Manfaat Akar Kuning Untuk Kesehatan Serta Cara Penyajiannya


Manfaat akar kuning mulai dikenal khasiatnya lantaran bisa mengobati kerusakan hati. Akar kuning pada awalnya ditemukan pada hutan-hutan tropis, salah satunya pada wilayah Indonesia tepatnya Kalimantan. Penduduk orisinil kalimantan telah usang memakai akar kuning sebagai salah satu materi pengobatan tradisional yang sering dikonsumsi. Tidak heran jikalau dikala ini banyak ditemukan penjual akar kuning. Hal ini tersebut dikarenakan manfaat akar kuning ini bisa mengatasi gangguan kesehatan, berikut ini beberapa diantaranya:
1. Antibiotik
Suplemen akar kuning dijual sebagai goldenseal, yang sering dikombinasikan dengan herbal lain untuk menciptakan formula pilek atau flu. Berberin ialah zat kimia alkaloid dalam goldenseal yang diyakini bertindak sebagai stimulan kekebalan tubuh, anti jamur dan obat penenang ringan. Para ilmuwan percaya bahwa akar kuning sanggup membantu sistem kekebalan badan dengan menyediakan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium dan zat besi bagi tubuh. Menurut Herb Wisdom.com, Bangsa India menggunakan goldenseal untuk batuk, pneumonia dan jerawat telinga.
2. Anti Inflamasi
Akar kuning diyakini sanggup menenangkan membran lendir yang sering dipakai dalam obat basuh mata atau sebagai pengobatan banyak sekali gangguan pernafasan. Sifat anti inflamasinya, telah dipakai untuk meringankan alergi rhinitis, demam, asma dan radang tenggorokan. Akar kuning juga sering dibuat menjadi salep untuk beberapa kondisi inflamasi kulit menyerupai psoriasis dan eksim.
3. Pencernaan
Banyak tanaman herbal yang diseduh dalam air untuk dijadikan teh. Menurut Medicinenet.com, akar kuning telah dipakai untuk diare, dispepsia, tukak lambung dan gangguan pencernaan. Rebus akar menjadi teh dipakai untuk penyakit pencernaan. Akar kuning telah dipakai untuk sembelit dan juga membantu untuk meningkatkan fatwa empedu dan enzim pencernaan yang diharapkan untuk memecah makanan.
4. Tonik
Goldenseal sanggup membersihkan dan mendukung proses kelenjar serta membantu fungsi hati dan limpa. Akar kuning sanggup menimbulkan kontraksi rahim, sehingga tidak disarankan untuk perempuan hamil. Herbwisdom.com melaporkan bahwa akar kuning telah dibentuk menjadi ramuan yang akan dipakai sebagai douche vagina untuk trichomonas dan jamur. Hal ini juga diyakini bermanfaat sebagai tonik hati bagi mereka yang menderita penyakit hati alkoholik. Akar kuning juga banyak tersedia dikala ini di toko-toko makanan, toko vitamin dan beberapa supermarket. Namun menyerupai biasa, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengambil pemanis apapun.
5. Sistem Imun
Akar kuning sanggup menjadi pendorong kekebalan badan yang efektif, lantaran mengandung dua alkaloid yang dikenal sebagai berberin dan canadine yang merangsang imbas kekebalan ringan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Medicinal Food” edisi September 2008, peneliti menemukan bahwa goldenseal mungkin mempunyai kemampuan untuk mengatur makrofag, atau sel-sel darah putih yang mengambil materi gila yang mencoba untuk membahayakan sistem kekebalan tubuh. Namun, penelitian memperlihatkan bahwa ini mungkin disebabkan pribadi oleh kemampuan alami akar kuning untuk mengurangi respon inflamasi dan mungkin tidak efektif bila dipakai untuk pribadi mengobati infeksi. Sebagian besar penelitian yang telah dilakukan, hanya penelitian pada tabung percobaan saja. Penelitian perlu dilakukan pada insan untuk menganggap ini, sebagai penguat imun yang efektif.
6. Kolesterol
Akar kuning juga memungkinkan untuk menyehatkan jantung, dengan menurunkan lipoprotein atau kolesterol LDL. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Oktober 2006 dari “Journal of Lipid Research,” ilmuwan menemukan bahwa ekstrak goldenseal efektif dalam mengurangi kolesterol secara keseluruhan dan menurunkan kadar kolesterol LDL pada binatang di laboratorium. Selama penelitian ini, mereka menemukan bahwa canadine dan berberin yang menciptakan sel-sel lebih sensitif terhadap perubahan, yang menimbulkan kadar kolesterol secara alami menjadi lebih rendah. Meskipun penelitian pada insan perlu dilakukan, untuk memberikan hasil yang menjanjikan.

