(Docx) Rpp2013 Kd 3.3 Konfigurasi Elektron Kelas X Lengkap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KD 3.3 Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 revisi ihwal Konfigurasi Elektron



Untuk mendownload perangkat pembelajaran kelas X lengkap dengan rpp, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, lembar kerja siswa untuk kelas X k-2013 klik saja link ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(revisi menurut permendikbud no.22 tahun2016)
A.           Satuan Pendidikan                      :           SMA Negeri 5 Banda Aceh
B.            Mata Pelajaran                            :           Kimia
C.           Kelas/Semester                             :           X/ 1
D.           Materi Pokok                               :           Konfigurasi Elektron
E.            Alokasi Waktu                             :           6 x 45 Menit (2Pertemuan)

F.            Tujuan Pembelajaran                 :          

1.      Siswa bisa menjelaskan dan menghubungkan konfigurasi elektron, pola konfigurasi electron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik.

G.           Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Memahami cara penulisan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik.
1. Menjelaskan cara penulisan konfigurasi elektron unsur dalam tabel periodik
2. Menjelaskan pola konfigurasi electron terluaru ntuk setiap golongan dalam tabel periodik.
3. Menghubungkan konfigurasi electron dan pola konfigurasi electron untuk setiap golongan dalam table periodik,dan cara penulisan konfigurasi electron berdasarkan kulit dan subkulit, Ada hukum aufbau, hund dan azas laranagan pauli.
4.3 Menentukan letaksuatuunsurdalamdalamtabelperiodikdansifat-sifatnyaberdasarkankonfigurasielektron.
Menjelaskan letak suatu unsure dan sifat-sifatnya konfigurasi elektron yang terdapat dalam tabel periodik

H.           Materi Pembelajaran  :          

a.       Fakta                                       :
b.      Konsep                                    :
1.      Mengenai cara penulisan konfigurasi elektron dan contoh konfigurasi elektron
2.      Hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam sistem periodik

c.       Prinsip                                     : 2n2 (n= nomorkulit )
d.      Prosedural                               :

I.       Metode Pembelajaran           :1. Model        : Jigsaw
.2. Pendekatan            : Saintifik
 3.Metode        : Ceramah, Tanya jawab, dandiskusi

      J.      Media Pembelajaran

1.Media : gambar (cetak) dan elektronik, rujukan
2. Alat/Bahan : LCD, Lembar Kerja Siswa

K.           Sumber Belajar                           :          

1. CandraPurnawa, danRomatyah A.N 2013. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X.Sidoerjo: PT MasmediaBuanaPustaka
2.UnggulSudarmo, 2004. Kimia Untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Jakarta : Erlangga.
3. Internet

L.            Langkah-langkah Pembelajaran :

1. Pertemuan pertama (3 x 45 menit), indikator 1 danindikator 2
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Mempersiapkan penerima didik
b.    Guru mengapsenpesertadidik
c.    Guru membukapelajaran yang akan berlangsung tentang materi sebelumnya, yaitu tentang bentuk orbital
d.   Guru memberikan motivasi yaitu, bagaimana bentuk-bentuk molekul??
e.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai hari ini
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Guru mengelompokkan siswa kedalam 4 anggota tim
b.      Setiap siswa dalam kelompok diberikan bagian materi yang berbeda, tentang konfigurasi electron, pola konfigurasi electron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik
c.       Setiap siswa anggota kelompok mempelajari sub bahan yang ditugaskan dengan mengkaji literatur tentang konfigurasi elektron, pola konfigurasi electron terluar untuk setiap golongandalam tabel periodik
d.      Siswa mengamati gambar konfigurasi electron yang ditayangkan oleh guru
e.       Setiap kelompok dibagikan LKPD untuk dibahas didalam kelompok
f.       Siswa membaca buku tentang konfigurasi electron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik
Menanya
g.      Guru memberikan pertanyaan peserta didik menjawab denganjelas dan benar
h.      Siswa melakukan Tanya jawab sehubungan dengan masalah dan hasil kajian yang telah diamati, agar dapat membahas tugas yang ada di LKPD
Pengumpulan Data
i.        Setiap siswa darisemuakelompok yang memiliki materi yang sama dan berkumpul dalam kelompok baru untuk mendiskusikan sub bagian mater imasing-masing
j.        Berdiskusi membahas tugas di LKPD yang berhubungan dengan masing-masing materi
Mengasosiasikan
k.      Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sum berbelajar
l.        Setiap kelompok menjelaskan tentang materi masing-masing
Mengkomunikasikan
m.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
n.      Memberikan kesempatan bagi kelompok lain untuk memberikan tanggapan atau saran terhadap penyajian hasil diskusi kelompok
o.      Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok

105menit
Penutup
a.       Siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari dengan pertolongan guru.
b.      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja terbaik
c.       Bersama siswa melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.
d.      Guru memberikan tugas
e.       Pemberian info untuk pertemuan berikutnya
f.       Melaksanakan evaluasi
g.      Guru menutuppertemuandengansalam
15 menit


2. Pertemuan kedua (3 x 45 menit), indikator 3
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.       Mempersiapkan penerima didik
b.      Guru mengapsenpesertadidik
c.    Guru membukapelajaran yang akan berlangsung tentang materi sebelumnya, yaitu tentang bentuk orbital
d.   Guru memberikan motivasi
e.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai hari ini
15 menit
Inti
Mengamati
a.       Guru mengelompokkan siswa kedalam 4 anggota tim
b.      Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang konfigurasi electron, pola konfigurasi electron terluar untuk setiap golongan dalam table periodic
c.       Guru memberikan LKPD dan menjelaskan tentang konfigurasi electron pada LKPD tersebut
Menanya
d.      Tanya jawab antara kelompok tentang hal yang belum mengerti
e.       Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum mengerti
Pengumpulan Data
f.       Setiap siswa berdiskusi dan membahas tugas di LKPD yang berhubungan denganmateri
Mengasosiasikan
g.      Menyimpulkan bahwa golongan dan periodic unsure dan ditentukan oleh nomor atom dan konfigurasi elektron
Mengkomunikasikan
h.      Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kinerja kelompoknya didepan kelas dan kelompok lain menanggapinya
105menit
Penutup
a.       Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan
b.      Guru memberikan tugas
c.       Bersama sisiwa melakukan reflesi terhadap pembelajaran hari ini
d.      Guru melaksanakan evaluasi
15 menit

M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
1. Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi), observasi, tes tertulis
2. Bentuk instrument: sikap, uraian,
3. Instrumen




Tugas  PR
     1.      Buatlah Tabel periodik unsur modern beserta lengkap dengan keterangannya.
Soal Pilihan ganda dan essay
1.      Konfigurasielektronpada atom 13Al adalah….
A.    1s2 2s2 2p6 3s2 3p1
B.     1s2 2s2 2p6 3s2 3p2
C.     1s2 2s2 2p6 3s2 3p1 4s2
D.    1s2 2s2 2p6 3s2 3p1 4s2 3d7

2.      “Elektron electron pada orbital yang memiliki tingkat energy sama akan mengisi terlebih dahulu kotak-kotak yang kosong dengan arah spin tertentu, Kemudian orbital diisi dengan electron berikutnya dengan arah spin yang berlawana.”Merupakan aturan dari..
A.Asas Aufbau
B. Kaidah Hund
C. Asas Larangan pauli
D. Thomson

      3.      Elektron elektron dalam satu atom tidak boleh mempunyai empat bilangan kuantum yang nilainya sama semua.
A.    Asas Aufbau
B.     Kaidah Hund
C.     Azas Larangan Pauli
D.    Thomson

4.   Tuliskan konfigurasi electron dari  atom-atom berikut;
a.       11Na
b.      6C
c.       26Fe
d.      27

5.  Bagaimana bunyi hokum Asas Aufbau?

Kunci tanggapan Soal Pilihan ganda dan essay
No Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
A.    1s2 2s2 2p6 3s2 3p1
10
2
B.     KaidahHund
10
3
C.        AsasLarangan Pauli
10
4.
a.       11Na = 1s2 2s2 2p6 3s1
b.      6C    = 1s2 2s2 2p2
c.       26Fe  = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d6
d.      27X   = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7
45
5.
Elektron secara bertahap menempati orbital dimulai dari energi yang paling rendah, setelah orbital berernergi rendah terisi penuh, electron menempati orbital yang energinya satu tingkat lebih tinggi, dan seterusnya sampai semua electron dalam atom menempati orbitalnya.

