseluruhan) sehingga tidak mensugesti loading blog 

Jika anda menciptakan blog dengan blogspot maka anda sanggup menggunakan kedua cara pengintegrasian di atas atau salah satunya.  Namun apabila situs web milik anda di buat pada platform berbeda ibarat wordpress  anda hanya sanggup menggunakan cara kedua yaitu memasang tacking isyarat (google analytics universal).

Demikianlah uraian ihwal cara terbaik memasang isyarat google analytics pada blog, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum di mengerti jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Dan bagi yang belum paham sanggup lihat video tutorialnya di bawah ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Terbaik Memasang Instruksi Google Analytics Pada Blog"

Post a Comment