(.Docx) Rpp Redoks&Potensial Elektrode Kd 3.3 K 13

RPP Reaksi Redoks&Potensial Elektrode KD 3.3 k 13
download Rpp
Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas XII lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas XII k-2013 klik saja link ini.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(revisi menurut permendikbud no.22 tahun2016)

A.           Satuan Pendidikan                      :           SMA Negeri 9 Banda Aceh
B.            Mata Pelajaran                          :           Kimia
C.           Kelas/Semester                          :           XII/ 1
D.           Materi Pokok                             :           Reaksi redoks & Potensial elektrode
E.            Alokasi Waktu                            :           6 x 45 Menit
F.            Tujuan Pembelajaran                 :          
1.      Siswa bisa Menjelaskan Serta menyetarakan persamaan kimia reaksi redoks dan memperkirakan reaksi menurut potensial elekrode
G.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3  Menyetarakan Persamaan kimia reaksi redoks dan memperkirakan reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektroda
1. Menyetarakan persamaan kimia reaksi dengan memakai metode setengah reaksi
2. Menyetarakan persamaan kimia reaksi redoks dengan memakai metode
perubahan bilangan oksida
3. memperkirakan reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektrode

4.3 Menentukan Urutan kekuatan pengoksidasi atau pereduksi menurut hasil percobaan
Menentukan Urutan kekuatan pengoksidasi atau pereduksi melalui presentasi di kelas

H.           Materi Pembelajaran  :          
a.       Fakta: Jenis yang berlangsung pada reaksi redoks
b.      Konsep: Reaksi redoks yaitu reaksi kimia yang disertai perubahan bilangan oksidasi
c.       Prinsip: Persamaan kimia Reaksi Redoks bisa disetarakan dengan 2 metode, yaitu metode setengah dan metode perubahan bilangan oksida.
d.      Prosedural:  Langkah-langkah dalam penyetaraan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi dan bilangan oksidasi



I.         Metode Pembelajaran    :1. Model        : STAD
 2. Pendekatan            : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
 3.Metode        : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah dan
              Resitasi

      J.      Media Pembelajaran
1. Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2. Alat/Bahan : LCD, infocus, Lembar Kerja Peserta didik


K.           Sumber Belajar                           :          
1. Sudarmo,H. (2003). Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta:Erlangga


L.            Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit) indikator 1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi)” Masih ingatkah kalian bagaimana cara menyetarakan reaksi ?”
c.    Pemusatan perhatian penerima didik menaggapi  motivasi yang disampaikan oleh guru “ Banyak barang-barang dari logam yang dilapisi dengan logam lain yang lebih baik seperi emas, perak dan sebagainya. Proses pelapisan logam merupakan reaksi redoks”
d.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Pesrta didik memperhatikan kode dari guru untuk membentuk kolompok menurut pemilihan random
b.      Peserta didik mendengarkan dan mengamati Guru memberikan materi wacana menyetarakan persamaan kimia rekasi redoks dengan memakai metode setengah raksi
c.       Setiap kelompok diberikan kiprah oleh guru berupa soal wacana penyetaraan reaksi redoks dengan memakai metode setengah reaksi
d.      Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok.
Menanya
e.       Peserta didik melaksanakan Tanya jawab sehubungan dengan penyetaraan persamaan kimia reaksi redoks dengan metode setengah rekasi biar sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS
Pengumpulan Data
f.       Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali buku mengenai materi yang diberikan.
Mengasosiasikan
g.      Setiap kelompok menyimpulkan hasil yang didapatkan mengenai menyetarakan persamaan kimia reaksi redoks dengan metode setengah reaksi.
Mengkomunikasikan
h.      Setiap Kelompok dipanggil secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi
i.        Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
65 menit
Penutup
a.       Guru menyimpulkan materi dari hasil pembelajaran yang di pelajari
b.      Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini
c.       Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya
10 menit
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit) indikator 2
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.       Mempersiapkan penerima didik
b.      Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi)”Apa saja langkah-langkah penyetaraan rekasi redoks memakai metode setengah reaksi ?”
c.       Pemusatan perhatian penerima didik menaggapi  motivasi yang disampaikan oleh guru “Pagar rumah yang terbuat dari besi, kalau catnya sudah terkelupas, apa yang akan terjadi pada pagar tersebut ?
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Pesrta didik memperhatikan kode dari guru untuk membentuk kolompok menurut Prestasi
b.      Peserta didik mendengarkan dan mengamati Guru menjelaskan materi wacana menyetarakan persamaan kimia rekasi redoks dengan memakai metode Perubahan bilangan oksidasi
c.       Setiap kelompok diberikan kiprah oleh guru berupa soal wacana penyetaraan reaksi redoks dengan memakai metode perubahan bilangan oksidasi
d.      Setiap kelompok dibagikan Lomba Kompetensi Siswa untuk dibahas didalam kelompok.
Menanya
e.       Peserta didik melaksanakan Tanya jawab sehubungan dengan penyetaraan persamaan kimia reaksi redoks dengan metode perubahan bilangan oksidasi biar sanggup membahas kiprah yang ada di dalam LKS
Pengumpulan Data
f.       Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali buku mengenai materi yang diberikan.
Mengasosiasikan
g.      Setiap kelompok menyimpulkan hasil yang didapatkan mengenai penyetaraan persamaan kimia reaksi redoks dengan metode perubahan bilangan oksidasi.
Mengkomunikasikan
h.      Setiap Kelompok dipanggil secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi
i.        Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok

65 menit
Penutup
a.       Guru menyimpulkan materi dari hasil pembelajaran yang di pelajari
b.      Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini
c.       Pemberian tugas
d.      Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya
10 menit

Pertemuan Ketiga (2 x 45 menit) indikator 3
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, dengan menunjukkan pertanyaan: (apersepsi)” Bagaimana cara menyetarakan persamaan kimia reaksi redoks ?”
c.    Pemusatan perhatian penerima didik menaggapi  motivasi yang disampaikan oleh guru “Apakah kalian tahu baterai jam, kalkulator elektronik terbuat dari apa?
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Peserta didik memperhatikan kode dari guru untuk membentuk kolompok menurut
b.      Guru menunjukkan suatu permasalahan kepada setiap kelompok mengenai reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektroda
Menanya
c.       Peserta didik melaksanakan Tanya jawab sehubungan dengan reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektroda
Pengumpulan Data
d.      Setiap kelompok diberi kesempatan oleh Guru untuk mengidentifikasi reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektrode
e.       Peserta didik dalam setiap kelompok mengkaji banyak sekali buku mengenai materi yang diberikan.
Mengasosiasikan
f.       Setiap kelompok menyimpulkan hasil yang didapatkan mengenai reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial elektrode
Mengkomunikasikan
g.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
h.      Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memberi tanggapan
i.        Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok

65 menit
Penutup
a.       Guru menyimpulkan materi dari hasil pembelajaran yang di pelajari
b.      Bersama peserta didik melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini
c.       Pemberian tugas
d.      Pemberian gosip untuk pertemuan berikutnya
10 menit
M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: sikap, uraian,
Tugas
1.      Buatlah beberapa pola persamaan kimia reaksi redoks dengan metode setengah reaksi dan bilangan oksidasi dan menciptakan reaksi yang sanggup terjadi menurut potensial eloktrode

Soal Pilihan ganda dan essay
      1.      Di antara reaksi-reaksi tersebut di bawah ini yang merupakan pola reaksi redoks adalah….

A.AgNO3­(aq) + NaCl(aq)                        → AgCl(s)­ + NaNO3(aq)
B.2KI(aq)        + Cl2(aq)­                            → I2(s) + 2KCI(aq)
C.NH3(aq)     + H2O(l)                            → NH4+(aq) + OH(aq)
D.NaOH(aq)  + CH3COOH(aq)                    → CH3COONa(aq) + H2O(l)
E.Al2O3(s)    +  2NaOH(aq)                    → 2NaAlO2(aq) + H2O(aq)

      2.       Reaksi berikut.
3Br (g) + a OH(aq) → b BrO3 + c Br (aq) + d H2O (l)

Berapa Harga koefisien a, b, c, d supaya reaksi di atas setara yaitu ….

A. 2, 2, 5 dan 1
B. 6, 1, 5 dan 3
C. 6, 5, 1 dan 3
D. 5, 6, 3 dan 1
E. 4, 1, 5 dan 2

      3.      Reaksi redoks yang sudah mengalami penyetaraan ialah ….

A. I2(s) + S2O3(aq) → 2I (aq) + SO42- (aq)
B. Al2O3(s) + C(s) → Al (s) + CO2 (q)
C. AgOH(s) + H+ (aq) → Ag2+(aq) + H2O (l)
D. ClO (aq) + Cl (aq) + H+ (aq) → H2O (l)+ Cl2(q)
E. MnO2(s) + 4H+ (aq) + 2Cl (aq) → Mn2+(aq) + 2H2O (l) + Cl2(g)

      4.      Diberikan reaksi redoks dalam suasana basa berikut:

Tentukan koefisien a, b, c, d, e, dan f !

Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
B.
Penyelesaiannya : Reaksi redoks yaitu reaksi yang mengalami oksidasi (kenaikan bilangan oksidasi) dan reduksi (penurunan bilangan oksidasi)
5
2
B.
5
3
E.
MnO2 (s) + 4H+ (aq) + 2Cl- (aq) Mn2+ (aq) + 2H2O (l) + Cl2 (g) Setara bila : 1. Jumlah muatan kiri = muatan kanan 2. Jumlah unsur sebelah kiri = jumlah unsur sebelah kanan.

5
4.
Perubahan bilangan oksidasi yang terjadi pada reaksi di atas sebagai berikut: 

 




Kalikan dengan faktor pengali yang sesuai, sehabis itu posisikan di daerah yang membutuhkan:
 
 

Samakan jumlah muatan kiri kanan dengan menambahkan angka di depan OH 

 

Samakan jumlah O di kiri - kanan. Jumlah O kiri , jumlah O kanan sudah sama. Kaprikornus tidak ada yang perlu ditambahkan lagi. 

 

Jadi:
a = 2, b = 3, c = 1, d = 2, e = 3, dan f = 2.


25

Format Penilaian Sikap Peserta Didik
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun
Memberikan solusi
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
1.











2.











3.











4.











5.











...












Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar                    : …………………………………………………..
Nama Tugas                : …………………………………………………..
Alokasi Waktu            : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik    : …………………………………………………..
Kelas / SMT                : …………………………………………………..
NO
KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
SKOR (1-5)*
1

Cara mempresentasi
a.       Kejelasan bahasa
b.      Mudah dipahami
c.       Menarik

2

Bahan presentasi:
a.       Sesuai konsep
b.      Menarik
c.       inovatif

3

Menanggapi masukan/pertanyaan

TOTAL SKOR

Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran            : ...............................................................................................................
Kelas/Semester            : ...............................................................................................................
Sub Materi                  : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal              : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke             : ...............................................................................................................
No
Kegiatan
Skor
Rubrik/kriteria

1
2
3
4
1
2
3
4

1.
Pendahuluan
Memperhatikan guru dikala membuka pelajaran




1-9 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
10-15 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
16-20 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
 21-30 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran

Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi




1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi

Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran




1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru

2.
Kegiatan Inti
Memperhatikan  penjelasan guru wacana model STAD




1-9 siswa memperhatikan  penjelasan guru
10-15 siswa memperhatikan  penjelasan guru
16-20 siswa memperhatikan  penjelasan guru
21-30 siswa memperhatikan  penjelasan guru

Memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran




1-9 siswa memperhatikan  penjelasan guru
10-15 siswa memperhatikan  penjelasan guru
16-20 siswa memperhatikan  penjelasan guru
21-30 siswa memperhatikan  penjelasan guru

Mengerjakan kiprah yang diberikan guru




1-9 siswa yang mengerjakan tugas
10-15 siswa yang mengerjakan tugas
16-20 siswa mengerjakan tugas
21-30 siswa mengerjakan tugas

Mempresentasikan tugasnya didepan kelas




1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya
4-6  siswa
mempresentasikan tugasnya
6-8 siswa
mempresentasikan tugasnya
 9-10 siswa
mempresentasikan tugasnya




Mendengarkan guru menunjukkan penguatan




1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru
11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru
16-20  siswa yang mendengarkan penguatan guru
21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru

3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan hasil pembelajaran




1 siswa yang meyimpulkan
2-4 siswa yang meyimpulkan
5 siswa yang meyimpulkan
5-7 siswa yang meyimpulkan

Megerjakan soal dan menjawab sendiri




1-10 siswa yang menjawab soal sendiri
11-15 siswa yang menjawab soal sendiri
16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri
21-30 siswa yang menjawab soal sendiri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(.Docx) Rpp Redoks&Potensial Elektrode Kd 3.3 K 13"

Post a Comment