.Docx Rpp Kd 3.3 Kelas Xi Hidrokarbon K-13 Lengkap
RPP KD 3.3 Reaksi Pembakaran Hidrokarbon
download rppMendownload perangkat pembelajaran kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi, lengkap dengan RPP, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, KKM, jam dan ahad efektif visit link biru ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(revisi menurut permendikbud no.22 tahun2016)
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : Xl / II
D. Materi Pokok : Reaksi Pembakaran Hidrokarbon
E. Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik bisa memahami perbedaan antara pembakaran tepat dan pembakaran tidak sempurna.
2. Peserta didik sanggup mengetahui pola penulisan reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna.
3. Peserta didik dapat menjelaskan sifat zat hasil pembakaran tepat dan tidak sempurna.
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.3 Memahami reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak tepat serta sifat zat hasil pembakaran (CO2,CO dan partikulat karbon) | 1. Membedakan pembakaran tepat dan tidak tepat 2. Memberi pola penulisan reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna. 3. Menjelaskan sifat zat hasil pembakaran tepat dan pembakaran tidak sempurna |
4.3Menalar danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya. | Menjelaskan danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara untuk mengatasinya |
H. Materi Pembelajaran :
a. Fakta: Bahan bakar yang memperabukan dalam reaksi pembakaran mengandung senyawa yang disebut hidrokarbon. Hidrokarbon merupakan senyawa yang hanya mengandung karbon (C) dan hidrogen (H). Arang terdiri dari hidrokarbon. Kaprikornus pola materi bakar fosil menyerupai gas alam.
Gas alam merupakan materi bakar yang umum dipakai dalam tungku rumah dan kompor gas. Komponen utama gas alam yakni hidrokarbon disebut metana (CH4). Reaksi Pembakaran metana diwakili oleh persamaan: CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O
b. Konsep:
Konsep yang terkait mengenai pembakaran senyawa hidrokarbon sanggup uraikan sebagai berikut :
v Perbedaan pembakaran tepat dan tidak sempurna
v Contoh reaksi pembakaran hidrokarbon
v Sifat zat hasil pembakaran tepat dan tidak sempurna
c. Prinsip:
Pembakaran hidrokarbon menjadi aktif bila hidrokarbon dipanaskan di atas suhu penyalaannya dan tersedia cukup oksigen. Ikatan kimia hidrokarbon menjadi terurai dan unsur-unsur, karbon dan hidrogen dalam hidrokarbon, bergabung dengan oksigen untuk membentuk oksida: karbon dioksida dan air. Jumlah oksigen yang dibutuhkan biar pembakaran tersebut tepat tergantung pada rasio karbon – hidrogen dalam hidrokarbon. Semakin tinggi jumlah karbon dalam materi bakar, semakin banyak oksigen diperlukan. Ketika ukuran molekul hidrokarbon bertambah, molekul ini tidak gampang menguap dan lebih sulit untuk dinyalakan.
d. Prosedural:
Ø Meembedakan pembakaran tepat dan tidak tepat senyawa hidrokarbon untuk menjelaskan reaksi kimia
Ø Manfaat mencar ilmu reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon untuk menjelaskan reaksi kimia
Ø Sifat zat hasil pembakaran tepat dan tidak tepat untuk menjelaskan reaksi kimia
I. Metode Pembelajaran : 1. Model : Talking stick dan Snowball
Throwing
2. Pendekatan : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
3. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah dan Tugas.
J. Media Pembelajaran :
1.Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa
K. Sumber Belajar :
Sudarmo, Unggul. 2013. Kimia Untuk SM / MA kelas XI. Jakarta : Erlangga
L. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (1 x 45 menit), indikator......
