(.Docx) Rpp Sel Elektrokimia Kd 3.4 Lengkap
RPP Sel Elektrokimia KD 3.4 k 13
download Rpp
download Rpp
Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas XII lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas XII k-2013 klik saja link ini.
(revisi menurut permendikbud no.22 tahun2016)
A. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 9 Banda Aceh
B. Mata Pelajaran : Kimia
C. Kelas/Semester : XII/ 1
D. Materi Pokok : Sel Elektrokimia
E. Alokasi Waktu : 7 x 45 Menit
F. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa bisa menganalisis sel volta dan kespontanan reaksi dalam kehidupan sehari-hari.
G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Menganalisis proses yang terjadi dan melaksanakan perhitungan zat atau listrik yang terlibat pada suatu sel volta serta penerapannya dalam kehidupan | 1. Menjelaskan sel volta dan kespontanan reaksi. 2. Menganalisis proses yang terjadi pada suatu sel volta. 3. Menghitung potensial sel dalam suatu sel volta. 4. Mengklasifikasikan sel volta dalam kehidupan sehari-hari. |
4.4 Merancang sel volta dengan memakai materi disekitar | 1. Melakukan percobaan ihwal sel volta. |
H. Materi Pembelajaran :
a. Fakta: Perangkat sel volta dipelopori oleh Luigi Galvani dan Aessandro Volta
b. Konsep: Pada sel volta elektroda kawasan terjadinya reaksi oksidasi dinamakan anoda dan elektroda kawasan terjadinya reaksi reduksi dinamakan katoda.
c. Prinsip: Pada sel volta, anoda merupakan kutub negatif dan katoda merupakan kutub positif.
d. Prosedural: Pada sel volta terdapat hukum dalam penulisan notasi sel yaitu:
1. Anoda diletakkan disisi kiri dua garis tegak, sedangkan katoda diletakkkan disisi kanannya.
2. Konsentrasi larutan larutan dinyatakan dalam satuan molar.
3. Beda potensial ditulis dengan lambang (Eosel) dan dinyatakan dengan satuan volta.
I. Metode Pembelajaran : 1. Model : inkuiri terbimbing
2. Pendekatan : Saintifik, Kontekstual, dan induktif
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan metode pemecahan masalah
J. Media Pembelajaran
1.Media : elektronik, referensi dan papan tulis.
2. Alat/Bahan : LCD dan spidol
K. Sumber Belajar :
1. Sudarmo, U. 2013. Kimia 3 untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta : Erlangga.
L. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 1 dan 2
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu ihwal sel elektrokimia dengan menawarkan pertanyaan: (guru menawarkan pertanyaan ihwal pengertian reaksi redoks) c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal sel elektrokimia. Pertanyaan: (tahukah anda apa yang terdapat didalam batre sehingga ia sanggup menghantarkan arus listrik? Dan bagai mana cara batre itu bekerja?) d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal permasalahan pada sel volta. b. Peserta didik mempelajari ihwal arti dari video yang telah ditampilkan. Menanya c. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema dari gambar yang ditanyakan. d. Bagaimana proses terjadinya sel volta? Pengumpulan Data e. Peserta didik mencari banyak sekali sumber berguru ihwal sel volta. f. Peserta didik mendiskusikan permasalahan ihwal sel volta. Mengasosiasikan g. Peserta didik menyimpulkan ihwal reaksi kespontanan pada sel volta. h. Merangkum ihwal proses yang terjadi pada suatu sel volta. Mengkomunikasikan i. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusnya. j. Memberikan kesempatan bagi peserta didik lain untuk menawarkan tanggapan ataupun saran terhadap penyajian hasil diskusi. k. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Melakukan refleksi c. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik. d. Pemberian tugas. e. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
M. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi.
