.Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap
Download RPP KD 3.4 Kelas XI Termokimia
Mendownload perangkat pembelajaran kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi, lengkap dengan RPP, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, KKM, jam dan ahad efektif visit link biru ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 A.           Satuan Pendidikan                      :           SMA Negeri 9 Banda Aceh
  B.            Mata Pelajaran                            :           Kimia
  C.           Kelas/Semester                             :           XI/ 1 (Satu)
  D.           Materi Pokok                               :           Termokimia 
  E.            Alokasi Waktu                             :           6 x 45 Menit 
  F.            Tujuan Pembelajaran                 :           
  G.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
 |  Kompetensi Dasar |  Indikator Pencapaian Kompetensi | 
|  3.4Memahami konsep  sebagai kalor reaksi pada   tekanan tetap dan penggunaannya dalam persamaan termokimia. |  1.    Menjelaskan   konsep  sebagai kalor reaksi  2.    Menerapkan penggunaan konsep dalam persamaan termokimi  3.    Menghitung pada persamaan termokimia. | 
|  4.4    menggunakan persamaan termokimia untuk mengaitkan perubahan jumlah   pereaksi atau hasil reaksi dengan perubahan energi. |   Menjelaskan   penentuan sebagai kalor reaksi dengan perubahan   energi serta penggunaannya dalam termokimia. | 
 H.           Materi Pembelajaran  :           
  a.       Fakta: Perpindahan energi dalam suatu reaksi 
  b.      Konsep:Perubahan entalpi dalam reaksi
  c.       Prinsip: Rumus kimia yang terjadi terhadap perubahan entalpi dalam reaksi 
  d.      Prosedural:langkah-langkah dalam memilih perubahan entalpi dari suatu reaksi
  I.              Metode Pembelajaran     : 1. Model               :Discovery Learning dan jigsaw                                 2. Pendekatan                        : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
                                         3.Metode                     : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah,                                                                                               eksperimen  dan Rasitasi.s
  J.             Media Pembelajaran
      1.Media : Worksheet, gambar (cetak), elektronik.
      2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa.
  K.    Sumber Belajar
              Shidiq Premono. 2009. Kimia : SMA/ MA Kelas XI. Jakarta : PusatPerbukuan                                           Departemen Pendidikan Nasional
              Budi Utami. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : PusatPerbukuan                                         Departemen Pendidikan Nasional.
  L.     Langkah-langkah Pembelajaran :
              1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.    Mempersiapkan penerima didik  b.    Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan   berlangsung perihal konsep   sebagai kalor reaksi,   yaitu dengan menawarkan pertanyaan:  (apersepsi) : “ Apakah kalian masih ingat perihal materi proses   fotosintesis. Fotosintesis hanya sanggup berlangsung dengan derma energy cahaya   matahari (ultraviolet)?”  c.    Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan   menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan perihal konsep   sebagai kalor reaksi  “ Mengapa uang   yang tersimpan di bank sanggup diambil dan sanggup disimpan kembali ?” |  15 menit | 
|  Inti |  Mengamati  d.     Peserta didik memperhatikan guru yang menjelaskan   materi yang sudah lalu.  e.      Guru menawarkan suatu   permasalahan kepada setiap kelompok mengenai konsep   sebagai kalor reak.  f.       Peserta didik mengamati   kejadian dari   permasalahan yang diteliti perihal konsep   sebagai kalor reaksi.  g.      Peserta didik   membaca buku perihal konsep    Menanya  h.      Peserta didik bertanya   mengenai konsep   sebagai kalor reaksi.  i.        Peserta didik bertanya  bagaimana penerapan konsep   dalam kehidupan sehari-hari.  Pengumpulan Data  j.        Guru menawarkan kesempatan kepada   setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkinmasalah yang relevan   dengan materi yang diberikan.  k.      Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji   banyak sekali buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan.  Mengasosiasikan  l.        Setiap perserta didik kelompokberkumpul untuk mendiskusikan   hasil data   yang diperoleh mengenai konsep   sebagai kalor reaksi.  Mengkomunikasikan  m.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.  n.      Peserta didik memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk   menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok |  105 menit | 
|  Penutup |  a.         Peserta didik   menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru.  b.        Guru memberikan   penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik.  c.         Guru melakukan   refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran   hari ini.  d.        Guru memberikan   info untuk pertemuan berikutnya.  e.         Melaksanakan   evaluasi |  15 menit | 
 2.      Pertemuan kedua (2 x 45 menit) indikator 2
