4 Tips Menciptakan Publikasi Yang Efektif

Publikasi merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas pemasaran dan promosi suatu event ataupun produk. Begitu banyaknya media publikasi dengan bermacam-macam desain ketika ini menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer untuk menciptakan konsep desain yang efektif. Namun berbekal konsep yang matang saja tak cukup, desainer juga harus bekerja lebih keras untuk memuaskan audiens dan berkomunikasi dengan mereka dalam hal estetika dan tingkat emosional.
Inti dari desain publikasi yakni bagaimana seorang desainer bisa memberikan inti dari informasi yang hendak dikomunikasikan melalui komposisi desain yang pas, mulai dari warna, tipografi, hingga pemilihan gambar utama. Berikut tips untuk menciptakan desain publikasi yang bisa memberikan informasi secara efektif kepada audiens atau sasaran sasaran.
1. Buat Headline Yang Menarik
Apakah sama reaksi audiens terhadap poster yang sekedar berjudul “Yuk Datang Ke Acara Menarik Ini” dengan judul yang lebih nyentrik menyerupai “Anda Bukan Pria? Jangan Datang Kesini!
Kedua headline diatas mempunyai daya pikat yang berbeda. Judul yang bersifat normatif akan sulit untuk menciptakan audiens tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang disampaikan. Sedangkan judul yang kontroversial dan gila malah sanggup menarik perhatian mereka. Bila suatu publikasi telah mendapat perhatian khusus dari audiens, maka akan lebih gampang untuk mempengaruhi mereka untuk mencari tahu lebih lanjut perihal hal yang hendak ingin anda jual pada mereka.
2. Komposisi Warna yang Tepat
Sesuaikan dominasi warna background dengan warna font atau nuansa warna pada ilustrasi gambar. Desain yang mencolok memang sanggup menarik perhatian, namun jikalau komposisi dan padu-padan warnanya tidak terkonsep dengan baik maka akan menimbulkan kesan murahan dan norak. Penerapan warna flat yang tidak terlalu banyak gradasi malah lebih disukai oleh orang-orang dan bisa menampikan informasi lebih jelas.

3. Jangan Terlalu Banyak Teks
Jangan salin seluruh deskripsi program atau produk anda dalam poster atau media publikasi. Cukup sampaikan beberapa poin penting saja yang sanggup mewakili seluruh informasi terkait program atau produk anda. Publikasi yang terlalu banyak teks akan menciptakan pusing audiens dan menciptakan mereka malas untuk membacanya. Jangan lupa untuk mencantumkan website atau kontak informasi yang sanggup diakses oleh audiens.

4. Pemilihan Font yang Sesuai
Untuk sebuah publikasi sebaiknya pilih abjad yang gampang dibaca dan simple. Karena abjad yakni komponen penyusun informasi yang disampaikan dalam publikasi. Kesalahan desainer pemula yakni mereka terlalu berhasrat untuk menawarkan skill desain mereka dengan menampilkan aneka macam efek-efek yang rumit dan mencolok. 
Padahal tidak semua desain dengan imbas rumit itu selalu yummy dipandang dan menarik perhatian. Terkadang justru desain dengan konsep minimalislah yang mempunyai nilai estetika tinggi dan sanggup menarik audiens dengan efektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Menciptakan Publikasi Yang Efektif"

Post a Comment