2. bentuk instrument: sikap, uraian, keterampilan
2. Pertemuan kedua (2 x 45 menit), indikator 3
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu ihwal sel elektrokimia dengan menawarkan pertanyaan: (kenapa batre sanggup dipakai untuk menghidupkan lampu senter?) c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal sel elektrokimia. Pertanyaan: (tahukah anda apa yang terdapat didalam batre sehingga ia sanggup menghantarkan arus listrik? Dan bagai mana cara batre itu bekerja?) d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal permasalahan pada sel volta. b. Peserta didik mempelajari ihwal arti dari video yang telah ditampilkan. Menanya c. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema dari gambar yang ditanyakan. d. Bagaimana proses terjadinya sel volta? e. Bagaimana cara menghitung potensial sel volta? Pengumpulan Data f. Peserta didik mencari banyak sekali sumber berguru ihwal cara menghitung potensial sel volta. g. Peserta didik mendiskusikan permasalahan ihwal sel volta. Mengasosiasikan h. Peserta didik menyimpulkan ihwal reaksi kespontanan pada sel volta. i. Merangkum ihwal proses yang terjadi pada suatu sel volta. j. Menyimpulkan reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada sel volta Mengkomunikasikan k. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya. l. Memberikan kesempatan bagi peserta didik lain untuk menawarkan tanggapan ataupun saran terhadap penyajian hasil diskusinya. m. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Melakukan refleksi c. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mempunyai kinerja terbaik. d. Pemberian tugas. e. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya. f. Melaksanakan evaluasi. | 15 menit |
N. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1. Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. bentuk instrument: sikap, uraian, keterampilan
3. Instrumen
Tugas
1. Apa yang dimaksud dengan sel volta / galvani?
2. Apa perbedaan dari elektrokimia dan sel elektrokimia?
Kunci tanggapan Soal
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1. | Sel volta atau galvani yaitu sel yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik. | 50 |
2. | Elektrokimia yaitu cabang ilmu kimia yang mempelajari ihwal aspek elektronik dari reaksi kimia. Sedangkan sel elektrokimia yaitu suatu sel yang disusun untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik atau sebaliknya. | 50 |
3. Pertemuan ketiga (2 x 45 menit), indikator 4
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik b. Membuka pembelajaran yang akan berlangsung, yaitu ihwal sel elektrokimia dengan menawarkan pertanyaan: (masih ingatkah kau bagaimana cara menghitung biloks?) c. Pemusatan perhatian peserta didik (motivasi) dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan pernyataan ihwal sel elektrokimia. Pertanyaan: (tahukah kau bagai mana cara merancang sel volta dengan memakai bahan-bahan yang ada disekitamu?) d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai | 15 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik memperhatikan klarifikasi dari guru ihwal permasalahan pada sel volta. b. Peserta didik mempelajari ihwal arti dari video yang telah ditampilkan. c. Menyimak klarifikasi cara menghitung potensial sel volta. Menanya d. Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan dilema dari gambar yang ditanyakan. e. Bagaimana proses terjadinya sel volta? f. Bagaimana sel volta dalam kehidupan sehari-hari? g. Apakah ada kekerabatan antara arus dengan jumlah zat hasil reaksi? Pengumpulan Data h. Peserta didik mencari banyak sekali sumber berguru ihwal sel volta. i. Peserta didik mendiskusikan permasalahan ihwal sel volta dengan cara demosntrasi. j. Merancang dan melaksanakan percobaan dengan memakai materi disekitar. k. Membahas penerpan sel volta dalam kehidupan. Mengasosiasikan l. Peserta didik menyimpulkan ihwal reaksi kespontanan pada sel volta. m. Merangkum ihwal proses yang terjadi pada suatu sel volta. n. Menyimpulkan reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada sel volta. o. Menyimpulakan kespontanan reaksi menurut hasil analasis terhadap data pengamatan. Mengkomunikasikan p. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok. q. Menuliskan dipapan tulis diagram sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta r. Memberikan kesempatan bagi peserta didik lain untuk menawarkan tanggapan ataupun saran terhadap penyajian hasil diskusi. s. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi. | 60 menit |
Penutup | a. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. b. Melakukan refleksi c. Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mempunyai kinerja terbaik. d. Pemberian tugas. e. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya. | 15 menit |
O. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi.