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan penerima didik b. Mengingat kembali ihwal senyawa hidrokarbon, terutama ihwal pembakaran senyawa hidrokarbon dengan menawarkan pertanyaan : “ Sebutkan pola pembakaran tepat dan tidak tepat ? c. Pemusatan perhatian siswa dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan bertanya ihwal perbedaan pembakaran tepat dan tidak tepat “sebutkan perbedaan pembakaran tepat dan tidak sempurna”? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 10 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok menurut nomor urut absen b. Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok c. Peserta didik membaca buku ihwal pembakaran senyawa hidrokarbon. Menanya a. Mengajukan pertanyaan yang akan merangsang penerima didik untuk sanggup menjawab pertanyaan yang ada di LKS b. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan materi yang dijelaskan oleh guru biar sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS Pengumpulan Data a. Setiap kelompok mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber mencar ilmu ihwal pembakaran senyawa hidrokarbon. b. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa yang berafiliasi dengan pembakaran senyawa hidrokarbon. Mengasosiasikan a. Setiap kelompok berdiskusi mengenai proses pembakaran senyawa hidrokarbon. Mengkomunikasikan a. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok b. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok c. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 30menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dukungan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik c. Pemberian tugas d. Pemberian warta untuk pertemuan berikutnya | 5 menit |
2. Pertemuan kedua (2 x 45 menit)
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mengingat kembali ihwal pembakaran senyawa hidrokarbon “jelaskan perbedaan pembakaran tepat dan tidak tepat ?” b. Pemusatan perhatian penerima didik dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan bertanya “bagaimana contoh penulisan reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna”? c. tentang Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 5 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik duduk menurut kelompok ahad lalu b. Peserta didik menyimak warta yang disampaikan guru berkenaan dengan reaksi pembakaran hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna c. Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok d. Peserta didik membaca buku ihwal reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna Menanya a. Mengajukan pertanyaan yang akan merangsang penerima didik untuk sanggup menjawab soal yang ada di dalam Lomba Kompetensi Siswa b. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan Lomba Kompetensi Siswa yang dibagikan Pengumpulan Data a. Setiap kelompok mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber mencar ilmu ihwal reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon b. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa yang berafiliasi dengan penulisan reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna Mengasosiasikan a. Setiap kelompok berdiskusi ihwal penulisan reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon b. Setiap kelompok mendiskusikan ihwal reaksi pembakaran tepat dan tidak sempurna Mengkomunikasikan a. Guru menyiapkan sebuah tongkat b. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok c. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok d. Untuk menguji pemahaman penerima didik, guru menawarkan tongkat kepada siswa secara acak e. Peserta didik yang memegang tongkat harus memberikan pertanyaan kepada penerima didik yang lainnya begitu juga sebaliknya f. Peserta didik yang menjawab benar berhak menawarkan tongkat kepada penerima didik yang lain g. Siswa yang salah menjawab akan diberi eksekusi contohnya : bernyanyi h. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 75 menit |
Penutup | a. Peserta didik bersama guru menciptakan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari b. Guru bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini c. Guru menawarkan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik d. Guru menawarkan kuis kepada penerima didik e. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya | 10 menit |
3. Pertemuan ketiga (2 x 45 menit)
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mengingat kembali ihwal penulisan reaksi pembakaran senyawa hidrokarbon dengan menawarkan pertanyaan : “ (buat pertanyaannya sebgai apersepsi) b. Pemusatan perhatian siswa dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan bertanya ihwal (buat pertanyaanya, sebagai motivasi) c. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 5 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik duduk dalam beberapa kelompok yang anggotanya 5 orang dibagi menurut urutan nomor apsen b. Setiap penerima didik memilih ketua kelompok, ketua kelompok maju kedepan dan menyimak materi yang disampaikan oleh guru c. Anggota kelompok lain bertugas untuk membaca materi tentang reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna d. Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok Menanya a. Mengajukan pertanyaan yang akan merangsang penerima didik untuk sanggup menjawab pertanyaan yang ada di dalam LKS b. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan materi yang belum dipahami kepada kelompok yang presentasi Pengumpulan Data a. Setiap kelompok mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber mencar ilmu tentang reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna b. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa yang berafiliasi dengan Menjelaskan reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna Mengasosiasikan a. Setiap kelompok berdiskusi membahas Menjelaskan reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna b. Setiap kelompok menciptakan kesimpulan ihwal Menjelaskan reaksi pembentukan hidrokarbon yang tepat dan tidak sempurna Mengkomunikasikan a. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok b. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok c. Peserta didik diminta mengeluarkan selembar kertas dan menuliskan sebuah pertanyaan terkait dengan dampak pembakaran materi bakar terhadap lingkungan d. Kertas tersebut dibuat menyerupai bola dan dilemparkan ke segala arah e. Peserta didik diminta mengambil satu kertas tersebut f. Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada di dalam kertas tersebut g. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 75 menit |
