Download Rpp Kd 3.1 Senyawa Hidrokarbon K13 [.Docx]
download rpp KD 3.1 Senyawa Hidrokarbon [.docx]
Mendownload perangkat pembelajaran kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi, lengkap dengan RPP, silabus, prota, prosem, kalender pendidikan, KKM, jam dan ahad efektif visit link biru ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(revisi menurut permendikbud no.22 tahun 2016)
 A.           Satuan Pendidikan                       :           SMA Negeri 9 Banda Aceh
  B.            Mata Pelajaran                            :           Kimia
  C.           Kelas/Semester                             :           XI / 1
  D.           Materi Pokok                               :           Senyawa Hidrokarbon 
  E.            Alokasi Waktu                             :           8 x 45 Menit 
  F.            Tujuan Pembelajaran                  :           
  1.      Peserta didik bisa menjelaskan perihal senyawa organik, senyawa anorganik, sumber senyawa karbon, senyawa hidrokarbon, sifat alkena dan alkuna serta kegunaan alkena dan alkuna
  2.      Peserta didik bisa menentukan kekhasan atom karbon dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
  3.      Peserta didik bisa mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan
  4.      Peserta didik bisa mengidentifikasi senyawa karbon
 G. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
|  Kompetensi   Dasar |  Indikator   Pencapaian Kompetensi | 
|  3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa   hidrokarbon menurut pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan   senyawanya  |  1.       Mendeskripsikan senyawa organik dan anorganik  2.       Mengidentifikasi senyawa karbon  3.       Menjelaskan sumber senyawa karbon  4.       Menentukan kekhasan atom karbon  5.       Mendefinisikan senyawa hidrokarbon  6. Mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut   kejenuhan ikatan  7.  Menentukan tata nama senyawa alkana, alkena dan   alkuna  8.       Menjelaskan sifat alkena dan alkuna  9.       Menjelaskan kegunaan alkena dan alkuna | 
|  4.1  Menemukan   banyak sekali struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan   memvisualisasikannya |  1.  Menyajikan   model visual untuk memilih banyak sekali struktur molekul hidrokarbon dari   rumus molekul yang sama | 
H. Materi Pembelajaran :
 a.       Fakta: kelimpahan senyawa organik dan senyawa anorganik dalam kehidupan sehari-hari
  b.      Konsep: pengertian senyawa hidrokarbon
  c.       Prinsip: tata nama senyawa, reaksi-reaksi alkena dan alkuna
  d.      Prosedural: langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna
 I. Metode Pembelajaran : 1. Model : NHT dan Discovery
  2. Pendekatan   : Saintifik dan kontekstual
  3.Metode          : Diskusi, tanya jawab, ceramah dan penugasan
 J. Media Pembelajaran
 1. Media : video, powerpoint.
  2. Alat/Bahan : LCD, papan tulis dan spidol.
 K. Sumber Belajar :
 1.      Sudarmo, Unggul. 2013. Kimia untuk Sekolah Menengan Atas atau MAN Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
 L. Langkah-langkah Pembelajaran :
 1. Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 1, 2, 3 dan 4.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.    Mempersiapkan   akseptor didik  b.    Membuka   pembelajaran yang akan berlangsung dengan menawarkan pertanyaan apakah kalian   masih ingat konfigurasi elektron atom karbon? (apersepsi)  c.    Pemusatan   perhatian akseptor didik (motivasi) dengan menginformasikan bahan yang akan   dipelajari dengan memberikan pertanyaan tahukah kalian kira-kira plastik   itu mengandung senyawa apa ?  d.   Menyampaikan   tujuan pembelajaran yang harus dicapai |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan isyarat dari guru   dalam pembagian kelompok  b.        Peserta didik mengamati pemberian nomor yang diberikan oleh guru.     c.         Peserta didik membaca buku dan literatur lainnya perihal pengertian senyawa organik dan   anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan   atom karbon.                              Pengumpulan   Menanya   d.        Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan   senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa   karbon dan kekhasan atom karbon.  Mengumpulkan   Data  e.         Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari banyak sekali   literatur perihal senyawa   organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan   kekhasan atom karbon.  f.         Melakukan diskusi yang berafiliasi dengan senyawa organik   dan anorganik, identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan   atom karbon.  g.        Guru menyebutkan salah satu nomor pada masing-masing   kelompok.  h.        Peserta didik yang nomornya sudah dipanggil menawarkan   pertanyaan kepada kelompok lain yang bernomor sama.  i.          Guru memanggil akseptor didik yang bernomor sama dari   kelompok lain untuk menawarkan aksesori terhadap pendapat kelompok yang   menjawab pertanyaan.  Mengasosiasikan  j.          Masing-masing akseptor didik dalam kelompok sanggup   menyimpulkan bahan perihal senyawa organik dan anorganik, identifikasi senyawa karbon,   sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon.  Mengkomunikasikan  k.        Kelompok yang dipanggil oleh guru mempresentasikan   hasil diskusi kelompoknya perihal senyawa organik dan anorganik,   identifikasi senyawa karbon, sumber senyawa karbon dan kekhasan atom karbon.  l.          Guru menawarkan penguatan terhadap hasil diskusi   kelompoknya. |  60   menit | 
|  Penutup |  a.         Peserta didik menyimpulkan bahan   yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.  b.        Memberikan penghargaan kepada   kelompok yang mempunyai kinerja terbaik  c.         Guru bersama akseptor didik   melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.  d.        Pemberian tugas  e.         Pemberian informasi untuk   pertemuan berikutnya  f.         Melaksanakan evaluasi |  15   menit | 
