Lomba Lkti Kimia Untuk Siswa Se-Sumatera 2018

Lomba Karya Tulis oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAMIA) Sekolah Menengan Atas dalam rangka Pekan Ilmiah Kimia XVIII Se-Sumatera tahun 2018

        [Khusus siswa] Tata Tertib Lomba Karya Tulis oleh Himpunan Mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) tahun 2018 yaitu sebagai berikut sebagaimana dikutip dari laman resmi HMP Himamia pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 16.59. Info dalam google drive lebih akurat dari web resmi HIMAMIA.


HIMAMIA FKIP UNIB LKTI Tingkat Mahasiswa

di PTN / PTS / Politeknik Se-Sumatera


Tema                                : " Application of chemistry by golden generation”
Sub Tema                        :
Ø  Sains, Teknologi dan Energi
Ø Pendidikan
Ø Pertanian dan Pangan
Ø Kesehatan
Ø Lingkungan
Peserta                              : Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / Politeknik Se-Sumatera
Pendaftaran                      : 22 Desember 1 Februari 2018
Waktu pelaksanaan          :  Selasa , 13 Februari 2018
Tempat pelaksanaan         : Ruang Rapat Utama Lt.2 Lab Pembelajaran Universitas Bengkulu
Biaya pendaftaran             : Rp.100.000 /judul ( Full Karya)


Tahap Pelaksanaan Lomba :

1.
Penerimaan karya
:  22 Desember 2017 1 Februari 2018
2.
Penjurian
:  2 4 Februari 2018
3.
Pengumuman 10 besar
: 5 Februari 2018 (website himamia, email, fb)
4.
Konfirmasi kehadiran
: 6 - 10 Februari 2018
5.
Technical Meeting
: 11  Februari 2018
6.
Grand Final
: 13 Februari 2018
7.
Pengumuman Pemenang
: 14 Februari 2018

Syarat dan Ketentuan     :

1.  Lomba terbuka untuk seluruh Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / Politeknik Se-Sumatera.
2.  Boleh diikuti perseorangan atau tim maksimal 3 orang.
3.  Karya  tulis  yang  dilombakan  belum  pernah  menjadi  finalis  atau  memenangkan kompetensi di tempat lain.
4. Penerimaan naskah karya tulis dibuka mulai 22 Desember 2017 1 Februari 2018

5. Pembayaran dapat dibayarkan langsung ke Stand Pendaftaran PIK XVIII GKB III Lantai II UNIB atau dapat ditransfer melalui rekening Bank BNI 0453891647 sdri ISNAENI (slip bukti pembayaran harap disimpan atau difoto sebagai bukti).
6. Peserta  yang  telah  melakukan  registrasi,  harap  mengirim  SMS  ke  0895640571042 (Sukaina Adibi) dengan format sms : Nama_Asal Universitas_Judul Karya Tulis.
7. Peserta mengirim full karya tulisnya dalam bentuk pdf (dikompers ke bentuk zip/rar) dengan format Nama_Asal Universitas_Judul Karya Tulis, dan melampirkan data diri peserta  dalam bentuk Ms. Word serta Slip pembayaran  melalui email  sukaina.adibi@gmail.com
8. Setiap  peserta  wajib  mengisi  formulir  pendaftaran  yang  dapat  diunduh  di  fanpage Facebook Himamia FKIP UNIB atau keblog https://pendidikan-kimia-unib.blogspot.com dan juga sanggup langsung mengambil formulir distand GKB III Universitas Bengkulu

Proses Seleksi :
1. Panitia mengupayakan agar semua Karya Tulis  dapat dipresentasikan.
2. Jika jumlah peserta yang ikut serta dalam LKTI Tingkat Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / Politeknik Se-Sumatera kurang dari 10, maka semua karya tulis yang masuk akan dipresentasikan.
3. Jika jumlah peserta yang ikut serta dalam LKTI mahasiswa PIK XVIII lebih dari 10 Karya   Tulis maka Dewan Juri akan menyeleksi 10 karya tulis yang layak dan memenuhi kriteria untuk dipresentasikan.
4.Karya Tulis dipresentasikan selama maximum 15 menit ( 8 menit presentasi dan 7
  menit tanya jawab)
5.Presentasi dilaksanakan pada hari selasa tanggal 12 Februari 2018
6.Peserta harus membuat presentasi dalam format Ms. Power Point (.ppt atau .pptx) yang
   diserahkan pada panitia saat registrasi.
7. Setiap penerima diwajibkan menciptakan poster atau banner atau prototipe , sanggup pilih salah satu bentuk grand design tersebut yang diadaptasi dengan karya tulis yang dibentuk untuk mendukung gagasan dan ditampilkan ketika persentasi.
8. Poster atau banner atau prototipe yang dibentuk penerima akan di tampilkan di ekspo kimia dari hari Senin, 11 Februari 2018




Persyaratan Penulisan   :

1. Naskah diketik rapi pada kertas A4 dengan jarak 1,5 spasi, font size 12, huruf Times New Roman, dengan batas pengetikan (margin) : samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm, dan batas bawah 3 cm.
2. Naskah ditulis minimal 15 halaman dan maksimal 30 halaman (belum termasuk halaman judul prakata, daftar isi, daftar table, abstrak).
3. Bahasa yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan,   sederhana,   jelas,   satu-kesatuan,   mengutamakan   istilah   yang   mudah dimengerti tidak menggunakan singkatan seperti : tdk, tsb, yg, dgn, dll, dsb.
4. Alinea baru diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok kedalam semuanya dan tanpa diberi tanda titik.