2. bentuk instrument: sikap, uraian, keterampilan
4. Pertemuan keempat (1 x 45 menit),
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | a. Mempersiapkan akseptor didik dengan mengecek kehadiran dan berdoa bersama. b. Peserta didik menyiapkan perlengkapan untuk ulangan harian. | 5 menit |
Inti | a. Mengerjakan soal-soal. | 30 menit |
Penutup | a. Melakukan refleksi b. Pemberian informasi untuk pertemuan berikutnya. | 10 menit |
P. Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Jenis /teknik penilaian: tes tertulis
2. bentuk instrument: sikap, keterampilan
3. Instrumen
SOAL PILIHAN GANDA
1. Peristiwa dikala reaksi kimia menghasilkan energi listrik berlangsung dalam….
a. Dialysis
b. Sel Galvani
c. Elektrolisis
d. Reaksi oksidasi
e. Reaksi reduksi
2. Diketahui potensial reduksi standar untuk reaksi sel berikut:
Cu2+ (aq) + Zn (s) → Cu (s)+ Zn2+ (aq) E0 = +1,10 volt
Pb2+ (aq) + Zn (s) → Pb (s)+ Zn2+ (aq) E0 = +0,63 volt
Cu2+ (aq) + Pb (s) → Cu (s)+ Pb2+ (aq) E0 = +0,47 volt
Berdasarkan harga-rahga potensial sel diatas sanggup disimpulkan bahwa urutan ketiga logam diatas urutan reduktor yang menurun adalah…..
a. Pb, Zn, Cu
b. Zn, Pb, Cu
c. Cu, Zn, Pb
d. Cu, Pb, Zn
e. Zn, Cu, Pb
3. Oksidator berikut yang lebih baik dari Ag adalah…
a. Ni
b. H
c. Cu
d. Hg
e. Pt
4. Logam A sanggup mendesak logam B dari larutannya, logam C sanggup mendesak logam B dari larutannya. Logam C tidak sanggup mendesak logam A dari larutannya. Urutan potensial reduksi yang semakin besar dari ketiga logam terseebut adalah….
a. A > B > C
b. B > A > C
c. A > C > B
d. B > C > A
e. C > A > B
5. Sel volta mempunyai elektode perak (E0 Ag+│Ag = +0,80 volt) dan seng (E0 Zn2+│Zn = -0,76). Pernyataan berikut yang sempurna adalah….
a. Reaksi sel yaitu Zn2+ + 2Ag → Zn + 2Ag+
b. Diagram selnya yaitu Zn│Zn2+ Ag+│Ag
c. Electron mengalir dari perak ke seng
d. Potensial sel sebesar 0,04 volt
e. Perak bertindak sebagai anode
Kunci Jawaban Pilihan Berganda
No Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Ada dua jenis sel elektrokimia (elektro = listrik, ilmu yang mempelajari kaitan reaksi kimia dengan energi listrik). Sel volta- sel Gslvani meruapakan suatu sel yang mengubah reaksi kimia menjadi energi listrik. Contohnya ibarat batrai. Batrai mempunyai zat kimia didalamnya yang sanggup dimafaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Jawaban : B | 20 |
2 | Logam Zn bereaksi meruduksi dengan ion Cu2+ dan Pb2+, maka Zn dikiri Pb dan Cu. Logam Pb bereaksi mereduksi dengan ion Cu2+, maka Pb dikiri Cu. Dalam deret volta, makin kiri sifat reduktor makin kuat, maka urutan reduktor yang menurun ialah: Zn – Pb – Cu Jawaban : B | 20 |
3 | Oksidator yang lebih baik dibandingkan Ag yaitu zat-zat yang berada disebelah kanan Ag. Dimana bentuk dari deret volta sebagai berikut: Li, K, Ba, Sr, Ca, Na, La, Ce, Mg, Lu, Al, Mn, (H2O), Zn, Cr, Fe, Cd, Co, Ni, Pb, H, Sb, Bi, Cu, Hg, Ag, Pt, Au. Jawaban: E | 20 |
4. | Mendesak artinya mengoksidasi. Logam A sanggup menddesak logam B = potensial reduksi A>B sehingga A mengalami reduksi sedangkan B mengalami oksidasi. Logam C sanggup mendesak logam B = potensial reduksi C>B Logam C tidak sanggup mereduksi logam A = potensial reduksi A>C Urutan potensial reduksi dari yang terkecil yaitu B<C<A. Jawaban: C | 20 |
5. | Elektron tertentu mengalir dari zat yang mengalami oksidasi (Zn) ke zat yang mengalami reduksi ((Ag). Anode = kawasan berlasungnya oksidasi = Zn Katode = kawasan berlangsungnya reduksi = Ag Jawaban: B | 20 |
Format Penilaian Sikap Siswa
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | |||||||||
Mengajukan pertanyaan | Menjawab pertanyaan | Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas | Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun | Memberikan solusi | |||||||
YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | YA | TIDAK | ||
1. | | | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | | | | |
... | | | | | | | | | | | |
Format Penilaian Psikomotorik
Mata Pelajaran : …………………………………………………..
