Ini Alasan Ilmiah Kenapa Lintah/Gastropoda Mati Saat Ditaburi Garam

Mengapa garam begitu kejam membunuh lintah dan gastropoda ibarat siput?

Lintah dan strukturnya
Jawabannya ialah osmosis. Osmosis ialah proses yang terjadi di mana 'solution/larutan' bertemu dengan membran berpori. 'Solution' sendiri ialah adonan sejenis antara zat terlarut (garam) dan pelarut (air) sehingga membentuk air garam.

Osmosis terjadi alasannya perpindahan molekul 'solution' melalui selaput berpori, dari bab yang larutan (solution) ke bab pelarut (solvent). Jika osmosis terjadi bab yang mempunyai pelarut lebih banyak, osmosis akan terjadi dan menciptakan konsentrasi kedua sisi larutan akan sama.

Nah, lintah punya berbagai air di dalam tubuhnya, serta tubuhnya ditutupi kulit yang merupakan membran berpori. Kaprikornus saat Anda menabur garam di badan lintah, garam tersebut akan larut di lendir yang dipakai lintah untuk berjalan. Akhirnya jadilah sebuah larutan garam, yang mana konsentrasi larutan garam di luar badan lintah lebih tinggi ketimbang di dalam badan lintah. Terjadilah osmosis yang menciptakan lintah kehilangan banyak air, dehidrasi, dan mati dalam keadaan kering.

Manusia tak akan mengalami hal yang sama dengan lintah, alasannya pori-pori kulit insan tak sebanyak lintah. Namun akan berbeda jikalau Anda mencoba menabur garam ke mata Anda. Sensasi yang dirasakan lintah, akan terjadi di mata Anda.

(sumber)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Ilmiah Kenapa Lintah/Gastropoda Mati Saat Ditaburi Garam"

Post a Comment