 2.      Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 5, 6 dan 7.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Mempersiapkan akseptor didik.  b.        Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan   menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat mengenai kekhasan atom   karbon? (Apersepsi)  c.         Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan   menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan mengapa   senyawa hidrokarbon banyak jenisnya?  d.        Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan isyarat dari guru   dalam pembagian kelompok menurut nomor urut absensi.  b.        Guru menawarkan suatu   permasalahan kepada setiap kelompok mengenai senyawa hidrokarbon,   pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama   senyawa alkana, alkena dan alkuna.  c.         Peseta didik membaca buku dan   banyak sekali literatur lainnya mengenai senyawa hidrokarbon, pengelompokan   senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa   alkana, alkena dan alkuna.  Menanya  d.        Peserta didik bertanya mengenai senyawa   hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan   dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  e.         Peserta didik melaksanakan tanya   jawab sehubungan dengan bahan yang diberikan.  Pengumpulan   Data  f.         Guru menawarkan kesempatan kepada   setiap kelompok untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda duduk kasus   yang relevan dengan bahan yang diberikan.  g.        Peserta didik dalam setiap   kelompok mengkaji banyak sekali literatur    lainnya mengenai bahan pembelajaran yang diberikan.  h.        Peserta didik dalam setiap   kelompok melaksanakan diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru   mengenai bahan senyawa hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon   menurut kejenuhan ikatan dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  Mengasosiasikan  i.          Setiap kelompok menyimpulkan   informasi yang didapat dari banyak sekali sumber mengenai senyawa hidrokarbon,   pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan dan tata nama   senyawa alkana, alkena dan alkuna.  Mengkomunikasikan  j.          Setiap kelompok   mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai senyawa   hidrokarbon, pengelompokan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan   dan tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  k.        Memberikan   kesempatan bagi kelompok lain untuk menawarkan tanggapan atau saran terhadap   penyajian hasil diskusi kelompok.  l.          Guru menawarkan   penguatan terhadap hasil diskusi kelompok. |  60   menit | 
|  Penutup |  a.         Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah   dipelajari dengan proteksi guru.  b.        Memberikan penghargaan kepada kelompok yang   mempunyai kinerja terbaik.  c.         Guru bersama peseta didik melaksanakan refleksi   terhadap pembelajaran hari ini.  d.        Pemberian tugas.  e.         Guru  menginformasikan   materi  untuk pertemuan berikutnya.  f.         Melaksanakan evaluasi. |  15   menit | 
 3.      Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 7.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Mempersiapkan akseptor didik  b.        Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan   menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat pengelompokan senyawa hidrokarbon?  (apersepsi)  c.         Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan   menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan   perihal tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.   “Bagaimana   langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna?”.  d.        Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan power point yang   ditampilkan oleh guru perihal tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  b.        Peserta didik memperhatikan guru menawarkan   duduk kasus mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  c.         Peseta didik membaca buku dan banyak sekali literatur   lainnya mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  Menanya  d.        Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan   dengan bahan yang diberikan.   Pengumpulan   Data  e.         Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok   untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kegiatan - kegiatan duduk kasus yang relevan   dengan bahan yang diberikan.  f.         Peserta didk dalam setiap kelompok mengkaji   banyak sekali literatur  lainnya mengenai   bahan pembelajaran yang diberikan.  g.        Peserta didik dalam setiap kelompok melaksanakan   diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai bahan tata   nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  Mengasosiasikan  h.        Peserta didik menyimpulkan informasi yang didapat   dari banyak sekali sumber mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.  Mengkomunikasikan  i.          Setiap kelompok mempresentasikan   hasil diskusi kelompok mengenai tata nama senyawa alkana, alkena dan   alkuna dari banyak sekali sumber yang di dapat.   j.          Guru menawarkan penguatan   terhadap hasil diskusi kelompok. |  60   menit | 
|  Penutup |  a.           Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah   dipelajari dengan bimbingan guru.  b.          Memberikan penghargaan kepada kelompok   yang mempunyai kinerja terbaik.  c.           Guru bersama akseptor melaksanakan   refleksi terhadap pembelajaran hari ini.  d.          Pemberian tugas.  e.           Pemberian informasi untuk   pertemuan berikutnya. |  15      enit | 