Penutup | a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari b. Guru bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini c. Guru menawarkan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik d. Guru menawarkan kiprah membaca materi selanjutnya dirumah kepada penerima didik e. Pemberian warta untuk pertemuan berikutnya | 10 menit |
4. Pertemuan keempat (3 x 45 menit)
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mengingat kembali ihwal reaksi pembentukan senyawa hidrokarbon b. Pemusatan perhatian siswa dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan bertanya ihwal danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya. c. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 10 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik duduk dalam kelompok yang sudah dibuat sebelumnya b. ketua kelompok maju kedepan dan menyimak materi yang disampaikan oleh guru c. Anggota kelompok lain bertugas untuk membaca materi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap kesehatan dan cara mengatasinya d. Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok Menanya a. Mengajukan pertanyaan yang akan merangsang penerima didik untuk sanggup menjawab pertanyaan yang ada di dalam LKS b. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan materi yang belum dipahami kepada kelompok yang presentasi Pengumpulan Data a. Setiap kelompok mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber mencar ilmu ihwal dampak pembakaran materi bakar terhadap kesehatan dan cara mengatsinya b. Berdiskusi membahas kiprah di Lomba Kompetensi Siswa yang berafiliasi dengan danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya. Mengasosiasikan a. Setiap kelompok berdiskusi membahas danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya. b. Setiap kelompok menciptakan kesimpulan ihwal danpak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta mengajukan gagasan cara mengatasinya. Mengkomunikasikan a. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok b. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok c. Peserta didik diminta mengeluarkan selembar kertas dan menuliskan sebuah pertanyaan terkait dengan dampak pembakaran materi bakar terhadap lingkungan d. Kertas tersebut dibuat menyerupai bola dan dilemparkan ke segala arah e. Peserta didik diminta mengambil satu kertas tersebut f. Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada di dalam kertas tersebut g. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 105 menit |
Penutup | a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari b. Guru bersama penerima didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini c. Guru menawarkan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik d. Guru menawarkan kuis kepada penerima didik | 20 menit |
M. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: sikap, uraian,
3. Instrumen
Soal kuis pertemuan keempat
1. Apa yang dimaksut dengan pembakaran ?? jelaskan!
2. Sebutkan dan jelaskan 4 reaksi pembakaran lengkap !!
3. Apa yang dimaksut dengan reaksi pembakaran sempurna??
Kunci tanggapan :
1. Pembakaran yakni suatu reaksi kimia antara suatu bahan bakar dan suatu oksidan, disertai dengan produksi panas yang kadang disertai cahaya dalam bentuk pendar atau api.
2. Dalam suatu reaksi pembakaran lengkap, suatu senyawa bereaksi dengan zat pengoksidasi, dan produknya yakni senyawa dari tiap elemen dalam bahan bakar dengan zat pengoksidasi. Contoh:
a. CH4 + 2O2→CO2 +2H2O+ panas
b. CH2S +6F2→CF4+2HF+SF6+panas
Contoh yang lebih sederhana sanggup diamati pada pembakaran hidrogen dan oksigen, yang merupakan reaksi umum yang dipakai dalam mesin roket, yang hanya menghasilkan uap air, dengan entalpi standar reaksi pada 298,15 K dan 1 atm yakni −242 kJ/mol.
c. 2H2+O2→2H2O+panas
Pada lebih banyak didominasi penggunaan pembakaran sehari-hari, oksidan oksigen (O2) diperoleh dari udara ambien dan gas resultan (gas cerobong, flue gas) dari pembakaran akan mengandung nitrogen:
d. CH4+2O2+7.52N2→CO2+2H2O+7.52N2+panas
Seperti sanggup dilihat, jikalau udara yakni sumber oksigen, nitrogen mencakup kepingan yang sangat besar dari gas cerobong yang dihasilkan
3. Reaksi pembakaran tepat terjadi dikala materi bakar bereaksi secara cepat dengan oksigen (O2) dan menghasilkan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Persamaan umum untuk reaksi pembakaran tepat adalah: Bahan Bakar + O2 → CO2 + H2O
Soal Pilihan ganda dan essay
1. TEL yang dipakai sebagai zat adiktif pada bensin, dianggap berbahaya lantaran sanggup menjadikan .....
A. pencemaran CO D. pencemaran NO
B. pencemaran CO2 E. hujan asam
C. pencemaran timbal
2. Berlebihnya karbon dioksida di udara merupakan penyebab ... .
A. hujan as D. imbas rumah kaca
B. asbut E. kerusakan hutan
C. maut biota air
3. Gas CO lebih berbahaya dari CO2. Hal ini disebabkan lantaran ... .
A. tidak berbau
B. penyebab hujan asam
C. sangat reaktif
D. tidak berwarna
E. bereaksi dengan Hb membentuk HbCO
Soal Essay:
4. Apa yang dimaksut dengan reaksi pembakaran?jelaskan!!
5. TEL sebagai materi aditif berkhasiat untuk meningkatkan kualitas bensin, sehingga mengurangi ketukan pada mesin dan menciptakan mesin kendaraan awet, tetapi dihentikan penggunaannya. Jelaskan alasan pelarangan penggunaan TEL sebagai materi aditif bensin dan berikan alternatif materi aditif yang lain untuk meningkatkan kualitas bensin!