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.      Mempersiapkan   penerima didik  b.      Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan   berlangsung perihal penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia., yaitu dengan menawarkan pertanyaan(apersepsi): “ Apakah kalian   masih ingat perihal energi listrik sanggup diubah menjadi bentuk energi kalor?”  c.      Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang   akan dipelajari dengan menawarkan pertanyaan tentang penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia  “ Mengapa nasabah   hanya mengetahui jumlah uang yang ia terima atau keluar dari bank contohnya   berupa pinjaman. |  15 menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan   intruksi dari guru dalam pembagian kelompok menurut nomor urut ketidakhadiran   kelas.  b.        Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan guru berkenaan dengan penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia.  c.         Guru menawarkan materi kepada setiap   peserta   didik dalam kelompok dan masing-masing ditugaskan dengan sub bab   yang berbeda perihal penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia.  d.        Setiap peserta didik dalam kelompok, harus mempelajari   sub materi yang ditugaskan dengan membaca buku dan literatur   lainnya tentang penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia..  Menanya  e.         Peserta didik bertanya   mengenai penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia.  f.         Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan hasil materi yang   diberikan.  Pengumpulan Data  g.        Setiap   kelompok mengumpulkan info dari banyak sekali sumber berguru perihal penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia.  h.        Setiap kelompok berdiskusi membahas soal yang   tertera pada buku.  Mengasosiasikan  i.          Setiap penerima didik dari semua kelompok berkumpul dalam kelompok gres (kelompok   ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka masing-masing.  j.          Setelah   mendiskusikannya, tiap peserta didik dari   tim mahir kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajarkan kepada teman satu kelompok.  k.      kelompok menafsirkan hasil rangkuman dari semua kumpulan sumber mengenai penggunaan   konsep   dalam persamaan termokimia.  Mengkomunikasikan  l.          Peserta didik   mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai penggunaan konsep   dalam persamaan termokimia. |  105 menit | 
|  Penutup |  a.         Peserta didik   menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru.  b.        Guru memberikan   penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik.  c.         Guru melakukan   refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran   hari ini.  d.        Guru memberikan   info untuk pertemuan berikutnya.  e.         Melaksanakan   evaluasi |  15 menit | 
 3.       Pertemuan ketiga (2 x 45 menit) indikator 3
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.      Mempersiapkan   penerima didik  b.      Mengingatkan peserta didikdengan pembelajaran yang akan   berlangsung perihal perhitungan   pada persamaan termokimia., yaitu dengan menawarkan pertanyaan(apersepsi):   “ Apakah kalian masih ingat materi   yang telah dipelajari, yaitu perubahan tekanan, volume, dan kalor?”  c.      Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan menawarkan pertanyaan tentang perhitungan   pada persamaan termokimia ibarat seseorang yang ingin pergi menuju jakarta.  “Mengapa si A   berangkat dari medan menuju jakarta dengan angkutan darat selama 3 hari 2   malam. Sedangkan si B berangkat dengan memakai angkutan maritim selama 3   hari 2 malam.? |  15 menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan guru yang menjelaskan   materi yang sudah lalu.  b.        Guru menawarkan suatu   permasalahan kepada setiap kelompok mengenai perhitungan   pada persamaan termokimia.  c.         peserta didik mengamati   sub materi yang ditugaskan dalam perkelompok   dengan mengkaji buku dan literatur   perihal perhitungan   pada persamaan termokimia.  Menanya  d.        Peserta didik bertanya   mengenai perhitungan   pada persamaan termokimia.  Pengumpulan   Data  e.         Guru menawarkan kesempatan kepada   setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkinmasalah yang relevan   dengan materi yang diberikan.  f.         Siswa dalam setiap kelompok   mengkaji banyak sekali buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang   diberikan.  Mengasosiasikan  g.        Setiap perserta didik kelompok berkumpul untuk mendiskusikan   hasil data   yang diperoleh mengenai perhitungan   pada persamaan termokimia.  Mengkomunikasikan  h.        Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.  i.          Peserta didik memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk   menawarkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok |  105 menit | 
|  Penutup |  a.           Peserta didik   menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan derma guru.  b.          Guru memberikan   penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik.  c.           Guru melakukan   refleksi terhadap penerima didik perihal pembelajaran   hari ini.  d.          Guru memberikan   info untuk pertemuan berikutnya.  e.           Melaksanakan   evaluasi |  15      enit | 