Cara Mengolah Akar Kuning

Salah satu cara pemanfaatan tanaman akar kuning sebagai obat ialah dengan cara mengambil air sarinya dengan cara direbus. Caranya, potong-potong belahan akar dan kayu dari tanaman akar kuning sebesar ruas jari kemudian jemur di bawah sinar matahari selama tiga jam. Setelah itu rebus akar dan batang dari tanaman akar kuning ini bersama dua gelas air hingga mendidih dan air rebusan bermetamorfosis kuning. Kemudian saring untuk memisahkan air sari akar kuning dengan ampasnya. Tunggu hingga hambar dan ramuan akar kuning siap dimanfaatkan sebagai jamu untuk diminum maupun untuk pemakaian luar. Jemur kembali akar kuning yang sudah anda rebus tadi jikalau ingin mengolahnya lagi.
Efek Samping Akar Kuning 
Akar kuning kemungkin kondusif dipakai bagi kebanyakan orang sampaumur bila dikonsumsi yang sewajarnya. Mengkonsumsi terlalu banyak akar kuning sanggup menimbulkan diare, mual, buang air kecil yang berlebihan, iritasi kulit, dan rendahnya kalium dan kalsium. Jangan memakannya mentah atau tidak dimasak, lantaran sanggup menimbulkan imbas samping yang serius termasuk muntah, gangguan jantung, kesulitan bernapas, dan bahkan kematian. Dan juga, penanganan akana kuning mentah sanggup menimbulkan iritasi kulit pada sebagian orang. Ada beberapa peringatan dan pencegahan khusus untuk beberapa orang, dalam mengkonsumsi akar kuning yaitu :
  • Ibu Hamil dan menyusui – Mengkonsumsi akar kuning secara pribadi kemungkinan tidak kondusif pada perempuan yang sedang hamil atau menyusui. Hal ini dikarenakan, adanya efek pencahar yang tidak diinginkan selama kehamilan. Bahan kimianya juga dapat menyebabkan imbas pencahar ke bayi melalui ASI.
  • Masalah pembekuan darah – Akar Kuning sanggup mempercepat pembekuan. Jika mempunyai gangguan pembekuan, dapatkan saran dokter sebelum memulai mengkonsumsi obat herbal ini.
  • Gastrointestinal (GI) penyumbatan: Jangan gunakan akar kuning jikalau mempunyai jenis penyumbatan di jalan masuk pencernaan.
  • Lambung atau tukak usus – Akar kuning sanggup mengiritasi lapisan lambung dan usus, menciptakan tanda-tanda maag semakin buruk.
  • Penyakit ginjal – Akar kuning mengandung materi kimia yang sanggup mengikat kalsium dan membentuk kristal yang sanggup merusak ginjal. Penderita batu ginjal atau sudah pernah mempunyai kerikil ginjal, dapatkan saran dokter sebelum mengkonsumsi akar kuning.


Akar kuning, dalam takaran kecil dan untuk penggunaan jangka pendek, sepertinya aman. Beberapa imbas samping sanggup termasuk mual, ketidaknyamanan perut dan muntah. Hal ini juga sanggup mengiritasi mulut, tenggorokan dan kulit, serta menimbulkan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya. Setiap penggunaan obat herbal termasuk akar kuning, harus dilakukan di bawah pengawasan dan kerjasama dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Akar Kuning Untuk Kesehatan Serta Cara Penyajiannya"

Post a Comment