Rpp Struktur Atom Ktsp

RPP ktsp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

1.     Identitas

Nama Sekolah        :    Sekolah Menengan Atas Negeri 12 Banda Aceh
Mata Pelajaran       :    KIMIA
Kelas / Semester    :    X / 1
Alokasi Waktu       :    3 Jam Pelajaran
Program                 :    IPA


2.     Standar Kompetensi :

 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia.

3.     Kompetensi Dasar :

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

4.     Indikator Pencapaian Kompetensi

      A.     Kongnitif

                  1.     Produk

·      Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
·   Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·  Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
·      Mengidentifikasi unsur-unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
·   Menganalisis tabel, grafik untuk memilih keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
                  2.     Proses
-

       B.     Afektif

                  1.     Karakter

Jujur , Kerja keras , Toleransi , Rasa ingin tahu, Komunikatif , Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan dan Santun.
                  2.     Keterampilan sosial
Terampil berkomunikasi, bertanya, menjadi pendengar yang baik.

5.     Tujuan Pembelajaran

      A.     Kongnitif
                  1.     Produk
o  Siswa bisa menjelaskan dan membandingkan perkembangan sistem periodik unsur
o  Siswa bisa memilih letak unsur berdasarkan konfigurasi elektron
o  Siswa bisa memilih jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, keelektronegatifan
o  Siswa bisa mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
                  2.     Proses
-
       B.     Afektif
                  1.     Karakter
Jujur , Kerja keras , Toleransi , Rasa ingin tahu, Komunikatif , Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan dan Santun.
                  2.     Keterampilan Sosial
Terampil berkomunikasi, bertanya, menjadi pendengar yang baik.

6.     Materi Ajar
o  Perkembangan sistem periodik
o  Sistem periodik Modern
o  Hubungan sistem periodik dengan konfigurasi elektron
o  Sifat-sifat keperiodikan unsur

7.     Metode Pembelajaran
o  Model pembelajaran kooperatif tipe Student facilitator and explaining
o  Pendekatan Contekstual Teaching and Learning
o  Metode diskusi, tanya jawab, ceramah, latihan keterampila

8.     Langkah - Langkah Pembelajaran

Pertemuan I ( 1 x 45 menit )
Materi : Perkembangan sistem periodik
              Sistem periodik modern dan konfigurasi elektron

No
Fase / Sintaks
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Aspek Life Skill yang Dikembangkan
Nilai Karakter
1
Pengantar      (menyampaikan tujuan  dan menyiapkan siswa )
Kegiatan Awal
o  Salam pembuka
o  Apersepsi
Sebelum pengetahuan ihwal struktur atom, mendeleev spesialis kimia dari rusia pada tahun 1869 telah berhasil menyususn suatu dasar unsur-unsur yang boleh di katakan dengan tabel periodik unsur modern.
o  Motivasi
Tabel periodik unsur banyak keuntungannya dalam mempelajari sifat-sifat unsur, oleh lantaran itu sangat penting untuk mengetahui letak unsur dalam sistem periodik.

5 menit
Menyimak
Disiplin dan
Aktif
Rasa ingin tahu dan mandiri
2

Penyajian   (mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan)

Praktek terbimbing
(memberikan latihan terbimbing)





Praktek bebas ( mengecek pemahaman dan menawarkan umpan balik )
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Menjelaskan kepada siswa ihwal perkembangan sistem periodik unsur dari sistem triade dobereiner hingga sistem periodik modern dan konfigurasi elektron.
           
v Elaborasi
Diskusi / membahas mengenai perkembangan sistem periodik unsur






v Konfirmasi
ü Menyimpulkan ihwal hal-hal yang belum diketahui.
ü Menjelaskan ihwal hal-hal yang belum di ketahui.
35 menit
Tanggung Jawab
Disiplin
Potensi diri
Ketekunan
Rasa ingin tahu dan berdikari
3

Kegiatan Akhir
Menyimpulkan makna dari sistem periodik unsur berdasarkan para andal yang telah di pelajari
5 menit
Ketekunan
Potensi diri
Pengendalian diri
mandiri


Penugasan Terstruktur
ü Menjawab soal – soal latihan
Penugasan Tidak Berstruktur
ü Guru menawarkan kiprah baca untuk materi pertemuan berikutnya.