 4.      Pertemuan pertama (2 x 45 menit), indikator 8 dan 9.
 |  KEGIATAN |  DESKRIPSI KEGIATAN |  ALOKASI   WAKTU | 
|  Pendahuluan |  a.         Mempersiapkan akseptor didik  b.        Membuka pembelajaran yang akan berlangsung dengan   menawarkan pertanyaan apakah kalian masih ingat bagaimana langkah-langkah   penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna? (apersepsi)  c.         Pemusatan perhatian siswa (motivasi) dengan   menginformasikan bahan yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan mengapa   karet bersifat sangat elastis?  d.        Menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus   dicapai. |  15   menit | 
|  Inti |  Mengamati  a.         Peserta didik memperhatikan video   yang ditampilkan oleh guru mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan   alkuna.   b.        Peserta didik memperhatikan guru menawarkan   duduk kasus mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna.  c.         Peseta didik membaca buku dan banyak sekali literatur   lainnya mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna.  Menanya  d.      Peserta didik melaksanakan tanya jawab sehubungan dengan duduk kasus   yang diberikan oleh guru maupun yang didapatkan dari sumber lain mengenai   sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna.  Pengumpulan   Data  e.         Guru menawarkan kesempatan kepada setiap kelompok   untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kegiatan - kegiatan duduk kasus yang relevan   dengan bahan yang diberikan.  f.         Peserta didik mengkaji banyak sekali literatur  lainnya mengenai bahan pembelajaran yang   diberikan.  g.        Peserta didik melaksanakan diskusi dengan sobat   lainnya mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru.  Mengasosiasikan  h.      Peserta   didik menyimpulkan informasi yang didapat dari banyak sekali sumber mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan alkuna.  Mengkomunikasikan  i.          Peserta didik mempresentasikan informasi yang didapat dari   banyak sekali literatur mengenai sifat dan kegunaan senyawa alkena dan   alkuna.  j.          Guru menawarkan penguatan   terhadap informasi yang didapat oleh akseptor didik. |  60   menit | 
|  Penutup |  a.         Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah   dipelajari dengan bimbingan guru.  b.        Guru bersama akseptor didik   melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran hari ini.  c.         Pemberian tugas  d.        Pemberian informasi untuk   pertemuan berikutnya  e.         Melaksanakan evaluasi. |  15   menit | 