Sistematika Penulisan  :

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut  :

1.      Bagian awal

a.                Halaman judul/cover
            Judul identik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan    masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
§  Subtema yang dipilih

§  Logo Universitas

§  Nama penulis dan anggota Tim

§  Asal universitas dan nama kota /provinsi  ditulis dengan jelas

§  Tahun penulisan

b.      Lembar pengesahan         :

§  Lembar pengesahan memuat judul, bidang/subtema karya tulis yang dipilih, nama penulis, nama Universitas , asal Universitas, no. hp / E-mail, dan biodata pembimbing
§  Lembar pengesahan ditandatangani oleh ketua tim, guru pembimbing, dan wakil dekan (wadek) bidang kemahasiswaan Fakultas
§  Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tangggal pengesahan

 c.  Kata pengantar dari penulis
d.  Daftar isi dan daftar lainya yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar table, dan   daftar lampiran.
e.  Ringkasan (Abstrak)  karya tulis ditulis 1 halaman dengan spasi 1.0 font size 12, aksara Times New Roman, dengan batas pengetikan (margin) : samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm, dan batas bawah 3 cm. Dan ditulis sebanyak 250 s.d 500 kata. Abstrak mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi. Abstrak di lengkapi dengan keyword yang ditulis dengan aksara times new romans font 10 dan di italic.
2.      Bagian Inti

         Penulisan halaman bagian pokok karya tulis sampai dengan penutup menggunakan angka 1,2,3 dan seterusnya) diketik disebelah kanan bawah. Adapun susunan kepenulisan bab inti :

 a. BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
      Latar belakang meliputi wacana alasan mengangkat duduk kasus tersebut menjadi karya tulis dan klarifikasi wacana makna penting serta menariknya duduk kasus tersebut untuk ditelaah. Latar belakang sebaiknya didukung oleh warta dan data yang terpercaya.
1.2  Rumusan Masalah
Uraian  singkat  mengenai  identifikasi  masalah  atau  perumusan masalah.
1.3  Tujuan penulisan
1.4  Manfaat penulisan
 b. Bab II Tinjauan Pustaka
     Tinjauan  Pustaka  berisi  landasan  teori  dan  konsep-konsep  yang relevan, berasal dari sumber yang jelas, termasuk pendapat terdahulu dan pemecahan duduk kasus yang pernah dilakukan.
c. Bab III Metode Penulisan
     Metode penulisan berisi mekanisme yang dipakai dalam penulisan karya ilmiah yang menguraikan cara pengumpulan data dan informasi, cara pengolahan data dan warta serta analisisnya, dan desain atau citra prototype dari karya tulis.
d. Bab IV Hasil dan Pembahasan
     Berisi  uraian  hasil  kajian  dan  ide  pengembangan  sesuai  dengan rumusan duduk kasus dan tujuan. Pembahasan berisi analisis permasalahan menurut pada data dan warta serta telaah pustaka untuk menghasilkan pemecahan duduk kasus atau gagasan.

e.  Bab V  Penutup

§  Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.

§  Saran  yang  disampaikan  berupa  kemungkinan  atau  prediksi  transfer  gagasan  dan adopsi ide yang diusulkan atau produk keluaran.
3.      Bagian Akhir

a. Daftar pustaka

  Dicantumkan untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
b. Lampiran-lampiran (jika diperlukan)

c. Daftar riwayat hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tangga lahir, alamat tempat tinggal, no. hp/E-mail, riwayat pendidikan, karya-karya ilmiah yang pernah dibentuk (bila ada), penghargaan-pengahrgaan ilmiah yang pernah diraih (bila ada) serta riwayat prestasi yang bersifat non akademik maupun akademik.


Kriteria Penialaian:
a.   Penulisan 40%
b.   Presentasi 60%




Hadiah                         :
Juara 1                    : Piala+ Uang pembinaan + Piagam penghargaan
Juara 2                    : Piala + Uang pembinaan + Piagam penghargaan
Juara 3                    : Piala + Uang pembinaan + Piagam penghargaan


Contact Person                      :

Marti Hitsmi                    : 085268068166
Sukaina Adibi                  : 0895640571042
     Tanti                                : 089633284283

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Lkti Kimia Untuk Siswa Se-Sumatera 2018"

Post a Comment