Potensi diri

Pertemuan II ( 2 x 45 menit )
Materi : Sifat – sifat keperiodikan unsur
No
Fase / Sintak
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Aspek Life Skill yang Dikembangkan
Nilai Karakter
1
Pengantar      (menyampaikan tujuan  dan menyiapkan siswa )
Kegiatan Awal
Salam pembuka
v Apersepsi
Guru menanyakan kembali ihwal sistem periodik unsur modern
v Motivasi
Guru menanyakan kepada siswa apakah siswa telah mengerti ihwal sistem periodik yang di kemukakan oleh para ahli. Kalau sudah mengerti kita masuk ke materi sifat-sifat keperiodikan unsur

5 menit
Menyimak Disiplin dan aktif
Rasa ingin tahu dan mandiri







No
Fase / Sintak
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Aspek Life Skill yang Dikembangkan
Nilai Karakter
2

Penyajian   (mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan)

Praktek terbimbing
(memberikan latihan terbimbing)

Praktek bebas ( mengecek pemahaman dan menawarkan umpan balik )
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Guru menjelaskan secara klasikal mengenai sifat-sifat periodik unsur yaitu jari-jari atom, energi ionisasi, keelektronegatifan dan afinitas elektron


v Elaborasi
Diskusi / membahas mengenai sifat-sifat keperiodikan unsur



v Konfirmasi
ü Menyimpulkan ihwal hal-hal yang belum diketahui.
ü Menjelaskan ihwal hal-hal yang belum di ketahui
80 menit
Tanggung Jawab
Disiplin
Potensi diri
Ketekunan
Rasa ingin tahu dan mandiri
3

Kegiatan Akhir
·      Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk menarik kesimpulan.
5 menit
Ketekunan
Potensi diri
Pengendalian diri
Mandiri
4

Penugasan Terstruktur
ü Menjawab soal – soal latihan
Penugasan Tidak Berstruktur
ü Guru menawarkan kiprah baca untuk materi pertemuan berikutnya.



Potensi Diri



9.     Penilaian dan Hasil Belajar
            Pengskoran soal di lakukan dengan menawarkan skor 20 untuk tanggapan yang sangat tepat, skor 15 untuk tanggapan yang tepat, skor 10 untuk tanggapan kurang tepat, skor 5  ada tanggapan tetapi salah dan skor 2,5 tidak menjawab hanya menulis soal.

Kisi – Kisi Penilaian Pengetahuan

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
Nomor Soal
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

·   Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
·   Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·   Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
·   Mengidentifikasi unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
·   Menganalisis tabel, grafik untuk memilih dan menjelaskan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
·      Perkembangan sistem periodik










·   Konfigurasi elektron





·   Sistem periodik modern

·   Sifat-sifat keperiodikan unsur

o  Siswa sanggup : Menjelaskan dasar pengelompokkan sistem periodik unsur berdasarkan masing –masing para ahli
o  Menjelaskan kelebihan dan kekurangan sistem periodik unsur berdasarkan para ahli.

o  Menentukan letak golongan dan periode unsur –unsur berdasarkan konfigurasi elektron
o   Mengidentifikasikan unsur-unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
o  Menjelaskan sifat – sifat keperiodikan unsur
Essay







Essay






Essay






Essay






Essay
1







2






3






4






5

10.     Penilaian
Jenis Tagihan
·      Kuis
·      Tes tertulis
·      Tugas Individu
  B.  Bentuk Penilaian
·      Essay
Instrument penilaian dan pedoman pengskoran
Soal Essay :
1.      Jelaskan dasar pengelompokkan sistem periodik unsur-unsur berdasarkan :
                            a.     Triade Dobereiner
                           b.     Oktaf Newlands
                            c.     Periodik Mendeleyev
                           d.     Sistem periodik Modern
             2.     Sebutkan kelebihan dan kelemahan sistem periodik  Mendeleyev......?
             3.     Tentukan letak golongan dan perioda dari unsur-unsur dibawah ini :
    a.  19K       b.  33As     c. 9F
             4.     Identifikasi unsur di bawah ini ke dalam logam, non logam dan metaloid
a.    Li                     c. Si                 e. I
b.    Mn                   d. Sb                f. P
             5.     Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan:
a.    Jari- jari atom
b.    Energi ionisasi
c.    Keelektronegatifan
d.   Afinitas elektron








No Soal
Kunci Jawaban
Skor
1






2












3

a.     Triade Dobereiners mengelompokkan unsur – unsur berdasarkan kesamaan  sifat
b.     Oktaf Newlands mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atomnya
c.     Periodik Mendeleyev mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom
d.     Sistem periodik Modern mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan konfigurasi elektron dan kenaikan nomor atom serta kemiripan sifatnya.