 M.          Penilaian Hasil Pembelajaran :
  1. Jenis /teknik penilaian: penugasan (diskusi) dan observasi.
  2. Bentuk instrument: sikap, uraian dan keterampilan.
     Tugas
       1.      Jelaskan perbedaan yang fundamental antara senyawa alkana, alkena dan alkuna !
       2.      Jelaskan langkah-langkah penamaan senyawa alkana, alkena dan alkuna !
  Soal Pilihan ganda
  1.       Salah satu faktor yang menjadikan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah...
  A.    Karbon melimpah di kulit bumi
  B.     Karbon mempunyai 4 elektron valensi
  C.     Dapat membentuk rantai atom karbon
  D.    Titik didih karbon sangat tinggi
  E.     Karbon sangat reaktif
  2.        Atom karbon mempunyai kekhasan. Pernyataan yang sempurna mengenai kekhasan atom karbon adalah...   
  A.    Karbon mempunyai 4 elektron valensi yang bisa membentuk ikatan kovalen yang kuat
  B.   Karbon mempunyai ukuran relatif besar sehingga bisa mengikat semua unsur
  C.   Karbon mempunyai 6 elektron valensi yang sanggup berikatan semua
  D.   Karbon sanggup disintesis oleh manusia
  E.   Karbon sanggup membentuk ikatan ion dari keempat elektron terluarnya         
  3.      Yang merupakan struktur dari 2-pentena adalah....
  A.    CH3 – CH2 – CH2 – CH2 – CH3
  B.      CH3 – CH2 – CH = CH – CH3
  C.     CH3 – CH2 – CH2 – CH= CH2
  D.    CH2 = CH – CH2 – CH3
  E.     CH2 = CH – CH = CH2
  4.      Perhatikan struktur berikut ini:
  Nama senyawa tersebut adalah...
  A.    3-etil-6,6-dimetilheptana
  B.     3-metil-6,6-etilheksana 
  C.     2-dimetil-5-etilpropana
  D.    4-dimetil-3,3-etilheksana
  E.     5-dimetil-5-metilbutana
  5.       Perhatikan kelompok senyawa berikut ini:
  1.    C2H6 , C5H12 , C7H16
  2.    C2H4 , C5H10 , C7H14
  3.    C4H8 , C5H12 , C7H16
  4.    C3H6 , C4H10 , C7H16
  5.    C2H2 , C5H8 , C7H12      
  Yang termasuk senyawa alkena dan alkuna berturut-turut ialah adalah..
 A.   1 dan 2  B.   1 dan 3 
  C.   2 dan 4 
  D.   2 dan 5 
  E.   3 dan 4     
    
  
 
    
  
    
 
  Kunci balasan Soal Pilihan ganda
 |  No   Soal |  Kunci   Jawaban |  Skor | 
|  1 |  Faktor yang menjadikan senyawa karbon   banyak jumlahnya ialah sanggup membentuk rantai atom karbon ialah senyawa   karbon sanggup membentuk rantai atom karbon  C.     Dapat membentuk rantai atom   karbon |  20 | 
|  2 |  Karbon mempunyai   nomor atom 6 dengan 4 elektron valensi, sehingga bisa membentuk ikatan   kovalen yang kuat.  A.     Karbon   mempunyai 4 elektron valensi yang bisa membentuk ikatan kovalen yang kuat. |  20 | 
|  3 |  Struktur   dari 2-pentena ialah CH3 – CH2 – CH = CH –   CH3. Hal ini dikarenakan ikatan   rangkap dua pada senyawa tersebut terletak pada atom C kedua.  B.     CH3 –   CH2 – CH = CH – CH3 |  20 | 
|  4. |  Nama senyawa dari struktur tersebut ialah 3-etil-6,6-dimetilheptana.   Karena rantai induk terdiri dari 7 atom C. Di atom C ketiga terdapat cabang   etil dan di atom C keenam terdapat 2 cabang metil. Senyawa tersebut merupakan   senyawa golongan alkana.  A.  3-etil-6,6-dimetilheptana |  20 | 
|  5. |  Alkena : CnH2n               : pada No. 2 : C2H4 ,   C5H10 , C7H14  Alkuna : CnH2n-2           : pada No. 5 : C2H2 ,   C5H8 , C7H12  D.        2 dan 5 |  20 | 
 Format Penilaian Sikap Siswa
 |  No |  Nama   Siswa |  Aspek   yang dinilai | |||||||||
|  Mengajukan   pertanyaan |  Menjawab   pertanyaan |  Mengemukakan   gagasan sesuai topik yang dibahas |  Menanggapi   gagasan dengan perilaku yang santun |  Memberikan   solusi | |||||||
|  YA |  TIDAK |  YA |  TIDAK |  YA |  TIDAK |  YA |  TIDAK |  YA |  TIDAK | ||
|  1. | |||||||||||
|  2. | |||||||||||
|  3. | |||||||||||
|  4.  | |||||||||||
|  5. | |||||||||||
|  ... | |||||||||||
 Format Penilaian Psikomotorik
  Mata Ajar                    : …………………………………………………..
  Nama Tugas                : …………………………………………………..
  Alokasi Waktu            : …………………………………………………..
  Nama Peserta Didik    : …………………………………………………..
