Bolehkah Minum Vitamin Yang Udah Expired?

Bolehkah Minum Vitamin yang Sudah Kedaluwarsa?


Suplemen vitamin biasanya diperlukan untuk menjaga kekebalan badan setiap hari. Namun terkadang, vitamin ini pribadi terlupakan begitu saja saat Anda merasa sudah cukup fit untuk kembali beraktivitas. Alhasil, Anda hingga tak sadar bahwa vitamin tersebut sudah kedaluwarsa, padahal jumlahnya masih banyak. Lantas, apakah vitamin kedaluwarsa masih layak untuk dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

Apakah vitamin bisa kedaluwarsa?

Obat-obatan yang sudah busuk alias kedaluwarsa umumnya dihentikan dikonsumsi lagi. Pasalnya, obat kedaluwarsa sudah mengalami perubahan komposisi kimia dan penurunan tingkat keampuhan. Tak lagi menciptakan badan jadi sehat, hal ini tentu justru sanggup membahayakan kesehatan dan memperparah penyakit Anda.

Pada dasarnya, vitamin juga mempunyai tanggal kedaluwarsa menyerupai jenis obat-obatan ainnya. Hanya saja, vitamin yang sudah kedaluwarsa sebetulnya tidak benar-benar basi. Berbeda dengan obat, tanggal kedaluwarsa pada kemasan vitamin tidak menunjukkan batas final vitamin tersebut boleh Anda minum. Akan tetapi, tanggal tersebut menunjukkan waktu terakhir kandungan nutrisi dalam vitamin bisa bekerja secara optimal. Ketika vitamin mulai kedaluwarsa, ini artinya kandungan nutrisi dalam vitamin akan mulai berkurang. Dengan kata lain, vitamin tersebut sudah tidak ampuh 100 persen untuk meningkatkan sistem imun Anda sehari-hari.

Kandungan vitamin sanggup lebih cepat rusak bila tidak disimpan dengan benar. Misalnya, vitamin terkena paparan panas, cahaya, atau tercemar udara yang sanggup menimbulkan vitamin lebih cepat rusak.

Bolehkah minum vitamin kedaluwarsa?

Kalau Anda tak sengaja minum vitamin yang sudah kedaluwarsa, tak perlu buru-buru panik dan berpikir jika Anda akan keracunan obat. Kabar baiknya, vitamin kedaluwarsa itu kondusif untuk diminum, kok.

Ketika Anda minum vitamin yang sudah kedaluwarsa, hal ini tidak akan mengubah nutrisinya menjadi racun dalam tubuh. Akan tetapi, kualitas vitamin itu sendiri akan berkurang alasannya yakni sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.
Sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa, vitamin yang Anda minum mengandung 100 persen nutrisi yang ampuh meningkatkan sistem imun Anda. Akan tetapi, begitu vitaminnya kedaluwarsa, kandungan nutrisinya akan semakin menurun. Alhasil, vitamin tersebut jadi kurang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan badan Anda.
Oleh alasannya yakni itu, sebaiknya minum vitamin yang belum mencapai tanggal kedaluwarsa. Ini bertujuan biar kandungan vitamin sanggup bekerja secara optimal untuk kesehatan badan Anda.

Ini gejala vitamin kedaluwarsa yang tak boleh dikonsumsi

Walaupun vitamin kedaluwarsa masih boleh dikonsumsi, tetap perhatikan kondisi fisik vitamin Anda. Jika vitamin kedaluwarsa mulai dipenuhi oleh jamur, berubah warna, atau berbau menyengat, maka vitamin tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Tumbuhnya jamur pada vitamin sanggup menimbulkan kontaminasi kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh. Alih-alih mendapat manfaat vitamin, Anda justru akan terjangkit penyakit dari kuman tersebut.

Maka itu, segera buang vitamin kedaluwarsa Anda dan dapatkan vitamin yang baru. Selain kandungan nutrisinya lebih efektif, hal ini juga sanggup memperpanjang daya simpan vitamin.
Ingat, jangan sembarang membuang vitamin yang sudah kedaluwarsa. Caranya, campurkan vitamin usang dengan ampas kopi atau kotoran kucing, kemudian masukkan ke dalam kantong plastik. Jika sudah, segera buang ke kawasan sampah. Hindari membuang vitamin ke dalam toilet atau selokan alasannya yakni sanggup mengontaminasi air dan meracuni organisme-organisme air.
(sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bolehkah Minum Vitamin Yang Udah Expired?"

Post a Comment