Kelemahan:
·      Panjang periode tidak sama dan sebabnya tidak dijelaskan.
·      Beberapa unsur tidak disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, pola Te (128) sebelum I (127).
·      Selisih massa unsur yang berurutan tidak selalu 2, tetapi berkisar antara 1 dan 4 sehingga sukar meramalkan massa unsur yang belum diketahui secara tepat.
·      Valensi unsur yang lebih dari 1 sulit diramalkan dari golongannya.
·      Anomali (penyimpangan) unsur hidrogen dari unsur yang lain tidak dijelaskan.
Kelebihan:
·      Sifat kimia dan fisika unsur dalam satu golongan menyerupai dan berubah secara teratur.
·      Valensi tertinggi suatu unsur sama dengan nomor golongannya.
·      Dapat meramalkan sifat unsur yang belum ditemukan pada ketika itu dan telah mempunyai kawasan yang kosong.

a.  19K =  2  8  8  1  Golongan : IA dan perioda : 4
  b.  33As  = 2  8  18  5  Golongan : V A  perioda : 4
              c. 9F = 2 7  Golongan VIIA  perioda 2

20








25











20

4

5
             a. Li = logam              c. Si = metaloid                       e. I = non logam
        b. Mn = logam           d. Sb = metaloid                     f. P = non logam

Jari-jari atom ialah jarak dari sentra atom (inti atom) hingga kulit terluar yang ditempati elektron.
Energi ionosasi ialah energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron pada kulit terluar
Keelektronegatifan ialah kemampuan atom untuk menangkap elektron dari atom lain
Afinitas elektron ialah perubahan energi yang terjadi jikalau sebuah elektron ditangkap oleh atom dalam keadaan gas.

10


25

Program Tinjak lanjut.
    1.     Remedial
Remedial siswa yang  belum kompeten ( nilai < 67 ) di berikan kiprah untuk mempelajari kembali materi sistem periodik unsur selama satu minggu, sehabis satu ahad guru mengevaluasi kemajuan hasil mencar ilmu siswa tersebut secara tertulis.
    2.     Pengayaan
Bagi siswa yang mempunyai nilai > 67 tetapi < 75 maka di berikan pengayaan berupa kiprah latihan di buku LKS.

11.     Sumber dan Alat
              A.  Sumber Belajar
ü  Rusmiati. 2007. Kimia Kelas X. Bandung : Titian Ilmu Bandung
ü  Anshory irfan. 2003. Kimia SMU Jilid 1. Jakarta : Erlangga
ü  Wismono Jaka. 2007. Kimia dan Kecakapan Hidup Untuk SMA. Jakarta : Ganeca Exact.
ü  Paramudya. 2010. Buku Saku Kimia SMA. Jakarta : mitra Pustaka
              B.  Alat
ü  Spidol
ü  Sistem periodik unsur
ü  Kertas Plano

Menyetujui,                                                                                     Banda Aceh, 17  Oktober 2012
Guru Pamong                                                                                    Guru Praktikan

Rosmaniar M, S.Pd                                                                         Andri Nurhayat
NIP : 196806092002122001                                                            Nim : 290919489
Latihan berstruktur :
             1.     Diketahui lima buah unsur
  16S     17Cl     18Ar     19K     20Ca
Susunlah kelima unsur ini berdasarkan :
                            a.     Jari-jari atom dari besar ke kecil
                           b.     Energi ionisasi lebih kecil
                            c.     Keelektronegatifan lebih besar
             2.     Ion A2- mempunyai konfigurasi elektron 2  8  18  8. Tentukan golongan dan perioda A serta nama unsurnya.
Jawab :
             1.     16S  = 2  8  6       17Cl =  2  8  7    18Ar  =  2  8  8     19K  =  2  8 8 1    20Ca =  2  8  8  2
                              a.            Ca  K  Ar  Cl  S
                              b.            Ca dan K
                              c.            Cl  dan S

             2.      Konfigurasi elektron A2- =  2  8  18  8
Unsur A = 2  8  18  6
Golongan : VI A  Perioda = 4,  nama unsurnya Selenium ( 34Se ).

















Ringkasan Materi
“Sistem Periodik Unsur – Unsur”
v  Perkembangan sistem periodik unsur
1.     Antonie Lavoiser
Lavopiser membagi unsur menjadi dua kelompok yaitu unsur logam dan non logam
Contoh : logam ( natrium, magnesium, kalsium, besi, timah, aluminium )
               Non logam ( klorin, neon, argon, oksigen, bromin )
2.     Sistem Triade Dobereiner
Dobereiner mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifatnya. Setiap kelompok terdiri dari 3 unsur. Pengelompokkan unsur menyerupai ini de kenal sebagai aturan triade.
Contoh :                    Cl ,            Br  ,              I

       Sangat gampang bereaksi    gampang bereaksi      sulit bereaksi
3.    Hukum Oktaf Newlands
Oktaf Newlands mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atomnya.
Hukum oktaf newlands menyatakan bahwa sifat unsur sesuai dengan pengulangan not oktaf dalam lagu. Makara insur ke-8 mempunyai sifat yang sama dengan unsur pertama.
Contoh deret oktaf Newlands:
 Li,    Be,    B,    C,    N,    O,    F,    Na,    Mg,    Al,    Si,    P,    S
  1      2       3      4      5      6     7       8       9         10    11   12    13




Berdasarkan formasi tersebut :
Li sifatnya sama dengan Na
Be sifatnya sama dengan Mg
B sifatnya sama dengan Al
C sifatnya sama dengan Si, dan seterusnya ....