  Kelas / SMT                : …………………………………………………..
 |  NO |  KELOMPOK |  ASPEK PENILAIAN |  SKOR (1-5)* | 
|  1 |  Cara mempresentasi  a.         Kejelasan bahasa  b.        Mudah dipahami  c.         Menarik  | ||
|  2 |  Bahan presentasi:  a.         Sesuai konsep  b.        Menarik  c.         inovatif | ||
|  3 |  Menanggapi masukan/pertanyaan | ||
|  TOTAL SKOR | |||
 Catatan: *) Skor diberikan dengan rentang skor 1(satu) hingga dengan 5 (lima), dengan ketentuan semakin lengkap balasan dan ketepatan dalam proses presentasi
  1 = tidak baik
  2 = kurang baik
  3 = cukup baik
  4 = baik
  5 = sangat baik
 LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
 Mata Pelajaran            : ...............................................................................................................
  Kelas/Semester            : ...............................................................................................................
  Sub Materi                  : ...............................................................................................................
  Hari/ Tanggal              : ...............................................................................................................
  Pertemuan Ke             : ...............................................................................................................
 |  No |  Kegiatan |  Skor |  Rubrik/kriteria | |||||||
|  1 |  2 |  3 |  4 |  1 |  2 |  3 |  4 | |||
|  1. |  Pendahuluan |  Memperhatikan   guru saat membuka pelajaran |  1-9   siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran |  10-15   siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran  |  16-20   siswa memperhatikan guru saat membuka pelajaran |   21-30 siswa memperhatikan guru saat   membuka pelajaran  | ||||
|  Menjawab   pertanyaan pada kegiatan apersepsi dan motivasi  |  1-2   siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi |  3-5   siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi  |  6   siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi  |  6-8   siswa menjawab pertanyaan pada kegiatan apersepsi | ||||||
|  Memperhatikan   guru menjelaskan tujuan pembelajaran  |  1-9   siswa memperhatikan klarifikasi guru  |  10-15   siswa memperhatikan klarifikasi guru  |  16-20   siswa memperhatikan klarifikasi guru |  21-30   siswa memperhatikan klarifikasi guru  | ||||||
|  2.    |  Kegiatan   Inti |  Memperhatikan  penjelasan guru perihal model NHT dan DISCOVERY |  1-9   siswa memperhatikan  penjelasan guru  |  10-15   siswa memperhatikan  penjelasan guru |  16-20   siswa memperhatikan  penjelasan guru |  21-30   siswa memperhatikan  penjelasan guru | ||||
|  Memperhatikan   guru menjelaskan bahan pelajaran |  1-9   siswa memperhatikan  penjelasan guru |  10-15   siswa memperhatikan  penjelasan guru |  16-20   siswa memperhatikan  penjelasan guru |  21-30   siswa memperhatikan  penjelasan guru  | ||||||
|  Mengerjakan   kiprah yang diberikan guru |  1-9   siswa yang mengerjakan tugas |  10-15   siswa yang mengerjakan tugas |  16-20   siswa mengerjakan tugas |  21-30   siswa mengerjakan tugas | ||||||
|  Mempresentasikan   tugasnya didepan kelas |  1-   4 siswa mempresentasikan tugasnya |  4-6  siswa   mempresentasikan   tugasnya |  6-8   siswa   mempresentasikan   tugasnya |   9-10 siswa   mempresentasikan   tugasnya | ||||||
|  Mengulang   dan menghubungkan bahan dengan NHT dan   DISCOVERY |  1-5   siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY |  6-8   siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY |  9-11   siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY |  11-15   siswa yang mengulang dan menghubungkan bahan dengan NHT dan DISCOVERY | ||||||
|  Mendengarkan   guru menawarkan penguatan |  1-10   siswa yang mendengarkan penguatan guru |  11-15   siswa yang mendengarkan penguatan guru |  16-20  siswa yang mendengarkan penguatan guru |  21-30   siswa yang mendengarkan penguatan guru | ||||||
|  3. |  Kegiatan   Penutup |  Menyimpulkan   hasil pembelajaran |  1   siswa yang meyimpulkan  |  2-4   siswa yang meyimpulkan |  5   siswa yang meyimpulkan |  5-7   siswa yang meyimpulkan | ||||
|  Megerjakan   soal dan menjawab sendiri |  1-10   siswa yang menjawab soal sendiri |  11-15   siswa yang menjawab soal sendiri |  16-   20 siswa yang menjawab soal sendiri |  21-30   siswa yang menjawab soal sendiri | ||||||

0 Response to "Download Rpp Kd 3.1 Senyawa Hidrokarbon K13 [.Docx]"
Post a Comment