Rpp Bahan Pengandaian Bahasa Inggris Kelas X
RPP Pengandaian Bahasa Inggris
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/1
Materi Pokok : Pengandaian
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (6 JP X 45 Menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan mengambarkan sikap sebagai pecahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Mensyukuri kesempatan sanggup mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator:
1.1.1 Melaksanakan aktivitas dengan bersungguh-sungguh selama proses pembelajaran sebaagai wujud rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. (cetak tebal fokus afektif hari ini)
Indikator:
2.2.1 Melaksanakan perilaku disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.2 Menyelesaikan kiprah menurut pekerjaan sendiri.
2.2.3 Melaksanakan kiprah secara bertanggung jawab.
2.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator:
2.3.1 Melaksanakan sikap kerjasama dalam melaksanakan kerja kelompok dengan teman.
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
3.10.1 menyebutkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10.2 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menyusun teks mulut dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikuti perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
4.14.1 membuat teks mulut untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikuti perintah/saran.
4.14.2 Membuat teks berbentuk goresan pena untuk menyatakan dan menanyakan wacana pengandaian diikiuti perintah/saran.
C. Materi Pembelajaran
· Fungsi sosial
Mengingatkan, menasehati, berita-cita, menyatakan kebenaran umum, dsb.
· Struktur teks
If you want to pass the exam, why don’t you study hard from now? If you want to be the head of the OSIS, offer a good jadwal to improve the school environment. Unless you put some cherry on it, your cake will look pale and dull., dan semacamnya.
· Unsur kebahasaan
1. Kata untuk menyatakan pengandaian: if …, unless …
2. Kalimat imperative, ungkapan why don’t …
3. Kata kerja bantu need, should, have to, dsb..
4. Kosa kata: benda-benda yang terkait dengan pembelajaran di Sekolah Menengan Atas dan kehidupan siswa sebagai remaja
5. Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara sempurna dalam frasa nominal
6. Ucapan, tekanan kata, intonasi,
7. Ejaan dan tanda baca
8. Tulisan tangan.
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Approach
2. Model : Inquiry learning
3. Strategi : pengamatan (observasi) diskusi kelompok (berpasangan), penugasan individu
E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : gambar, video, ppt, loadspeaker.
2. Alat : laptop, whiteboard, LCD.
3. Sumber pembelajaran:
· Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kelas XII.
· Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Hari pertama.
Pendahuluan (15 menit )
1) Guru memberi salam (greeting); dan mengajak penerima didik untuk berdoa bersama.
2) Guru menyidik kehadiran penerima didik;
3) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
· Apersepsi: Guru mengenalkan topik gres wacana pengandaian dengan cara:
· Warming-up:
· Guru bertanya kepada penerima didik untuk berandai apa yang akan kau lakukan 5 tahun kedepan.
· Guru menanyakan wacana pelajaran kemarin terkait wacana news item.
· Guru bertanya pemahaman penerima didik dan memastikan tidak ada pertanyaan wacana pelajaran news item.
· Lead in:
· Guru memancing sejauh mana pengetahuan penerima didik ketika penerima didik melaksanakan aktifitas berandai-andai wacana 5 tahun.
· Guru bertanya kepada penerima didik apa yang akan dipelajari hari ini.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati 5’
5) Terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
6) Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Menanya 5’
7) Dengan bimbingan dan isyarat guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain wacana perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan memakai ungkapan lain, akhir kalau menyebutkan pelakunya, dsb.
Mengumpulkan Informasi 50’
8) Mendengarkan dan menyaksikan banyak pola interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam konteks yang benar, dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
9) Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks yang benar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
10) Dengan bimbingan dan isyarat guru, mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks yang benar.
11) Secara kolaboratif, berusaha memakai bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan aktivitas lain yang terstruktur.
Penutup (15’ menit)
12) Peserta didik dan guru melaksanakan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
13) Peserta didik dan guru menawarkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
14) Guru menawarkan kiprah membaca wacana fungsi sosial dan struktur teks wacana menyatakan dan menanyakan pendapat.
15) Setiap group wajib membawa karton dan pensil berwarna, spidol berwarna, atau krayon untuk pertemuan selanjutnya.
16) Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.
Hari kedua.
Pendahuluan (15 menit )
1) Guru memberi salam (greeting); dan mengajak penerima didik untuk berdoa bersama.
2) Guru menyidik kehadiran penerima didik;
3) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
· Warming-up:
· Guru bertanya kepada penerima didik wacana pelajaran pada pertemuan yang lalu.
· Siswa menjawab sesuai dengan pertanyaan guru.
Kegiatan inti (60 menit)
Menalar/Mengasosiasi 30’
5) Membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran yang telah dikumpulkan dari banyak sekali sumber tersebut di atas.
6) Membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang dipakai dalam bahasa lain.
7) Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan sahabat wacana fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengomunikasikan 30’
8) Menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
9) Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta goresan pena yang terperinci dan rapi.
