.Docx Rpp Kd 3.7 Kelas Xii Unsur -Unsur Golongan Utama K13
RPP Unsur-unsur utama dalam sistem periodik unsur KD 3.7 k 13
download rppUntuk mendownload perangkat pembelajaran kelas XII lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas XII k-2013 klik saja link ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(revisi menurut permendikbud no.22 tahun2016)
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : XII/ 2
D. Materi Pokok : Unsur-unsur utama dalam sistem periodik unsur
E. Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
1. Peserta didik bisa mengidentifikasikan kelimpahan, kecenderungan, keteraturan sifat kimia dan sifat fisika unsur-unsur golonga n utama yang ada di alam.
2. Peserta didik bisa menjelaskan kegunaan dan dampak serta proses pembuatan unsur-unsur golongan utama dan senyawanya.
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.7 Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfa at, dan proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, dan alkali tanah) | 1. Mengidentifikasi unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkalli tanah) yang ada dialam 2. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur-unsur tersebut 3. Menjelaskan sifat-sifat fisik unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkalli tanah) 4. Menjelaskan sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) dari unsur golongan utama 5. Menjelaskan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkalli tanah) 6. Menjelaskan kegunaan dan dampak penggunaan beberapa unsur golongan utama dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari 7. Menjelaskan proses pembuatan unsur golongan utama dan senyawanya |
4.7 Menyajikan data hasil penelusuran gosip sifat dan pembuatan unsur-unsur golongan utama (halogen, alkali, dan alkali tanah) | Menganalisis data mengenai sifat dan pembuatan unsur-unsur golongan utama (halogen, alkali, dan alkali tanah) |
3. Materi Pembelajaran :
a. Fakta : Kelimpahan unsur-unsur golongan utama.
b. Konsep : Sifat-sifat fisik unsur golongan utama.
c. Prinsip: Reaksi kimia yang terjadi pada unsur-unsur golongan utama
d. Prosedural: Proses pembuatan atau sintesis unsur-unsur golongan utama
4. Metode Pembelajaran : 1. Model : Discovery learning
2. Pendekatan : Saintifik dan Kontekstual
3. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, dan Resitasi
5. Media Pembelajaran
1. Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2. Alat/Bahan : LCD, infocus, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)
6. Sumber Belajar :
1. Sudarmo, U. 2013. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
7. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 1
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana kelimpahan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, alkali, alkali tanah dan halogen) dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi). “apakah kalian masih ingat materi pembelajaran mengenai sejarah perkembangan sistem periodik? Bagaimana perkembangan sistem periodik ?” c. Pemusatan perhatian akseptor didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana kelimpahan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, alkali, alkali tanah dan halogen). “sebagaimana kita ketahui bumi ini mengandung banyak gas N2 dan O2. Namun pernahkah kalian mendengar gas mulia ? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 10 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan intruksi dari guru dalam pembagian kelompok menurut nomor urut ketidakhadiran kelas. b. Guru menunjukkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai kelimpahan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, alkali, alkali tanah dan halogen) c. Peserta didik mengamati aneka macam literatur mengenai kelimpahan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, alkali, alkali tanah dan halogen). Menanya d. Peserta didik bertanya mengenai kelimpahan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, alkali, alkali tanah dan halogen) e. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan materi yang diberikan. Pengumpulan Data f. Guru menunjukkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda persoalan yang relevan dengan materi yang diberikan. g. Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji aneka macam buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan. Mengasosiasikan h. Setiap kelompok mendiskusikan hasil data yang diperoleh mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama. Mengkomunikasikan i. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok j. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok k. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik c. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
2. Pertemuan kedua (2 × 45 menit), indikator 2
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi). “masih inngatkah kalian mengenai mineral-mineral yang diperlukan oleh badan insan ?” c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama. “mengapa pada balon udara dipakai gas helium sebagai materi bakar terbangnnya ?” d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik duduk dalam kelompok menurut kelompok yang diberikan pada pertemuan selanjutnya b. Guru menunjukkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama. c. Peserta didik mengamati aneka macam literatur mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama. Menanya d. Peserta didik bertanya mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama yang belum dipahami. Pengumpulan Data e. Guru menunjukkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda persoalan yang relevan dengan materi yang diberikan. f. Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji aneka macam buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan. Mengasosiasikan g. Setiap kelompok mendiskusikan hasil data yang diperoleh mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan utama. Mengkomunikasikan h. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok i. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok j. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik c. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian tugas e. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya | 15 menit |