6. Pencemaran yang disebabkan oleh pembakaran tidak tepat materi bakar kendaraan bermotor dianggap lebih berbahaya daripada pencemaran yang disebabkan oleh pembakaran tepat materi bakar tersebut. Jelaskan alasannya!
Kunci tanggapan kuis
NO Soal | Kunci tanggapan | Skor |
1. | TEL yang dipakai sebagai zat aditif pada bensin, dianggap berbahaya lantaran sanggup pencemaran timbal | 5 |
2. | Berlebihnya karbon dioksida di udara merupakan penyebab imbas rumah kaca | 5 |
3. | Gas CO lebih berbahaya dari CO2. Hal ini disebabkan lantaran bereaksi dengan Hb membentuk HbCO | 5 |
4. | Reaksi pembakaran terjadi dikala zat bereaksi cepat dengan oksigen (O2). Sebagai contoh, arang bergabung dengan oksigen. Reaksi kombusi yang biasa disebut reaksi pembakaran, dan substansi yang terbakar biasanya disebut sebagai materi bakar. Produk dari reaksi pembakaran tepat termasuk karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Reaksi biasanya mengeluarkan panas dan cahaya juga. Persamaan umum untuk reaksi pembakaran yang tepat adalah: Bahan bakar + O2 → CO2 + H2O | 10 |
5. | TEL dihentikan lantaran menghasilkan polutan logam timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Alternatif pengganti TEL yakni MTBE (metil tersier butil eter). | 15 |
6. | Pembakaran materi bakar yang tidak tepat akan menghasilkan gas CO, sedangkan pembakaran tepat akan menghasilkan gas CO2. Gas CO lebih berbahaya daripada gas CO2 lantaran sanggup berikatan dengan hemoglobin membentuk HbCO, yang ikatannya jauh lebih besar lengan berkuasa daripada ikatan Hb dengan O2, sehingga sanggup mengganggu pernapasan. | 15 |
Format Penilaian Sikap Siswa
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | |||||||||
Mengajukan pertanyaan | Menjawab pertanyaan | Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas | Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun | Memberikan solusi | |||||||
YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | ||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
4. | |||||||||||
5. | |||||||||||
... |
Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar : …………………………………………………..
Nama Tugas : …………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik : …………………………………………………..
Kelas / SMT : …………………………………………………..
NO | KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | SKOR (1-5)* |
1 | Cara mempresentasi a. Kejelasan bahasa b. Mudah dipahami c. Menarik | ||
2 | Bahan presentasi: a. Sesuai konsep b. Menarik c. Inovatif | ||
3 | Menanggapi masukan/pertanyaan | ||
TOTAL SKOR |
Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : ...............................................................................................................
Sub Materi : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke : ...............................................................................................................
No | Kegiatan | Skor | Rubrik/kriteria | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Pendahuluan | Memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 10-15 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 16-20 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 21-30 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | ||||
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi | 1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | ||||||
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||||||
2. | Kegiatan Inti | Memperhatikan penjelasan guru ihwal model Talking stick dan Snowball Throwing | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | ||||
Memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | ||||||
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru | 1-9 siswa yang mengerjakan tugas | 10-15 siswa yang mengerjakan tugas | 16-20 siswa mengerjakan tugas | 21-30 siswa mengerjakan tugas | ||||||
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas | 1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya | 4-6 siswa mempresentasikan tugasnya | 6-8 siswa mempresentasikan tugasnya | 9-10 siswa mempresentasikan tugasnya | ||||||
Mengulang dan menghubungkan materi dengan Talking stick dan Snowball Throwing | 1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan Talking stick dan Snowball Throwing | 6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan Talking stick dan Snowball Throwing | 9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan Talking stick dan Snowball Throwing | 11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan Talking stick dan Snowball Throwing | ||||||
Mendengarkan guru menawarkan penguatan | 1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 16-20 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru | ||||||
3. | Kegiatan Penutup | Menyimpulkan hasil pembelajaran | 1 siswa yang meyimpulkan | 2-4 siswa yang meyimpulkan | 5 siswa yang meyimpulkan | 5-7 siswa yang meyimpulkan | ||||
Megerjakan soal dan menjawab sendiri | 1-10 siswa yang menjawab soal sendiri | 11-15 siswa yang menjawab soal sendiri | 16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri | 21-30 siswa yang menjawab soal sendiri |
0 Response to ".Docx Rpp Kd 3.3 Kelas Xi Hidrokarbon K-13 Lengkap"
Post a Comment