Laporan Ppl Uin Ar-Raniry Belahan 4 Lengkap

Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) UIN Ar-Raniry pecahan 4 

BAB IV PENUTUP

 A. Kesimpulan

PPL
Dari uraian di atas, maka penulis sanggup menyimpulkan beberapa citra umum wacana Praktek pengalaman Lapangan (PPL) sebagai berikut:
  1. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan faktor yang sangat penting dalam melatih dan membina keterampilan mahasiswa calon pendidik.
  2. Para praktikan memperoleh banyak sekali input yang berharga sekaligus melatih mental dan fisik dalam melakukan kiprah mengajar.
  3. Para praktikan telah melakukan kegiatan Real Teaching dan Non Teaching di sekolah dengan sebaik-baiknya.
  4. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu aktivitas mata kuliah yang harus dijalankan di lingkungan Fakultas Tarbiyah, sebab melalui kegiatan ini mahasiswa praktikan sanggup memperoleh pengalaman yang sangat banyak atas profesi yang akan dijalan kelak.
  5. Pelatihan kegiatan mengajar dan kiprah keguruan lainnya secara terbimbing, kegiatan ini bertujuan supaya calon guru mengetahui cara mengajar, pengelolaan kelas dalam situasi berguru mengajar yang baik.
  6. Kegaitan mengajar secara pribadi oleh mahasiswa praktikan secara mandiri, kegiatan ini bertujuan supaya calon guru menerima kesempatan pribadi menerapkan apa yang harus diterapkan dalam kegiatan berguru mengajar.
  7. Kegiatan praktek mengajar ini bertujuan untuk menerima atau memperoleh nilai dari guru pamong dan merupakan umpan balik bagi calon guru untuk keberhasilannya.
  8. Kegiatan terakhir ialah menyusun Laporan Akhir yang bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama praktikan.
  9. Kegiatan pelaksanaan penyusunan laporan tamat bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan praktikan selama melakukan PPL di SMA Negeri 12 Banda Aceh.

B. Saran-saran

            Dari uraian di atas, penulis mempunyai beberapa saran di antaranya:
  1. Mahasiswa praktikan hendaknya mendisiplinkan diri supaya terbiasa untuk masa yang akan tiba baik itu dari segi mendidik maupun mengajar supaya terciptanya kegiatan belajar-mengajar yang lebih efektif.
  2. Sesama mahasiswa praktikan hendaknya selalu menjaga kekompakan dan selalu bermusyawarah dalam menghadapi masalah-masalah di lingkungan sekolah dan kampus.
  3. Pentingnya membuat interaksi yang serasi dengan kepala sekolah, dewan guru, pegawai sekolah setempat untuk mempelancar proses kegiatan PPL.
Bagi mahasiswa/i guru paraktikan sebaiknya mengikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan Praktek Pengalamn Lapangan ini. Sebelum memasuki kawasan praktek hendaknya persiapan yang matang dipersiapkan dengan mengacu kepada pemecahan setiap problem secara cepat, sempurna dan akurat yang muncul selama berada di lapangan. Dan semua pihak yang terlibat dalam aktivitas kegiatan ini supaya senantiasa menjaga komunikasi dan kolaborasi dalam rangka menyukseskan aktivitas ini.
Akhirnya, bagi pihak institusi pendidikan SMAN 12 Banda Aceh hendaknya senantiasa bisa menjaga, mempertahankan serta meningkatkan tingkat partisipasi dan kedisiplinan lingkungan, serta system dan komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Menyetujui,                                                                             Banda Aceh, 13 Oktober 2012
Guru Pamong,                                                                         Guru Praktikan,


Rosmaniar M, S.Pd                                                                    Andri Nurhayat
Nip. 19680609200212 2 001                                                       Nim. 290 919 489


Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengan Atas N 12 Banda Aceh,

Drs. Muhammad

Nip. 19541103 197703 1 002


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Ppl Uin Ar-Raniry Belahan 4 Lengkap"

Post a Comment