3. Pertemuan ketiga (2 × 45 menit), indikator 3
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah) dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi) “masih ingatkah kalian mengenai pengertian sifat fisik unsur dalam ilmu kimia?” c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). “ mengapa tingkat kekerasan suatu logam sanggup berbeda dengan logam lainnya ? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). b. Guru menampilkan video wacana sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Menanya c. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Pengumpulan Data d. Peserta didik mencari aneka macam gosip dari buku dan literatur lainnya mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Mengasosiasikan e. Peserta didik menyimpulkan gosip yang didapat mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Mengkomunikasikan f. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). g. Memberikan kesempatan akseptor didik lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok h. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi akseptor didik | 60 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian tugas d. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya | 15 menit |
4. Pertemuan keempat (2×45 menit), indikator 3 dan 4
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana perbedaan sifat fisik dan kimia unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah) dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi) “apakah kalian masih mengingat materi wacana sifat-sifat suatu unsur ?” c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana perbedaan sifat fisik dan kimia unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). “guru menjelaskan aneka macam nyala lampu, nyala lampu yang berwarna-warni tersebut ternyata berasal dari salah satu golongan utama, tahukah kalian golongan apa itu ? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). b. Guru menampilkan video wacana perbedaan sifat fisik dan kimia unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Menanya c. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan perbedaan sifat fisik dan kimia unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Pengumpulan Data d. Setiap siswa dalam kelompok mencari aneka macam gosip dari buku dan literatur lainnya mengenai perbedaan sifat fisik dan kimia unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). e. Siswa dalam setiap kelompok mengkaji aneka macam buku dan literatur lainnya mengenai materi pelajaran yang diberikan. Mengasosiasikan f. Peserta didik menyimpulkan gosip yang didapat mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Mengkomunikasikan g. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai sifat fisik unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). k. Memberikan kesempatan akseptor didik lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok h. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi akseptor didik | 60 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
5. Pertemuan kelima (2×45 menit), indikator 4
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi) “masih ingatkah kalian mengenai pengertian sifat kimia pada suatu unsur atau senyawa?” c. Pemusatan perhatian akseptor didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama. “mengapa pipa yang dilapisi dengan logam magnesium cenderung lebih usang mengalami korosi dibandingkan dengan pipa yang tidak dilapisi logam magnesium?” d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama. b. Guru menampilkan video wacana percobaan sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama. Menanya c. Peserta didik bertanya mengenai wacana sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama yang belum dipahami. Pengumpulan Data d. Guru menunjukkan intruksi kepada siswa untuk mencari tanggapan atas permasalahan yang diberikan melalui aneka macam literatur. e. Peserta didik mencari aneka macam gosip dari buku dan literatur lainnya mengenai tentang sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama Mengasosiasikan f. Peserta didik menyimpulkan gosip yang didapat mengenai sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama Mengkomunikasikan g. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai sifat-sifat kimia (kereaktifan dan kelarutan) unsur golongan utama. l. Memberikan kesempatan akseptor didik lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok i. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi akseptor didik. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya | 15 menit |
6. Pertemuan keenam (2×45 menit), indikator 5