 M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
  1.      Jenis dan bentukpenilaian: penugasan (diskusi),tes tertulis
  2.      Bentuk instrument: sikap, uraian, 
  Tugas  PR 1
  1.      Sebutkan perubahan kalor (perpindahan energi) yang terjadi dalam reaksi kimia 
  2.      Sebutkan macam sistem kimia menurut interaksi dengan lingkungan !
  Tugas  PR2
  1.      Mengapa entalpi suatu sistem tidak sanggup diukur, melainkan yang sanggup diukur yaitu perubahan energi yang menyertai perubahan zat ?
  2.      Reaksi apakah biasanya yang terjadi, kalau suatu wadah air dibiarkan dalam keadaan terbuka ?
  3.      Coba berikan 1 referensi yang menyatakan dari perubahan energi internal !
  Tugas  PR3
  1.      Perpindahan energi dari satu keadaan ke keadaan lain pada tekanan tetap disebut …
  a.              Kalor                                                              d. Energi Potensial
  b.              Kerja                                                              e. Energi Kinetik
  c.              Entalpi 
  2.      Energi yang terkandung dalam suatu materi disebut …
  a.              Kalor                                                              d. Energi potensial
  b.              Entalpi                                                           e. Energi kinetik
  c.              energi internal
  3.      Ciri-ciri reaksi eksoterm yaitu … 
  a.              lingkungan menyerap kalor dari sistem
  b.              sistem menyerap kalor dari lingkungan
  c.              sistem dan lingkungan mempunyai kalor sama
  d.             kalor sistem dan lingkungan kalau dijumlahkan sama dengan nol
  e.              pada simpulan reaksi, kalor lingkungan selalu lebih kecil dari kalor sistem
  4.      Sifat-sifat entalpi sebagai berikut, kecuali ….
  a.              kalor pada tekanan tetap
  b.             tidak sanggup diukur selain perubahannya
  c.              energi yang menyertai reaksi kimia pada tekanan tetap
  d.             panas yang terkandung dalam suatu materi
  e.              perubahan energi pada tekanan tetap
  5.      Reaksi dalam kehidupan sehari-hari berikut ini yang merupakan reaksi endoterm yaitu …
  a.              Respirasi
  b.             Fotosintesis
  c.              perkaratan besi
  d.             pembakaran
  e.              kapur tohor dimasukkan dalam air
  6.      Penulisan persamaan termokimia sesuai hukum yang berlaku yaitu ….
  a.              H2(g) + O2(g)→ H2O(g) ΔH = –x kJ
  b.              H2(g) + O2(g)→ H2O(g) ΔH = –x kJ
  c.              2H2(g) + O2(g)→ 2H2O(g) ΔH = –x kJ
  d.             H2(g) + O2(g)→ H2O(g)
  e.              H2(g) + O2(g) + energi → H2O(g)
  7.      Diketahui persamaan termokimia:
C(s) + O2(g) CO2(g) ΔH = –393,5 kJ
Pernyataan yang benar dari reaksi di atas yaitu … .
 C(s) + O2(g) CO2(g) ΔH = –393,5 kJ
Pernyataan yang benar dari reaksi di atas yaitu … .
 a.              Pembakaran 1 mol karbon menghasilkan kalor sebesar 393,5 kJ
  b.             Pembakaran 1 mol karbon dioksida menghasilkan kalor sebesar 393,5 
  c.              Pembentukan 1 mol karbon dioksida membutuhkan kalor sebesar 393,5 kJ
  d.             Pembakaran 1 mol karbon membutuhkan kalor sebesar 393,5 kJ
  e.              Pembentukan 1 mol karbon dioksida menghasilkan kalor sebesar 196,75 kJ
  8.      Di antara proses berikut yang merupakan proses endoterm yaitu ….
  a.              Awan mengembun
  b.              Air menjadi es
  c.              Agar-agar memadat
  d.             Lelehan besi membeku
  e.              Awan menjadi hujan
  9.      alor pembentukan yaitu kalor yang dilepas atau diharapkan apabila 1 mol senyawa terbentuk dari … .