25





Format Penilaian Sikap Siswa
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
Menanggapi gagasan dengan perilaku yang santun
Memberikan solusi
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
1.











2.











3.











4.











5.











...













Format Penilaian Psikomotorik
Mata Ajar                    : …………………………………………………..
Nama Tugas                : …………………………………………………..
Alokasi Waktu            : …………………………………………………..
Nama Peserta Didik    : …………………………………………………..
Kelas / SMT                : …………………………………………………..
NO
KELOMPOK
ASPEK PENILAIAN
SKOR (1-5)*
1

Cara mempresentasi
a.       Kejelasan bahasa
b.      Mudah dipahami
c.       Menarik

2

Bahan presentasi:
a.       Sesuai konsep
b.      Menarik
c.       Inovatif

3

Menanggapi masukan/pertanyaan

TOTAL SKOR

Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap tanggapan dan ketepatan dalam proses presentasi
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = cukup baik
4 = baik
5 = sangat baik


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
Mata Pelajaran            : ...............................................................................................................
Kelas/Semester            : ...............................................................................................................
Sub Materi                  : ...............................................................................................................
Hari/ Tanggal              : ...............................................................................................................
Pertemuan Ke             : ...............................................................................................................
No
Kegiatan
Skor
Rubrik/kriteria
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Pendahuluan
Memperhatikan guru dikala membuka pelajaran




1-9 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
10-15 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
16-20 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
 21-30 siswa memperhatikan guru dikala membuka pelajaran
Menjawab pertanyaan pada acara apersepsi dan motivasi




1-2 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
3-5 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
6-8 siswa menjawab pertanyaan pada acara apersepsi
Memperhatikan guru menjelaskan tujuan pembelajaran




1-9 siswa memperhatikan klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan klarifikasi guru
2.
Kegiatan Inti
Memperhatikan  klarifikasi guru ihwal model jigsaw




1-9 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
Memperhatikan guru menjelaskan bahan pelajaran




1-9 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
10-15 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
16-20 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
21-30 siswa memperhatikan  klarifikasi guru
Mengerjakan kiprah yang diberikan guru




1-9 siswa yang mengerjakan tugas
10-15 siswa yang mengerjakan tugas
16-20 siswa mengerjakan tugas
21-30 siswa mengerjakan tugas
Mempresentasikan tugasnya didepan kelas




1- 4 siswa mempresentasikan tugasnya
4-6  siswa
mempresentasikan tugasnya
6-8 siswa
mempresentasikan tugasnya
 9-10 siswa
mempresentasikan tugasnya



Mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw




1-5 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
6-8 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
9-11 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
11-15 siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan jigsaw
Mendengarkan guru memperlihatkan penguatan




1-10 siswa yang mendengarkan penguatan guru
11-15 siswa yang mendengarkan penguatan guru
16-20  siswa yang mendengarkan penguatan guru
21-30 siswa yang mendengarkan penguatan guru
3.
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan hasil pembelajaran




1 siswa yang meyimpulkan
2-4 siswa yang meyimpulkan
5 siswa yang meyimpulkan
5-7 siswa yang meyimpulkan
Megerjakan soal dan menjawab sendiri




1-10 siswa yang menjawab soal sendiri
11-15 siswa yang menjawab soal sendiri
16- 20 siswa yang menjawab soal sendiri
21-30 siswa yang menjawab soal sendiri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Docx) Rpp2013 Kd 3.3 Konfigurasi Elektron Kelas X Lengkap"

Post a Comment