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama dengan menunjukkan pertanyaan. (apersepsi) “apakah kalian masih ingat materi wacana energi ionisasi dan afinitas elektron dalam sistem periodik unsur ?” c. Pemusatan perhatian akseptor didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. “logam natrium merupakan salah satu logam yang sanggup diiris, lantaran bersifat lunak. Mengapa hal tersebut sanggup terjadi.? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati e. Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. f. Peserta didik membaca aneka macam sumber mengenai keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. Menanya g. Peserta didik bertanya mengenai wacana keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama yang belum dipahami. Pengumpulan Data h. Guru menunjukkan intruksi kepada siswa untuk mencari tanggapan atas permasalahan yang diberikan melalui aneka macam literatur. i. Peserta didik mencari aneka macam gosip dari buku dan literatur lainnya mengenai tentang keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. Mengasosiasikan j. Peserta didik menyimpulkan gosip yang didapat mengenai keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. Mengkomunikasikan k. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai keteraturan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur golongan utama. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian tugas d. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
7. Pertemuan ketujuh (2×45 menit), indikator 6
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama dengan menunjukkan pertanyaan (apersepsi). “apakah kalian masih ingat unsur-unsur apa saja yang paling banyak ditemukan dibumi ini ? c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. “setiap hari kita memakai bahan-bahan menyerupai makanan, pakaian, materi bakar dan kebutuhan hiduplainnya. Tahukan kalian unsur apa saja yang dipakai pada bahan-bahan tersebut ? d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati e. Peserta didik memperhatikan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. f. Peserta didik membaca aneka macam sumber mengenai kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. Menanya e. Peserta didik bertanya mengenai wacana kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama yang belum dipahami. Pengumpulan Data f. Guru menunjukkan intruksi kepada siswa untuk mencari tanggapan atas permasalahan yang diberikan melalui aneka macam literatur. g. Peserta didik mencari aneka macam gosip dari buku dan literatur lainnya mengenai tentang kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. h. Peserta didik mengakaji dan mengerjakan kiprah pada LKPD. Mengasosiasikan g. Peserta didik menyimpulkan gosip yang didapat mengenai kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. Mengkomunikasikan i. Peserta didik mengkomunikasikan kepada guru dan kawan-kawan mengenai kegunaan dan dampak penggunaan unsur-unsur golongan utama. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. c. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
8. Pertemuan kedelapan (2×45 menit), indikator 7.
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu wacana proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah) dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi). “apakah kalian masih ingat kegunaan beberapa unsur golongan utama dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari? c. Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan wacana proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). “guru menunjukkan kepada akseptor didik barang yang mengandung logam Mg. Bagaimana proses memperoleh logam Mg ?. d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan intruksi dari guru dalam pembagian kelompok menurut pemilihan random. b. Guru menunjukkan suatu proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). c. Siswa mengamati aneka macam literatur mengenai proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah). Menanya d. Siswa bertanya mengenai proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah) Pengumpulan Data e. Guru menunjukkan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda persoalan yang relevan dengan materi yang diberikan. f. Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji aneka macam buku dan literatur lainnya mengenai proses pembuatan unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah) Mengasosiasikan g. Setiap kelompok mendiskusikan hasil data yang diperoleh mengenai proses pembuatan halogen dalam mengidentifikasi sifat fisik dan kimia unsur golongan halogen. Mengkomunikasikan h. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok i. Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk menunjukkan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok j. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan sumbangan guru. b. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik c. Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini. d. Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Jenis / bentuk penilaian : penugasan (diskusi)
b. Bentuk instrumen : sikap, uraian, keterampilan.
Tugas/PR 1
1. Sebutkan unsur-unsur yang tergolong pada golongan unsur alkali, alkali tanah, halogen dan gas mulia !
2. Bagaimana kelimpahan unsur gas mulia dialam ?
Tugas/PR 2
1. Buatlah sebuah artikel mengenai produk-produk yang mengandung unsur-unsur golongan alkali tanah !
Tugas/PR 3
1. Mengapa gas mulia dalam keadaan bebas bertindak sebagai gas monoatomik ?
2. Bagaimana kecenderungan perubahan sifat fisik halogen berikut dari F ke I dan jelaskan alasannya.
a. Energi ionisasi
b. Afinitas elektron
c. Titik didih dan titik leleh
d. Daya oksidasi dan reduksi.
3. Logam alkali di alam ditemukan dalam bentuk senyawa yang mempunyai bilangan oksidasi +1. Jelaskan mengapa demikian ?
4. Jelaskan sifat jari-jari atom pada unsur golongan alkali tanah ?
Tugas/PR 4
1. Nitrogen mengisi 78% atmosfer, tetapi aneka macam proses alam melibatkan unsur oksigen yang hanya mengisi 20% atmosfer. Hal ini lantaran nitrogen ….