             4.          Lothar meyer dan mendeleev
Lother mMayer dan Mendeleyeev menyusun unsur dalam bentuk tabel terpola ( sistem periodik ) berdasarkan kenaikan massa atom. Menurut mereka jikalau unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom, sifat unsur akan berulang secara berkala. Unsur-unsur yang sama sifat kimianya terletak pada golongan yang sama.

v  Sistem periodik Modern
Sistem periodik modern dibentuk berdasarkan konfigurasi elektron dan unsur-unsurnya berdasarkan pertambahan nomor atom serta kemiripan sifat.
Model ato modern tersusun dari :
o  Baris - baris horizontal yang masing-masing di sebut Periode
o  Kolom – kolom vertikal yang masing – masing disebut Golongan

                       a.     Periode
Unsur – unsur yang jumlah kulitnya sama di tempatkan pada periode ( baris ) yang sama.
                                    Nomor periode = Jumlah kulit

Periode 1


Periode 2





Periode 3





Periode 4





Periode 5





Periode 6





Perioda 7






Tabel periodik mempunyai 7 periode. Unsur – unsur dalam periode sifatnya berubah secara teratur.
Contoh :          Na,  Mg,  Al             Si             P,  S,  Cl,  Ar
                           Logam            semi logam      non logam



                      b.     Golongan
Unsur – unsur yang mempunyai jumlah elektron valensi yang sama ditempatkan pada golongan yang sama.
                              Nomor golongan = jumlah elektron valensi

Gol I

Gol VIII

Gol II
Gol III
Gol IV
Gol V
Gol VI
Gol VII


















Tabel periodik di bagi menjadi dua golongan
ü Golongan utama ( Gol. A )
Golongan
Nama Golongan
Elektron Valensi
I A
II A
III A
IV A
V A
VI A
VII A
VIII A
Alkali
Alkali Tanah
Boron
Carbon
Nitrogen
Oksigen / Kalkogen
Halogen
Gas mulia
1
2
3
4
5
6
7
8

ü Golongan Transisi (Gol. B )
Golongan transisi di tempati oleh unsur logam dengan aneka warna.
Unsur transisi ialah logam yang mempunyai kemiripan sifat baik secara horizontal maupun vertikal. Umumnya mempunyai titik lebur dan titik didih tinggi dan membentuk senyawa berwarna.
Contoh :
      Tentukan golongan dan perioda dari unsur X (Z = 9 ) dan Y (  Z = 20 )
Jawaban :
     9X = 2 7 golongan : VII A,  periode : ke- 2
      20Y = 2 8 8 2  golongan II A,  periode : ke- 4


v  Sifat – sifat keperiodikan Unsur
Sifat – sifat periodik ialah sifat – sifat yang ada hubungannya dengan letak unsur dalan sistem periodik. Sifat – sifat ini berubah dan berulang secara periodik, sesuai dengan perubahan nomor atom dan konfigurasi elektron.
                       a.     Jari – Jari atom
Jari – jari atom ialah jarak dari sentra atom (inti atom) hingga kulit terluar yang ditempati elektron.
Unsur-unsur yang segolongan jari-jari atom makin ke bawah makin besar. Sedangkan seperioda jari –jari atom makin ke kanan makin kecil.
                  b.  Energi ionosasi ialah energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron pada kulit terluar.
Unsur-unsur yang segolongan energi ionisasi makin ke bawah makin kecil. Sedangkan seperioda energi ionisasi makin ke kanan makin besar.
Energi ionisasi kecil = gampang melepaskan elektron
Energi ionisasi besar = sulit meleepaskan elektron
               c. Keelektronegatifan ialah kemampuan atom untuk menangkap elektron dari atom lain. Unsur-unsur segolongan keelektronegatifan makin ke bawah makin kecil. Sedangkan seperioda keelektronegatifan makin ke kanan makin besar.
Keelektronegatifan besar = gampang menangkap elektron
Keelektronegatifan kecil = sulit menangkap elektron
                 d.     Afinitas elektron ialah perubahan energi yang terjadi jikalau sebuah elektron ditangkap oleh atom dalam keadaan gas. Unsur-unsur dalam satu golongan semakin keatas afinitas elektronnya akan semakin besar. Sedangkan dalam satu perioda semakin kekanan afinitas elektronnya semakin besar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Struktur Atom Ktsp"

Post a Comment