  a.              ion positif dan negatif
  b.             unsur-unsurnya
  c.              senyawa yang lebih sederhana
  d.             molekul-molekul diatomik
  e.              atom-atomnya
  10.  Persamaan termokimia berikut ini merupakan perubahan entalpi pembentukan         standar (ΔHfo), kecuali … .
  a.              C(s) + 2 Cl2(g) CCl4(l) ΔHf° = –134 kJ
  b.             Ca(s) + Cl2(g) CaCl2(s) ΔHf° = –795,8 kJ
  c.              Fe2(s) + 3/2 O2(g) Fe2O3(s) ΔHf° = –822,2 kJ
  d.             Na(s) + ½ H2(g) + C(s) + 3/2 O2(g) NaHCO3(s) ΔHf° = –947,7 kJ
  e.              Zn(s) + ½ O2(g) ZnO(s) ΔHf° = –348 kJ
  Kunci balasan Soal essay latihan 1
 |  No   Soal |  Kunci   Jawaban |  Skor | 
|  1 |  Reaksi yang   terjadi yaitu reaksi antara sistem dan lingkungan  ·        Sistem yaitu   bab alam semesta yang menjadi sentra perhatian  ·        Lingkungan   yaitu bab alam semesta yang berinteraksi dengan sistem. |  50 | 
|  2 |  Macam-macam sistem kimia   yang berinteraksi dengan lingkungan yaitu :  ·  Sistem terbuka, terjadi perpindahan energi dan   materi  ·  Sistem tertutup, terjadi perpindahan energi tetapi   tidak terjadi perpindahan materi.  ·  Sistem terisolasi, tidak terjadi perpindahan   energidan materi. |  50 | 
 Kunci balasan Soal essay latihan 2
 |  No   Soal |  Kunci   Jawaban |  Skor | 
|  1 |  Entalpi sistem tidak sanggup diukur, melainkan perubahan entalpi yang   menyertai perubahan zat, lantaran dengan perubahan entalpi kita sanggup   memilih entalpi yang dilepaskan atau diserap pada dikala terjadi reaksi. |  35 | 
|  2 |  Reaksi yang terjadi pada dikala suatu wadah terbuka   yaitu, pada umumnya akan mengalami pertambahan energi atau kehilangan energi   dalam bentuk panas. Jika suatu reaksi yang terjadi dalam sistem menghasilkan   panas, maka terasa panas bila sistem tersentuh. Ketika reaksi kimia terjadi,   dimana sistem melepaskan energi atau panas ke lingkungan, hal ini ditunjukkan   dengan keadaan menjadi panas yang disebut dengan reaksi eksoterm. Sedangkan   reaksi kimia terjadi, dimana sistem menyerap kalor atau panas, maka proses   tersebut disebut reaksi endoterm. |  35 | 
|  3 |  Contoh dari energi internal. Anda tidak sanggup   menyampaikan bahwa air panas dalam termos mengandung banyak kalor alasannya yang   terkandung dalam air termos bukan kalor, melainkan yaitu energi internal. |  30 | 
 Kunci balasan Soal Pilihan ganda latihan 3
 |  No   Soal |  Kunci   Jawaban |  Skor | 
|  1 |  C.   Entalpi |  5 | 
|  2 |  C.        Energi   internal |  5 | 
|  3 |  A.         lingkungan   menyerap kalor dari sistem |  5 | 
|  4. |   D.   Panas yang terkandung dalam suatu materi |  5 | 
|  5. |  B.       Fotosintesis |  5 | 
|  6 |  C.     2H2(g)   + O2(g)→ 2H2O(g)   ΔH = –x kJ |  5 | 
|  7 |  A.      pembakaran 1   mol karbon menghasilkan kalor sebesar 393,5 kJ. |  5 | 
|  8 |  C.        Agar-agar memadat |  5 | 
|  9 |  B.    unsur-unsurnya |  5 | 
|  10 |  C.     Fe2(s) +   3/2 O2(g) Fe2O3(s) ΔHf°   = –822,2 kJ |  5 | 

0 Response to ".Docx Rpp Kd 3.4 Kelas Xi Termokimia K13 Lengkap"
Post a Comment