a. bersifat lembam
b. bersifat reaktif
c. bersifat inert
d. pengoksidasi kuat
e. pereduksi kuat
2. Unsur gas mulia yang sanggup dipakai sebagai gas pengisi balon udara yakni ….
a. Helium
b. Neon
c. Argon
d. Nitrogen
e. Xenon
3. Identifikasi logam alkali sanggup dilakukan dengan reaksi nyala. Warna nyala untuk unsur litium yakni ….
a. Merah
b. Hijau
c. Kuning
d. Biru
e. Ungu
4. Sifat kimia unsur alkali tanah yakni ….
a. unsur logam yang sangat reaktif
b. energi ionisasi dari atas ke bawah makin besar
c. makin sukar melepas elektron
d. bereaksi dengan logam sejenis
e. tidak bereaksi dengan air
5. Warna nyala logam alkali ditimbulkan oleh ….
a. uap logam dari spektrum emisi
b. sifat inertnya
c. energi ionisasi yang makin besar
d. jari-jari yang makin besar
e. titik leleh yang makin besar
6. Energi ionisasi unsur periode ketiga dari kiri ke kanan yakni ….
a. semakin besar
b. semakin kecil
c. tetap
d. kurang reaktif
e. reaktif
7. Keteraturan sifat unsur periode ketiga disebabkan oleh ….
a. perubahan jari-jari atom
b. perubahan energi ionisasi
c. perubahan jumlah elektron kulit valensi
d. perubahan afinitas elektron
e. berkurangnya kereaktifan
8. Unsur yang paling bersifat basa pada unsur periode ketiga yakni ….
a. natrium
b. aluminium
c. sulfur
d. oksigen
e. nitrogen
9. Unsur karbon tidak mempunyai kecenderungan untuk kehilangan elektron valensinya lantaran ….
a. unsur yang tidak reaktif
b. unsur yang reaktif
c. energi ionisasi kecil
d. afinitas elektron besar
e. jari-jari atom besar
10. Senyawa gas mulia yang pertama kali disintesis yakni ….
a. XeF6
b. PtF6
c. XeF2
d. XePtF6
e. XeF4
Kunci tanggapan Soal essay latihan 1
No Soal | Kunci Jawaban | Skor | ||||||||||||
1 | Unsur golongan alkali antara lain hidrogen, litium, natrium, kalium, rubidium, cesium, fransium Unsur golongan alkali tanah antara lain berilium, magnesium, kalsium, stronsium, barium, rudibium Unsur golongan halogen antara lain flourin, klorin, bromiun, iodin, astatin. Unsur golongan gas mulia antara lain helium, neon, argon, kripton, xenon, radon | 50 | ||||||||||||
2 | Kelimpahan gas mulia dialam
| 50 |
Kunci tanggapan Soal essay latihan 3
Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Gas mulia yakni unsur-unsur yang terdapat dalam golongan VIIIA yang mempunyai kestabilan yang sangat tinggi dan sebagian ditemukan di alam dalam bentuk monoatomik. | 25 |
2 | a. Energi ionisasi Konfigurasi elektron valensi halogen yakni ns2, np5. Jadi, mereka mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan satu elektron untuk mendapatkan konfigurasi gas Nobel. Oleh lantaran itu energi ionisasi halogen dalam setiap periode maksimum. Namun, sebagai peningkatan ukuran atom dari fluor untuk yodium, energi ionisasi menurun. b. Jari-jari ion Karena golongan halogen yakni golongan terakhir kedua dalam tabel periodik, mereka mempunyai jari-jari atom terkecil di seluruh periode. Karena, menyerupai yang kita bergerak dari kiri ke kanan dalam periode, biaya meningkat nuklir, dan ini menghasilkan penurunan jari-jari atom. Karena kenaikan dalam jumlah kulit elektron dalam golongan-17 dari fluor yodium, baik peningkatan jari-jari atom dan ion. Jari-jari ion ion halida lebih besar daripada atom halogen. Anion selalu lebih besar dari atom yang sesuai, lantaran dengan penambahan elektron, menurun muatan inti efektif dan awan elektron mengembang. c. Titik didih dan titik leleh Kecenderungan titik leleh dan titik didih halogen tersebut sanggup dijelaskansebagai berikut. Molekul halogen (X2) bersifat nonpolar, dengan demikian gaya tarik-menarik antarmolekul halogen merupakan gaya dispersi. Sebagaimana diketahui, gayadispersi bertambah besar sesuai dengan pertambahan massa molekul (Mr ). Itulahsebabnya mengapa titik leleh dan titik didih halogen meningkat dari atas ke bawah dalam tabel periodik unsur. d. Daya oksidasi dan daya reduksi Halogen merupakan pengoksidasi kuat. Sifat oksidator dari atas kebawah semakin lemah, sehingga halogen-halogen sanggup mengoksidasi ion halida di bawahnya. Sedangkan sifat reduktor ion halida makin ke bawah semakin kuat. | 25 |