Nama Tugas : …………………………………………………..
Alokasi Waktu : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik : …………………………………………………..
Kelas / SMT : …………………………………………………..
NO | KELOMPOK | ASPEK PENILAIAN | SKOR (1-5)* |
1 | | Cara mempresentasi a. Kejelasan bahasa b. Mudah dipahami c. Menarik | |
2 | | Bahan presentasi: a. Sesuai konsep b. Menarik c. inovatif | |
3 | | Menanggapi masukan/pertanyaan | |
TOTAL SKOR | |
Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran : ...............................................................................................................
Kelas/Semester : ...............................................................................................................
Sub Materi : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke : ...............................................................................................................
No | Kegiatan | Skor | Rubrik/kriteria | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Pendahuluan | Memperhatikan guru ketika membuka pelajaran | | | | | 1-9 siswa memperhatikan guru ketika membuka pelajaran | 10-15 siswa memperhatikan guru ketika membuka pelajaran | 16-20 siswa memperhatikan guru ketika membuka pelajaran | 21-30 siswa memperhatikan guru ketika membuka pelajaran |
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi | | | | | 1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | 6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi | ||
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran | | | | | 1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru | 21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru | ||
2. | Kegiatan Inti | Memperhatikan penjelasan guru ihwal model inkuiri | | | | | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru |
Memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran | | | | | 1-9 siswa memperhatikan penjelasan guru | 10-15 siswa memperhatikan penjelasan guru | 16-20 siswa memperhatikan penjelasan guru | 21-30 siswa memperhatikan penjelasan guru | ||
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru | | | | | 1-9 siswa yang mengerjakan tugas | 10-15 siswa yang mengerjakan tugas | 16-20 siswa mengerjakan tugas | 21-30 siswa mengerjakan tugas | ||
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas | | | | | 1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya | 4-6 siswa mempresentasikan tugasnya | 6-8 siswa mempresentasikan tugasnya | 9-10 siswa mempresentasikan tugasnya | ||
| Mengulang dan menghubungkan materi dengan inkuiri | | | | | 1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan inkuiri | 6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan inkuiri | 9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan inkuiri | 11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan materi dengan inkuiri | |
Mendengarkan guru menawarkan penguatan | | | | | 1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 16-20 siswa yang mendengarkan penguatan guru | 21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru | ||
3. | Kegiatan Penutup | Menyimpulkan hasil pembelajaran | | | | | 1 siswa yang meyimpulkan | 2-4 siswa yang meyimpulkan | 5 siswa yang meyimpulkan | 5-7 siswa yang meyimpulkan |
Megerjakan soal dan menjawab sendiri | | | | | 1-10 siswa yang menjawab soal sendiri | 11-15 siswa yang menjawab soal sendiri | 16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri | 21-30 siswa yang menjawab soal sendiri |
0 Response to "(.Docx) Rpp Sel Elektrokimia Kd 3.4 Lengkap"
Post a Comment