10) Membicarakan permasalahan yang dialami dalam memakai bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dan menuliskannya dalam jurnal berguru sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (15 menit)
11) Peserta didik dan guru melaksanakan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
12) Peserta didik dan guru menawarkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
13) Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkkan salam penutup.
G. Penilaian
1. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : fiil in the blank (tenses)
c. Kisi-kisi :
No. | Indikator | Butir Instrumen |
| Disajikan dalam bentuk soal rumpang dan diisi memakai struktur teks pada menanyakan dan menyatakan pengandaian. | Lampiran soal |
d. Instrumen: soal terlampir (10 soal, masing-masing ada 2 jawaban)
e. Pedoman penskoran: setiap tanggapan mempunyai skor 5
2. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen : Tes Keterampilan Menulis
c. Kisi-kisi:
No. | Keterampilan/Indikator | Butir Instrumen |
Menulis | ||
| Peserta didik diminta untuk menuliskan menyatakan pengandaian dengan tema yang sesuai diberikan guru | 1 teks |
Berbicara | ||
| Mempresentasikan didepan kelas wacana pengandaian. | |
d. Lembar penilaian writing
No | Name | Focus | Total Score | Nilai | |||||
Text Org. | Target Content | Grammar | Vocab | Mechanic | Tidiness and deadline | ||||
1. | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | | |
6. | | | | | | | | | |
7. | | | | | | | | | |
8. | | | | | | | | | |
9. | | | | | | | | | |
10. | | | | | | | | | |
11. | | | | | | | | | |
12. | | | | | | | | | |
13. | | | | | | | | | |
14. | | | | | | | | | |
15. | | | | | | | | | |
RUBRIK PENILAIAN WRITING
No. | Criteria to assess | Score | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Text organization | Doesn’t use the correct text organization | Doesn’t Use the correct text organization, but elaborate the idea | Use the correct text organization, but hasn’t elaborate the idea | Use the correct text organization and elaborate the idea |
2. | Target Content | Write less than 5 sentences and no sasaran expression | Write less than 5 sentences and less than 2 sasaran expressions | Write more than 5 sentences and less than 4 sasaran expressions | Write more than 5 sentences and more than 4 sasaran expressions |
3. | Grammar | More than 5 grammar errors and not understandable | More than 5 grammar error, but still understandable | Less than 5 grammar error, but still understandable | No grammar error |
4. | Vocabulary | Use basic vocabulary, but inappropriate. | Use basic vocabulary and appropriate | Use developed vocabulary, but some of them are inappropriate. | Use developed vocabulary and appropriate |
5. | Mechanic | Some errors in spelling and punctuation which detract from meaning | More than 3 errors in spelling and punctuation which do not detract from meaning | Mostly effective use of mechanics, errors do not detract from meaning | Effective use of capitalization, punctuation, and spelling |
6. | Tidiness and deadline | Write awkwardly, unreadable, submit late than 3 days from deadline | Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from deadline | Write neatly, clear font, submit the work on time | Write creatively, neatly, clear font, submit the work on time |
Note:
Final Score =
Hasil Penilaian Sikap Siswa
No | Nama Siswa | Disiplin | Jumlah Skor | Predikat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
No | Nama Siswa | Percaya diri | Jumlah Skor | Predikat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
No | Nama Siswa | Tanggung Jawab | Jumlah Skor | Predikat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
No | Nama Siswa | Kerjasama | Jumlah Skor | Predikat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
Pedoman Penilaian Sikap Siswa
Sikap | Skor | Indikator |
Disiplin | 4 | Tidak pernah bolos kecuali sakit |
3 | Absen lebih dari 1 kali | |
2 | Absen dan izin berkali kali | |
1 | Sering meliburkan diri tanpa sebab | |
Percaya Diri | 4 | Yakin menjawab, tepat, dan tidak mengubah jawabannya |
3 | Yakin menjawab, kurang tepat, dan tidak mengubah jawabannya | |
2 | Kurang yakin menjawab, tidak tepat, dan tidak mengubah jawabannya | |
1 | Tidak yakin menjawab, tidak tepat, dan tidak mengubah jawabannya | |
Tanggung Jawab | 4 | Mengungkapkan pendapat sendiri dengan alasan yang jelas |
3 | Mengungkapkan pendapat sendiri meski dengan alasan yang kurang jelas | |
2 | Ikut menyetujui/tidak menyetujui pendapat partner selama diskusi dengan mengungkapkan alasan | |
1 | Ikut menyetujui/tidak menyetujui pendapat partner selama diskusi | |
Kerjasama | 4 | Terlihat kompak selama berdiskusi dalam kelompok. |
3 | Terlihat hanya beberapa yang berdiskusi dalam kelompok | |
2 | Hanya 2 orang yang berdiskusi dalam kelompok | |
1 | Hanya 1 orang yang berdiskusi dalam kelompok |
0 Response to "Rpp Bahan Pengandaian Bahasa Inggris Kelas X"
Post a Comment