3 | Logam alkali bersifat sangat reaktif dikarenakan di kulit terluar mereka, mereka hanya mempunyai 1 elektron dan ini menjadikan logam-logam Alkali menjadi sangat tidak stabil (stabil jikalau 2 atau 8). Sehingga di alam untuk menstabilkan ikatan mereka, mereka akan mengikat unsur-unsur lain. Atom logam alkali bereaksi dengan melepaskan 1 elektron membentuk ion bermuatan +1. Na → Na+ + 1 e- Susunan elektron dari 2.8.1 o 2.8, yang merupakan konfigurasi elektron gas mulia. | 25 |
4. | Semua sifat logam alkali tanah mempunyai kecenderungan yang teratur dari Be ke Ba. Misalnya, jari-jari atom semakin panjang energi ionisasi semakin rendah, keelektronegatifan semakin kecil, dan daya reduksi semakin kuat. | 25 |
Kunci tanggapan Soal essay latihan 4
Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | A. Pengoksidasi kuat | 5 |
2 | A. Helium | 5 |
3 | C. Kuning | 5 |
4. | C. Makin sukar melepas elektron | 5 |
5. | C. energi ionisasi yang makin besar | 5 |
6 | A. semakin kecil | 5 |
7 | E. berkurangnya kereaktifan | 5 |
8 | E. nitrogen | 5 |
9 | A. unsur yang tidak reaktif | 5 |
10 | B. PtF6 | 5 |
Format Penilaian Sikap Peserta Didik
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | |||||||||
Mengajukan pertanyaan | Menjawab pertanyaan | Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas | Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun | Memberikan solusi | |||||||
YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | ||
1. | |||||||||||
2. | |||||||||||
3. | |||||||||||
4. | |||||||||||
5. | |||||||||||
... |
Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar : …………………………………………………..
Nama Tugas : …………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik : …………………………………………………..
Kelas / SMT : …………………………………………………..
NO | KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | SKOR (1-5)* |
1 | Cara mempresentasi a. Kejelasan bahasa b. Mudah dipahami c. Menarik | ||
2 | Bahan presentasi: a. Sesuai konsep b. Menarik c. Inovatif | ||
3 | Menanggapi masukan/pertanyaan | ||
TOTAL SKOR |
Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : ...............................................................................................................
Sub Materi : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke : ...............................................................................................................
No | Kegiatan | Skor | Rubrik/kriteria | ||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1. | Pendahuluan | Memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 10-15 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 16-20 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | 21-30 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran | |||||
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi | 1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | |||||||
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | |||||||
2. | Kegiatan Inti | ||||||||||
Memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | |||||||
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru | 1-9 siswa yang mengerjakan tugas | 10-15 siswa yang mengerjakan tugas | 16-20 siswa mengerjakan tugas | 21-30 siswa mengerjakan tugas | |||||||
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas | 1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya | 4-6 siswa mempresentasikan tugasnya | 6-8 siswa mempresentasikan tugasnya | 9-10 siswa mempresentasikan tugasnya | |||||||
Mendengarkan guru menunjukkan penguatan | 1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 16-20 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru | |||||||
3. | Kegiatan Penutup | Menyimpulkan hasil pembelajaran | 1 siswa yang meyimpulkan | 2-4 siswa yang meyimpulkan | 5 siswa yang meyimpulkan | 5-7 siswa yang meyimpulkan | |||||
Megerjakan soal dan menjawab sendiri | 1-10 siswa yang menjawab soal sendiri | 11-15 siswa yang menjawab soal sendiri | 16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri | 21-30 siswa yang menjawab soal sendiri |
0 Response to ".Docx Rpp Kd 3.7 Kelas Xii Unsur -Unsur Golongan Utama K13"
Post a Comment